Menurut kamu, apa bisa gaji 2 juta beli sepeda lipat? Yuk temukan kebenarannya dalam artikel Finansialku berikut ini.

Selamat membaca.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Gaji 2 Juta Beli Sepeda Lipat

Setiap tahun, ada saja hal baru yang menjadi trending di masyarakat Indonesia, begitu juga di era new normal ini.

Saat ini, berolahraga menggunakan sepeda menjadi sesuatu yang lagi booming, karena selain bisa membuat penggunanya semakin sehat, berkendara sepeda juga sangat seru jika dilakukan beramai-ramai.

10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik untuk Anda 02

[Baca Juga: Gaji UMR Beli Fortuner, Apa Bisa? Gini Tips dan Triknya Guys!]

 

Nah… salah satu jenis sepeda yang banyak digunakan ialah sepeda lipat, karena dianggap lebih praktis, ringkas, dan dapat disimpan dengan mudah atau pun dibawa kemana-mana.

Hanya saja harga sepeda lipat juga cukup mahal, sehingga untuk memilikinya kita perlu merogoh kocek sedikit lebih dalam. Bahkan untuk versi mewahnya, ada sepeda lipat yang dibanderol dengan harga yang mencapai ratusan juta rupiah.

“Hmm… lalu bagaimana caranya agar saya yang gajinya sekitar Rp2 juta ini bisa memiliki sepeda lipat?”

 

Jangan khawatir! Meskipun kamu tidak memiliki gaji tinggi, sebenarnya kamu tuh masih berkesempatan untuk memiliki sebuah sepeda lipat lho

Kuncinya adalah kamu dapat mengatur keuangan kamu dengan baik, sehingga tujuan keuangan kamu dapat tercapai.

Namun sebelum membahas lebih lanjut mengenai hal itu, pertama-tama kita cek dulu nih, berapaan sih harga sepeda lipat itu?

 

Harga Sepeda Lipat

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, harga sepeda lipat termasuk cukup mahal, terlebih untuk sepeda lipat yang dikeluarkan oleh perusahaan-perusahaan ternama seperti Brompton yang berasal dari Inggris.

Namun kali ini, kita akan coba melihat beberapa sepeda yang berasal dari dalam negeri, yang memiliki kualitas terbaik serta harga yang cukup nyaman di kantong.

Ini dia:

 

#1 Pacific Splendid

Splendid merupakan salah satu jenis sepeda yang dikeluarkan oleh brand Pacific, yang masuk dalam kategori sepeda lipat.

Pacific sendiri merupakan salah satu brand ternama yang berasal dari Kota Semarang, Jawa Tengah.

Sepeda Splendid 3.0

[Baca Juga: Gaji Kecil Enggak Boleh Beli KOPI MAHAL? Siapa Bilang?!]

 

Dari segi kualitas, sepeda-sepeda yang dikeluarkan oleh Pacific jelas wajib diacungi jempol, karena sudah diakui oleh banyak orang.

Selain itu harganya juga tidak terlalu mahal. Untuk sepeda lipatnya, kamu bisa menemukan varian yang dibanderol dengan harga yang mulai dari Rp 3,3 juta.

 

#2 United Roar

Selain Pacific, perusahaan sepeda United Bike juga termasuk perusahaan ternama di Indonesia lho… buktinya, hampir disetiap daerah yang ada di Indonesia, kamu dapat menemukan sepeda ini dengan mudah.

Hal ini tidak mustahil, mengingat United Bike telah berdiri sejak tahun 1991, yang artinya sudah memiliki pengalaman yang lebih dari cukup dalam hal pembuatan sepeda.

Sepeda Lipat United Stylo Roar 16_

[Baca Juga: Cara Sakti Beli Alat Make Up Lengkap, Meski Gaji Rp3 Juta]

 

Nah di tahun 2020 ini, United Bike mengeluarkan produk terbarunya yang dinamai dengan United Roar, yaitu sejenis sepeda lipat yang ringan dan sangat mudah untuk dilipat.

Soal harga, United Bike membanderol produknya di kisaran Rp 4,4 juta per unit.

 

#3 Polygon Urbano

Ketika saya tinggal di salah satu kota yang ada di Jawa Timur, saya sering mendengar bahwa sepeda yang diproduksi oleh Polygon adalah yang terbaik.

Hal ini membuat banyak orang lebih memilih sepeda-sepeda Polygon dari pada sepeda lainnya.

Dan memang benar, perusahaan sepeda yang berasal dari Sidoarjo, Jawa Timur ini memang sangat memperhatikan kualitas dari produk yang mereka miliki, sehingga pengguna tidak akan menjadi kecewa.

Sepeda Lipat Urbano 5

[Baca Juga: BISA Beli Honda PCX, Meski Gaji UMR! Praktikkan Cara Berikut Ini!]

 

Di antara sepeda yang mereka keluarkan, salah satu yang terbaik ialah sepeda lipat Polygon Urbano 3 dan Polygon Urbano 5.

Keduanya memiliki desain yang keren dan juga body yang tangguh. Untuk harganya sendiri, Urbano 3 dijual dengan harga Rp 4 juta dan Urbano 5 seharga Rp 4,9 juta.

 

Buat Perencanaan Keuangan Supaya Gaji 2 Juta Bisa Beli Sepeda Lipat

Nah sekarang kamu sudah mengetahui harga dari beberapa sepeda lipat yang berkualitas. Lalu diantara sepeda lipat itu, mana yang akan kamu pilih?

Jika sudah menentukan jenis atau tipe sepeda yang akan kamu beli, saatnya kamu membuat perencanaan keuangan, agar kamu tetap bisa membeli sepeda lipat.

Yes hal ini sangat penting, sebab jika tidak demikian maka akan susah bagi kamu yang gajinya Rp 2 juta membeli sepeda yang harganya lebih tinggi dari gaji kamu.

Belum lagi, dengan gaji yang Rp 2 juta kamu perlu belanja kebutuhan bulanan, bayar uang kos dan lain sebagainya.

Maka dari itu, rencanakan keuangan kamu dengan baik.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Tahap pertama, tentukan dulu sepeda yang kamu inginkan, cari tau harganya, dan kira-kira dalam berapa bulan lagi kamu akan membelinya, dan barulah kamu bisa menghitung berapa jumlah dana yang perlu kamu siapkan setiap bulannya.

Contohnya seperti ini,

Saya ingin membeli sepeda Pacific Splendid yang harganya Rp 3,3 juta dalam waktu 1 tahun kedepan atau 12 bulan. Jadi, dalam satu bulan saya setidaknya menabung atau berinvestasi sebesar Rp 288.000.

 

Mudah bukan?

Kalau kamu ingin lebih mudah lagi, kamu bisa menggunakan fitur Rencana Keuangan yang ada di Aplikasi Finansialku, dan masuk ke menu Dana Membeli Kendaraan

Disana kamu tinggal mengisi nama kendaraan, harganya, uang muka, jangka waktu pembelian, dana yang tersedia dan beberapa hal lainnya, dan kemudian Aplikasi Finansialku akan menghitung dengan sangat cepat dana yang perlu kamu persiapkan.

Selain itu, di Aplikasi Finansialku kamu juga dapat menemukan jenis investasi yang bisa kamu pilih untuk menghimpun dana membeli sepeda lipat.

Dan tentu saja, selain untuk membeli sepeda lipat, kamu juga bisa menggunakan fitur ini untuk merencanakan pembelian aset yang lainnya, seperti mobil, sepeda motor, rumah, dan perencanaan keuangan yang lainnya.

Jika tertarik, kamu bisa langsung download Aplikasi Finansialku dengan klik berikut ini.

playstore icon
appstore icon

 

Nah sekarang kamu sudah tahu kan berapa jumlah uang yang harus kamu siapkan dan sisihkan setiap bulannya?

Lalu bagaimana caranya biar pengeluaran lainnya tidak terganggu?

Dengan gaji Rp 2 juta, sebenarnya ini tidak terlalu susah, asal kamu mengambil langkah-langkah yang tepat.

Salah satu caranya ialah dengan melakukan budgeting atau membuat anggaran.

Jadi, di awal bulan kamu bisa menghitung berapa yang akan kamu gunakan untuk memenuhi belanja bulanan, cicilan dan utang, biaya kesehatan, biaya kendaraan dan biaya-biaya lainnya.

Budgeting ini bisa kamu lakukan dengan mencatatnya di kertas, atau jika ingin lebih praktis, kamu juga bisa menggunakan fitur Anggaran yang ada di Aplikasi Finansialku.

Anggaran Aplikasi Finansialku (1)

Anggaran Aplikasi Finansialku

 

Di situ kamu bisa mencatat anggaranmu, dan nantinya akan mendapat pengingat jika dana yang kamu gunakan untuk satu jenis pengeluaran sudah hampir memenuhi anggaran.

Dengan demikian, keuangan kamu akan menjadi lebih teratur, dan kamu tetap dapat menyisihkan sebagian uang kamu untuk ditabung secara konsisten agar bisa membeli sepeda lipat, tanpa mengganggu pengeluaran yang lainnya.

 

Tips Agar Tujuan Keuangan Kamu Bisa Sukses

Nabung untuk menggapai tujuan keuangan itu memang susah-susah gampang ya… hanya saja, kita perlu berusaha sebaik mungkin, agar tujuan kita bisa tercapai.

Nah berikut ini adalah tips yang bisa kamu gunakan, agar tujuan kamu untuk memiliki sebuah sepeda lipat bisa tercapai.

 

#1 Bulatkan Tekadmu

Gak sedikit loh orang yang masih setengah hati dengan tujuan keuangannya, dan hal ini tuh bakalan memberi pengaruh yang gede dalam proses yang akan ia jalani.

Jadi buat kamu, jika kamu memiliki sebuah tujuan keuangan seperti untuk membeli sepeda lipat, maka pastikan bahwa tekad kamu sudah bulat.

“Mengapa demikian?”

Karena jika kamu sudah memiliki tekad yang bulat, kamu akan menjadi lebih semangat menabung ataupun berinvestasi, dan konsisten hingga tujuan tersebut telah tercapai.

Selain itu, kamu juga akan menjadikan menabung sebagai salah satu prioritas, sehingga tujuannya menjadi lebih cepat tercapai.

 

#2 Konsisten dan Tekan Pengeluaran

Konsisten dalam melakukan sesuatu adalah hal yang sangat penting untuk kamu lakukan, termasuk dalam menabung dana membeli sepeda lipat.

Hanya saja, terkadang banyak godaan yang membuat kita menjadi tidak konsisten, seperti misalnya promo makanan atau pakaian yang begitu menggiurkan.

Dalam situasi seperti ini, kamu perlu menahan diri sekuat mungkin, agar uang yang kamu miliki tidak habis untuk hal yang kurang penting.

Dengan begitu, kamu sudah menekan pengeluaranmu, dan mengalokasikan uang tersebut ke hal-hal yang lebih penting atau pun untuk menabung.

Agar lebih efektif, sebaiknya sementara waktu kamu perlu menghindari tempat-tempat perbelanjaan, atau tidak terlalu sering kesana.

Kamu juga bisa mengurangi jadwal nongkrongmu, agar uang yang kamu miliki bisa aman.

 

#3 Hargai Uang yang Kamu Miliki

Biasanya ketika sudah memegang uang dalam jumlah yang besar, sebagian besar orang akan menganggap remeh uang yang memiliki nominal kecil, seperti misalnya uang lima ratus rupiah atau uang yang dua ribuan.

Namun tau gak sih kalau hal ini merupakan sebuah kesalahan yang fatal banget?

Meskipun nominal uang tersebut kecil, namun jika kamu menabungnya sedikit demi sedikit maka jumlahnya juga akan semakin banyak.

Misalnya saja dalam sehari kamu menabung Rp 5.000 yang adalah uang sisa belanja di pasar, maka dalam satu bulan kamu sudah menabung Rp 150.000 dan dalam satu tahun sudah mencapai Rp 1,8 juta!

Jadi, sebisa mungkin jangan menganggap remeh uang yang nominalnya kecil dan jangan ragu untuk menabungnya.

 

Dapatkan Sepeda Impianmu!

Nah itulah cara yang bisa kamu lakukan agar bisa memiliki sebuah sepeda lipat, meskipun dengan gaji Rp 2 juta.

Yakinlah, jika kamu konsisten dan dapat mengatur keuangan kamu dengan baik, maka tujuan keuangan kamu akan tercapai.

 

Sampai disini pembahasan kita kali ini, dan jika kamu masih punya pertanyaan ataupun komentar, kamu bisa menulikannya pada kolom komentar dibawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Erwanto Kusuma. 24 April 2017. Gaji Kurang dari Rp3 Juta? Kamu Bisa Menabung dengan Trik Ini. Idntimes.com – https://bit.ly/30n8d7M
  • Dionisio Damara. 01 Agustus 2020. Tak Kalah Dari Brompton, Ini Sepeda Lipat Lokal di Bawah Rp5 Juta. Lifestyle.bisnis.com – https://bit.ly/3hZEMyw

 

Sumber Gambar:

  • Pacific – https://bit.ly/3kW2SMY
  • United – https://bit.ly/2FqY2ae
  • Polygon – https://bit.ly/317MHVc