Dari dulu sampai sekarang, investasi emas digemari kebanyakan orang untuk berinvestasi. Jika dibandingkan Emas Fisik Vs Emas Digital lebih pilih yang mana?

Semakin maju teknologi, semakin berkembang pula investasi yang satu ini. Kini, Anda bisa membeli emas digital. Memang apa bedanya dengan emas fisik? Yuk, simak pembahasannya di sini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Emas Fisik Vs Emas Digital

Investasi emas dalam bentuk fisik membutuhkan modal yang besar. Pasalnya, investasi ini berupa emas batangan.

Karena itu, Anda perlu tempat/ruang penyimpanan. Biasanya di bank lebih aman karena emas batangan memiliki risiko pencurian paling tinggi.

Sementara itu, emas digital membutuhkan modal yang tak begitu besar. Anda bisa membelinya dalam nilai gram kecil. Emas ini tidak kita miliki dalam bentuk batangan, melainkan dalam bentuk nilai/data secara online.

Nah, sudah tahu kan apa itu emas fisik dan emas digital? Untuk memilih investasi mana yang akan Anda pilih, sebaiknya Anda mengetahui keunggulan dan kekurangannya.

 

#1 Perbedaan Modal

Saat ini, harga emas batangan per 1 gram sudah mencapai sekitar Rp 700.000-an.

Tingginya nilai tersebut membuat kebanyakan orang ragu berinvestasi emas lantaran membutuhkan modal yang tidak sedikit. Oleh karena itu, tingginya harga beli emas membuat orang berpikir dua kali.

Gara-gara Amerika Semi Resesi, Harga Emas Meroket 01

[Baca Juga: Lebih Murah Mana, Harga Emas Pegadaian Atau Emas Antam?]

 

Nah, di sinilah emas digital datang seolah menjadi solusi. Investasi emas digital sama seperti emas fisik. Anda membeli emas, namun dilakukan secara online.

Membeli emas secara online memungkinkan Anda untuk membeli dalam nominal kecil mulai dari Rp 100 atau Rp 10.000. Sangat terjangkau, kan?

 

#2 Rasa Kepemilikan

Emas fisik bisa kita buktikan secara kasat mata. Emas batangan dapat kita lihat langsung. Anda bisa menyentuhnya dan membawa pulang.

Adanya rasa kepemilikan ini memberi rasa aman dan jaminan bahwa emas sudah di tangan. Selain itu, Anda tidak perlu merasa khawatir mengeluarkan uang untuk sesuatu yang tidak jelas.

Alasan tersebut membuat banyak orang masih belum mau membeli emas secara online. Padahal, membeli emas secara online juga membutuhkan izin dan proses yang sudah dijamin, lho.

Emas akan tercatat di akun Anda. Setiap emas yang terakumulasi juga didukung oleh emas fisik dengan jumlah yang sama oleh perusahaan yang bersangkutan.

 

#3 Tempat Penyimpanan Emas

Anda tentunya perlu memiliki tempat untuk menyimpan emas batangan. Tempatnya harus aman.

Emas dalam berat kecil dan jumlah yang tidak terlalu banyak masih bisa ditempatkan di rumah. Anda bisa menyiapkan lemari besi atau brankas.

Namun, beda halnya jika emas yang Anda miliki menumpuk. Anda sebaiknya menggunakan safe deposit box yang disediakan oleh berbagai bank.

Resesi Meningkat Menjadi Pemicu Pergerakan Emas 01 - Finansialku

[Baca Juga: 5+ Aplikasi Jual Beli Emas yang Bisa Wujudkan Mimpi Anda!]

 

Namun, tentu saja kamu perlu mengeluarkan sejumlah uang. Bisa dibilang, ada biaya untuk sewa safe deposit box.

Tentunya, hal ini akan berbeda jika Anda membeli emas online.

Akun yang Anda buat pada suatu platform bisa Anda cek kapanpun Anda mau. Tak perlu lagi mengeluarkan uang untuk menyewa safe deposit box. Khawatir dicuri pun tak perlu lagi.

 

#4 Update Harga Emas Batangan Setiap Hari

Jika ingin berinvestasi emas, Anda harus melakukannya secara konsisten. Hal ini tak luput dari mengecek harga emas batangan setiap hari.

Biasanya, para investor emas rajin mengunjungi website atau gerai toko emas untuk tahu harga terkini.

Namun, bagi Anda yang membeli emas secara online, harga emas batangan bisa dicek di aplikasi jual beli emas online.

Anda bisa mengaksesnya secara mudah kapan saja lewat ponsel Anda. Hanya cukup mengetukkan jari, Anda langsung dapat info tersebut. Lebih cepat dan mudah, bukan?

 

#5 Lebih Praktis

Proses beli atau jual emas memang mudah. Anda dapat mengunjungi gerai emas Antam atau Pegadaian. Namun, Anda betul-betul harus meluangkan waktu untuk mengantre juga. Semua orang belum tentu punya waktu untuk itu.

Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi semakin membuat mudah transaksi investasi emas.

Dengan membeli emas online, Anda cukup melakukannya kapan saja dan dimana saja Anda berada. Anda cukup membelinya lewat platform agen jual-beli emas online yang terpercaya. Ini bisa memangkas waktu Anda.

 

Pilih Fisik atau Digital?

Emas fisik dan emas digital sama-sama baik. Keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadi, semuanya diserahkan kepada Anda.

Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan, kemampuan finansial, serta tujuan investasi Anda.

Sebelumnya, emas fisik memang digandrungi para investor emas. Namun, zaman pun telah berubah. Banyak yang sudah beralih ke emas online. Hanya saja, ada yang perlu diperhatikan jika ingin berinvestasi emas online.

Pastikan bahwa agen jual-beli emas yang Anda pilih diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Bijaklah dalam memilih agen investasi emas. Segala hal harus Anda cek. Hal ini supaya menghindarkan Anda dari penipuan.

Cuan Emas Berbagai Pilihan Investasi Emas di Saat Resesi 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cuan Emas: Berbagai Pilihan Investasi Emas di Saat Resesi]

 

Memang, akan ada rasa takut ketika beralih ke investasi emas digital. Namun, jika Anda bisa upgrade skill dan pengetahuan mengenai investasi emas masa kini, pasti kekhawatiran Anda hilang.

Ingat, berinvestasi itu memerlukan ilmu, lho! Tidak sembarangan, apalagi ingin meraup keuntungan cepat.

Jika Anda tergolong investor emas baru, jangan segan juga untuk bergabung dengan komunitas investor atau bertanya pada perencana keuangan Finansialku.

Anda bisa memanfaatkan salah satu fitur di aplikasi Finansialku untuk berkonsultasi. Keuntungan ini akan Anda dapatkan jika berlangganan.

Caranya pun sangat mudah. Hanya Rp 35.000 per bulan atau Rp 350.000 per tahun, Anda bisa berkonsultasi sepuasnya dengan perencana keuangan kami. Anda juga bisa dapatkan potongan Rp 50 ribu dengan memasukkan kode CUAN50 saat berlangganan.

Anda dapat mengunduhnya secara gratis di Google Play Store atau Apple Apps Store.

Satu hal yang perlu Anda ingat. Investasi emas merupakan investasi jangka panjang. Jadi, beli emas dari sekarang akan jauh lebih menguntungkan. Harga belum terlalu tinggi.

Setelah membeli, Anda bisa menyimpannya dan menunggu harga semakin naik. Dibandingkan dengan bertahun-tahun sebelumnya, harga emas tergolong naik, lho, meskipun berfluktuasi dari waktu ke waktu.

Nah, untuk Anda yang ingin mulai berinvestasi emas, jangan lupa untuk download e-book dari Finansialku. E-book ini dapat Anda unduh secara gratis, lho.

6 Panduan Berinvestasi Emas Batangan/Perhiasan Untuk Pemula

 

 

Jadi, apa sudah menentukan akan berinvestasi emas fisik atau emas digital? Apapun yang Anda pilih, ada baiknya supaya konsisten menjalaninya.

Akan lebih baik jika Anda dapat share artikel ini. Barangkali ada rekan atau kerabat Anda yang juga berminat investasi emas. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Uji Agung Santosa. 17 Mei 2019. Menebak Seberapa Menarik Prospek Investasi Emas Tahun 2019. Bukalapak.com – http://bit.ly/2Z4vxVK

 

Sumber Gambar:

  • Emas Fisik vs Emas Digital – http://bit.ly/2Z4vxVK