Mau belajar kewirausahaan dari film entrepreneur? Yuk, simak pembelajarannya dari 7 film entrepreneur terbaik berikut ini.

Tentunya film ini bisa Anda jadikan sebuah inspirasi berbisnis yang penuh dengan pembelajaran.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Belajar Berbisnis dari Film

Mencari inspirasi memang bisa dari mana saja, ada yang suka membaca buku untuk menambah pengetahuan, ada yang lebih memilih untuk berbincang-bincang dengan ahlinya, dan masih banyak lagi.

Namun, ternyata ada juga cara unik untuk mencari inspirasi bisnis, misalnya saja dari film. Siapa sangka banyak film yang bisa memberi Anda pencerahan mengenai bisnis.

Ternyata cara unik ini juga adalah salah satu cara yang lebih mudah untuk belajar bisnis. Jadi kami mengajak Anda untuk belajar bisnis dengan lebih mudah dan menyenangkan dengan menonton 7 film entrepreneur terbaik tahun 2020 berikut:

 

#1 Startup.com

Kebanyakan orang yang memulai bisnis terlalu sibuk dengan operasional sehari-hari untuk mendokumentasikan setiap gerakan mereka.

Tidak demikian halnya dengan para pendiri govWorks.com, yang ditampilkan oleh dokumenter ini.

Industri media terus berkembang dan startup media baru datang dan pergi. govWorks.com adalah salah satu yang datang – dan akhirnya menemui ajalnya.

Film ini mengikuti naik turunnya perusahaan pemula yang ambisius dan para pendirinya.

Dari sini Anda akan mempelajari jatuhnya venture-capital-backed funding method dan karakter utama kehidupan nyata akan membantu Anda menghargai betapa sulitnya memulai sebuah perusahaan.

Pebisnis, Banyak Pelajaran dari 7 Film Entrepreneur Terbaik 2020 01 - Finansialku

[Baca Juga: Temukan Cara Hebat untuk Menjadi Entrepreneur Kreatif dalam Mencapai Kesuksesan]

 

#2 Pirates of Silicon Valley

Logam yang halus, tepi yang membulat, dan buah apel putih yang bercahaya dengan bekas gigitan adalah ciri khas Apple saat ini – tetapi tidak selalu seperti itu.

Dan jangan lupakan Microsoft, perusahaan yang memperkenalkan paket aplikasi kantor terintegrasi yang digunakan di seluruh dunia saat ini, termasuk di komputer Apple.

Film ini mengikuti kehidupan pendiri Apple Steve Jobs, diperankan oleh Noah Wyle, dan pendiri Microsoft Bill Gates, diperankan oleh Anthony Michael Hall.

Di sepanjang film, Anda akan melihat betapa sengit perjuangan untuk menciptakan komputer pribadi terbaik. Ideologi siapa yang akan menang?

 

 

#3 The Pursuit Of Happyness

Muncul pada tahun 2006, The Pursuit of Happiness langsung memikat banyak pecinta film nasional baik internasional. Film ini menceritakan kisah nyata seorang pialang saham ternama, Chris Gardner yang diperankan oleh Will Smith.

Film ini menggambarkan bagaimana Gardner berusaha mencapai “American Dream”-nya, di mana upayanya berisi banyak kerja keras dan hanya sedikit keberuntungan.

Pebisnis, Banyak Pelajaran dari 7 Film Entrepreneur Terbaik 2020 02 - Finansialku

[Baca Juga: Konsultasi: Mengapa Harus Berinvestasi? Ini 3 Alasan Kamu Harus Berinvestasi (Khususnya Buat Kamu Para Fresh Graduate)]

 

Di sini juga kita bisa melihat bagaimana Gardner tetap berjuang hingga akhir. Setelah ditinggalkan oleh istrinya, Gardner berjuang menghidupi anaknya dengan berpindah-pindah tempat penampungan, bahkan hingga tidur di toilet stasiun.

Namun akhirnya, usahanya berbuah manis setelah Gardner bertemu dengan seorang pialang saham sukses.

Ia pun diterima magang tanpa dibayar di sebuah broker saham dengan syarat harus bisa mengumpulkan klien terbanyak untuk bisa lolos menjadi pegawai tetap.

Anda bisa meniru ketekunan, kegigihan, dan kepribadian menakjubkan Chris Gardner sehingga bisa mendirikan perusahaan sendiri.

 

#4 The Aviator

Pada pertengahan 1900-an, Howard Hughes menguasai langit, memproduksi film-film blockbuster, memiliki kekasih rahasia yang terkenal, dan berjuang dengan OCD yang mengerikan.

Kecenderungan obsesifnya sangat membantunya ketika membangun kerajaannya, meskipun seperti yang diketahui oleh setiap calon wirausahawan, cara ekstrem semacam ini sama sekali tidak sehat.

Hughes adalah bos, artis, dan pilot yang teliti, dan seiring bertambahnya usia, kondisinya terus memburuk.

Akhirnya, setelah kerusakan mesin dan cedera parah, Hughes memilih hasratnya di atas semua akal sehat, melanjutkan pengembangan proyek hewan peliharaannya daripada mempertahankan kontrak pemerintahnya yang menguntungkan.

Tragisnya, OCD Hughes membuatnya mengambil keputusan dengan gegabah, termasuk beberapa yang menarik perhatian FBI.

 

#5 The Godfather

The Godfather mungkin tampak seperti pilihan yang aneh untuk daftar ini, tetapi kami berpendapat bahwa kebangkitan Mafia adalah salah satu cerita wirausaha yang paling menarik sepanjang masa.

Michael Corleone dan ayahnya The Godfather (il Padrino dalam bahasa Italia) Vito menumbuhkan “bisnis keluarga” menjadi salah satu bisnis yang paling mengancam (meskipun ilegal) di seluruh New York.

Film ini menunjukkan apa yang bisa terjadi ketika kekuasaan dan uang merusak semangat kewirausahaan hingga ekstrem. Anda bisa belajar banyak dari film ini.

Pebisnis, Banyak Pelajaran dari 7 Film Entrepreneur Terbaik 2020 03 - Finansialku

[Baca Juga: TTS: Kenali Istilah Reksadana Sebelum Anda Investasi]

 

#6 Twelve Angry Men

Jika Anda ingin menjadi wirausahawan terbaik, Anda perlu belajar bagaimana bergaul dengan orang lain.

Film ini adalah contoh yang bagus tentang  “how to, and how not to” meyakinkan orang lain untuk melihat sudut pandang Anda terutama dalam ruang sempit.

Di dalam film ini, moral dipertanyakan, bisa diuji, kesepakatan dibangun dan dihancurkan dan dibangun kembali.

Anda akan melihat bagaimana kepribadian dapat meredakan atau mengintensifkan argumen yang sudah memanas, bagaimana nilai memengaruhi keputusan kita dan kemungkinan besar Anda juga akan melihat ke dalam diri Anda sendiri.

 

#7 Office Space

Jika Anda butuh film yang menginspirasi untuk berhenti dari pekerjaan suram Anda dan akhirnya mulai menjadi pengusaha, inilah film untuk Anda.

Film ini mungkin saja menginspirasi orang yang bekerja di meja kerja dengan jam kerja 09.00-17.00 hingga yang paling pemalu sekalipun untuk mengambil langkah yang mereka butuhkan untuk berhenti dari rutinitas mengerikan ini.

Di sini Anda menyadari bahwa saat Anda menjadi karyawan, Anda tidak bekerja untuk diri sendiri, dan semua yang Anda lakukan tidak menjamin Anda maju.

Seperti yang dikatakan karakter utama, “Kami tidak punya banyak waktu di Bumi ini! Kami tidak dimaksudkan untuk menghabiskannya dengan cara ini.

Manusia tidak dimaksudkan untuk duduk di bilik kecil menatap layar komputer sepanjang hari, mengisi formulir yang tidak berguna dan mendengarkan delapan bos yang berbeda mengoceh tentang pernyataan misi.”

Pebisnis, Banyak Pelajaran dari 7 Film Entrepreneur Terbaik 2020 04 - Finansialku

[Baca Juga: Para Karyawan, Menyiapkan Dana Pensiun, Menabung, dan Investasi saja Tidak Cukup! Mulai Buat Perencanaan Dana Hari Tua]

 

Realita dalam dunia investasi digambarkan dengan sangat jelas di film ini, mulai dari kelicikan, penipuan hingga kekerasan.

Anda akan dikejutkan dengan melihat betapa strategi penjualan saham diliputi berbagai penipuan yang memang terjadi di dunia nyata.

Di sini Anda bisa mempelajari bagaimana seseorang tanpa latar belakang pendidikan yang cukup pun bisa belajar investasi dari awal.

Anda juga seolah-olah diingatkan untuk menahan sikap serakah yang bisa membawa sengsara dengan mudahnya.

 

Mari Belajar Bisnis dari Film!

Nah, bagaimana, apakah ada film yang menarik perhatian Anda? Tentunya 7 film tersebut akan mengajarkan bisnis dengan menarik bagi Anda.

Tetapi, jika Anda malas menonton film berdurasi 1 hingga 2 jam tersebut, Anda bisa memulai pelajaran keuangan dari membaca artikel-artikel ringan dalam aplikasi Finansialku.

Selain menyediakan artikel, Anda juga bisa mencatat dan merencanakan keuangan Anda agar terkontrol dengan baik.

Download aplikasinya dan manfaatkan promo potongan Rp 50 ribu untuk bergabung menjadi member premium dengan kode promo CUAN50.

playstore icon
appstore icon

 

Disclaimer: Penyebutan merek pada artikel ini hanya bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan-tujuan lainnya.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai 7 film entrepreneur terbaik lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Ebook Perencanaan Keuangan ENTREPRENEUR & FREELANCE

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Download Ebook Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Emily Delbridge. 21 November 2019. The 8 Best Entrepreneur Movies of 2020. Thebalancesmb.com – https://bit.ly/2YJBrfT

 

Sumber Gambar:

  • Film 1 – https://bit.ly/3jrGn0L
  • Film 2 – https://bit.ly/2Qwqf1V
  • Film 3 – https://bit.ly/3jlsK3m
  • Film 4 – https://bit.ly/32yuuiP