Kamu seorang freelancer? Mungkin kamu berpikir jika freelancer sukses keuangan itu mustahil. Tapi ternyata tidak seperti itu kalau kamu lakukan hal ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Katanya Freelancer Sulit Menjadi Sukses Apalagi Sukses Keuangan

Sebagai freelancer, kita masih beranggapan bahwa sulit sekali menjadi sukses. Bagaimana tidak?

Dengan pendapatan yang tidak tetap setiap bulannya, membuat banyak sekali freelancer yang masih kesulitan untuk pengelolaan hariannya saja.

Apalagi mikirin buat nambah aset, pendapatan aja bulan depan masih tidak tahu apakah akan sama seperti bulan ini, apakah bulan depan bisa bertambah, apakah bulan depan tidak dapat pendapatan sama sekali?

Tidak hanya pendapatan yang tidak menentu, tetapi dengan pendapatan yang ada saat ini pun masih segitu-segitu saja yang membuat banyak sekali alasan yang membuat freelancer ini sulit untuk bisa mencapai kesuksesan.

freelancer1

[Baca Juga: Penting Asuransi Jiwa Atau Asuransi Kesehatan Untuk Freelancer?]

 

Pemikiran-pemikiran di atas menjadi mindset yang masih dimiliki oleh freelancer. Padahal kamu bisa lho meraih kesuksesan meskipun kamu hanya seorang freelancer.

Caranya dengan menggunakan perencanaan keuangan. Namun, hal inilah yang masih sulit diterapkan oleh freelancer. Karena, kebanyakan tips merencanakan keuangan hanyalah untuk orang yang memiliki pendapatan yang tetap.

Nah, di artikel kali ini saya akan bahas soal tips supaya para freelancer ini bisa mencapai kesuksesan, terutama kesuksesan keuangan juga.

Sebenarnya arti kata sukses ini luas sekali, tetapi jika dikaitkan dengan keuangan, tentu akan dekat dengan yang namanya pengelolaan aset.

Maka, dengan memiliki pengaturan keuangan yang tepat, kamu bisa menjadi sukses secara finansial dan memiliki aset bukanlah impian belaka.

Kalau kamu sudah siap, saya akan membagikan tips bagaimana seorang freelancer bisa mencapai kesuksesan keuangan dengan perencanaan keuangan yang tepat.

 

Tips Pengaturan Keuangan Yang Tepat Untuk Freelancer Supaya Bisa Mencapai Kesuksesan Keuangan

Setelah kamu memahami bahwa perencanaan keuangan bisa menjadi langkah yang tepat untuk membawa kamu ke kesuksesan keuangan. Maka pertanyaan selanjutnya adalah kapan sebaiknya kamu memulai perencanaan keuangan?

Waktu terbaik untuk memulai perencanaan keuangan adalah saat kamu membaca artikel ini.

Ini adalah langkah yang tepat bagi kamu untuk memulai memiliki pengaturan keuangan yang tepat.

Berikut ini adalah tips untuk pengelolaan keuangan yang tepat, bagi kamu seorang freelancer yang ingin bisa mencapai kesuksesan keuangan.

 

#1 Having A Good Money Habit

Apakah kamu sudah memiliki kebiasaan keuangan yang baik?

Bagaimana dengan kebiasaan keuangan yang selama ini kamu miliki?

 

Dalam psikologi keuangan, kebiasaan manusia dalam pengaturan keuangannya dibagi menjadi saver dan spender. Artinya, kalau saver ini untuk kamu yang tipenya suka menabung.

Kalau spender, jelas lah ya, ini tipe orang yang suka sekali membelanjakan uangnya daripada menabung.

Jadi, bisa dilihat dari sini, kamu lebih tipe yang mana? Saver? Spender? Atau bisa balance, saver also spender?

Menurut saya, akan lebih bagus jika kamu bisa menjadi saver dan juga spender.

Karena menjadi saver selamanya pun tidak selalu baik, karena mereka terbiasa menabung, mereka bisa menjadi orang yang pelit, tidak mau mengeluarkan uangnya untuk kebutuhan yang sangat penting.

Misalnya, tidak mau mengeluarkan uang untuk asuransi atau biaya kesehatan yang lebih mahal tetapi bisa memberikan kesembuhan. Jadi, menjadi seimbang tentu akan lebih baik.

7 Alasan Bisnis Online dan Freelance adalah Jalan Tercepat Mencapai Kebebasan Finansial 01 - Finansialku

[Baca Juga: Penting! Begini Cara Menghitung Pajak Penghasilan Freelancer]

 

Selain itu, kamu juga harus tahu apakah kamu sudah memiliki habit menabung sedari kecil?

Kalau kamu belum memiliki dan terbiasa menabung sedari kecil, mungkin ini yang menyebabkan kamu masih kesulitan menabung hingga dewasa.

Maka, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memiliki kebiasaan menabung terlebih dahulu. Kamu bisa kembali lagi nih ke masa kecil kamu, mencoba untuk menabung setiap hari di celengan.

Jumlahnya tidak masalah, kalau kamu mau jumlahnya besar, tentu akan lebih baik. Lalu nanti di akhir bulan, kamu bisa memindahkan isi celengan kamu ke rekening tabungan kamu.

Cobalah selama 3 bulan, jika berhasil, maka kamu bisa step up your saving game!

Kamu bisa pelan-pelan alokasikan sebesar kamu biasa menabung selama 3 bulan terakhir, langsung ambil di hari pertama kamu mendapatkan pendapatan.

Jangan lupa juga untuk langsung memisahkan akun operasional dan akun menabung kamu ya. Mudah bukan untuk membiasakan menabung?

 

#2 Mengetahui Kebutuhan Utama Kamu

Bagaimana selama ini kamu mengatur pengeluaran bulanan kamu?

Apakah kamu membiarkannya mengalir begitu saja?

Atau kamu sudah biasa membuat rencana pengeluaran bulanan kamu?

 

Buat kamu, terutama freelancer, kamu harus tahu pengeluaran kamu itu apa saja.

Karena kamu tidak memiliki pendapatan yang tetap, maka kamu harus memastikan kamu selalu memiliki uang di tanggal sekian untuk pengeluaran tertentu.

Maka, mengetahui pengeluaran bulanan kamu ini menjadi sangat penting. Tulislah semua pengeluaran bulanan kamu yang biasa kamu lakukan dan juga tanggal-tanggal yang biasanya kamu akan mengeluarkan uang tersebut.

Supaya kamu ga bingung, berikut adalah daftar pengeluaran yang biasanya hadir:

  1. Biaya sewa rumah/kos
  2. Cicilan/utang
  3. Nabung/Investasi
  4. Utilitas
  5. Tunjangan ke orang tua
  6. Donasi
  7. Makan sehari-hari
  8. Transportasi
  9. Jajan
  10. dan lain-lain

 

Jangan lupa untuk dicatat tanggal-tanggal yang kamu butuhkan ya, karena kamu harus memastikan uang sejumlah sekian harus ada untuk pengeluaran rutin bulanan kamu.

Dari sini, kamu sebenarnya bisa mengetahui pengeluaran bulanan kamu berapa dan akan menjadi data awal yang kamu butuhkan saat merencanakan keuangan kamu.

Kamu bisa memplot berapa sih sebenarnya pendapatan minimal yang harus saya kejar? Kamu bisa lihat dari pengeluaran kamu.

Dari sini juga, kamu bisa mengetahui besaran dana darurat yang sesuai untuk kamu.

 

Ebook Perencanaan Keuangan ENTREPRENEUR & FREELANCE

Download Sekarang, GRATISSS!!!

3 Ebook Perencanaan Keuangan Entrepreneur dan Freelancer

 

#3 Track Pendapatan Bulanan Kamu

Buat kamu yang masih belum terbiasa dengan pencatatan keuangan, mulai sekarang kamu harus membiasakannya. Selain pengeluaran, kamu juga harus tahu nih pendapatan kamu per bulan bisa berapa saja.

Kamu bisa cek berapa pendapatan terkecil kamu sampai pendapatan terbesar kamu, sehingga memudahkan kamu mengetahui rata-rata pendapatan kamu.

Fungsi kamu mengetahui baik pendapatan dan pengeluaran bulanan ini, memudahkan kamu dalam penyusunan laporan keuangan bulanan untuk kamu.

 

#4 Gunakan Aplikasi Finansialku

Sekarang, kamu sudah tahu berapa saja pendapatan dan pengeluaran bulanan kamu. Selanjutnya adalah kamu harus tahu mengenai laporan keuangan kamu dan juga kondisi keuangan kamu.

Kamu bisa loh mengetahu kondisi keuangan kamu dengan cara mendownload aplikasi Finansialku. Di aplikasi Finansialku, kamu akan menemukan gambar financial health check up, kamu bisa langsung klik icon tersebut dan mengisi form yang harus kamu isi.

Isilah dengan sejujurnya, karena semakin jujur kamu mengisinya, maka hasilnya pun akan sesuai dengan kondisi keuangan kamu.

Fitur Financial Health Check Up(1)

Fitur Financial Health Check Up Aplikasi Finansialku

 

Kamu cukup mengisi pendapatan dan pengeluaran bulanan kamu ya. Jangan lupa mengisi aset-aset yang kamu miliki dan juga kewajiban yang kamu miliki.

Tidak perlu ragu untuk mengisi data di aplikasi ini, karena Finansialku sudah tersertifikasi ISO 27001-2013 tentang kerahasiaan dan keamanan data pengguna.

Setelah kamu mengisi financial check up, kamu pun bisa langsung men-download hasil financial check up kamu dan bisa langsung kamu simpan atau kamu bisa langsung tanyakan ke perencana keuangan di Finansialku.

Laporan Hasil Financial Health Check Up(1)

Laporan Hasil Financial Health Check Up

 

Gambar di atas adalah contoh dari hasil financial check up melalui aplikasi Finansialku. Jadi, kamu bisa menanyakan lebih lengkap mengenai rasio-rasio yang tidak ideal ke perencana keuangan di Finansialku.

Setelah kamu masukkan data kamu, kamu bisa langsung mendapatkan hasil dari financial check up-nya. Jika ada rasio yang merah atau tidak ideal, kamu bisa langsung bertanya ke perencana keuangan dari Finansialku.

Cek kesehatan keuangan ini berfungsi untuk mengetahui bagaimana kondisi keuangan kamu saat ini dan apa yang harus kamu lakukan untuk memperbaiki keuangan kamu.

 

Saatnya Raih Kesuksesan Keuangan Kamu, Sekarang!

Tidak ada kata terlambat bagi kamu yang baru sadar bahwa selama ini keuangan kamu masih berada di jalan yang belum tepat. Kamu hanya perlu melakukan hal sederhana yang sudah saya jelaskan di atas.

Sebagai freelancer pun, menurut saya bukanlah mustahil untuk meraih kesuksesan keuangan. Karena, saya sudah banyak membantu teman-teman freelancer untuk bisa memiliki keuangan yang aman dan juga nyaman.

Kalau kamu masih bingung bagaimana caranya mengatur keuangan kamu sebagai seorang freelancer, kamu bisa menanyakan langsung ke perencana keuangan lho.

Caranya:

  1. Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store maupun Apple Apps Store
  2. Gunakan menu Konsultasi Keuangan
Cara Konsultasi Keuangan dengan aplikasi Finansialku

Cara Konsultasi Keuangan dengan aplikasi Finansialku

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin kamu telah mengetahui bagaimana cara mencapai kesuksesan keuangan untuk freelancer.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara kamu yang belum mengetahui tentang bagaimana cara mencapai kesuksesan keuangan untuk freelancer. Semoga bermanfaat!