Terdapat istilah “futures” alias kontrak berjangka dalam derivatif. Bagi kita yang tidak bekerja pada bidang keuangan, istilah ini ternyata masih asing.

Untuk mengetahui lebih lanjut soal futures, simak ulasan Finansialku berikut yuk!

 

Sponsored Article

ICDX Group PNG

 

Definisi Futures Adalah

Pada artikel sebelumnya, dibahas mengenai beberapa jenis produk derivatif berdasarkan penyelesaian transaksinya.

Salah satunya adalah kontrak futures, kontrak yang memiliki waktu jatuh tempo kontrak dan biasanya penyelesaian dapat dilakukan dengan melakukan penyerahan fisik komoditi yang menjadi subyek kontrak.

Futures merupakan salah satu tipe instrumen keuangan derivatif yang berisi tentang pembelian atau penjualan komoditi/aset instrumen keuangan tertentu antara dua pihak dengan harga yang disepakati, dan kesepakatan pengiriman pada masa yang akan datang.

Futures menjelaskan dengan rinci mengenai kualitas dan kuantitas aset yang diperdagangkan. Ditambah aset tersebut juga sudah terstandardisasi sebagai fasilitas trading pada bursa berjangka.

Dikatakan bahwa peran futures dalam bursa berjangka sangatlah penting, dimana futures membantu pelaku pasar untuk melindungi aset mereka dan memperoleh keuntungan dari fluktuasi pergerakan harga.

Momentum dalam Trading Futures 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mengenal Investasi ETF (Exchange Trade Fund) dan Ciri-Cirinya]

 

Pada dasarnya, saat Anda membeli futures, artinya Anda setuju untuk membeli suatu produk yang belum diproduksi pada saat tersebut.

Namun tidak dapat diartikan bahwa Anda akan bertanggung jawab terhadap proses penerimaan atau pengiriman produk komoditi yang besar.

Yang perlu diperhatikan adalah bahwa pihak penjual dan pembeli utama menggunakan futures untuk melakukan hedging risiko atau spekulasi, daripada bertukar produk fisik layaknya pada aktivitas utama pasar pada umumnya.

Jadi, futures akan menjadi instrumen finansial yang bukan hanya diperuntukkan bagi produsen dan konsumen, namun juga bagi para speculator.

 

Karakteristik Kontrak Futures

Untuk mengenal lebih soal kontrak futures, Anda perlu mengenal beberapa karakteristiknya sebagai berikut:

 

#1 Jenis Komoditi yang Diperdagangkan

Jenis komoditi yang diperdagangkan dalam pasar futures bisa dikategorikan menjadi dua, yakni commodity futures dan financial futures.

Adapun commodity futures terbagi menjadi kelompok berikut:

  • Komoditi agri: komoditi yang terdiri dari hasil pertanian biji-bijian, termasuk jagung, kedelai, gandum, dan sebagainya. Ditambah produk seperti kapas, coklat, gula, dan kopi.
  • Komoditi energi: komoditi yang terdiri dari minyak dan gas yang diperdagangkan dalam bentuk mentah dan turunannya.
  • Komoditi logam: komoditi logam terbagi dua, yakni logam berharga (misal: emas, perak), dan logam industri (misal: tembaga, besi)

 

Sedangkan financial futures mencakup index futures. Beberapa index yang diperdagangkan dalam kontrak futures, meliputi index Nasdaq100 Futures, S&P500 Futures, Nikkei225 Futures, DJIA Futures, dan sebagainya.

 

#2 Minimal dan Batas Perubahan Harga

Format yang digunakan dalam pasar futures serupa dengan pasar komoditi lainnya, yakni dalam satuan Rupiah per unit (gram, kg, dan ton). Meski demikian, harga pada kontrak futures memiliki jumlah minimal perubahan harga.

Sebagai contohnya, Bursa Berjangka Jakarta menetapkan batas minimum perubahan harga untuk produk komoditi Olein senilai Rp 5 per kg.

Hal ini penting untuk diketahui para investor karena perubahan harga untuk setiap komoditi akan mempengaruhi kontrak futures.

4 Tips Menghitung Porsi Transaksi pada Trading Futures 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cari Tahu Segera Di Sini! Investasi Komoditi Berjangka Adalah..]

 

Selain itu, harga futures dalam bursa berjangka juga punya batas perubahan harga.

Sebagai contohnya, Bursa Berjangka Jakarta menetapkan batas perubahan harga adalah senilai Rp 500 per kg di atas atau di bawah harga penyelesaian harga perdagangan sebelumnya.

Yang perlu diperhatikan adalah bahwa bursa dapat merevisi harga jika dibutuhkan. Namun umumnya, bursa tidak akan mengubah batas harga harian pada bulan, dimana kontrak futures akan berakhir.

 

Semoga Bermanfaat

Demikian definisi futures dan sedikit informasi terkait kontrak futures. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang mempelajari topik yang satu ini.

Apabila artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk share artikel ini kepada mereka yang juga membutuhkan informasi serupa.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai futures lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala KARYAWAN

Download Sekarang, GRATISSS!!!

4 Ebook Panduan Sukses Mengatur Gaji Ala Karyawan

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 19 Januari 2017. Apa Itu Futures? Seputarforex.com – https://bit.ly/33J12r7