Merdeka! Dalam rangka dirgahayu Indonesia, biasanya banyak diskon hari kemerdekaan dan promo belanja hari kemerdekaan. Apakah Anda salah satu orang yang menantikan ini? Memburu diskon memang mengasyikkan, tapi bagaimana dengan kondisi kantong Anda?

Artikel Finansialku kali ini akan membahas cara menghadapi diskon dan promo belanja agar kantong aman dan tidak hangus. Check this out!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Tips Menghadapi Promo dan Diskon Hari Kemerdekaan

Menjelang 17 Agustus, pusat perbelanjaan akan beramai-ramai memberikan diskon dan promo besar-besaran sebagai bentuk peringatan dan perayaan hari kemerdekaan RI.

Momen ini pastinya digemari oleh para ‘shopaholic’ dan pemburu diskon. Namun, tidak sedikit yang berbelanja dengan tidak bertanggung jawab dan merugikan finansial mereka.

Untuk menghadapi diskon hari kemerdekaan, Anda membutuhkan persiapan sebelum berbelanja, sikap yang benar ketika berbelanja serta memperhatikan keuangan setelah berbelanja.

Supaya Tidak Belanja Impulsif 01 - Finansialku

[Baca Juga: Trik Jitu Dapat Baju Lebaran Saat Ada Promo dan Diskon Lebaran]

 

Berikut adalah cara dan tips yang dapat Anda lakukan untuk menghadapi diskon besar yang sebentar lagi akan datang.

 

Sebelum Berbelanja

Untuk menghadapi promo dan diskon hari kemerdekaan, Anda sudah harus melakukan persiapan sebelum berbelanja. Mengapa? Karena sering kali ketika berbelanja, Anda sudah lupa diri dan tidak ingat untuk mengontrol diri.

Hal yang perlu Anda lakukan sebelum berbelanja adalah menyusun anggaran, mencatat daftar belanja dan mengajak teman untuk belanja.

 

Menghadapi Diskon Hari Kemerdekaan #1 Membuat Anggaran

Sebelum berbelanja, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat anggaran. Anggaran ini harus dibentuk berdasarkan kemampuan dan kebutuhan Anda.

Anggaran ini adalah jumlah uang yang dapat Anda belanjakan setelah Anda menghitung pemasukan serta pengeluaran.

Bijaksana Mengelola Uang Belanja Keluarga 02 Keuangan 2 - Finansialku

[Baca Juga: Biar Gak Kudet, Ini Cara Menghitung Diskon dan Promo Harbolnas]

 

Anggaran ini tidak boleh melebihi pemasukan Anda. Selain itu, anggaran harus disusun setelah seluruh kebutuhan Anda dan keluarga terpenuhi. Bukan berarti anggaran hanya dapat disusun sebelum berbelanja.

Anggaran sebaiknya disusun setiap kali Anda mendapatkan penghasilan bulanan. Anggaran yang dihitung dengan teratur akan membantu pengaturan keuangan yang lebih baik.

 

Menghadapi Diskon Hari Kemerdekaan #2 Mencatat Daftar Belanja

Sebelum berbelanja, apabila pada musim diskon dan promo besar-besaran, ada baiknya Anda membuat daftar belanja. Daftar belanja ini merupakan barang-barang yang Anda butuhkan dan sembari ada diskon, Anda membelinya.

Ingat untuk mengecek kembali barang yang telah Anda miliki dan barang apa yang jarang Anda butuhkan. Jangan sampai Anda membeli barang ganda apalagi yang tidak tahan lama.

Tips kedua adalah dengan membayangkan Anda memakai atau menggunakan barang tersebut. Cara ini akan membantu Anda memilah apakah barang tersebut perlu dibeli atau tidak.

Tentu, catatan akan berguna jika Anda membuat komitmen dengan diri sendiri untuk mematuhi dan membatasi belanjaan sesuai dengan daftar yang telah Anda susun.

 

Menghadapi Diskon Hari Kemerdekaan #3 Mengajak Orang Lain

Jika Anda tahu bahwa Anda adalah seseorang yang berbelanja secara impulsif dan tidak dapat menahan diri, maka sebaiknya Anda mengajak orang lain untuk menemani Anda berbelanja.

Tentu orang yang diajak ini sebaiknya adalah mereka yang dapat menahan dan mengingatkan Anda untuk tidak lewat batas.

Dengan mengajak orang lain, akan ada yang mengingatkan Anda apabila barang sudah sesuai dengan catatan atau belanja sudah hampir melebihi anggaran.

Bonusnya, dengan berbelanja ditemani oleh teman, Anda akan mendapatkan second opinion, apalagi jika barang yang ingin Anda beli berhubungan dengan fashion.

 

Pada Saat Berbelanja

Tidak sampai di situ, setelah Anda melakukan persiapan, maka Anda harus berkomitmen melakukannya. Namun sebagai manusia, setiap orang pasti memiliki momen ‘khilaf’.

Trik yang Dilakukan Toko 02 Belanja 2 - Finansialku

[Baca Juga: Diskon Mobil Murah di Akhir Tahun 2017, Potongannya Sampe Puluhan Juta Rupiah!]

 

Oleh sebab itu, pada saat berbelanja pun, terdapat cara-cara pintar agar Anda dapat menahan diri untuk tidak berbelanja sembarangan. Cara itu adalah dengan membawa uang tunai dan cermat melakukan perbandingan.

 

Membawa Uang Tunai

Walaupun terdengar konyol, sebenarnya di era cashless ini, uang tunai dapat membantu Anda berhemat.

Jika Anda berbelanja dengan kartu kredit atau hanya menggunakan dompet elektronik, Anda tidak akan sadar berapa banyak yang telah Anda habiskan untuk belanja serta Anda berbelanja dengan utang.

Berbeda dengan kartu, dengan uang tunai, Anda tahu persis berapa yang Anda bawa. Setiap mengeluarkan uang untuk sebuah pembelanjaan, Anda akan mengetahui berapa sisa uang yang ada.

Uang tunai pun akan dengan mudah disesuaikan dengan anggaran yang sebelumnya telah Anda susun. Secara psikologis, hal ini akan sangat membantu Anda berhemat.

Jika misalnya Anda sedang berburu diskon dengan menggunakan promo kartu kredit, maka cara lainnya adalah dengan mencatat seluruh pengeluaran sembari Anda berbelanja.

 

Cermat Melakukan Perbandingan

Pada saat diskon, hal yang sering dilakukan para konsumen adalah membeli secara buru-buru karena takut barang yang diinginkan habis terjual. Padahal cara ini akan merugikan Anda karena barang yang dibeli belum tentu sesuai.

Cara Mengatur Keuangan Ibu Rumah Tangga 05 Belanja 5 - Finansialku

[Baca Juga: Sebelum Tergiur, Ketahui 4 Fakta Gelap Barang Diskonan!]

 

Selain kualitas dan guna barang, Anda juga harus memastikan bahwa Anda telah mendapatkan barang dengan kualitas dan harga terbaik. Label diskon tidak berarti barang tersebut akan lebih murah dari harga normal.

Anda pun harus tetap membandingkan harga sale dengan harga normal di platform lainnya. Mungkin saja Anda mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah, tanpa ada embel-embel diskon.

Untuk itu, gunakan waktu Anda dengan bijak ketika berbelanja. Jangan terburu-buru membeli barang. Jangan terlalu mudah tergiur dengan penawaran harga diskon. Jika memang barang yang ingin Anda beli telah habis terjual, mungkin saja memang nasib Anda berkata lain.

 

Setelah Berbelanja

Momen setelah berbelanja adalah momen yang menyenangkan dan juga menegangkan. Momen tersebut akan menyenangkan apabila Anda dapat mencoba barang belanjaan dengan perasaan nyaman tanpa dihantui perasaan takut.

Tetapi momen menyenangkan tersebut dapat menjadi menegangkan apabila ketika memburu diskon, Anda tidak bertanggung jawab dengan keuangan diri Anda.

Salah satu hal yang dapat Anda lakukan setelah berbelanja yang dapat membantu pengaturan keuangan adalah dengan mencatat pengeluaran.

 

Catat Pengeluaran

Kumpulkan seluruh kwitansi dan bon pembelian Anda. Mengapa? Karena bukti tersebut akan membantu Anda menghitung anggaran untuk bulan berikutnya.

Selain itu, bukti pengeluaran tersebut dapat dijadikan bagian dari evaluasi diri.

Tips Berbelanja Hemat dan Aman Saat Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 01 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Kenali Cara Menghitung Diskon dan Promo Biar Ga Ketipu]

 

Apabila Anda terlanjur berbelanja melebihi anggaran, maka Anda akan tahu berapa jumlah kelebihannya dan barang apa saja yang telah Anda beli.

Dengan mengetahui informasi ini, Anda akan lebih sadar diri dan mengontrol sifat belanja impulsif tersebut lain kali.

 

Nikmati Diskon Hari Kemerdekaan dengan Nyaman

Siapa sih yang tidak ingin berburu diskon tanpa harus dibatasi? Tentu setiap orang menginginkannya.

Namun ingat, jika Anda berbelanja secara impulsif, yang ada nanti adalah Anda akan tercekik utang. Oleh karena itu, lakukan tips di atas agar hati senang dan dompet aman.

 

Apakah Anda termasuk salah satu pemburu diskon? Bagaimana cara Anda menyikapi diskon dan anggaran untuk belanja pada saat diskon hari kemerdekaan?

Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan tuliskan pertanyaan atau komentar Anda di kolom bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 26 Desember 2018. 5 Tips Bijak Kelola Keuangan Pribadi saat Musim Diskon Akhir Tahun. Kumparan.com – https://bit.ly/33cKiaw
  • Admin. 14 Desember 2015. Tips Berbelanja Bijak Saat Diskon Besar-besaran. Uangteman.com – https://bit.ly/2KfbON6

 

Sumber Gambar:

  • Diskon Hari Kemerdekaan – http://bit.ly/2GVafSD

 

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal