Siapa bilang gaji UMR ga bisa beli kamera mirrorless? Buktiin sendiri buat kamu yang punya gaji UMR, kamu bisa beli kamera mirrorless sesuai dengan kebutuhan dan tujuanmu melalui pembahasan rubrik berikut ini!

Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pengen Kamera Mirrorless?

Mau kualitas gambar jepretan kece tapi ga mau pake ribet & berat? Tentu kamu perlu kamera kekinian satu ini: Kamera Mirrorless.

Yup! Kamera ini memang lebih tebal dan gak seringan kamera pocket atau kamera saku. Tapi kalau dari segi kualitas, berani diadu sama kamera DSLR yang memang jagonya fotografi. Tapi, kamu bisa menikmati setiap hasil gambarmu tanpa pegel di tangan alias berat karena harus bawa kamera segede DSLR.

Nah, tak heran kamera mirrorless memang sudah jadi incaran orang-orang pecinta dunia fotografi termasuk anak-anak milenial yang juga punya hobi fotografi, setidaknya buat mampangin foto-foto kece di Instagram dan mengabadikan momen indah tak terlewatkan.

Sayangnya dari segi harga, kamera mirrorless memang memiliki harga rata-rata di atas harga kamera pocket tapi masih di bawah kamera DSLR (tanpa embel-embel lensa dengan kualitas tingkat dewa tentunya).

Buat kamu yang pengen punya kamera mirrorless dan budgetmu ga terlalu tinggi karena gajimu masih UMR, ga usah berkecil hati, guys!

Intinya, dimana ada niat, disitu ada jalan keluar!

Mengatur Keuangan Pribadi Mahasiswa 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Menambah Penghasilan untuk Millenial? Tanpa Korupsi, Tanpa Klenik dan Tanpa Goreng Gaji]

 

Kamera Mirrorless yang Seperti Apa?

Tentunya niat baikmu harus dibarengi dengan tindakan nyata ya supaya impianmu ga jadi Cuma sekadar mimpi di siang bolong, tapi mimpi yang bener-bener jadi kenyataan!

Sebelum nyiapin uang yang harus kamu tabung dan kumpulin buat beli kamera mirrorless, kamu perlu tahu terlebih dahulu, kamera mirrorless seperti apa yang mau kamu beli yang sesuai dengan kebutuhanmu, setelah itu, kamu baru ke langkah berikutnya buat siapin dana yang dibutuhkan.

 

#1 Sesuaikan dengan Kebutuhanmu

Nah, ini dia yang harus terbersit paling pertama di dalam pikiran kita sebelum membeli kamera mirrorless. Apa sih tujuanmu beli kamera mirrorless?

Buat motret pemandangan waktu kamu liburan, buat kamu nge-vlog tempat-tempat kece and cozy, atau buat hasilin jepretan gaya OOTD (Outfit of The Day) gaya milenialmu ala-ala selebgram milenial?

Gaji UMR Mau Beli Kamera Mirrorless 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Mengurus Keuangan Rumah Tangga dan Membuat Perencanaan Keuangan?]

 

Kalo kamu udah tahu apa tujuan dari membeli kamera mirrorless ini, kamu bisa nentuin kemera mirrorless seperti apa yang bakal kamu beli dengan fitur dan perangkat yang dibutuhkan, yang pada akhirnya akan mengarahkanmu pada biaya atau budget yang perlu kamu keluarin, guys!

Perlu kamu ketahui kalau setiap kamera mirrorless itu pada dasarnya punya kelebihan masing-masing, jadi sesuaikan dengan kebutuhanmu ya!

 

#2 Ketahui Ukuran Megapixel & Sensor Kamera Mirrorless

Buat orang-orang awam atau pemula dalam bidang fotografi, biasanya akan berpikiran bahwa semakin ukuran megapixel tinggi, maka hasil jepretan akan semakin bagus.

Seperti pemaparan dari Puppytraveler.com, Megapixel dengan ukuran besar itu belum tentu menghasilkan kualitas foto yang bagus punya. Justru kualitas lensalah yang menjadi andalan untuk menghasilkan gambar yang oke dan berkualitas.

Ukuran megapixel memang dirasa antara penting ga penting.

Kalau kamu suka mengedit ulang hasil jepretanmu atau videomu dengan menggunakan aplikasi atau perangkat seperti Photoshop dan berbagai aplikasi edit video lainnya, kamu bisa saja memilih kamera mirrorless dengan ukuran megapixel yang agak besar karena gambar yang di-zoom akan tampak lebih halus dibandingkan dengan kamera mirrorless dengan ukuran megapixel yang lebih kecil.

Tapi, kalau foto hasil jepretanmu hanya untuk di-upload di media sosial tanpa ada embel-embel kualitas gambar yang terlalu kompleks dan bukan untuk urusan kerja yang profesional, kamu ga perlu memusingkan besarnya ukuran megapixel dari kamera mirrorless-mu.

Menurut informasi, lensa mirrorless memang tidak sebaik kamera DSLR (harganya saja beda jauh, guys!). Jadi untuk ukuran megapixel alangkah lebih baik kamu memiliki kamera mirrorless dengan ukuran diatas 16MP.

Berbicara soal sensor pada kamera, sensor ini termasuk yang berpengaruh untuk hasil foto dengan kualitas yang oke punya.

Sensor yang biasanya digunakan dalam kamera mirrorless diantaranya, full frame, PAS-C dan four thirds dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Untuk hasil gambar yang lebih jernih, maka kamera mirrorless dengan sensor full frame-lah yang bisa kamu jagokan dan bisa jadi pilihanmu. Sensor full frame ini memang sudah terbukti oke dalam menangkap cahaya dan menghasilkan gambar dengan kualitas yang jernih.

Gaji UMR Mau Beli Kamera Mirrorless 03 DSLR - Finansialku

[Baca Juga: Belum Mengutamakan Program Pelayanan Karyawan? Hati-hati Anda Bisa Kehilangan Karyawan!]

 

Yakin kamu lagi butuh kamera mirrorless? Atau jangan-jangan kamu tuh punya kebutuhan yang sebetulnya kamu ga sadari dan kamu harus siapin dari sekarang!

Udah tahu perencanaan keuangan sesuai usia yang harus kamu siapin dari sekarang supaya pas waktunya nanti, kamu gak keteteran soal dananya?

Ketahui Perencanaan Keuangan Sesuai Usia dari Finansialku yang bisa kamu unduh secara gratis berikut ini:

 

#3 Tentukan Pilihan Lensa Kamera

Ketika membeli kamera mirrorless, kamu tentu akan mendapatkan penawaran pilihan kamera mirrorless dengan body only atau dengan kelengkapan lensa seperti lensa kit atau lensa bawaan.

Kamera mirrorless ini memiliki kesamaan dengan kamera DSLR dimana lensa-nya dapat kamu ganti sesuai dengan kebutuhan dari hasil gambar yang ingin kamu dapatkan.

Lensa kit sesuai kebutuhan ini yang nantinya akan membuat gambar jadi lebih halus, lebih tajam dengan detail warna yang lebih keren atau dengan hasil gambar bokeh (blur di bagian background-nya).

Untuk para pemula dalam bidang fotografi atau kamu yang hanya menyalurkan hobi saja, mungkin lensa kita saja sudah cukup bagi kamu.

Tapi jika kamu punya komunitas fotografi dan hobi serta kecintaanmu pada fotografi semakin meningkat, apalagi jika hobi fotografimu jadi tambang emasmu untuk jadi lahan pekerjaan, kamu tentu perlu mengoleksi berbagai jenis lensa yang akan menunjang karier fotografimu dan menghasilkan gambar yang “menjual”.

Beberapa lensa kamera ini tentu bisa jadi referensimu, diantaranya lensa kamera dengan merek Fuji, Sony, Olympus, Nikon dan Canon.

Jika kamu mau mempertimbangkan lensa kamera dengan level lebih expert, kamu bisa coba lensa kamera dengan merek Leica, Carl Zeiss, Schneider, tapi kamu perlu ingat, dimana ada kualitas tentu akan ada harga lebih yang harus kamu bayar.

Beli Kamera Mirrorless 06 - Finansialku

[Baca Juga: Merchandise Star Wars Ini Memiliki Harga Yang Sangat Fantastis, Hingga Seharga Rumah Mewah]

 

#4 Ukuran Kamera yang Diinginkan

Dalam mempertimbangkan ukuran dari kamera yang ingin kamu beli, sesuaikan dengan keinginanmu berikut ini:

  • Kamera pocket: ukuran kecil, praktis, bisa disimpan di kantong tapi dengan kualitas gambar yang standar.
  • Kamera mirrorless: berat body lumayan enteng (lebih berat dari kamera pocket) dengan kualitas gambar lebih oke.
  • Kamera DSLR: body berat, lensa dan badan kamera yang seimbang dengan kualitas pro.

 

#5 Fitur

Memilih kamera mirrorless juga perlu mempertimbangkan fitur bawaan dari kamera yang akan kamu beli.

Perhatikan beberapa fitur wajib dalam sebuah kamera mirrorless, diantaranya autofocus serta burst-nya dengan kecepatan menangkap momen tertentu.

Perhatikan juga sensor kamera minimal 4/3 dan juga shutter speed dengan kemampuan penghasil gambar berkualitas baik meski dengan pencahayaan yang minim atau saat malam hari.

Fitur penunjang lainnya yang perlu ada dalam kamera mirrorless-mu adalah fitur penunjang seperti akses wifi, Bluetooth, GPS dan juga screen-nya.

Buat kamu yang akan menggunakan kamera mirrorless untuk keperluan nge-vlog, perhatikan kualitas dari autofocus-nya, termasuk layar LCD kamera yang dapat diputar ke bagian depan sehingga kamu dapat dengan mudah mengatur gayamu ketika nge-vlog.

 

Gimana Caranya Nyiapan Dana Buat Beli Kamera Mirrorless?

Setelah tahu seperti apa kamera mirrorless yang jadi kebutuhanmu, seperti pembahasan kita dari awal, dengan gajimu yang masih standar UMR, kamu tetap bisa kok beli kamera mirrorless, tentunya!

Misalnya, kamu ingin membeli kamera mirrorless berikut ini:

Gaji UMR Mau Beli Kamera Mirrorless 04 - Finansialku

Harga Kamera Mirorrless = Rp7.499.000

Dana yang tersedia = Rp1.000.000

 

Dalam waktu satu tahun ke depan (12 bulan), kamu berharap tabunganmu sudah cukup untuk membeli kamera mirrorless tersebut.

Bagaimana caranya kalau gaji UMR saja cuma Rp3juta-an?

Untuk memudahkanmu dalam mencatat dana keperluan membeli barang, yuk kita gunakan Aplikasi Finansialku. Kamu bisa mengunduhnya secara gratis melalui Google Play Store dan kamu bisa jelajahi fiturnya selama 30 hari, tanpa dipungut biaya alias free.

Setelah 30 hari, jika kamu tetap ingin menggunakan seluruh akses Aplikasi Finansialku, maka kamu bisa upgrade dengan membayar Rp350.000.

Biasanya, kita senang dengan harga yang lebih murah, bukan? Ya, gunakan saja kode voucher POTONG50RIBU untuk mendapatkan potongan harga Rp50.000. Jadi kamu hanya membayar Rp300.000 per tahun atau Rp850 per hari.

Dengan harga seperti itu juga, kamu bisa menggunakan seluruh akses Aplikasi, termasuk fitur Tanya Jawab untuk berdiskusi/konsultasi dengan perencana keuangan profesional Finansialku tentang masalah keuanganmu.

Wow! Menguntungkan bukan? Download saja Aplikasi Finansialku pada link berikut ini!

Setelah kamu mengunduh Aplikasi Finansialku, maka langkah selanjutnya sebagai berikut:

  1. Klik icon Rencana Keuangan – Dana Membeli Barang.
  2. Isi rencana keuangan Dana Membeli Barang dan hitung dana yang dibutuhkan
    • Nama barang: Kamera Mirrorless
    • Harga barang saat ini: Rp7.499.000
    • Berapa lama: 12 bulan
    • Dana yang tersedia: Rp1.000.000
    • Inflasi: 10% per tahun
    • Estimasi hasil investasi: 12% per tahun
  1. Klik “Hitung”
  2. Ta Da…. Ini dia dana yang perlu kamu siapkan. Kesimpulannya, kamu masih memerlukan dana sebesar Rp7.157.418 dengan dana investasi sebesar Rp564.354 per bulan selama 12 bulan.

 

Terus gimana caranya buat investasi? Kemana dananya harus diinvestasikan? Gimana milih produk investasi?

Tenang aja guys! Coba unduh dulu ebook Panduan Berinvestasi untuk Pemula dari Finansialku berikut ini:

 

Kamu bisa pilih jenis investasi sesuai dengan kebutuhan dan juga karaktermu dalam berinvestasi ya melalui panduan berinvestasi di atas!

 

Jadi Beli atau Engga?

Nah, gaji UMR tetep bisa beli kamera mirrorless kan?

Ga perlu minder karena gajimu masih standar UMR, asal kamu ada niat untuk berusaha, tentu kamu bisa juga kok beli kamera mirorrless.

So, jadi beli gak ni kamera mirrorless-nya?

Oiya, kamu bisa cobain semua fitur Aplikasi Finansialku dan jelajahi keunggulannya dari mencatat keuangan harianmu, persiapan dana liburan, persiapan dana membeli barang, mencatat hasil investasimu.

Hebatnya, kamu bakal bisa konsultasi masalah keuanganmu dengan Konsultan Perencana Keuangan Terpercaya dari Finansialku. Pilih sendiri dengan siapa kamu mau curhat soal masalah keuangan kamu dengan mereka.

Rasakan manfaat Aplikasi Finansialku sebagai asisten dan penasihat keuangan pribadimu hanya lewat gadget yang ada di genggamanmu. Mudah bukan?

 

Udah dapet ni inceran kamera mirrorless sesuai kebutuhanmu? Gimana persiapan dananya? Semoga impianmu membeli kamera mirrorless segera tercapai!

Kamu juga bisa membagikan informasi di atas kepada teman atau kenalanmu yang mau beli kamera mirrorless dan galau buat nyiapin dananya!

 

Sumber Referensi:

  • Dal Digital. 5 Tips Jitu Membeli Kamera Mirrorless. Daldigital.net – https://bit.ly/30UrbAc
  • Puppy Traveler. 6 Oktober 2015. 10 Tips Membeli Kamera Mirrorless. Puppytraveler.com – https://bit.ly/2SGXMq9

 

Sumber Gambar:

  • Kamera Mirrorless Fujifilm – https://bit.ly/2GKiXTB
  • Kamera Mirrorless – https://bit.ly/2YGGSxw
  • Kamera Mirrorless vs DSLR – https://bit.ly/2T1RMIH

 

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG