Atmosfer dari film masih masih terasa hingga saat ini. berapakah penghasilan yang didapatkan dari film-film Marvel tersebut?

Daripada penasaran, yuk intip faktanya dalam artikel di bawah ini. selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Film Marvel

Menonton setiap seri dari film Marvel seperti sudah menjadi kebudayaan baru bagi masyarakat. Tidak heran jika film Marvel mampu meraih pendapatan tinggi di setiap perilisannya.

Marvel Cinematic Universe atau MCU terhitung telah menghasilkan 22 film sejak kemunculan Iron Man pada 2008. Nama superhero Spiderman, Hulk, Iron Man, dan para pahlawan lainnya selama ini telah banyak mengisi imajinasi kamu.

Marvel Cinematic Universe (MCU), sebuah perusahaan yang fokus memproduksi berbagai film superhero yang diangkat dari Marvel Comic. Garapan MCU ini banyak digemari oleh orang diseluruh dunia.

Terhitung saat ini telah ada 21 film yang dihasilkan Marvel dan mendapatkan US$20 miliar atau Rp282 triliun dari seluruh total box office sejak dimulai pada tahun 2008. 

Dari sekian banyak film hasil garapan MCU, ada beberapa film nya yang menghasilkan pendapatan miliaran dolar dan dapat dikatakan pendapatan terbesarnya.

 

7 Film Marvel Terlaris       

Berikut ini beberapa film Marvel Cinematic Universe dengan pendapatan miliaran dolar:

 

#1 Avengers: Infinity War

7 Film Marvel Terlaris yang Menghasilkan Pendapatan Triliunan 02 Avengers Infinity War - Finansialku

[Baca Juga: Film Avenger  Endgame Sudah Tayang, Cek Dulu Informasi Menarik Berikut!]

 

Peringkat pertama diduduki oleh Avengers Infinity War yang merupakan film marvel terbesar. Semua superhero yang sudah mereka perkenalkan muncul dalam film ini untuk melawan Thanos.

Film yang digarap semaksimal mungkin ini ternyata mendatangkan untung yang bukan main-main. Tercatat pendapatan kotor dari film ini dalam skala internasional mencapai US$2,04 miliar atau setara dengan Rp29,04 triliun.

Tapi jika dilihat dari pangsa pasar skala lokal, film Avengers Infinity War kalah dengan pencapaian Black Panther.

Rasa penasaran para penonton bikin tiket film Avengers: Infinity War sering habis terjual. Sampai-sampai film yang berbiaya produksi US$300 juta atau setara dengan Rp4,37 triliun ini dapat meraih omzet dengan nilai yang luar biasa.

Infinity War mencatat pendapatan domestik yaitu sebesar US$678,8 miliar, Black Panther mampu mengumpulkan hingga US$700 miliar.

 

#2 The Avengers

7 Film Marvel Terlaris yang Menghasilkan Pendapatan Triliunan 03 The Avengers - Finansialku

[Baca Juga: Captain Marvel, Sang Box Office Terbaik Sepanjang Tahun 2019]

 

The Avengers merupakan pelengkap dari fase pertama Marvel Cinematic Universe. Disutradarai oleh Josh Whedon, film ini mengawali kesuksesan besar-besaran dari proyek MCU.

Joss Whedon berhasil membuktikan bahwa mempersatukan para superhero sangat mungkin untuk terjadi. Ia berhasil mengumpulkan para superhero dalam sebuah film yang asyik dan menyenangkan.

The Avengers mencatat pendapatan hingga US$1,5 miliar atau setara dengan Rp21,5 triliun. Film ini bahkan mampu mencapai menjadi film terlaris MCU selama enam tahun sebelum akhirnya dikalahkan oleh Avengers: Infinity War dan Black Panther.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#3 Avengers: Age of Ultron

7 Film Marvel Terlaris yang Menghasilkan Pendapatan Triliunan 04 Avangers Age of Ultron - Finansialku

[Baca Juga: Mengenang Stan Lee Sang Pencipta Karakter dalam Film Marvel yang Selalu Dinantikan]

 

Meski hadir setelah The Avengers, Avengers: Age of Ultron tidak bisa melewati pencapaian tinggi pendahulunya. Seperti halnya Jon Favreau ketika menyutradarai Iron Man, film sekuel dari Joss Whedon ini juga dirasa kurang.

Avengers: Age of Ultron memiliki pendapatan US$1,4 miliar atau setara dengan Rp19,9 triliun ini adalah film sekuel dari The Avenger (2012).

Hanya saja musuh dari para superhero ini bukan lagi Loki, melainkan sebuah robot sakti bernama Ultron. Film ini berkisah setelah SHIELD terjatuh dan kemudian Tony Stark mencoba membuat sebuah program perdamaian dunia.

 

#4 Black Panther

7 Film Marvel Terlaris yang Menghasilkan Pendapatan Triliunan 05 Black Panther - Finansialku

[Baca Juga: 10 Film Hollywood 2018 yang Paling Keren, Mana Favoritmu?]

 

Siapa yang tidak mengenal film superhero yang memiliki kulit hitam di MCU. Black Panther berhasil meraih kesuksesannya yang mencapai US$1,346 miliar atau setara dengan Rp19,08 triliun.

Berbeda dengan karakter-karakter superhero sebelumnya, di film ini bercerita tentang para pahlawan berkulit hitam.

Dalam ceritanya, Black Panther adalah seorang pemimpin dan pelindung di sebuah tempat fiksi di Afrika, Wakanda yang terisolasi.

Meski begitu, teknologi di Wakanda sudah sangat maju. Namun, dalam satu waktu, Wakanda terancam oleh kedatangan musuh.

Black Panther pun banyak menyabet beberapa penghargaan bergengsi. Black Panther menjadi film adaptasi komik pertama yang mampu menembus nominasi Best Picture Oscar.

 

#5 Iron Man 3

7 Film Marvel Terlaris yang Menghasilkan Pendapatan Triliunan 06 Iron Man 3 - Finansialku

[Baca Juga: 5+ Trik Nonton Film di Bioskop Lebih Hemat! Mau?]

 

Ketika film Iron Man 3 tayang, banyak menimbulkan kritikan pedas, pasalnya film ini diduga menghina sosok The Mandarin, yang merupakan salah satu villain berbahaya pada versi komiknya 

Film ini tetap memperoleh keuntungan besar, bahkan menjadi seri tersukses dari Iron Man dengan pendapatan kotor sebesar US$1,21 miliar atau sekitar Rp17,2 triliun.

Di sisi lain, Marvel mendapatkan fakta bahwa kekuatan pesona Robert Downey Jr. sebagai Tony Stark/Iron Man masih sangat tinggi dan bisa dimaksimalkan. Popularitasnya berhasil menggelontorkan banyak uang ke kantong Marvel.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#6 Captain America: Civil War

7 Film Marvel Terlaris yang Menghasilkan Pendapatan Triliunan 07 Captain America Civil War - Finansialku

[Baca Juga: Situs Nonton Film Secara Online Ini Harus Masuk List Kamu]

 

Captain America: Civil War mampu menarik perhatian sejumlah penggemarnya. Captain America: Civil War bahkan mampu mencetak pendapatan kotor sebesar US$1,15 miliar atau setara dengan Rp16,3 triliun.

menandakan bahwa sutradara Anthony dan Joe Russo sudah siap untuk menggarap proyek Marvel yang lebih besar. 

Sejak Captain America dan Iron Man kerap beradu argumen di film Avengers sebelumnya dan kepopuleran event Civil War dalam komiknya sendiri, para penggemar pun menuntut MCU turut menghadirkan seri ini dalam timeline-nya.

 

#7 Guardians of The Galaxy Vol.2

7 Film Marvel Terlaris yang Menghasilkan Pendapatan Triliunan 08 Guardians of The Galaxy Vol.2 - Finansialku

[Baca Juga: Peraih Penghargaan Piala Oscar 2019, Begini Fakta Menarik Film Bohemian Rhapsody]

 

Sosok Groot yang ada di dalam film ini menjadi pusat perhatian banyak orang. Bagaimana mana tidak tingkahnya yang lucu ternyata bisa menjadi penyelamat teman-temannya.

Guardians of the Galaxy Vol.2 berhasil menempati urutan ketujuh untuk film MCU dengan pendapatan terbesar. Menurut data dari Times, film ini mampu memperoleh pendapatan kotor hingga US$863,7 atau setara dengan Rp12,2 triliun.

 

Film Terbaru Marvel Meraih Triliunan Rupiah Dalam 5 Hari

Selain ketujuh film marvel diatas yang mendapatkan penghasilan terbesar, kali ini muncul dari film Marvel terbaru yang masih tayang di seluruh Bioskop.

Di Negara China, film Avengers: Endgame meraup untung hingga US$330,5 juta atau setara dengan Rp4,6 triliun.

Menurut prediksi Disney, Avengers: Endgame menghasilkan US$1,2 miliar atau setara dengan Rp16,7 triliun dari seluruh dunia hanya dalam lima hari.

Marvel Studios menghasilkan hampir US$20 miliar atau setara dengan Rp279 triliun dari 22 film-film Marvel Cinematic Universe dalam 10 tahun terakhir.

Wah menakjubkan! itulah beberapa film marvel yang berhasil mengantongi pendapatan terbesar sepanjang sejarah MCU berkarya.

Apakah kamu salah satu orang yang sangat menyukai seri-seri film di atas? Yang jelas setiap perjalanan MCU mampu menarik perhatian seluruh umat di penjuru bumi ini.

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Apakah Anda telah menonton film-film diatas? Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel diatas? Berikan tanggapan Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Ayo bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Sri Mulyati. 28 Maret 2019. 7 Film Marvel Cinematic Universe dengan Pendapatan Paling Besar. Idntimes.com. Idntimes.com – http://bit.ly/2GWM7hD
  • Admin. 29 April 2019. Keuntungan yang Dihasilkan Film Avengers: Endgame Sejak 5 Hrai di Putar di Bioskop: Pecahkan Rekor!. Kupang.tribunnews.com – http://bit.ly/2V1HCXZ

 

Sumber Gambar:

  • Marvel – http://bit.ly/2V2VFwD
  • Avengers: Infinity War – http://bit.ly/2VFnbog
  • The Avengers – http://bit.ly/2DSWYZk
  • Avengers Age of Ultron – http://bit.ly/2DQsSpd
  • Black Panther – http://bit.ly/2PP4d9u
  • Iron Man 3 – http://bit.ly/2vGpxV2
  • Captain America: Civil War – http://bit.ly/2VcK3Mi
  • Guardians of The Galaxy Vol.2 – http://bit.ly/2DMrp3a