10 Game Belajar Anak untuk pertumbuhan otak si buah hati: Masa anak-anak adalah masa yang paling tepat untuk mengenalkan si kecil pada banyak hal, terlebih dalam merangsang pertumbuhan otak si kecil. Apa saja contohnya?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

10 Game Belajar Anak Untuk Pertumbuhan Kecerdasan Anak

Bermain bukan hanya dapat dilakukan untuk menghilangkan jenuh atau bosan. Dengan memilih permainan yang tepat, Anda juga bisa membantu si kecil untuk dapat mengembangkan potensi otaknya dengan baik.

Saat ini, perkembangan teknologi memberikan kemudahan bagi banyak orang. Jika dulu orangtua perlu membeli mainan anak yang harganya mahal, sekarang Anda bisa memanfaatkan permainan dalam bentuk aplikasi di smartphone.

Tentu saja memilih aplikasi permainan untuk anak tidak bisa sembarangan. Anda perlu memilih aplikasi yang dapat membantu anak agar menjadi lebih cerdas dan mengasah otak anak. Di samping itu, permainan tersebut juga harus disenangi oleh anak.

Oh ya, apakah Anda sebagai orangtua sudah mempersiapkan dana pendidikan untuk sang anak? Biaya pendidikan tidaklah murah, perlu perencanaan dan anggaran. Jika Anda tidak mempersiapkan dari sekarang, Anda bisa memberikan kado yang buruk bagi anak Anda.

Supaya itu tidak terjadi, mulailah membaca ebook Finansialku untuk mempersiapkan dan merencanakan dana pendidikan anak Anda.

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

 

Jika Anda memiliki anak yang masih berusia prasekolah atau PAUD, ada 10 game belajar anak yang bisa Anda berikan.

 

#1 Kids Preschool Puzzles

Game ini adalah game puzzle yang bisa dimainkan oleh anak. Bukan hanya memasang-masang potongan gambar hingga menjadi gambar utuh, game ini juga mengenalkan anak dengan berbagai hal, seperti hewan, tumbuhan, dan berbagai macam benda.

10 Game Belajar Anak Untuk Pertumbuhan Otak Si Kecil 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pahami Perbedaan Gaya Parenting Milenial dengan Generasi Sebelumnya]

 

Game ini dibuat untuk anak yang masih berada di usia pra sekolah. Tampilan puzzle yang berwarna-warni akan membuat anak Anda tertarik untuk memainkannya.

 

#2 Educational Games for Kids

Game ini mengajak anak untuk mengenal gambar, warna dan angka. Konsep yang dibawa oleh game ini adalah pengenalan nama binatang, huruf dan angka agar lebih mudah dipahami anak.

Agar membuat anak nyaman memainkannya, game ini juga memiliki tampilan visual yang cukup menarik untuk anak-anak usia pra sekolah.

 

#3 ABC Preschool Free

Mengenal huruf adalah salah satu kemampuan dasar yang perlu dimiliki oleh anak prasekolah atau PAUD. Akan tetapi, beberapa anak merasa kesulitan untuk mengenal dan menghafal nama­-nama huruf tersebut.

ABC Preschool Free bisa menjadi game yang tepat untuk mengenalkan huruf dan angka kepada anak. Konsep permainan ini juga sederhana sehingga cocok untuk anak usia dini. Selain itu, anak juga bisa belajar menulis huruf dan angka.

10 Game Belajar Anak Untuk Pertumbuhan Otak Si Kecil 03 - Finansialku

[Baca Juga: 20 Tips Parenting untuk Keluarga Muda, Berawal dari Rumah]

 

Jika anak Anda termasuk yang hobi mewarnai, game ABC Preschool juga memiliki fitur coloring yang menarik untuk dimainkan.

 

#4 Preschool and Kindergarten Learning Games

Permainan android lain yang bisa Anda coba adalah Preschool and Kindergarten Learning Games. Selain mengenalkan angka dan huruf pada anak, permainan ini juga mengajak anak Anda mengenal bentuk-bentuk umum, seperti segitiga, bulat, persegi, persegi panjang dan berbagai bentuk lainnya.

Selain itu, game ini juga memiliki fitur yang memungkinkan anak belajar mengenal dan membaca alphabet.

 

#5 384 Puzzles

Hampir setiap anak senang bermain puzzle. Cara ini juga bisa Anda manfaatkan sebagai sarana pembelajaran bagi anak. Salah satu permainan puzzle yang ada di Android dan bisa anak Anda mainkan adalah 384 Puzzles.

Game ini menawarkan konsep permainan yang sederhana namun menyenangkan bagi anak. Anak tinggal menyusun potongan puzzle yang ada ke dalam gambar yang kosong hingga menjadi bentuk tertentu.

 

#6 Kids Educational Game 3 Free

Game ini mengajak anak untuk mengenal berbagai nama binatang, huruf, dan juga angka. Tampilan game ini juga cukup menarik untuk anak karena memiliki banyak animasi yang bersahabat.

Selain itu, anak juga bisa mendengar secara langsung bagaimana pengucapan setiap binatang yang ada dalam game.

 

#7 Masha and The Bear

Masha and The Bear adalah salah satu animasi yang banyak dikenal dan menjadi favorit anak-anak. Anda bisa mengunduh aplikasi ini dan membuat kegiatan belajar anak jadi menyenangkan.

10 Game Belajar Anak Untuk Pertumbuhan Otak Si Kecil 04 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Tips Sukses Parenting untuk Single Dad]

 

Menariknya, game ini bukan hanya menyediakan satu game saja. Tapi juga berbagai game lain yang sesuai dengan usia perkembangan anak.

 

#8 Piano Kids

Sesuai dengan namanya, permainan ini memiliki tampilan visual yang mirip dengan piano. Melalui permainan ini, anak bisa mengenal berbagai nada dasar yang ada dalam musik.

Selain itu, anak juga bisa lebih bebas mengeksplorasi kemampuan musiknya dengan menyentuh tombol-tombol piano yang ada pada aplikasi.

 

#9 Preschool Learning Games Kids

Game ini mengajak anak mengenal jumlah dan warna dengan cara yang menyenangkan. Salah satunya adalah dengan memasangkan jumlah bola dengan angka yang yang ada.

Selain mengenal angka, game ini juga mengajak anak untuk mengenal warna dengan lebih mudah dan menyenangkan.

 

#10 Funny Food 3

Game Funny Food 3 mengajak anak belajar menghitung dengan metode bermain yang menyenangkan.

Salah satu daya tarik game ini adalah animasi grafisnya yang menarik, juga gambar dan warnanya yang ceria.

 

Pilih Games yang Sesuai

Pada dasarnya, permainan game android tidak selalu buruk bagi anak. Yang terpenting adalah Anda mampu memilah mana game yang sesuai dengan fase pertumbuhannya.

Jangan lupa untuk mendampingi si kecil saat ia memainkan permainan tersebut.

 

Share artikel ini kepada orangtua lainnya supaya mereka bisa mendampingi anaknya tumbuh kecerdasannya. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Referensi:

  • Listiorini. 26 Agustus 2018. 10 Game Edukasi Anak Paud Terbaik di Ponsel Android. Carisinyal.com – https://bit.ly/2OGjDhb
  • Admin. 13 Aplikasi Game Edukasi Anak Terbaik di Gadget Android dan IOS. Theasianparent.com – https://bit.ly/2OC2UeX

 

Sumber Gambar:

  • Game Belajar Anak – https://bit.ly/33CzvWb
  • Game Belajar Anak Kids Preschool Puzzles – https://bit.ly/37YWq1d
  • Game Belajar Anak ABC Preschool Free – https://bit.ly/2P0R50R
  • Game Belajar Anak Marsha and The Bear – https://bit.ly/2Dz9BYG