Apa saja jenis-jenis dana pensiun Asabri? Anda wajib mengetahui semua jenisnya.

Yuk, simak ulasan lengkapnya dalam artikel Finansialku kali ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Ketentuan Pemberian Dana Pensiun Asabri

Dana pensiun Asabri Memiliki beberapa jenis serta ketentuan. Setiap jenisnya sudah dikelompokkan sesuai dengan keadaan. Tunjangan ini bersifat pensiun, yang menjanjikan memberikan pelayanan atau sebagai tunjangan untuk hari tua nanti.

 

7 Jenis Dana Pensiun & Tunjangan Penghidupan

Dana Asabri merupakan tunjangan atau jaminan penghidupan untuk hari tua. Pada umumnya sebagai pegawai pasti menginginkan jaminan dana pensiun.

Hal ini telah ditetapkan pada undang-undang yang mengatur pemberian dana pensiun.

Salah satu contohnya yaitu pensiun yang diberikan kepada keluarga yang ditinggalkan oleh salah satu anggota keluarga tersebut.

Serta masih ada beberapa jenis dana pensiun dan hak peserta Asabri yang berhak menerima. Berikut di bawah ini penjelasannya.

 

#1 Pensiun Pertama

Nominal santunan Asabri yang pertama ini besarnya ditetapkan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang dirincikan dengan perhitungan penerimaan pokok.

Ditetapkan dengan menghitung hasil perkalian dari Masa Dinas Keprajuritan (DMK) dengan Gaji Pokok Terakhir (GPT).

 

#2 Pensiun Terusan

Pensiun yang diberikan atas izin almarhum meninggalkan istri dan anak yang masih dalam tanggungan pensiun yang di mana tiap bulannya ahli waris akan menerima uang pensiun sebesar yang diterima almarhum/almarhumah selama hidup.

Ternyata Dana Pensiun Asabri Banyak Jenisnya! Sudah Tahu 01 - Finansialku

[Baca Juga: Reksa Dana VS DPLK Untuk Dana Pensiun? Cek Solusinya]

 

#3 Pensiun Warakawuri

Dana pensiun Asabri diberikan jika yang bersangkutan meninggal. Serta akan dibayarkan mulai bulan berikutnya setelah pembayaran pensiun terusan berakhir.

 

#4 Pensiun Yatim Piatu

Diberikan kepada setiap anak yang sah (anak kandung), dari militer/purnawirawan yang meninggal karena gugur/tewas atau meninggal dunia.

Kemudian dana tunjangan ini diberikan apabila almarhum tidak meninggalkan istri/suami. Diberikan mulai bulan berikutnya setelah pembayaran pensiun terusan berakhir.

 

#5 Tunjangan Orang Tua

Tunjangan dana ini diberikan kepada orang tua yang ditinggalkan oleh anak yang gugur atau tewas. Dengan status anak sebagai prajurit TNI/ anggota polri dan PNS polri.

Bagaimana skema pembayaran tunjangan orang tua ini? Jadi, tunjangan tersebut akan dibayarkan pada bulan berikutnya setelah almarhum tiada kepada para ahli waris agar bisa tetap terjamin secara finansial dan tidak mengalami masalah keuangan.

 

#6 Tunjangan Cacat

Terdapat beberapa prosedur untuk menerima dana pensiun tunjangan cacat. Diberikan untuk Prajurit Tentara Indonesia.

Serta ada beberapa penggolongan yaitu bagi penyandang cacat tinggal III golongan C sebesar 100% dari gaji pokok terakhir.

Kemudian bagi penyandang cacat tingkat II golongan C dan tingkat III golongan B akan diberikan sebesar 75% dari gaji pokok terakhir.

 

 

#7 Uang Duka wafat

Merupakan pemberian santunan dari pemerintah kepada keluarga/ahli waris penerimaan pensiun untuk meringankan beban keluarga yang diberikan oleh penerima pensiun.

Dengan dana yang diberikan sebesar tiga kali penerimaan pensiun almarhum/almarhumah.

 

Cara Mengecek Nomor Pada Peserta Asabri

Bagi mereka yang menerima tunjangan atau dana pensiun Asabri ini juga dapat cek nomor Asabri secara online . Sebab kini serba canggih, jadi sudah tidak perlu repot lagi.

Hanya tinggal memasuki website kemudian dengan memasukkan nomor pensiun atau bisa juga menggunakan NRP/NIP.

Setelah itu mengisi data yang berisi nama, lakukan dengan benar. Setelah itu hanya tinggal memasukkan tahun pajak yang diminta.

Setelah muncul keterangan yang diminta, kita bisa mencetak form tersebut, selesai sudah. Cukup mudah bukan?

Namun jika terdapat kesulitan kita dapat langsung mengunjungi kantor yang bersangkutan dengan melihat buku pensiun Asabri yang telah disiapkan oleh kantor tersebut.

Anda juga bisa meminta bantuan ketika tiba di kantor.

Ternyata Dana Pensiun Asabri Banyak Jenisnya! Sudah Tahu 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bedanya Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan]

 

Itulah beberapa jenis dana pensiun atau tunjangan Asabri yang dapat dipahami dan juga cara cek nomornya. Jangan lupa untuk tetap mengatur keuangan Anda dengan baik, lebih baik dimulai dari sekarang.

Anda bisa menggunakan aplikasi Finansialku untuk membantu Anda mengatur dan merencanakan keuangan Anda, bahkan untuk hari tua nanti.

Yuk, download aplikasinya sekarang dan manfaatkan promo potongan harga Rp 50 ribu untuk daftar menjadi member premium dengan memasukkan kode CUAN50 dan manfaatkan semua fiturnya!

playstore icon
appstore icon

 

Setelah membaca artikel di atas, maka tentu Anda bisa semakin memahami jenis-jenisnya bukan? Ayo bagikan artikel ini pada sesama pensiunan atau rekan Anda yang akan menerima dana pensiun di masa depan, terima kasih.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 30-an, GRATIS!

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Pensiun. Asabri.co.id – https://bit.ly/3bD4LKd
  • Redaksi. Iuran Dana Pensiun. PT. Asabri (Persero). Investasi. Pencabutan. ditjenpp.kemenkumham.go.id – https://bit.ly/2F9gZ1w

 

Sumber Gambar:

  • Asabri 1 – https://bit.ly/3k1mONp
  • Asabri 2 – https://bit.ly/2R9BgWU