Gaji programmer memang fantastis, tapi percuma saja kalau habis terus dan nggak pandai mengatur keuangan!

Biar kerja keras nggak jadi sia-sia, yuk benahi kebiasaan finansial lewat artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Gaji Programmer Memang Besar, Tapi Percuma Kalau Habis Terus!

Sobat Finansialku yang punya pekerjaan sebagai programmer, mungkin sering mendengar celotehan-celotehan soal gaji programmer yang memang terkenal dengan nominal yang nggak masuk akal besarnya.

Tapi sebenarnya, pekerjaan programmer ini bisa dikatakan lebih bahaya dibandingkan pekerjaan lainnya, lho! Terlebih untuk para programmer lepas.

Karena, terlepas dari gaji yang jumlahnya besar, akan berakhir percuma kalau tidak bisa mengatur keuangan dengan baik.

Pada akhirnya, semua malam yang dihabiskan untuk menyusun program, semua hari yang dilalui di depan komputer hanya akan berakhir sia-sia. Setuju?

Oleh karena itu, penting bagi Sobat Finansialku untuk mengetahui bagaimana cara mengatur keuangan dari pemasukan yang dihasilkan dari gaji programmer.

 

Nah, langkah paling awal yang harus dilakukan oleh Sobat Finansialku adalah dengan melakukan Financial Check Up.

Tidak pernah bosan saya jelaskan, kalau Financial Check Up ini penting dan harus dilakukan sebagai langkah awal mendiagnosis keadaan keuangan Sobat Finansialku.

Karena, kita tentu tidak tahu apa yang harus dibenahi kalau akar penyakitnya saja tidak ditemukan, bukan?

Tenang, Sobat Finansialku bisa memanfaatkan fitur Financial Check Up di aplikasi Finansialku yang bisa diunduh lewat Google Play Store atau Apple Apps Store

Tidak punya waktu? Kalau begitu, Sobat Finansialku bisa memanfaatkan jasa saya dan teman-teman perencana keuangan lainnya dari Finansialku untuk melakukannya.

Bersama saya, Sobat Finansialku bukan cuma bisa melakukan Financial Check Up, tapi juga konsultasi secara keseluruhan, mengatur financial goals, sampai memandu Sobat Finansialku untuk bisa mencapai tujuan keuangan tersebut.

Sobat Finansialku bisa menghubungi saya lewat aplikasi Finansialku sekarang, atau juga bisa mengunjungi laman konsultasi.finansialku.com.

FCU 2020 2

 

Bagaimana Cara Mengatur Keuangan yang Benar?

Setelah melakukan Financial Check Up, maka pertanyaan selanjutnya mungkin berkaitan dengan ‘Bagaimana cara melakukan perencanaan keuangan yang benar?

Kalau boleh saya bilang, standar ‘benar’ buat setiap orang itu berbeda-beda, tergantung pada keadaan dan kehidupan masing-masing.

Seorang programmer yang masih single dan tidak ada tanggungan dan seorang programmer yang masih single tapi ada tanggungan orang tua saja berbeda penanganannya.

Jadi, sebenarnya, yang utama adalah, kita sendiri yang harus tahu mana-mana saja yang menjadi kebutuhan pokok sekaligus skala prioritasnya.

Kita juga harus bisa membedakan dengan jelas mana yang menjadi kebutuhan dan mana yang sekedar keinginan.

 

Lalu bagaimana caranya mengatur gaji programmer yang tidak tetap karena cuma mendapatkan uang per proyek saja?

Saya ada tiga tips untuk para programmer dan pekerja lepas lainnya untuk menyiasati gaji yang tidak datang setiap bulannya:

  • Harus Tahu Pengeluaran Primer; Yang pertama, Sobat Finansialku harus tahu berapa jumlah pengeluaran primer yang wajib dikeluarkan oleh Sobat Finansialku. Ingat, ini pengeluaran primer, ya.
  • Catat Tanggal; Pada tanggal berapa saja Sobat Finansialku membayar tagihan, termasuk jatuh tempo cicilan jika ada, lalu jumlahkan nilainya.
  • Membuat patokan minimal per bulan; Mengingat jumlah yang didapatkan tidak pasti setiap bulannya, maka Sobat Finansialku harus membuat target atau patokan sendiri mengenai minimal penghasilan per bulan yang bisa menutup biaya kewajiban dan kebutuhan primer setiap bulannya.

 

Nah, agar tidak keluar dari batasan-batasan pengeluaran, pastikan Sobat Finansialku mencatat semua pengeluaran dan pemasukan harian dengan disiplin, ya!

Sobat Finansialku bisa memanfaatkan aplikasi Finansialku premium seharga Rp 350 ribu untuk 365 hari alias SATU TAHUN PENUH yang bisa diunduh di Google Play Store dan Apple Apps Store. Jangan lupa masukkan kode CUAN50 untuk ambil potongan Rp 50 ribu ya!

 

Dalam aplikasi tersebut, Sobat Finansialku bisa memanfaatkan fitur Pencatatan Keuangan, di mana ketika pengeluaran Sobat Finansialku melebihi batas anggaran bulanan, secara otomatis akan mendapatkan pengingat.

Sehingga, Sobat Finansialku bisa terhindar dari pengeluaran-pengeluaran yang tanpa disadari menggrogoti pemasukan dan arus keuangan.

 

 

Apakah Sobat Finansialku punya pertanyaan lain seputar topik ini? Jangan ragu untuk sampaikan di kolom komentar, ya!

Sobat Finansialku juga bisa membagikan informasi ini lewat pilihan platform yang tersedia di bawah ini kepada kawan-kawan atau keluarga programmer lainnya, lho. Terima kasih!

 

Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala KARYAWAN

Download Sekarang, GRATISSS!!!

4 Ebook Panduan Sukses Mengatur Gaji Ala Karyawan

 

Sumber Gambar:

  • Gaji Programmer – https://bit.ly/38gam9s