Hal apa yang harus Anda lakukan ketika gaji Anda naik?

Yuk simak 5 hal penting yang harus Anda lakukan ketika gaji Anda naik. Check it out!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Gaji Naik

Kenaikan gaji merupakan keinginan setiap karyawan. Siapa yang tidak mau naik gaji, tentunya Anda juga mau kan? Biasanya, setiap tahun karyawan akan mengalami kenaikan gaji.

Apalagi, jika karyawan tersebut mendapatkan promosi atau kenaikan jabatan maka tentunya gaji mereka akan mengalami kenaikan yang signifikan tentunya. Bagi Anda yang mengalami kenaikan gaji, selamat ya.

Kenaikan remunerasi ini tentunya akan membuat gairah Anda untuk bekerja semakin meningkat dan semakin bersemangat. Namun, dengan adanya kenaikan gaji maka harus diiringi dengan tujuan keuangan.

Hal terbaik yang seharusnya Anda lakukan adalah Anda harus belajar bagaimana uang bekerja untuk Anda salah satunya adalah dengan melalui investasi.

Jangan sampai ketika gaji Anda naik, Anda malah meningkatkan gaya hidup Anda menjadi lebih konsumtif, berfoya-foya, yang pada akhirnya malah merugikan Anda di masa yang akan datang.

Jika Anda dapat menekan peningkatan belanja Anda ketika gaji naik maka akan membuat Anda tetap dalam kondisi yang baik secara keuangan seiring dengan berjalannya waktu.

Oleh karena itu, agar Anda tidak melakukan pengeluaran yang berlebihan atau kurang diperlukan ketika gaji Anda naik maka terdapat beberapa hal penting yang harus Anda lakukan.

Sebelumnya Anda juga bisa tonton video dari channel Youtube Finansialku berikut ini:

 

5 Hal Penting yang Harus Dilakukan Ketika Gaji Naik

Ketika kenaikan gaji menghampiri, maka terdapat beberapa hal penting yang harus Anda lakukan. Sehingga, kenaikan gaji Anda dapat Anda manfaatkan dengan baik dan membantu Anda memiliki masa depan yang cerah nantinya.

Berikut 5 hal penting yang harus dilakukan ketika gaji Anda naik:

 

#1 Melacak Belanja

Melacak riwayat belanja Anda merupakan hal yang sangat penting dalam pengaturan keuangan Anda.

Anda harus mengetahui barang apa yang memang seharusnya Anda beli atau menjadi kebutuhan Anda dan barang apa yang sebenarnya tidak perlu Anda beli.

Jika terdapat barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu perlu apalagi tidak terlalu membuat Anda bahagia maka Anda bisa mencoba untuk memangkas itu di anggaran keuangan Anda.

Moms-Tips-Belanja-Untuk-Lebaran-2-Finansialku

[Baca Juga: Hey, Mau Tahu Rahasia Cepat Kaya Raya Di Usia Muda?]

 

Anda perlu cek kebiasaan belanja Anda dan hal yang memicunya ya. biasanya uang dan belanja akan lebih mudah Anda kontrol atau kendalikan ketika Anda menyadarinya.

Untuk melakukan pelacakan belanja dengan mudah maka Anda bisa mencatat pengeluaran Anda setiap Anda belanja. Anda dapat mencatat pengeluaran Anda dengan mudah.

Sekarang sudah terdapat aplikasi Finansialku yang sangat membantu Anda untuk mencatat pengeluaran belanja Anda. Jadi, Anda dapat mengontrol atau melacak belanja Anda dengan lebih cepat dan mudah.

Aplikasi Finansialku dapat Anda download secara gratis melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store. So, tunggu apalagi? Yuk download Aplikasi Finansialku sekarang untuk mengatur keuangan dengan lebih mudah dan nyaman.

 

#2 Otomatis Menabung

Jangan lupa untuk melakukan kebiasaan menabung ketika gaji Anda naik. Bahkan, Anda dapat mengaktifkan fitur otomatis pada opsi menabung untuk meminimalisasi kemungkinan Anda lupa untuk menabung.

15 Tips Menabung untuk Freelance 01 Finansialku

[Baca Juga: Pahami dan Praktikkan Tips Mengatur Keuangan Saat Gajian]

 

Ketika gaji Anda naik secara bertahap, maka tabungan Anda juga perlu untuk naik secara bertahap.

Memang terlihat mudah dan sederhana. Namun, pada kenyataannya banyak orang yang masih kesulitan untuk melakukannya secara disiplin. Oleh karena itu, pilihan menabung secara otomatis adalah pilihan yang sangat cocok untuk Anda.

 

#3 Mengurangi Kecepatan Belanja

Tidak dapat dipungkiri bahwa sekarang kita hidup pada zaman dimana budaya belanja menjadi sangat booming. Oleh karena itu, Anda perlu memikirkan sejenak barang-barang yang Anda akan beli.

Tidak ada salahnya untuk memberikan waktu 24 jam untuk membeli sesuatu barang jika barang tersebut adalah barang yang Anda inginkan.

Pikirkan manfaat yang Anda dapatkan dari membeli barang tersebut apakah barang tersebut worth it atau terlalu mahal.

Apakah Anda Saat Belanja Sering Over budget Ternyata Ini Lho Alasannya 04 Produk Wanita - Finansialku

[Baca Juga: Catat! 11 Tips Jitu Kelola Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Kecil]

 

Untuk barang-barang yang memang harganya cukup mahal, Anda dapat memberikan waktu Anda bahkan lebih dari 24 jam untuk mempertimbangkan barang yang akan Anda beli.

Setelah itu, Anda tanyakan pada diri Anda sendiri, apakah Anda masih menginginkannya? Apakah Anda masih membutuhkannya? Semua pilihan dan jawaban ada di tangan Anda tentunya.

 

#4 Mengurangi Kebiasaan Makan di Restoran

Salah satu sumber pengeluaran terbesar adalah pada makanan. Sekarang ini sudah terdapat begitu banyak restoran atau tempat makan mewah yang begitu bervariasi dan unik.

Tentu saja makan di restoran memangkas uang yang tidak sedikit. Apalagi makan di restoran yang mewah dengan fasilitas bintang 5 yang harganya tentu tidak murah.

Bisa-Irit-Kalau-Tahan-Hal-yang-Membatalkan-Puasa-2-Makan-Finansialku

[Baca Juga: 3 Cara Mengelola Gaji Karyawan Ngepas UMR TANPA Bokek di Akhir Bulan]

 

Banyak orang yang tidak sadar berapa besar pengeluaran untuk makan mereka atau untuk nongkrong di luar seperti ngopi di kafe.  Sebenarnya mengurangi kebiasaan ini tidak begitu sulit kok.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengurangi frekuensi makan di restoran. Anda bisa pergi makan di luar atau di restoran untuk beberapa kali saja dalam seminggu.

Anda bisa membawa makan siang Anda sendiri ke kantor dan memasak untuk makan malam. Jadi, Anda dapat lebih hemat kan?

 

#5 Mengendalikan Utang

Dengan gaya hidup yang semakin mewah sekarang ini tak jarang orang memilih untuk berutang hanya untuk memenuhi gaya hidupnya. Jika hal ini dilakukan maka tentunya akan sangat membahayakan kondisi keuangan nantinya.

Apakah Berutang Bikin Miskin Ketahui Jawabannya Disini! 03 Utang Konsumtif - Finansialku

[Baca Juga: 10 Jenis Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi di Indonesia]

 

Oleh karena itu, Anda perlu mengendalikan utang dengan baik, berutanglah seperlunya. Akan lebih baik jika utang tersebut adalah utang yang produktif bukan konsumtif.

Mengendalikan utang disini dapat dalam berbagai macam bentuk. Salah satunya adalah kartu kredit. Anda disarankan untuk selalu memastikan berapa pengeluaran kartu kredit Anda serta limit transaksinya.

 

Mengatur Uang dengan Baik Ketika Gaji Naik

Setelah mengetahui hal-hal penting yang harus Anda lakukan ketika gaji naik maka diharapkan Anda dapat mengontrol dan mengatur keuangan Anda dengan lebih baik.

Lebih sadarlah dengan uang Anda, jangan mudah tergiur oleh barang-barang yang sebenarnya tidak Anda butuhkan. Gunakanlah uang Anda dengan baik dan bijak maka niscaya Anda kan menikmati hasilnya di kemudian hari.

Oh iya, Anda bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS, agar tujuan keuangan Anda bisa tercapai sesuai dengan rencana, selamat membaca..

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Jadi, apakah Anda sudah mengatur keuangan Anda dengan baik ketika gaji naik? Silahkan berikan komentar dan pendapat Anda di kolom yang telah tersedia.

Anda juga dapat membagikan artikel ini kepada rekan-rekan Anda yang membutuhkan. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Sakina Rakhma Diah Setiawan. 30 Januari 2019. Gaji Anda Naik? Ini 5 Cara Pintar Kelola Pengeluaran. Kompas.com – https://bit.ly/2K61059

 

Sumber Gambar:

  • Gaji Naik – http://bit.ly/2XaguuZ