Saat ini tidak ada namanya perbedaan derajat antara wanita dan pria. Terbukti banyak tokoh-tokoh wanita hebat yang kisah hidupnya bisa dijadikan sebagai pembelajaran dan acuan bagi kaum wanita.

Agar lebih jelas, yuk simak ulasannya berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Peran Penting Wanita

Kini peran wanita hampir sama dengan pria atau biasa disebut dengan kesetaraan gender. Wanita kini memiliki banyak kebebasan dan peran dalam kehidupan.

Jika dahulu yang diperbolehkan untuk bekerja adalah kaum pria, kini wanita pun banyak yang memilih untuk berkarier dan mengembangkan dirinya di dunia luas.

Bahkan kini banyak tokoh pemimpin wanita, hal ini membuktikan bahwa wanita pun sama tangguhnya dengan pria. Semua ini tidak mungkin tidak akan terjadi jika tidak ada pendahulu kita yang memulai.

Siapa lagi jika bukan Raden Ajeng Kartini, lahir pada 21 April 1879 merupakan pejuang wanita di masa lalu yang hingga saat ini namanya masih dikenang dan diperingati setiap tahunnya.

Dengan perjuangannya di masa lalu dalam memperjuangkan hak perempuan, ini lah cikal bakal dari emansipasi wanita yang kini sudah sangat bisa dirasakan.

Raden Ajeng Kartini menulis buku yang diberi judul “Habis Gelap Terbitlah Terang”, buku ini sungguh sangat menginspirasi bahwa sejatinya kaum wanita harus maju dan berkembang.

Peran wanita saat ini diharapkan bisa tangguh dan berkembang untuk menghadapi tantangan zaman. Wanita bukan lagi seseorang yang harus bersembunyi di belakang pria.

Hanya karena masih menjunjung tinggi sifat yang katanya wanita lebih lemah dari pada pria, menjadikan wanita takut untuk melihat dan menghadapi dunia. Pemikiran seperti inilah yang sudah seharusnya di rubah.

Karena mengingat perjuangan Raden Ajeng Kartini dalam membela hak wanita pada zaman dahulu sungguh penuh tantangan dan halangan.

Secara natural, wanita memang memiliki kondisi ketahanan fisik yang lebih rentan terganggu daripada pria. Namun, kekuatan tidak bisa diukur hanya dari hal tersebut.

Maka dari itu wanita haruslah cerdas, open minded, memiliki ide-ide cemerlang, kreatif. Seperti yang telah dilakukan Kartini, mulanya ia menjiplak konsep wanita Belanda yang pada saat itu membuatnya berkembang dengan pikiran terbuka.

 

Nah, bagi wanita masa kini pun bisa melakukan yang sama, ditambah lagi saat ini kita sudah berada di era modern dan sudah merdeka. 

Dalam membuka wawasan, kamu bisa memulainya dengan banyak membaca, menambah referensi informasi, cari pengalaman disana sini dan mampu mengembangkan ide untuk terus memberi inspirasi bagi banyak orang.

Selain itu, wanita pun harus berani. Agar bisa menjadi wanita modern, kamu harus membuang jauh-jauh pemahaman masa lalu bahwa wanita itu lemah, tidak bisa mandiri.

Wanita harus berpikiran maju dengan memiliki tekad yang kuat agar bisa semakin eksis dan kekinian sebagai wanita modern yang tangguh dan berani mencoba segala hal baru.

 

Pelajaran Dari Tokoh Wanita Yang Bisa Diambil

Dibalik wanita-wanita cerdas yang ada saat ini, tidak terlepas dari pahlawan nasional wanita yang menjadi inspirasi bagi seluruh wanita di tanah air.

 

#1 Pelajaran Hidup Dari Pahlawan Wanita Indonesia

Berikut ini beberapa pahlawan wanita Indonesia yang bisa diambil pelajaran hidupnya:

 

Raden Ajeng Kartini

Emansipasi Wanita Hal Yang Bisa Kamu Petik Dari Tokoh Wanita Ini, Dijamin Sukses! 02 Raden Ajeng Kartini - Finansialku

[Baca Juga: Menjadi Wanita Karir, Kenapa Ngga? Yuk Simak Tips Menjadi Wanita Karir yang Sukses]

 

Salah satu wanita yang terkenal dari usahanya dalam memperjuangkan hak-hak wanita. Berkat pemikirannya yang maju, wanita Indonesia kini bisa bekerja serta menempuh jenjang pendidikan lebih tinggi lagi.

Raden Ajeng Kartini rela mengumpulkan teman wanitanya untuk mengajar tulis menulis dan ilmu pengetahuan lainnya dan ia tidak pernah berhenti membaca.

Hal yang bisa diambil dari kisah Kartini ini, kamu bisa memperjuangkan hak-hak kamu sebagai wanita dan membuktikannya, yang terpenting harus kerja keras dan bersungguh-sungguh dalam menggeluti segala sesuatu.

 

Raden Dewi Sartika

Emansipasi Wanita Hal Yang Bisa Kamu Petik Dari Tokoh Wanita Ini, Dijamin Sukses! 03 Raden Dewi Sartika - Finansialku

[Baca Juga: Wuih, Tengok Kekayaan 10 Wanita Terkaya Di Dunia Tahun 2019!]

 

Jika berbicara pendidikan, Dewi Sartika merupakan salah satu pahlawan perintis pendidikan untuk kaum wanita. Hal ini tidak kalah keren dalam hal memperjuangkan emansipasi wanita.

Dewi Sartika menginginkan kaum wanita menjadi semakin cerdas sehingga mampu membuka wawasannya dan bisa setara dengan kaum pria.

Dewi Sartika berjuang keras demi pendidikan wanita agar nantinya wanita dapat menjadi ibu rumah tangga yang baik, mandiri, luwes, dan terampil sehingga pelajaran-pelajaran yang beliau ajarkan mengenai pembinaan berumah tangga. 

Dengan perjuangannya pelajaran hidup yang bisa dipetik adalah bahwa cara menjadi wanita paling bahagia salah satunya adalah berbuat kebaikan.

Beliau adalah orang yang selalu mau belajar sehingga beliau memberikan contoh bagaimana cara menjadi wanita cerdas dan sukses.

 

Cut Nyak Dhien

Emansipasi Wanita Hal Yang Bisa Kamu Petik Dari Tokoh Wanita Ini, Dijamin Sukses! 04 Cut Nyak Dhien - Finansialku

[Baca Juga: Tips untuk Para Wanita dalam Memilih Model Baju Batik]

 

Pahlawan wanita inspiratif dari Aceh ini turut berjuang melawan Belanda saat Perang Aceh. Cut Nyak Dhien ini dikenal sebagai wanita yang pantang menyerah terutama dalam melawan Belanda yang telah membunuh suaminya.

Ia pun memiliki pendirian yang sangat kuat dengan menggelorakan semangat rakyat Aceh pada saat itu untuk berjuang. Dia menjadi pemimpin dan dikelilingi oleh orang-orang tangguh yang setia padanya.

Hal yang bisa dipetik dari kisahnya ini bahwa sebagai wanita kita harus bisa memiliki pendirian yang kuat, tegas dan berani dalam dan memperjuangkan pendapat sesuatu yang memang salah atau tidak sesuai dengan keinginan kita.

 

#2 Pelajaran Hidup Dari Tokoh Wanita Masa Kini

Saat ini banyak sosok wanita hebat di Indonesia yang mampu memberikan motivasi dan inspirasi bagi kehidupan. Ini lah beberapa tokoh wanita hebat di Indonesia:

 

Susi Pudjiastuti

Emansipasi Wanita Hal Yang Bisa Kamu Petik Dari Tokoh Wanita Ini, Dijamin Sukses! 05 Susi Pudjiastuti - Finansialku

[Baca Juga: Cara Hemat Wanita Karier Supaya Hidup Lebih Berarti]

 

Susi Pudjiastuti merupakan tokoh wanita Indonesia yang berprestasi, dirinya menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. Meskipun dirinya tidak memiliki pendidikan tinggi tapi kemauan dan semangatnya patut di contoh.

Dirinya bahkan telah mendirikan maskapai penerbangan sendiri di bawah naungan Susi Air. Dari kegigihannya ini, Menteri Susi menjadi inspirasi bagi banyak orang. Khususnya kaum perempuan yang ingin sukses berkarier.

Dalam Jabatannya sebagai Menteri Susi Pudjiastuti banyak melakukan gebrakan besar dan banyak disukai oleh masyarakat Indonesia, dengan kegigihannya, ketegasan nya, Ia bisa menjadi seseorang yang sukses.

 

Sri Mulyani Indrawati

Emansipasi Wanita Hal Yang Bisa Kamu Petik Dari Tokoh Wanita Ini, Dijamin Sukses! 06 Sri Mulyani Indrawati - Finansialku

[Baca Juga: Apa Perbedaan Ibu Rumah Tangga dan Wanita Karier Terutama Pada Mengatur Keuangan?]

 

Siapa yang tak kenal tokoh fenomenal ini, wanita kelahiran Bandar Lampung ini telah dikenal hingga ke seluruh dunia. Dirinya bisa disebut sebagai sosok Kartini modern.

Sri Mulyani sangat menginspirasi wanita-wanita millennial di Indonesia. Bahkan majalah sekelas Forbes pun menobatkan dirinya sebagai wanita paling berpengaruh urutan 38 pada tahun 2014.

Prestasi terbarunya adalah menteri terbaik di Asia Pasifik tahun 2018 oleh FinanceAsia. Penghargaan tersebut diraih karena dirinya piawai mengelola keuangan negara.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Dian Pelangi

Emansipasi Wanita Hal Yang Bisa Kamu Petik Dari Tokoh Wanita Ini, Dijamin Sukses! 07 Dian Pelangi - Finansialku

[Baca Juga: Mengurus Keuangan Rumah Tangga Ala Wanita Karier]

 

Perancang busana dengan genre hijab yang namanya harum di dunia ini meraih pendidikan sekolah mode di Ecole des Arts et Techniques Superieur de la Mode (ESMODE) pada tahun 2008.

Setelah menyelesaikan pendidikannya, dirinya mampu menggebrak dunia fashion khususnya di Indonesia. Dirinya berhasil membawa perubahan dalam segmen fashion karyanya.

Dian pun sering menghiasi acara fashion bergengsi. Diantaranya seperti The International Fair of Muslim World di Paris, Jakarta Fashion Week dan lainnya.

Dian juga dinobatkan dalam daftar “30 under 30” versi Majalah Forbes untuk kategori The Arts and Celebrities.

 

Jadilah Kartini Masa Kini

Itulah beberapa hal yang bisa diambil dari kisah hidup beberapa tokoh besar di Indonesia. Masih banyak sosok-sosok lainnya yang dapat menginspirasi dengan berbagai kelebihan mereka masing-masing.

Tapi jangan hanya terpesona melihat kehebatan orang lain. Kita pun harus berbangga hati dengan segala potensi yang kita miliki.

Sebagai wanita kita harus menjadi sosok yang cerdas, tangguh, berani dan menghargai para pahlawan wanita yang telah memperjuangkan emansipasi wanita yang kini tengah kita rasakan.

Percayalah pada diri sendiri bahwa wanita bisa dan layak untuk sukses diatas kakinya sendiri tanpa harus bertopang pada kaum pria.

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

 

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel di atas? Berikan tanggapan Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Ayo bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Koran sindo. 20 April 2018. 10 Pahlawan Nasional Wanita Inspiratif. Nasional.sindonews.com – http://bit.ly/2URmiJI
  • Riana Dewie. 20 April 2015. Belajar dari R.A. Kartini, Pejuang Wanita di Masa Ini adalah Kita Sendiri. Kompasiana.com – http://bit.ly/2Zr5Zls

 

Sumber Gambar:

  • Emansipasi Wanita – http://bit.ly/2UzEdzo
  • Raden Ajeng Kartini – http://bit.ly/2IGLLz9
  • Raden Dewi Sartika – http://bit.ly/2Guwu0I
  • Cut Nyak Dhien – http://bit.ly/2PrXLF1
  • Susi Pudjiastuti – http://bit.ly/2W1H5Xs
  • Sri Mulyani Indrawati – http://bit.ly/2Zk8VAa
  • Dian Pelangi – http://bit.ly/2W1Hnxw