Belum lama ini Anda pasti mendengar kehebohan film terakhir dari franchise The Avengers, yaitu The Avengers: Endgame. Film ini tidak diragukan lagi masuk dalam 10 film franchise tersukses di dunia.

Namun apa 9 film franchise tersukses di dunia lainnya? Yuk simak ulasannya disini:

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Bisakah Mencari Inspirasi dari Film?

Mencari inspirasi memang bisa dari mana saja, ada yang suka membaca buku untuk menambah pengetahuan, ada yang lebih memilih untuk berbincang-bincang dengan ahlinya, dan masih banyak lagi.

Namun ternyata ada juga cara unik untuk mencari inspirasi, misalnya saja dari film. Siapa sangka banyak film yang bisa memberi Anda pencerahan dengan sangat menarik.

Sebagai contoh adalah film franchise yang terbukti berhasil memikat para pecinta film di seluruh dunia. Film-film ini begitu menarik hingga sukses menghasilkan pendapatan tertinggi baik secara lokal maupun internasional.

Franchise merupakan kumpulan film yang memiliki karakter atau pun jalan cerita yang saling memiliki hubungan satu sama lain. Contohnya adalah film franchise sukses The Avengers, Lord of The Rings, Fast and Furious, dan masih banyak lagi.

Film franchise memang menjadi salah satu jenis film yang menjanjikan keuntungan terbesar, terbukti dengan kesuksesan banyak film franchise yang mendunia.

Jadi, tidak hanya mampu memberikan alur cerita yang lebih luas, tetapi juga memberikan keuntungan pendapatan yang fantastis.

Nah, karena dibuat dengan sangat teliti dan penuh perencanaan, biasanya film-film franchise ini memiliki pesan atau inspirasi di dalamnya yang bisa kita petik.

Jika Anda juga ingin memperoleh inspirasi dengan cara yang menyenangkan, yakni dengan menonton film, simak beberapa film franchise tersukses dunia dengan pendapatan tertinggi berikut ini:

 

Cari Tahu 10 Film Franchise Tersukses Dunia

Pastinya sudah tidak sabar bukan mencari tahu apa saja 10 film franchise tersukses dunia dengan pendapatan tertinggi? Yuk segera simak ulasannya berikut ini:

 

#10 Jurassic Park

Jumlah franchise hingga saat ini: 5

Keuntungan: US$4,99 miliar atau setara dengan Rp71 triliun

10 Film Franchise Tersukses Dunia Dengan Pendapatan Tinggi 02 Jurassic Park - Finansialku

[Baca Juga: Film Hollywood Terbaru yang Siap Menggelegar di Bulan Juni 2019]

 

Novel Jurassic Park tahun 1990 karangan penulis Michael Crichton menjadi karya sastra fenomenal yang menjual jutaan eksemplar dan bertahan di daftar buku penjualan terbaik selama beberapa bulan.

Kesuksesan ini membuat Steven Spielberg membeli hak pembuatan film atas dasar novel sukses tersebut seharga US$1,5 Juta atau setara dengan Rp21 miliar.

Namun terbukti menjadi investasi yang bijak, karena adaptasi Jurassic Park arahan Spielberg menjadi film terlaris pada tahun 1993, yang nyaris mencapai US$1 miliar atau setara dengan Rp14 triliun.

Setelah dua sekuel yang agak mengecewakan dan dianggap gagal secara komersil, franchise ini dianggap mati.

Untungnya Colin Trevorrow menghidupkannya kembali pada tahun 2015 dengan Jurrasic World yang meraup lebih dari US$1 miliar (Rp14 triliun), begitu juga sekuelnya, Jurassic World: Fallen Kingdom. Sekuel ketiga, Jurassic World 3, direncanakan rilis tahun 2021.

 

#9 Batman (DC Universe)

Jumlah franchise hingga saat ini: 10

Keuntungan: US$4,99 miliar atau setara dengan Rp71 triliun

10 Film Franchise Tersukses Dunia Dengan Pendapatan Tinggi 03 Batman - Finansialku

[Baca Juga: Nilai Moral Film Aladdin Mengajarkan Hidup Sederhana]

 

Batman atau manusia kelelawar yang menjadi pahlawan di Gotham ini tentunya sudah tidak asing di telinga Anda bukan?

Batman merupakan salah satu tokoh paling abadi dalam sejarah buku komik, kemunculannya di layar lebar sangat beragam, dan semuanya sukses secara finansial.

Film tahun 1989 arahan Tim Burton, Batman, menjadi film terlaris kedua pada tahun itu, tetapi saga pencetak uang yang nyata baru muncul ketika Christopher Nolan melahirkan trilogi Dark Knight. 

The Dark Knight adalah film Batman pertama yang meraup lebih dari US$1 miliar (Rp14 triliun) di seluruh dunia.

Sejak itu, Batman menjadi bagian dari DCEU dengan Batman V Superman: Dawn of Justice dan Justice League, dan segera menjadi subjek dalam film solo lain terbaru yang disutradarai Matt Reeves, saat ini berjudul The Batman.

 

#8 Fast and Furious

Jumlah franchise hingga saat ini: 8

Keuntungan: US$5,1 miliar atau setara dengan Rp72 triliun

10 Film Franchise Tersukses Dunia Dengan Pendapatan Tinggi 04 Fast Furious - Finansialku

[Baca Juga: Situs Nonton Film Secara Online Ini Harus Masuk List Kamu]

 

Salah satu film franchise tersukses dengan penghasilan fantastis adalah Fast and Furious. Digawangi Van Diesel, Tyrese Gibson dan mendiang Paul Walker, Fast and Furious berhasil menjadi salah satu film ber-genre action paling sukses di dunia.

Menggabungkan cerita yang penuh aksi dan kecanggihan mobil-mobil keren, film ini selalu semakin menarik di setiap sekuelnya. Total, film ini telah memiliki 8 sekuel.

Fast and Furious 7 menjadi salah satu film tersukses dalam franchise ini sukses tempati urutan ke-7 sebagai film dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa dengan raihan US$1,518 miliar atau setara dengan Rp21 triliun.

Sedangkan total franchise film ini berhasil meraih US$5,1 miliar (Rp72 triliun) dalam rentang 19 tahun.

Hal tersebut disebabkan oleh berita kematian Paul Walker yang tentunya menggemparkan dunia sekaligus para penggemar franchise Fast and Furious.

 

#7 Spider Man

Jumlah franchise hingga saat ini: 7

Keuntungan: US$5,69 miliar atau setara dengan Rp81 triliun

10 Film Franchise Tersukses Dunia Dengan Pendapatan Tinggi 05 Spiderman - Finansialku

[Baca Juga: 7 Film Marvel Terlaris yang Menghasilkan Pendapatan Triliunan]

 

Franchise Spider Man bermula dari sebuah film arahan Sam Raimi keluar pada tahun 2002, setelah nyaris 25 tahun tertunda pihak studio, sejumlah naskah, dan menjadi rebutan beberapa studio.

Trilogi Spider-Man menghasilkan nyaris US$2,5 miliar atau setara dengan Rp35 triliun di seluruh dunia, dan karena properti ini masih menjadi film Marvel terbesar yang haknya dimiliki Sony Pictures, reboot tidak terelakkan. 

Bahkan, berkat kerjasama dengan Marvel Studios, era baru Peter Parker lahir dan kejayaan box office datang lewat Spider-Man: Homecoming.

Sony Pictures juga mendapat durian runtuh dengan kesuksesan Venom, yang saat ini menjadi film terlaris kelima tahun 2018 dengan pendapatan lebih dari US$824 juta atau setara dengan Rp11 triliun di seluruh dunia.

 

#6 X-Men

Jumlah franchise hingga saat ini: 11

Keuntungan: US$5,7 miliar atau setara dengan Rp81 triliun

10 Film Franchise Tersukses Dunia Dengan Pendapatan Tinggi 06 X-Men - Finansialku

[Baca Juga: 10+ Situs Bioskop Online (Streaming Film) Terbaik, GRATIS!]

 

Franchise ini merupakan salah satu film franchise garapan Marvel yang masuk dalam franchise tersukses, yaitu X-Men.  Sejak dirilis pertama pada tahun 2000, X-Men telah melahirkan 14 film.

X-men sendiri menggambarkan para superhero yang merupakan mutan dengan kekuatan uniknya masing-masing.

Deadpool merupakan film dalam franchise ini yang menjadi yang tersukses dengan pendapatan US$801 juta atau setara dengan Rp11 triliun.

Secara keseluruhan, X-Men Universe telah meraih US$5,7 miliar atau setara dengan Rp81 triliun. Pendapatan tersebut masih akan bertambah dengan rilisnya X-Men: Dark Phoenix pada bulan Juni ini.

 

#5 Lord of The Rings

Jumlah franchise hingga saat ini: 6

Keuntungan: US$5,8 miliar atau setara dengan Rp82 triliun

10 Film Franchise Tersukses Dunia Dengan Pendapatan Tinggi 07 Lord Of The Rings - Finansialku

[Baca Juga: Pelajaran Berharga dari Film Enron: The Smartest Guys in The Room (2005)]

 

Film fantasi adaptasi dari novel J.R.R Tolkien, The Lord of The Rings trilogi  garapan Peter Jackson ini berhasil mendapatkan keuntungan fantastis mencapai US$5,8 miliar (Rp82 triliun) hanya dengan enam film saja.

Berkat kesuksesannya itu, muncul spin-off berjudul The Hobbit yang hadir juga dengan triloginya.

Film tersukses dari franchise ini adalah film penutup trilogi LOTR yang berjudul Lord of The Rings: Return of The King dengan keuntungan mencapai US$1,141 miliar atau setara dengan Rp16 triliun.

 

#4 James Bond

Jumlah franchise hingga saat ini: 25

Keuntungan: US$7,07 miliar atau setara dengan Rp100 triliun

10 Film Franchise Tersukses Dunia Dengan Pendapatan Tinggi 08 James Bond - Finansialku

[Baca Juga: 5+ Trik Nonton Film di Bioskop Lebih Hemat! Mau?]

 

Siapa yang tidak tahu dengan franchise James Bond yang sudah mendunia ini? Agen 007 asal Inggris ini juga berhasil masuk dalam daftar film franchise tersukses dengan pendapatan fantastis selanjutnya.

Film franchise yang dimulai dari tahun 1963 ini berhasil menelurkan sebanyak 25 film dalam kurun waktu 57 tahun.

Film franchise yang terkenal dengan aksi agen rahasia yang dikelilingi wanita cantik ini diperankan oleh banyak aktor kawakan, seperti Ian Fleming, Sean Connery, Pierce Brosnan hingga Daniel Craig.

Film tersukses James Bond adalah film yang dibintangi oleh Daniel Craig tahun 2012 lalu yang berjudul Skyfall dengan keuntungan mencapai US$1,110 miliar atau setara dengan Rp15 triliun.

 

#3 Harry Potter

Jumlah franchise hingga saat ini: 11

Keuntungan: US$9,17 miliar atau setara dengan Rp130 triliun

10 Film Franchise Tersukses Dunia Dengan Pendapatan Tinggi 09 Harry Potter - Finansialku

[Baca Juga: Peraih Penghargaan Piala Oscar 2019, Begini Fakta Menarik Film Bohemian Rhapsody]

 

Franchise terlaris yang memiliki pendapatan fantastis berikutnya adalah Harry Potter franchise.

Film yang diadaptasi dari novel karya J.K Rowling ini mengisahkan kisah seru Daniel Radcliffe, Emma Watson dan Rupert Grin dalam dunia sihir.

Franchise ini berhasil memperoleh pendapatan US$19,7 miliar atau setara dengan Rp280 triliun hanya dengan 11 film dalam kurun waktu 18 tahun.

Film tersuksesnya merupakan penutup serial Harry Potter yang berjudul Harry Potter and the Deathly Hallows II tahun 2011 dengan pendapatan mencapai US$1,34 miliar atau setara dengan Rp19 triliun.

Jika Anda penggemar Harry Potter sudah tidak asing dengan JK Rowling bukan? Anda bisa tonton video kunci sukses JK Rowling, ‘SIHIR’ di balik cerita Harry Potter melalui channel Youtube Finansialku berikut ini:

 

#2 Star Wars

Jumlah franchise hingga saat ini: 11

Keuntungan: US$9,37 miliar atau setara dengan Rp133 triliun

10 Film Franchise Tersukses Dunia Dengan Pendapatan Tinggi 10 Star Wars - Finansialku

[Baca Juga: Belajar Pesan Moral dari Film Green Book, Film Terbaik Oscar 2019]

 

Film franchise terlaris dan tersukses kedua di dunia tak lain dan tak bukan adalah Star Wars franchise. Star Wars merupakan film ber-genre fiksi ilmiah tersukses di seluruh dunia selama bertahun-tahun, bahkan sebelum adanya MCU. 

Star Wars merupakan film yang mengusung alternative-universe berbeda dengan kehidupan manusia pada umumnya dan mengangkat perang bintang sebagai plot utamanya.

Franchise Star Wars merupakan film franchise yang memiliki rentang waktu terpanjang kedua setelah James Bond, yaitu 41 tahun.

Kesuksesan film ini sudah tidak diragukan lagi. Mereka bahkan sempat memegang rekor franchise tersukses sepanjang masa selama bertahun-tahun sebelum rekornya terpecahkan oleh film lain.

Star Wars sukses meraih total pendapatan sebanyak US$9,37 miliar atau setara dengan Rp133 triliun. 

Star Wars: Force Awakens yang dirilis pada tahun 2015 menjadi yang terlaris dengan keuntungan US$2 miliar atau setara dengan Rp28 triliun. Hebatnya lagi, film tersebut menjadi yang tersukses ketiga sepanjang masa di belakang Avatar dan Titanic.

 

#1 Marvel Cinematic Universe

Jumlah franchise hingga saat ini: 20

Keuntungan: US$17,5 miliar atau Rp249 triliun

10 Film Franchise Tersukses Dunia Dengan Pendapatan Tinggi 11 Marvel Cinematic Universe - Finansialku

[Baca Juga: Film Avenger  Endgame Sudah Tayang, Cek Dulu Informasi Menarik Berikut!]

 

Betul bukan tebakan kita bahwa The Avengers: Endgame pasti masuk dalam film franchise tersukses dunia dengan pendapatan tertinggi? Bahkan franchise Marvel Cinematic Universe atau biasa disingkat MCU ini menempati urutan pertama dalam list ini.

Film yang mengusung para pahlawan komik Marvel ini telah melahirkan 21 film sepanjang 11 tahun. Luar biasanya, setiap film yang dirilis seperti Iron Man, Captain America, Thor hingga Captain Marvel selalu sukses besar.

Fantastis, total keuntungan yang MCU raih sepanjang 11 tahun tersebut sebesar US$17,5 miliar atau setara dengan Rp249 triliun.

Keuntungan terbesar yang diperoleh dari film franchise ini berasal dari film mereka di tahun 2018, yaitu Avengers: Infinity War yang mencapai US$2,049 miliar atau setara dengan Rp29 triliun.

Hal tersebut menjadikan film ini menjadi film terlaris ke-empat sepanjang masa setelah Avatar, Titanic dan Star Wars: The Force Awakens.

 

Franchise Sukses Lainnya?

Nah, bagaimana, apakah ada film yang menarik perhatian Anda? Tentunya 10 film tersebut akan menghisap Anda dalam dunia fiksi yang menarik dan memberikan inspirasi.

Adakah franchise sukses lainnya yang Anda pikirkan? Bagikan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah ya. Kami sangat menghargai sharing dan pendapat Anda.

Nah, jika Anda malas menonton film berdurasi 1 hingga 2 jam tersebut, Anda bisa mengisi waktu dengan membaca artikel-artikel ringan Finansialku. 

Selain itu, Anda juga bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS, agar tujuan keuangan Anda bisa tercapai sesuai rencana, selamat membaca..

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Disclaimer: Penyebutan merek pada artikel ini hanya bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan-tujuan lainnya.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai belajar investasi dari film lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Priscilladeaby. 11 Desember 2018. 15 Franchise Film Dengan Pendapatan Tertinggi. Kaskus.co.id – http://bit.ly/2MWatOB
  • Rindu Vitalagas. 18 Januari 2019. 7 Film Franchise Tersukses dengan Pendapatan Fantastis. Keepo.me – http://bit.ly/2ZwYkBe
  • Ganjar Firmansyah. 28 April 2019. 7 Film Franchise dengan Pendapatan Tertinggi Sepanjang Sejarah. Idntimes.com – http://bit.ly/2x4sYWv

 

Sumber Gambar:

  • Film Franchise – http://bit.ly/2xbcfAF
  • Jurassic Park – http://bit.ly/2WVUYGt
  • Batman – http://bit.ly/2x6zTyk
  • Fast and Furious – http://bit.ly/2Kq1B1L
  • Spiderman – http://bit.ly/2IsQpiG
  • X-Men – http://bit.ly/2L3NQoU
  • Lord of The Rings – http://bit.ly/2XmyWRb
  • James Bond – http://bit.ly/2WSecN9
  • Harry Potter – http://bit.ly/2KtkaCq
  • Star Wars – http://bit.ly/2J1t72G
  • Marvel Cinematic Universe – http://bit.ly/2WRLOiR