Meski tetap berharap pandemi ini berakhir, yuk biasakan gaya hidup minimalis ala millennials under 30! Patut dicoba guys! Kuy!

Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.

 

Prediksi Berakhirnya Pandemi Meleset

Pandemi yang menyerang dunia tak terkecuali tanah air kita Indonesia sejak Bulan Maret 2020 silam tak kunjung mereda. Bahkan beberapa bulan terakhir sempat meningkat kembali dan tak terkendali sehingga membuat pemerintah terpaksa mengeluarkan peraturan terkait Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM yang sifatnya darurat. 

Sudah banyak lembaga riset yang mengeluarkan gagasan mereka mengenai prediksi berakhirnya pandemi di bumi pertiwi Indonesia seperti Prof. Dedi Rosadi, Guru Besar Statistika Universitas Gadjah Mada (UGM) yang membuat pemodelan probabilistik dengan dasar data nyata atau probabilistik data-driven model (PDDM), dengan asumsi waktu puncak tunggal.

[Baca juga: Cara Berhemat Selama Pandemi agar Tetap Merasa Happy]

Dari data itu diperkirakan waktu puncak pandemi terjadi pada Mei 2020 dan pandemi akan mereda di akhir Juli 2020 dengan perkiraan proyeksi total penderita positif Covid-19 di angka sekitar 31 ribu kasus seperti yang dilansir dari laman CNN. 

Sebuah prediksi terbaru yang diungkapkan oleh Epidemiolog dari Griffith University Australia, Dicky Budiman, beliau menyampaikan bahwa wabah virus Corona di Indonesia diprediksikan mereda pertengahan tahun 2022.

“Yaah, masih lama donk?!”

Daripada pusing mikirin prediksi berakhirnya pandemi, mendingan kita ikuti saja protokol kesehatan dan membiasakan diri dengan gaya hidup minimalis supaya finansial tetap terjamin di masa pandemi.

 

Manfaat Hidup Minimalis Selama Pandemi!

Kenapa harus gaya hidup minimalis sih? Ternyata gaya hidup minimalis itu banyak banget manfaatnya lho! Menjalani gaya hidup minimalis akan berdampak sangat baik bagi kesehatan mental hingga kehidupan sosial seseorang. Berikut ini beberapa manfaatnya!

 

Pikiran Lebih Fokus

Punya banyak barang mungkin membuat seseorang bahagia, tapi nyatanya itu hanya sementara. 

Setelah memiliki sebuah barang, tentunya kita harus memikirkan bagaimana harus merawatnya agar longlast, kecuali kalau kamu bukan termasuk orang yang apik ya. 

Bayangkan jika kamu memiliki ratusan barang yang harus kamu rawat, tentu pikiranmu akan terbagi-bagi dan alhasil ga fokus deh.

Berbeda halnya jika kamu mengadopsi gaya hidup minimalis. Cobain deh!

 

Cegah Depresi

Situasi kondisi masa pandemi aja udah bikin kepala nyut-nyutan, belum lagi urusan kerjaan dan berbagai hal yang harus dipikirkan!

Nah, gaya hidup minimalis ternyata bisa bikin kita semakin release dari yang namanya depresi lho!

Dengan menerapkan gaya hidup minimalis, seseorang diyakini akan membantu seseorang memiliki perspektif yang sederhana dan sehat dalam menjalani hidup sehingga bisa mencegah depresi.

Menurut Founder Social Connect, Sepri Andi, sebuah komunitas bagi penyintas kesehatan mental, menilai gaya hidup minimalis membantu seseorang lebih simple dalam menjalani hidup. Misalnya dalam mengkonsumsi apa yang dibutuhkan atau membeli barang seperlunya.

[Baca juga: Bahaya Depresi dan Cara Mengatasinya]

Beliau mengatakan bahwa pikiran sangat berperan dalam kesehatan mental di mana pikiran yang tenang, simpel, dan aktif akan membuat seseorang lebih mudah memproses informasi dan cenderung lebih mudah mengutarakan isi hati atau perasaan dan ini membantu mereka lebih mudah memanajemen stres

Gaya hidup minimalis membantu membentuk hidup lebih sederhana yang juga akan berpengaruh banyak kepada kesehatan mental, sebaliknya, pikiran yang kompleks, bingung, banyak masalah baik di pekerjaan, rumah, dan bisnis, akan membuat capek, stres, bahkan tertekan dan buntu dalam memproses informasi.

 

Mudah Mengambil Keputusan

Pernah ga sih kamu bingung mau mengenakan pakaian apa dan kamu harus meluangkan waktu bahkan hampir sejam hanya untuk memilih outfit of the day hanya untuk kelihatan kece? 

Gaya hidup minimalis membuat kita jadi lebih efisien dari segi waktu dan kamu jadi mudah mengambil keputusan

 

Hemat Energi

Selain pikiran lebih fokus dan bikin kamu ga depresi dari dalam, kamu pun bisa semakin menghemat energi yang juga berdampak pada finansialmu lho!

Bayangkan jika kamu punya 7 kamar dengan setiap lampu masing-masing di dalamnya. Selain energi yang digunakan, kamu juga harus memiliki cadangan lampu jika sewaktu-waktu lampu sudah tidak berfungsi. 

Semakin sedikit kamar yang kamu miliki, energi pun semakin sedikit yang digunakan. Kocek pun semakin aman bahkan kamu ga perlu pusing dengan naiknya biaya listrik. 

[Baca juga: Cara Menghemat Energi dengan Baik]

 

Hidup Makin Sehat & Bahagia

Siapa sih yang ga mau bahagia? Gaya hidup minimalis ternyata menawarkan kebahagiaan juga lho guys!

Melansir Healthline, menurut studi pada 2003, ahli dari Carnegie Mellon University, Pittsburgh, AS, sengaja memberikan virus flu pada 300 partisipan sehat. Hasilnya, partisipan yang tidak bahagia berpeluang terserang flu tiga kali lebih besar ketimbang orang-orang yang bahagia. Intinya, jika kamu semakin bahagia, kamu akan semakin sehat dan tidak mudah terserang penyakit. 

 

Punya Skala Prioritas

Tidak semua barang atau material yang diperjualbelikan adalah barang yang kita butuhkan. Inilah konsep dasar yang harus dimiliki setiap orang, apalagi dengan tawaran produk barang/jasa yang kini dengan mudah dapat kita lihat hanya melalui gadget

[Baca juga: Skala Prioritas dalam Mengatur Keuangan]

Pertimbangkan kualitas barang yang akan dibeli dan prioritaskan barang kebutuhan adalah salah satu ciri gaya hidup minimalis yang dapat diterapkan.

Miliki perencanaan keuangan yang baik sejak dini agar mempermudah kamu dalam mencapai tujuan keuangan. Yuk dengarkam audiobook berikut ini, gratis.

banneraudiobook_millennials_ini_loh_pentingnya_merencanakan_dan_mengatur

 

Cara Gaya Hidup Minimalis Ala Millennials Under 30

Bila ingin kaya, sejahtera, dan terbebas dari beban berat dalam kehidupan ada satu kunci yang harus dilakukan. Jangan terlalu banyak gaya seperti yang dijelaskan oleh salah satu motivator kondang, Tung Desem Waringin

Daripada banyak gaya yang bikin kamu stres dan banyak tekanan, mendingan ikuti saja cara memiliki gaya hidup minimalis berikut ini yang bikin kamu stay happy and healthy di masa pandemi!

 

Beli Sedikit Dengan Kualitas Tinggi

Beli sepatu murah tapi baru juga 2 sampai 3 bulan udah jebol lagi! Pernah mengalami hal ini guys?

JIka dihitung-hitung sekali beli sepatu Rp100.000 setiap 3 bulan, mendingan beli satu sepatu yang sekalian mahal tapi berkualitas. 

Misalnya kamu beli sepatu seharga Rp500.000 tapi kamu bisa gunakan hingga beberapa tahun karena kualitasnya yang tidak gampang rusak

 

Rawat Barang Dengan Penuh Tanggung Jawab

Buat kamu yang kurang apik soal pemeliharaan barang, yuk mulai sekarang rawat barang-barang yang kamu miliki. Meski barang tersebut pemberian orang lain, tetap saja kamu harus menghargai barang milikmu itu. 

Dengan merawatnya, barang tersebut akan lebih awet dan kamu bisa menggunakannya dalam jangka waktu yang lama kan! Ga perlu keluarin kocek buat beli yang baru untuk sementara waktu. Alhasil, kamu bisa menabung lebih banyak, guys!

 

Beli Barang Sesuai Kebutuhan

Dispenser atau termos, mana yang akan kamu pilih? Melihat fungsinya, mungkin dispenser adalah pilihan yang tepat. Kamu tidak perlu repot memasak air dan menyimpannya ke dalam termos karena dispenser nyatanya bisa membuatmu lebih efisien dari segi waktu. 

Membeli barang sesuai kebutuhan adalah dasar dari kedewasaan finansial dan gaya hidup minimalis. 

 

Tidak Berlebihan Membeli Bahan Makanan

Meski kamu punya lemari pendingin atau kulkas memang sangat menolong dalam penyimpanan bahan makanan yang memiliki masa kadaluarsa yang lebih cepat seperti buah, sayuran daging dan sebagainya. 

Membeli bahan makanan secara rutin sangat disarankan daripada membelinya sekaligus. Kebiasaan bisa membuatmu semakin hemat dan tidak perlu membuang makanan yang ternyata terlewat masa kadaluarsanya. 

 

Miliki Daftar Barang Kebutuhan

Lihat kembali setiap barang yang ada di sekitar rumah. Apakah setiap barang tersebut masih bisa digunakan? Apakah kamu perlu memperbaiki atau membeli yang baru? Apakah barang-barang tersebut masih kamu perlukan?

Apabila menemukan barang yang sudah tidak berfungsi namun kamu masih harus menggunakannya, segera lakukan perbaikan. 

[Baca juga: 10 Webiste Jual Beli Barang Bekas]

Sebaliknya, jika barang tersebut sudah tidak kamu gunakan, mungkin ada baiknya kamu singkirkan dari rumah agar tidak memakan ruangan, di samping kamu bisa lebih fokus untuk memelihara barang keperluan lainnya yang masih diperlukan

 

Bepergian Dengan Bijak

Melakukan perjalanan mungkin terasa menyenangkan. Tak jarang di masa pandemi seperti ini membuat kita sesekali tertarik untuk melakukan staycation. Apalagi ada penawaran promo dari berbagai hotel berkelas dengan harga yang terjangkau. 

Mengatur jadwal untuk perjalanan liburan dengan bijak adalah salah satu ide cemerlang gaya hidup minimalis. Jangan lupa untuk menaati protokol kesehatan agar tetap sehat dan terhindar dari dampak virus corona ya!

Jika Sobat Finansialku ingin memiliki perencanaan keuangan yang baik agar tetap survive selama pandemi, Anda dapat berkonsultasi dengan Financial Planner Finansialku.

Yuk download aplikasinya di Google Play Store maupun Apple Apps Store sekarang! Nikmati konsultasi dan cek kesehatan keuangan dengan akses premium gratis selama 30 hari. 

Jika Anda merasa terbantu dengan aplikasi Finansialku premium, silakan gunakan kode voucher WEBTAHUNAN saat melakukan upgrade aplikasi premium dan dapatkan diskon langsung Rp 50 ribu.

 

Gaya hidup minimalis nyatanya tidak sulit dilakukan! Yuk lakukan dari sekarang dan jadikan gaya hidup minimalis sebagai sebuah kebiasaan!

Kamu bisa bagikan tips gaya hidup minimalis dari artikel ini kepada rekan atau kenalan yang membutuhkannya!

Sehat mental terbebas dari depresi dan juga sehat finansial dengan gaya hidup minimalis! Kuy mulai adaptasi!

 

Artikel Pilihan:

 

Editor: Nurdevi Noviana

Sumber Referensi:

  • Agnes Teresia. 21 Juni 2021. Epidemiolog Prediksi Pandemi Covid-19 Mereda Tahun Depan. nasional.okezone.com – https://bit.ly/3A9LEmg
  • Jonathan Patrick. 8 Juli 2020. Prediksi Meleset Akhir Pandemi Covid-19 di Indonesia. https://bit.ly/2WU4fo0
  • Mahardini Nur Afifah. 4 April 2020. Bahagia Terbukti Tangkal Serangan Virus, Begini Caranya… health.kompas.com – https://bit.ly/3lucrp6
  • Alya Zulfikar. 15 April 2020. 8 Manfaat Gaya Hidup Minimalis, Hidup Anti Ribet Ribet Club! 99.co – https://bit.ly/3lv11BA
  • Fitriana Monica Sari. 5 Juli 2019. Budayakan Hidup Minimalis, Ini 7 Keuntungan untuk Milenial. liputan6.com – https://bit.ly/3ymXnNS
  • Yunia Pratiwi. 9 Juni 2020. Sudah Coba Gaya Hidup Minimalis? Ini 9 Manfaatnya untuk Mental. cantik.tempo.co – https://bit.ly/3rPSPNo
  • Gloria Fransisca Katharina Lawi. 30 November 2020. Gaya Hidup Minimalis Bisa Bantu Cegah Depresi. lifestyle.bisnis.com – https://bit.ly/37iEhMN
  • Giovani Dio Prasasti. 7 Juni 2018. Ingin Kaya dan Bahagia? Jangan Kebanyakan Gaya. liputan6.com – https://bit.ly/3fvXjnA
  • Wahyu Utama. 5 Gaya Hidup Minimalis Ini Bikin Anda Hemat Lebih Banyak Uang Setiap Bulan. koinworks.com – https://bit.ly/3A8YVLL