Anuitas adalah metode perhitungan bunga yang ditujukan untuk mempermudah nasabah dalam membayar jumlah angsuran tiap periode.

Secara umum ada 2 metode dalam perhitungan bunga yaitu efektif dan flat. Namun dalam praktik sehari-hari ada modifikasi dari metode efektif yang disebut dengan metode anuitas.

Simak pembahasan selanjutnya!

 

3 Jenis Metode Perhitungan Bunga yang Perlu Anda Ketahui

Apakah Anda pernah mengajukan kredit? Jika pernah, tentunya Anda pernah mendengar metode perhitungan bunga yang kerap digunakan.

Nah, sebelum mengajukan kredit kembali, Anda perlu memahami jenis bunga kredit yang dikenakan kepada Anda berikut metode perhitungannya untuk mengetahui seberapa besar bunga yang nantinya harus Anda bayarkan.

Pada umumnya, terdapat 2 jenis suku bunga yang umum digunakan, yakni suku bunga tetap (fixed rate) dan suku bunga mengambang (floating rate).

Selain jenis bunga yang variatif, ternyata ada beberapa macam metode perhitungan bunga yang umum digunakan dalam kredit juga lho.

Melalui artikel berikut, Finansialku mengajak Anda melihat mengenal 3 jenis bunga kredit yang perlu Anda ketahui, yakni:

 

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

#1 Perhitungan Bunga Flat

Merupakan perhitungan suku bunga yang dianggap paling sederhana dan paling mudah perhitungannya dibandingkan dengan 2 jenis bunga kredit lainnya.

Umumnya suku bunga tipe ini digunakan pada Kredit Tanpa Agunan (KTA) dan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB).

Anda dapat melihat contohnya saat Anda menerima sebuah brosur kredit motor atau mobil, dimana terdapat tabel berisi jumlah angsuran yang harus dibayarkan setiap bulannya.

20 Tips Manjur Membeli Mobil Baru Bagi Pemula! 02 Pasangan - Finansialku

[Baca Juga: Tahukah Anda, Apa Bedanya Pinjaman Uang dan Pembiayaan?]

 

Jika Anda menemukan penawaran kredit dengan kolom perhitungan tetap seperti itu, maka terdapat indikasi tinggi bahwa jenis bunga yang digunakan adalah suku bunga flat.

Pada kredit dengan suku bunga flat, perhitungan nilai plafon pinjaman beserta bunganya akan dihitung secara proporsional sesuai dengan masa tenor atau lama pinjamannya.

 

#2 Perhitungan Bunga Efektif

Perhitungan bunga efektif biasanya menjadi suku bunga yang digunakan bagi kredit jangka panjang atau dengan kata lain masa tenornya panjang.

Sistem perhitungan yang digunakan pada suku bunga efektif adalah perhitungan angsuran berdasarkan sisa pokok utang.

Dengan demikian, perhitungan proporsi bunga dan utang pokok dalam tiap periode akan selalu berubah walaupun besaran angsuran setiap bulannya adalah sama.

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Rumah - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Contoh penggunaan suku bunga efektif adalah dalam Kredit Pemilikan Rumah (KPR) atau Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) atau kredit investasi lainnya.

Suku bunga efektif terbukti lebih rendah dibandingkan bunga flat terutama jika diaplikasikan pada jenis kredit jangka panjang yang tidak perlu dilunasi dengan terburu-buru.

Mengapa bunganya bisa lebih rendah? Hal tersebut terjadi akibat perhitungan suku bunga efektif dimana bunga dari dihitung dari sisa pokok utang, sedangkan bunga flat dihitung dari pinjaman awal.

Oleh karena itu, semakin lama nilai bunga akan semakin kecil sebab pinjaman Anda semakin berkurang.

 

#3 Perhitungan Bunga Anuitas

Metode perhitungan dengan bunga anuitas merupakan modifikasi atau pengembangan dari suku bunga efektif yang ditujukan untuk mempermudah nasabah dalam membayar jumlah angsuran tiap periode karena besarannya yang selalu sama.

Apabila pada perhitungan bunga efektif angsuran pokok diperoleh dari pembagian antara jumlah pinjaman dan masa tenor kredit, pengaplikasian bunga anuitas memungkinkan angsuran pokok dihitung dari total angsuran yang sudah ditetapkan dikurangi dengan hasil perhitungan bunga anuitas.

Singkatnya, bunga anuitas membuat jumlah angsuran setiap bulan sama, di mana hanya komposisi bunga dan pokok angsuran yang terus berubah secara periodik.

Angsuran pokok atau pokok utang per bulannya akan semakin membesar namun pada saat yang bersamaan besaran bunga per bulannya akan mengecil.

Sebelum Investasi Deposito, Kenali Cara Kerja Deposito, Strategi Investasi Deposito dan Cara Menghitung Bunga Deposito 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Bisa Mengajukan KTA Tanpa Kartu Kredit? Jawabannya Bisa! Ini Syaratnya]

 

Pada kesempatan kali ini, Finansialku akan membahas lebih dalam mengenai anuitas berikut serba serbinya.

Simak ulasannya yuk:

 

Definisi Anuitas

Pertama-tama mari mengenal definisi dari kata anuitas itu sendiri.

Melansir dari Wikipedia, anuitas merupakan suatu rangkaian penerimaan atau pembayaran tetap yang dilakukan secara berkala pada jangka waktu tertentu dalam teori keuangan. Contohnya adalah bunga yang diterima dari obligasi atau dividen tunai dari suatu saham preferen.

Sedangkan para ahli mendefinisikan anuitas sebagai dapat dilihat pada tabel berikut ini:

No.SumberDefinisi Anuitas
1Susanto (2013)Anuitas adalah suatu pembayaran yang jumlahnya sama yang diterima atau dibayarkan pada tiap akhir periode dengan waktu yang sama untuk jumlah waktu tertentu.
2Yusnita (2012)Anuitas adalah jumlah pembayaran periodik yang tetap besarnya, yang di dalamnya sudah terhitung pelunasan pinjaman dan uangnya.
3Alam S. (2004:185)Anuitas adalah suatu rentetan pembayaran yang jumlahnya sama, yang diterima atau dibayarkan pada setiap akhir periode dengan waktu yang sama
4Dhanny R. Cyssco (1984)Anuitas adalah suatu rangkaian pembayaran atau penerimaan secara cicilan yang pada umumnya sama besarnya serta dibayarkan setiap masa tertentu dan masing-masing jumlahnya terdiri dari bagian pokok pinjaman serta bunganya.

 

Berdasarkan definisi yang diberikan oleh para ahli tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa anuitas merupakan suatu rangkaian pembayaran atau penerimaan yang jumlahnya tetap, dan harus dibayarkan atau harus diterima pada tiap akhir periode dengan jangka waktu yang sama untuk sejumlah tahun tertentu, dan didalamnya sudah terhitung pelunasan pinjaman dan uangnya.

 

Serba Serbi Anuitas

Setelah mengenal definisinya, mari memasuki serba serbinya. Pada dasarnya, terdapat dua jenis anuitas dalam teori perekonomian, yakni sebagai berikut:

  1. Anuitas biasa (ordinary) adalah anuitas yang pembayaran atau penerimaannya terjadi pada akhir periode, serta
  2. Anuitas jatuh tempo (due) adalah anuitas yang pembayaran atau penerimaannya dilakukan di awal periode.

 

Bunga Pinjaman KTA 01 - Finansialku

[Baca Juga: Lakukan Simulasi Kredit Terlebih Dahulu, Sebelum Ajukan Kredit Agar Keuangan Anda Tidak Berantakan]

 

Perhitungan anuitas sendiri umumnya dimanfaatkan dalam:

  • Perhitungan bunga atas suatu pinjaman: mengetahui berapa besarnya uang yang harus dibayarkan untuk membayar bunga serta pokok pinjaman selama jangka waktu pinjaman.
  • Perhitungan bunga atas suatu Deposito/Investasi Jangka Panjang: mengetahui berapa besarnya uang yang akan diterima jika kita menyimpan uang dalam bentuk deposito/Investasi Jangka Panjang yang memberikan imbalan bunga selama jangka waktu Deposito/Investasi Jangka Panjang tersebut.

 

Setiap suku bunga, misalnya suku bunga tetap atau efektif pun memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tak terkecuali suku bunga anuitas dengan kelebihan dan kekurangannya berikut ini:

 

 

Kelebihan Bunga Anuitas:

  • Angsuran bulanan tetap.
  • Perhitungan bunga secara fair, bunga dihitung dari sisa pokok yang belum dibayar.

 

Kekurangan Bunga Anuitas:

  • Perhitungannya rumit, harus menggunakan software untuk mengetahuinya

 

Bandingkan Dulu Bunga Flat, Efektif dan Anuitas - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 5 Jenis Kartu Kredit yang Cocok untuk Wanita Milenial: Jenis, Contoh dan Manfaatnya]

 

Rumus perhitungan yang digunakan pada suku bunga anuitas sesungguhnya sama dengan rumus perhitungan suku bunga efektif, yakni sebagai berikut:

Bunga = SP x i x (30/360)

 

Keterangan:

  • SP : saldo pokok pinjaman bulan sebelumnya
  • i : suku bunga per tahun
  • 30 : jumlah hari dalam sebulan
  • 360 : jumlah hari dalam setahun

 

Simulasi Perhitungan Bunga Anuitas

Untuk melihat aplikasi bunga anuitas dalam sebuah perhitungan kredit, mari menyimak contoh kasus berikut ini:

 

Bapak A memiliki utang sebesar Rp12.000.000. Utang tersebut memiliki periode pembayaran selama 12 bulan dengan bunga 10% per tahun. Berapakah:

  1. Jumlah bunga yang harus dibayar?
  2. Berapa jumlah cicilan per bulan?

 

Data yang diketahui:

  • Jumlah Pokok : Rp12.000.000
  • Periode : 12 bulan
  • Bunga Tahunan : 10% per tahun
  • Bunga Bulanan : 0,83% per bulan

 

#1 Jika dihitung secara manual:

Definisi Anuitas Adalah 02 - Finansialku

Keterangan:

  • P : Pokok pinjaman
  • i : Suku bunga
  • t : Periode kredit

 

Jika cicilan dilakukan bulanan, maka periode kredit dan bunga dihitung dalam bulanan.

Jika cicilan dilakukan tahunan, maka periode kredit dan bunga dihitung dalam tahunan.

 

Definisi Anuitas Adalah 03 - Finansialku

Keterangan:

  • a2 : e1
  • b : d – c
  • c : 0,83% x a
  • d : sesuai dengan perhitungan cicilan
  • e : a – c

 

Jika Anda teliti perhitungan bunga anuitas untuk kredit rumah pada simulasi di atas, maka Anda melihat:

  • Pada awal cicilan pembayaran kita lebih banyak untuk membayar bunga.
  • Pada akhir cicilan pembayaran kita lebih banyak untuk membayar pokok utang.

 

Risiko perhitungan bunga anuitas untuk kredit rumah adalah apabila nasabah berhenti (mendapat tawaran bunga lebih rendah dari bank lain atau alasan lainnya) pada bulan 3, maka pokok utang masih cukup besar. 

Jadi, yang perlu difokuskan dalam perhitungan angsuran menggunakan bunga anuitas adalah pokok pinjaman yang terpakai pada bulan ini untuk menyisakan sisa pokok tabungan guna menghitung bunga di bulan berikutnya.

Melalui perhitungan dapat dilihat bahwa meskipun suku bunganya sama dengan bunga efektif, dengan cara perhitungan bunga anuitas yang berbeda, hasilnya pun akan berbeda.

 

#2 Jika dihitung secara otomatis:

Dewasa ini, semakin banyak aplikasi yang membantu Anda untuk melakukan simulasi kredit. Selain mudah dan praktis, tentunya sangat membantu Anda dalam mengambil keputusan kredit yang sesuai dengan kebutuhan.

Lalu seperti apakah kalkulator kredit itu? Mari kita lihat kalkulator kredit versi aplikasi Finansialku!

Aplikasi Finansialku memiliki fitur simulasi kredit properti yang dapat digunakan untuk kredit apapun, misalnya Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), dan lain-lain.

Dengan demikian, Anda akan terbantu dalam melakukan simulasi kredit dengan mudah dan praktis.

Belum punya aplikasi Finansialku? Download aplikasinya sekarang secara GRATIS di Google Play Store atau dengan klik tautan ini.

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Mobil - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Setelah men-download aplikasinya, pertama-tama masuklah ke dalam aplikasi Finansialku, kemudian pilih menu “Rencana Keuangan”, dan akan muncul tampilan sebagai berikut:

Definisi Anuitas Adalah 04 - Finansialku

 

Lalu pilih menu “Dana Pelunasan Utang” dan ikuti panduan sederhana berikut ini:

  1. Pilih jenis pinjaman “bunga anuitas”
  2. Isi pokok pinjaman, bunga pinjaman per tahun dan jangka waktunya
  3. Klik “Hitung”

 

Definisi Anuitas Adalah 05 - Finansialku

 

Kemudian akan muncul hasil perhitungan sebagai berikut:

Angsuran yang harus dibayarkan adalah Rp1.054.991 per bulan atau Rp12.659.888 per tahun dengan asumsi jenis bunga ANUITAS, dengan:
pokok pinjaman Rp12.000.000
bunga pinjaman 10% per tahun
jangka waktu 12 BULAN.

 

Fitur ini juga dapat diakses melalui smartphone Anda, dengan panduan sebagai berikut:

  1. Buka menu aplikasi Finansialku di smartphone atau gadget Anda
  2. Kemudian pilih “Rencana Keuangan”.
  3. Klik tanda + pada bagian kanan bawah kemudian pilih fitur “Dana Pelunasan Utang”
  4. Tentukan jenis bunga pinjaman.
  5. Tentukan pokok pinjaman.
  6. Tentukan bunga pinjaman.
  7. Tentukan jangka waktu pinjaman.

 

Masih bingung? Simak tutorialnya di video berikut ini:

 

Mudah sekali bukan? Anda bisa menghitung hanya dengan mengisi data saja. Ayo download aplikasi Finansialku sekarang juga!

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Kenali Anuitas Sekarang Juga

Melalui penjabaran di atas, apakah Anda masih bingung dengan definisi anuitas dan serba-serbinya?

 

Jika artikel ini bermanfaat bagi Anda, bagikan sekarang juga kepada teman-teman Anda yang masih kebingungan akan istilah metode perhitungan bunga layaknya anuitas.

Anda bisa share artikel ini!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai definisi anuitas lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Wikipedia Indonesia. Anuitas. Wikipedia.com – https://goo.gl/9eceER
  • Simulasi Kredit. Cara Menghitung Bunga Anuitas. Simulasikredit.com – https://goo.gl/JKWSS9
  • Iqra Iffagano. Anuitas. Scribd.com – https://goo.gl/xxjhw1
  • Dhanny R. Cyssco. 1984. Kamus Istilah Akuntansi. Jakarta: Mulya Jaya

 

Sumber Gambar:

  • Anuitas Adalah – https://goo.gl/3aWRtb