Siapa sangka, ternyata di dunia ini cukup banyak fakta perayaan Idul Adha yang belum kita ketahui loh! Memangnya apa saja fakta-fakta unik tersebut?

Jika belum mengetahuinya, simak dulu artikel Finansialku tentang fakta perayaan Idul Adha berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Hari Raya Idul Adha

Salah satu hari penting bagi umat Islam ini merupakan sebuah perayaan yang dilakukan untuk memperingati peristiwa kurban. Kurban ini sendiri merupakan hari di mana Nabi Ibrahim AS menjalankan perintah dari Allah untuk menyembelih putranya, yaitu Nabi Ismail AS.

Tetapi proses penyembelihan itu digantikan oleh seekor kambing sehingga disebut sebagai hari raya Idul Adha.

Idul Adha ini diperingati setiap tanggal 10 Dzulhijjah yang merupakan bulan terakhir Hijrah dalam tanggalan Islam.

 

Fakta Mengenai Idul Adha

Dalam perayaan hari raya Idul Adha ini menyimpan beberapa fakta yang harus diketahui oleh umat Islam pada umumnya.

Fakta ini merupakan sebuah kebiasaan dan tradisi yang dilakukan umat Islam berdasarkan dengan sejarah dan ajaran Islam. Berikut ini merupakan beberapa fakta yang dapat Anda ketahui.

 

Fakta 1: Adanya Tradisi Silaturahmi Yang Erat

Sama seperti perayaan hari raya pada umumnya, hari raya Idul Adha ini juga memiliki tradisi silaturahmi yang erat antar sesama muslim.

Para tetangga, keluarga dan juga teman biasanya akan saling mengunjungi satu sama lain untuk bermaaf-maafan satu sama lain.

Fakta-fakta Perayaan Idul Adha 02 - Finansialku

[Baca Juga: Nasabah Bisa Sisihkan Harta Lewat Zakat Saham, Program Anyar Henan Putihrai Sekuritas Gaet Baznas]

 

Silaturahmi ini berfungsi untuk tujuan saling memaafkan kesalahan yang telah diperbuat dan membuka lembaran baru untuk hati yang bersih.

Namun, uniknya pada hari raya ini bagi keluarga yang sudah naik Haji merupakan sebuah hari yang paling menyenangkan. Hal ini karena Idul Adha juga merupakan puncak kemenangan para Jamaah Haji di Mekah.

 

Fakta 2: Melaksanakan Salat Sunah Idul Adha

Setiap hari raya datang sebagai umat Islam tentunya harus melaksanakan ibadah Shalat Ied atau Idul Adha walaupun berkesan hanya sebagai Shalat sunah.

Shalat sunah tersebut dijalankan pada pagi hari sebelum bersalam-salaman antar dan bermaafan bagi sesama umat Islam.

Syarat Shalat sunah Idul Adha ini sama dengan Shalat pada umumnya mulai dari tata cara berwudhu serta hal yang dapat membatalkannya. Namun cara shalatnya yang berbeda dari Shalat wajib.

Shalat Ied ini dilakukan dengan hati yang tulus sebanyak dua rakaat dengan khotbah di rakaat terakhir Shalat.

Shalat ini dilakukan tepat pada tanggal 10 Dzulhijjah yaitu Hari raya Idul Adha yang pertama. Shalat ini biasanya dilakukan di masjid ataupun lapangan yang pada tahun-tahun sebelumnya digunakan untuk Idul Adha.

 

Fakta 3: Disebut Sebagai Bulan Haji

Dalam Islam ada lima rukun Islam, dan beribadah Haji merupakan rukun Islam yang kelima yang wajib dilakukan bila mampu.

Tanggal 10 Dzulhijjah ini juga biasanya disebut sebagai bulan Haji karena seluruh umat Islam berkumpul di Mekah untuk melaksanakan ibadah Haji. 

Ibadah ini dilakukan satu kali seumur hidup dengan niat yang ikhlas dan tulus.

Yuk Ketahui Jadwal dan Keutamaan Puasa Jelang Idul Adha 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Tentang Bank Syariah dan Bedanya Dengan Bank  Konvensional]

 

Namun dalam melaksanakan ibadah Haji ini sangat wajib bagi yang mampu dan untuk umat yang belum memiliki kemampuan berangkat Haji diperbolehkan untuk menunda.

Pada hari raya ini biasanya keluarga yang telah berhaji dan yang belum akan melakukan puasa arafah sebelum tiba hari raya.

 

Fakta 4: Merupakan Hari Untuk Mengingat Sejarah Islam

Idul Adha yang disebut juga dengan Idul kurban atau lebih banyak disebut orang dengan Lebaran Haji merupakan perayaan yang dilakukan untuk memperingati tentang sejarah Islam.

Nabi Ibrahim mendapatkan perintah dari Allah SWT untuk menyembelih anak putranya yang bernama Ismail.

Pada saat itu, nabi Ibrahim pun melaksanakan perintah Allah SWT dengan tulus ikhlas. Dan di saat penyembelihan Ismail, Allah SWT menggantinya dengan seekor domba, karena itulah Idul Adha disebut Idul Kurban.

 

Fakta 5: Dirayakan Pada Bulan Dzulhijjah

Idul Adha ini jatuh pada hari dan tanggal 10 Dzulhijjah di bulan Dzulhijjah yang merupakan bulan ke-12 dalam penanggalan Islam berdasarkan dari pergerakan bulan.

Yuk Ketahui Jadwal dan Keutamaan Puasa Jelang Idul Adha 01 - Finansialku

[Baca Juga: Menelusuri Lebih Jauh Tentang Pajak Hibah dan Cara Menghitung Pajak Hibah]

 

Sistem penggalan seperti ini bisa disebut sebagai kalender Gregorian. Gregorian ini disebut sebagai bulan Masehi sehingga merupakan bulan sebagai perayaan Idul Adha selalu maju tiap tahun sebanyak 11 hari.

 

Fakta 6: Penyembelihan Hewan Kurban

Hari raya Idul Adha ini identik dengan tradisinya yang memang untuk mengingat sejarah Islam, yaitu menyembelih kurban.

Sebelum melaksanakan pemotongan hewan kurban, umat Islam diwajibkan untuk melaksanakan Shalat Ied berjamaah di pagi hari.  

Hewan kurban yang dapat disembelih bermacam-macam jika dilihat dari berbagai daerah dan juga kota. Seperti Unta yang dapat dikurbankan di Mekkah, Arab, namun biasanya domba dan sapilah yang menjadi dominan hewan kurban.

Hewan yang dikurbankan kemudian disembelih dengan membaca doa dan diniatkan dengan hati yang tulus tidak boleh sembarangan.

 

Fakta 7: Pembagian Daging Hewan Kurban

Setelah proses penyembelihan selesai maka selanjutnya adalah pembagian daging tersebut. Daging kurban itu dibagikan kepada warga setempat sesuai dengan aturan dalam pembagian hewan kurban.

Dalam ajaran Islam, daging yang dikurbankan harus dibagi 3. 1/3 diberikan kepada keluarga yang berkurban atau kerabat dan sahabat. Namun sebagian dari sisa daging lainnya bisa diberikan atau disedekahkan kepada fakir miskin yang membutuhkan di daerah sekitar.

 

Maksimalkan Momen Idul Adha dengan Berbagai Ibadah

Perayaan hari raya ini disebut sebagai hari raya Haji karena jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah, dimana umat Islam melaksanakan ibadah Haji ke Tanah Suci Mekkah, Saudi Arabia bagi yang mampu.

Ibadah haji dilaksanakan lebih dari sebulan dan mereka melaksanakan perayaan Idul Adha di Tanah Suci sebab dari situlah Idul Adha disebut juga Lebaran Haji.

 

Jadi, fakta apa yang baru Anda ketahui dari informasi di atas?

Karena banyak teman yang mungkin belum tahu juga, tidak ada salahnya berbagi artikel bermanfaat ini kepada sesama muslim yang merayakan Idul Adha, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Fathia Octavia. 8 September 2016. 7 Fakta Perayaan Idul Adha yang Perlu Kamu Tahu. Pegipegi.com – https://bit.ly/2GAvWay

 

Sumber Gambar:

  • Perayaan Idul Adha – https://bit.ly/2YTSZTO
  • Silaturahmi Idul Adha – https://bit.ly/2YUmmJI

 

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG