Katanya, enggak mungkin gaji UMR beli apartemen. Apakah anggapan itu benar? Yuk cari jawabannya dalam artikel Finansialku berikut ini.

Baca artikel ini sampai selesai dan Anda akan menemukan jawabannya. Selamat membaca.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Gimana ya Caranya dengan Gaji UMR Beli Apartemen?

Memiliki hunian sendiri tentu menjadi salah satu target utama banyak orang. Baik itu berupa rumah ataupun apartemen. Buktinya ada banyak orang yang bekerja dengan begitu keras untuk dapat mencapai tujuan ini.

Khususnya yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung, apartemen menjadi salah satu jenis hunian yang banyak diminati. Karena lebih praktis dan juga memiliki keamanan yang baik.

Hanya saja di samping keinginan yang besar untuk memiliki apartemen, muncul juga rasa tidak yakin dapat memiliki apartemen karena gaji yang masih UMR.

Apalagi masih ada kebutuhan lainnya yang masih harus dipenuhi. Ataupun harus memberikan sebagian dari gaji untuk memenuhi kebutuhan orang tua.

 

Hmm… Jadi Kalau Begitu, Kapan Punya Apartemennya Ya?

Tenang, jangan khawatir dulu! Karena sebenarnya Anda masih bisa memiliki apartemen walau dengan gaji UMR!

Ini dimungkinkan dengan adanya program Kredit Pemilikan Apartemen atau KPA yang disediakan oleh berbagai Bank yang ada di Indonesia. Baik itu bank swasta maupun bank milik pemerintah.

Kenapa Saya Harus Membeli Asuransi Apartemen Apa Untungnya Untuk Saya 02 - Finansialku

[Baca Juga: PPnBM Terbaru Bebaskan Hunian Di Bawah Rp30 M]

 

Dengan KPA, Anda masih berkesempatan besar untuk memiliki apartemen sendiri tanpa harus membayar lunas sekaligus, tetapi dengan mencicil pembayaran setiap bulannya.

Dengan memanfaatkan program ini, maka mitos yang mengatakan gaji UMR enggak mungkin beli apartemen sudah tidak berlaku lagi!

 

Bank Penyedia Program KPA

Anda bisa memanfaatkan program dari bank berikut ini untuk mewujudkan impian memiliki unit apartemen. 

 

#1 Bank Central Asia

Bank Central Asia merupakan bank swasta yang menyediakan layanan KPA untuk memenuhi kebutuhan pemilikan apartemen bagi semua orang. Termasuk yang memiliki gaji UMR.

Keuntungan yang ditawarkan oleh BCA diantaranya ialah:

  • Suku bunga yang rendah
  • Angsuran lebih ringan
  • Bebas penalty (kecuali untuk suku bunga dalam masa fix 3 tahun, 5 tahun, dan Fix & Cap)
  • Suku bunga floating cenderung rendah dan stabil
  • Memiliki kerjasama dengan banyak rekanan developer

Keuntungan Membeli Apartemen 01 - Finansialku

[Baca Juga: Seribu Perak Sehari Bisa Bantu Kamu Cicil Rumah? Seriusan?]

 

Jika Anda saat ini berprofesi sebagai seorang karyawan sebuah perusahaan, syarat yang dibutuhkan untuk memperoleh KPA ini ialah surat keterangan bahwa telah bekerja selama satu tahun pada perusahaan terakhir atau total pengalaman kerja setidaknya sudah dua tahun.

Selain itu Anda cukup menyediakan dokumen-dokumen, serta data diri yang diperlukan, seperti fotokopi KTP, fotokopi NPWP serta dokumen-dokumen lainnya.

Dengan program ini, Bank Central Asia dapat memberi kemudahan untuk memiliki apartemen yang aman, nyaman dan juga strategis tanpa harus menunggu dalam waktu yang begitu lama.

 

#2 Bank Tabungan Negara

Kredit Pemilikan Apartemen dari Bank Tabungan Negara (BTN) ditujukan untuk membantu Anda. Untuk mendapatkan hunian apartemen yang Anda inginkan dengan cara yang mudah dan nyaman.

KPA yang mereka tawarkan bisa Anda gunakan untuk membeli apartemen baru ataupun second, dan apartemen yang siap huni ataupun yang belum jadi.

Keuntungan Membeli Apartemen 04 - Finansialku

[Baca Juga: Harga Rumah Turun, Saat yang Tepat Untuk Investasi Properti?]

 

Kelebihan dari KPR BTN ini juga sangat banyak, sebab selain telah bekerjasama dengan banyak rekanan developer, Anda juga akan mendapati:

  • Jangka waktu hingga 15 tahun
  • Plafon kredit bebas
  • Kebebasan untuk memilih lokasi apartemen idaman
  • Memiliki suka bunga yang kompetitif
  • Discover dengan asuransi jiwa kredit dan kebakaran.

 

Bagi Anda yang bekerja sebagai karyawan, setidaknya telah bekerja selama satu tahu, dan jika Anda seorang pengusaha maka setidaknya telah menjalankan usaha selama satu tahun agar pengajuan KPA dapat diterima.

Selain dari dua bank diatas, masih ada juga bank lainnya yang menyediakan layanan KPA, dengan persyaratan yang tidak jauh berbeda, tetapi tentu menawarkan kelebihan yang berbeda-beda.


 

Ingin Punya Apartemen? Atur Keuanganmu!

Selain mengikuti cara di atas, syarat utama agar memiliki apartemen dengan gaji UMR ialah kecakapan dalam mengatur keuangan! Alasannya ialah agar Anda bisa secara rutin membayar cicilan tanpa mengalami telat bayar.

Mengatur keuangan bisa Anda mulai dengan melakukan budgeting, pencatatan pemasukan dan pengeluaran dan merencanakan keuangan Anda dengan matang.

Lebih pentingnya lagi, hal ini harus Anda lakukan secara rutin dan terperinci agar bisa mengontrol keuangan dengan baik.

Lalu bagaimana caranya mengatur keuangan dengan baik untuk para karyawan yang kadang lebih banyak pengeluaran dibandingkan dengan pemasukannya.

Tenang, Anda bisa mengetahui taktiknya dengan membaca e-book Finansialku tentang Mengatur Keuangan untuk Karyawan yang bisa diunduh secara GRATIS di bawah ini!

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Apabila sudah mengetahui caranya, Anda bisa segera mempraktekkan teori tersebut menggunakan Aplikasi Finansialku untuk membantu mengatur keuangan.

Aplikasi Finansialku merupakan platform perencanaan keuangan yang bisa digunakan oleh siapa saja, di mana saja dan kapan saja.

Aplikasi Finansialku kini tersedia pada PlayStore dan AppStore, silakan klik link di atas untuk mulai mengunduhnya.

playstore icon
appstore icon

 

Dengan Aplikasi Finansialku, Anda dapat mencatat keuangan, membuat anggaran, mengelola investasi, membuat laporan keuangan, serta dapat memberikan gambaran lengkap dari kondisi keuangan Anda saat ini.

Itulah alasannya mengapa Anda harus menggunakan Aplikasi Finansialku sekarang juga, untuk mencapai tujuan memiliki apartemen sendiri. 

 

Ada Niat, Ada Jalan!

Sekarang terjawab sudah bahwa dengan gaji UMR kamu juga bisa memiliki apartemen pribadi. Yang terpenting ialah kamu memiliki niat dan langsung memulainya sekarang juga. Selama ada keinginan maka kamu pun akan menemui banyak jalan untuk mencapai tujuanmu.

 

Nah… apabila Anda memiliki tanggapan ataupun pertanyaan, Anda bisa menuliskannya pada kolom komentar, dan bagikan artikel ini bagi teman-teman Anda. Terima kasih. 

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Kemudahan Mendapatkan Apartment Idaman. Btn.co.id/id – https://bit.ly/2yFt4s1
  • Admin. Kredit Pemilikan Apartemen. Bca.co.id – https://bit.ly/3fu8Jqa