Tahukah Anda, Apa Bedanya Pinjaman Uang dan Pembiayaan?

Apakah Anda tahu apa bedanya pinjaman uang dan pembiayaan? Kini terdapat banyak sekali alternatif solusi pinjaman bagi nasabah yang membutuhkan. Namun jika Anda berencana membeli mobil, jenis pinjaman seperti apa yang akan Anda pilih? Apakah Anda lebih menyukai pinjaman uang atau pembiayaan? Mari kita lihat bersama apa bedanya pinjaman uang dan pembiayaan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Kenali dan Ketahui Bedanya Pinjaman Uang dan Pembiayaan

Untuk memenuhi permintaan nasabah, kini produk kredit atau pinjaman semakin bervariasi. Tidak hanya pinjaman berupa uang, namun ada juga pinjaman berupa pembiayaan. Lalu apa bedanya antara pinjaman uang dan pembiayaan? Pada intinya, perbedaannya adalah dari bentuk pinjaman yang diperoleh. Pada pinjaman uang, yang dipinjamkan adalah berupa uang tunai dan Anda bebas memanfaatkannya untuk keperluan apapun. Sedangkan pada pembiayaan, Anda akan memperoleh produk atau barang. Melalui artikel ini, Finansialku akan menjabarkan apa bedanya pinjaman uang dan pembiayaan.

 

Pinjaman Uang

Menurut Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998, kredit merupakan pemberian penggunaan uang atau barang dalam jangka waktu tertentu, berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjam-meminjam antara bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak peminjam melunasi utangnya dengan jaminan atau tanpa jaminan, dengan pemberian jasa atau bunga atau tanpa bunga. Sesuai dengan asal mula kata kredit yaitu credere yang berarti kepercayaan, kredit bermakna kepercayaan dari kreditur atau penyedia pinjaman kepada debiturnya atau penerima pinjaman.

Tahukah Anda, Apa Bedanya Pinjaman Uang dan Pembiayaan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ini 5 Alasan Kenapa Bisnis Anda Membutuhkan Pinjaman Modal Usaha]

 

Fungsi atau tujuan diciptakannya kredit sebenarnya adalah untuk merangsang kegiatan saling tolong-menolong antara satu pihak dengan pihak lainnya dalam rangka mendukung pencapaian kebutuhan, baik dalam bidang usaha atau kebutuhan sehari-hari. Kredit dapat disebut memenuhi fungsinya jika kredit memberi dampak positif bagi pihak kreditur dan debitur, serta bagi masyarakat pada umumnya. Pada dasarnya, beberapa tujuan kredit adalah:

  1. Memberikan pinjaman bank dengan bunga kredit yang disepakati. 
  2. Memaksimalkan pemanfaatan dana yang diperoleh.
  3. Menambah modal kerja atau usaha.
  4. Meningkatkan lalu lintas pembayaran.
  5. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sedangkan unsur-unsur yang terkandung dalam penyediaan fasilitas kredit adalah sebagai berikut:

  1. Kepercayaan merupakan keyakinan penyedia kredit bahwa pinjaman akan dimanfaatkan dan diterima kembali dalam jangka waktu tertentu. Unsur ini dapat dicapai dengan pengecekan kemampuan penerima pinjaman untuk melunasi pinjaman selama periode tertentu secara eksteren dan interen.
  2. Kredit baru dapat terjadi setelah adanya unsur kesepakatan antara dua belah pihak akan seluruh syarat dan ketentuan dalam pengadaan pinjaman.
  3. Jangka Waktu merupakan masa peminjaman yang telah disepakati dimana pada akhir periode, penerima pinjaman diharapkan mengembalikan pinjamannya biak dengan atau tanpa bunga.
  4. Unsur yang pasti ada dalam pengadaan kredit adalah unsur risiko dimana dalam jangka waktu yang ada, pasti ada risiko macetnya kredit. Risiko ini bisa saja merupakan risiko yang disengaja maupun yang tidak disengaja.
  5. Balas Jasa (prestasi) merupakan keuntungan atas pemberian sebuah kredit yang biasanya berupa bunga atau bagi hasil.

 

Jika Punya Uang Lebih Mempercepat Pelunasan KPR atau Melakukan Investasi 01 - Finansialku

[Baca Juga: Jika Punya Uang Lebih: Mempercepat Pelunasan KPR atau Melakukan Investasi?]

 

Pembiayaan

Pembiayaan merupakan sebuah tindakan yang didasari perjanjian dimana terjadi kegiatan jasa dan balas jasa (prestasi dan kontras prestasi) yang terpisah oleh unsur waktu. Istilah pembiayaan memiliki arti saya percaya atau menaruh kepercayaan. Pembiayaan memiliki beberapa tujuan atau fungsi utama, antara lain:

  1. Mencari keuntungan yang bertujuan untuk memperoleh hasil dari pembiayaan yang disalurkan.
  2. Keamanan dari prestasi atau fasilitas yang diberikan harus terjamin sehingga tujuan profitability dapat tercapai tanpa hambatan yang berarti. 
  3. Membantu usaha nasabah melalui penyediaan dalam bentuk pembiayaan. 
  4. Membantu pemerintah melalui pengembangan pembiayaan yang disalurkan bank untuk memperbanyak peningkatan pembangunan dalam berbagai sektor.

 

Pembiayaan diberikan atas dasar kepercayaan dimana prestasi yang diberikan diyakini dapat diberikan dan dikembalikan sesuai dengan jangka waktu dan ketentuan yang telah disepakati bersama.

Simulasi Kredit Sebelum Cari Pinjaman Uang, Hitung Dulu Berapa Angsurannya - 2 Finansialku

[Baca Juga: Simulasi Kredit: Sebelum Cari Pinjaman Uang, Hitung Dulu Berapa Angsurannya]

 

Berdasarkan dasar tersebut, beberapa unsur yang terkandung dalam pembiayaan adalah:

  1. Ada dua pihak. Dalam pembiayaan selalu terdapat dua belah pihak yakni pemberi dan penerima pembiayaan.
  2. Kepercayaan merupakan keyakinan pemberi pinjaman bahwa penerima pinjaman dapat mengembalikan pinjamannya pada jangka waktu yang telah disepakati dengan segala syarat dan ketentuannya.
  3. Unsur yang menjamin adanya persetujuan antara kedua belah pihak dalam seluruh ketentuan pembiayaan.
  4. Jangka Waktu. Masa pengembalian pinjaman yang telah didiskusikan dan disepakati kedua belah pihak.
  5. Suatu unsur yang lagi-lagi menjadi unsur penting dalam pembiayaan, yakni adanya kemungkinan risiko yang muncul selama jangka waktu pembiayaan.
  6. Balas Jasa (prestasi). Keuntungan dari sebuah pembiayaan yang biasa dikenal dengan bagi hasil atau margin.

Berbeda dengan pinjaman uang, penyedia pembiayaan biasanya berupa perusahaan multifinance atau leasing.

Begini Cara Bijak Memakai Uang THR agar Sejahtera 01 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Pertimbangan sebelum Mengambil Pinjaman]

 

Mana yang Sesuai Bagi Anda? Pinjaman Uang atau Pembiayaan?

Berdasarkan penjelasan di atas, Anda tentunya sudah mendapat gambaran singkat mengenai perbedaan dasar antara pinjaman uang dan pembiayaan. Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah, manakah di antara keduanya yang sebaiknya Anda pilih? Sebelum Anda mengambil keputusan, ada baiknya Anda membandingkan keduanya terlebih dahulu agar dapat mengambil keputusan yang tepat sesuai kebutuhan Anda.

Untuk mengetahuinya dengan jelas, mari kita rangkum persamaan dan perbedaan keduanya secara singkat:

NoKarakteristikPinjaman UangPembiayaan
1Penyedia pada umumnyaBankPerusahaan multifinance atau leasing
2Bentuk pinjamanUang tunaiProduk atau barang
3Sistem profitBungaBagi hasil atau margin
4Unsur
  • Kepercayaan
  • Kesepakatan
  • Jarak Waktu
  • Risiko
  • Balas jasa (prestasi)
  • Dua pihak
  • Kepercayaan
  • Kesepakatan
  • Jarak Waktu
  • Risiko
  • Balas jasa (prestasi)

 

Dari perbedaan di atas, diketahui perbedaan dasar keduanya adalah bentuk pinjaman yang diberikan. Pada pinjaman uang yang diberikan adalah uang tunai dan penerima pinjaman memiliki kebebasan untuk memanfaatkan pinjaman tersebut bagi kebutuhan apapun sedangkan pembiayaan memberikan pinjaman berupa barang atau produk. Sebagai contoh, pada pembiayaan mobil penerima pinjaman akan memperoleh mobil dan bukannya uang yang dapat dibelikan mobil, demikian halnya dengan pembiayaan rumah dan sebagainya.

 

Tentukan Sesuai Kebutuhan Anda

Melalui penjabaran di atas, manakah yang akan Anda pilih? Keputusan sepenuhnya berada di tangan Anda, sehingga pertimbangkan dan bandingkan sesuai dengan kebutuhan Anda sebelum mengambil keputusan. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing serta walaupun serupa, tentunya terdapat perbedaan antara tujuan dan ketentuan keduanya.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai perbedaan pinjaman uang dan pembiayaan lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Ensikloblogia. 20 Mei 2016. Pengertian Kredit dan Pembiayaan. Ensikloblogia.com – https://goo.gl/Jrxfjs
  • Artikelsiana. Kredit (Pengertian, Fungsi, Unsur, Macam, Prinsip, & Definisi Para Ahli). Artikelsiana.com – https://goo.gl/tTU5ii
  • Muchlisin Riadi. Pengertian, Unsur, Tujuan dan Jenis Pembiayaan. Kajianpustaka.com – https://goo.gl/DQfs0X
  • Ensikloblogia. 7 Juni 2016. Unsur-Unsur Kredit. Ensikloblogia.com – https://goo.gl/X5y7tx

 

Sumber Gambar:

  • Dolar dan Rupiah – https://goo.gl/YsTkJ8
  • Pegang Uang Kertas – https://goo.gl/DPP0il

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

By | 2017-06-15T09:14:27+00:00 June 12th, 2017|Categories: Utang|Tags: , , , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download