Apakah Anda tahu gaya hidup orang kaya untuk sukses mempertahankan kekayaannya?

Kebanyakan masyarakat menilai, indeks kesuksesan seseorang ketika mereka mampu mendatangkan banyak uang. Namun, ada yang lebih sulit yaitu mempertahankan kekayaan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Yuk Intip, Cara Orang Sukses Mempertahankan Kekayaannya

Cara seseorang meraih kesuksesan tidak selalu berjalan lurus sesuai harapan. Seringkali mereka dihadapkan pada tantangan dan rintangan yang harus dilalui. Melalui kerja keras, keyakinan, dan ketekunan yang tiada henti, pada akhirnya mereka bisa mencapai titik kesuksesan yang diharapkan.

Tentu saja, pencapaian yang diraih tidak serta merta menjadikan orang sukses puas dengan apa yang dimilikinya. Ada tantangan baru, bagaimana cara mereka mengelola dan menghargai apa yang telah dimiliki salah satunya kekayaan materi yaitu uang.

Walaupun definisi kesuksesan bagi setiap orang itu berbeda, penting bagi kita mengetahui cara pandang orang sukses dalam menghargai dan mempertahankan kekayaannya.

Yuk kita simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui bagaimana gaya hidup orang kaya dalam mempertahankan kekayaannya:

 

#1 Berutang untuk Menghasilkan Uang

Siapa sih yang tidak tergiur untuk berutang? Dengan cara sederhana, kamu bisa dapatkan dana segar dalam waktu relatif singkat.

Bahkan hanya dengan sekali gesekan kartu kredit, kamu juga bisa mendapatkan apapun yang diinginkan tanpa harus menggenggam uang tunai di tangan.

Lalu, bagaimana cara orang sukses menyikapi utang? Mereka berutang untuk menghasilkan uang yang jumlahnya berlipat ganda dari utangnya, bukan sekadar berutang demi kebutuhan konsumtif.

Gaya-Hidup-Orang-Kaya-1-Finansialku

[Baca Juga: Ada 5 Mitos Keliru Tentang Kesuksesan! Ketahuilah Kunci Sukses dan Faktanya!]

 

Prinsipnya, orang sukses akan berusaha melunasi utangnya secepat mungkin dan tidak membiarkan dirinya berlama-lama terlilit utang.

Mereka memandang, utang kepada pihak lain adalah beban yang memberatkan langkahnya menuju kesuksesan yang lain.

 

#2 Menggunakan Uang Secara Jelas

Pribadi dengan semangat sukses selalu mempertimbangkan setiap rupiah uang yang akan dikeluarkannya. Mereka memiliki gambaran alokasi dana yang jelas sehingga uang yang digelontorkan tidak sekedar dihambur-hamburkan.

Jika kamu ingin sukses dengan harta yang bergelimang, pastikan kejelasan tujuan dari setiap penggunaan uang.

Hati-hati terjebak pada keinginan konsumtif yang tiada akhir, dan biasakan menempatkan penghasilan di skema investasi yang membawa keuntungan di hidup kamu.

 

#3 Mengalokasikan Uang untuk Kebutuhan Mendadak

Orang kaya lebih memahami bahwa berbagai kemungkinan bisa terjadi di hidupnya. Mengantisipasi hal itu terjadi, mereka selalu mempersiapkan uang untuk kebutuhan mendadak dan tidak menguras habis penghasilannya hanya untuk kebutuhan konsumtif.

Mereka memiliki perhitungan yang jeli untuk setiap kemungkinan yang bisa menghantam kenyamanan hidupnya, sehingga setiap mendapat penghasilan, mereka akan menyisihkan sejumlah uang sebagai dana darurat.

Menurut tips salah satu pakar finansial Indonesia, besarnya dana kebutuhan darurat bagi kamu yang masih lajang adalah 4x biaya hidup bulanan.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#4 Tidak Fanatik Barang Mewah

Tahukah kamu? Ternyata orang kaya tidak terlalu loyal pada barang-barang berkelas. Mereka tahu bahwa gaya hidup tidak akan ada habisnya jika terus diikuti.

Seringkali kita lihat, orang berpenghasilan biasa saja justru lebih fanatik pada barang mewah dan berkelas.

Gaya Hidup Orang Kaya

[Baca Juga: Waspada! 7 Perilaku ini Dapat Membahayakan Investasi Anda!]

 

Walaupun sesekali orang kaya juga membeli barang yang terbilang mahal, itu pun mereka lakukan dengan penuh perhitungan dan menganggapnya sebagai hadiah untuk diri sendiri, bukan menjadi kebutuhan atau kebiasaan yang rutin harus dilakukan.

 

#5 Jangan Lupa Menabung

Orang kaya sangat menghargai apa yang telah dimilikinya termasuk uang yang dihasilkan. Salah satu bentuk penghargaannya yaitu menabungkan sebagian dari penghasilan yang diperoleh.

Mereka pandai menahan diri untuk tidak mengotak-atik tabungan tersebut karena kepentingan jangka panjang lebih mereka pikirkan dibanding pemenuhan kebutuhan tersier sesaat.

Bagi orang kaya, mereka justru menyisihkan sekian besar uang untuk ditabungkan dan sisanya diperuntukan guna memenuhi kebutuhan sehari-hari.

 

#6 Berani Ambil Risiko Berinvestasi

Orang kaya berani mengambil risiko dengan tabungan yang susah payah mereka kumpulkan untuk mengambil peruntungan berinvestasi melalui pasar modal atau menyalurkannya ke skema investasi bisnis.

Rata-rata dari mereka menyadari bahwa semakin besar risiko yang mereka ambil dengan uang yang ia miliki, maka semakin tinggi keuntungan yang bisa diraihnya. Mereka lebih berani mengambil risiko daripada membiarkan uangnya berdiam diri di bank dan habis hanya karena inflasi.

Jika Anda ingin mengetahui dan belajar lebih sungguh-sungguh tentang investasi, Anda bisa mempelajarinya lewat ebook gratis dari Finansialku. Ada ebook investasi reksa danaebook investasi emas, dan ebook investasi saham untuk investor pemula.

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

#7 Mengatur dan Mengembangkan Penghasilan

Orang kaya tidak menghitung kekayaan yang dimiliki dari besarnya uang yang masuk ke rekening setiap bulannya. Kondisi keuangan mereka hitung dari aset bersih yang mereka miliki.

Cara menghitung aset bersih yang dimiliki adalah:

ASET BERSIH = [Aset Tidak Bergerak (rumah, tanah, kendaraan) + Likuiditas (simpanan di bank, dana pensiun, pencairan polis asuransi, hasil investasi) + Aset Lain (perhiasan, simpanan emas, koleksi barang antik)]  – [Pinjaman di Bank + Cicilan Bulanan]

 

Inilah formula yang digunakan orang-orang sukses untuk menentukan posisi finansialnya. Mereka menyadari bahwa penghasilan besar akan selalu sejalan dengan pengeluaran yang besar.

 

#8 Memanfaatkan Diversifikasi Penghasilan

Setiap usaha pasti memiliki pasang surut sehingga tidak ada satu bisnis yang bisa terus menerus diandalkan untuk mendapatkan penghasilan yang tetap.

Menyikapi hal tersebut, kebanyakan orang mulai memperluas diversifikasi penghasilan. Mereka berusaha mendapatkan penghasilan dari berbagai bidang usaha.

Selain memperluas investasi yang bisa mendatangkan keuntungan, hal tersebut mampu mengurangi risiko pada penurunan drastis pendapatan yang bisa disebabkan karena situasi pasar dan kecelakaan yang tidak diinginkan.

 

#9 Menyadari Batas Membelanjakan Uang

Kebiasaan orang kaya dalam memandang penghasilan sebagai digit yang harus terus dikembangkan, membuat mindset mereka bisa membedakan antara kebutuhan krusial dengan kebutuhan yang bisa ditunda. Karena itu mereka justru menyadari batas setiap mengeluarkan uang untuk belanja.

 

#10 Membayar Jasa Profesional Pengatur Keuangan

Orang-orang kaya tidak pernah berpikir dua kali untuk mengeluarkan uang mereka demi mendapatkan jasa profesional penasihat keuangan. Mengingat harta yang bergelimang tidak selalu diiringi dengan kemampuan dalam mengelolanya.

Gaya Hidup Orang Kaya

[Baca Juga: Kenapa Gaji Naik, Tapi Hidup Tidak Lebih Sejahtera?]

 

Alhasil, jika keuangan mereka tidak dikelola dengan baik, bisa saja mereka tergoda untuk berinvestasi dengan cara yang salah atau membelanjakan uangnya secara cuma-cuma.

Jika Anda ingin menggunakan jasa perencana keuangan profesional, Anda bisa menghubungi Finansialku.

Finansialku memiliki perencana keuangan tersertifikasi yang dapat membantu memperbaiki kondisi keuangan Anda.

Langsung hubungi kontak berikut ini:

+62819 1151 6119

solusi@finansialku.com

 

#11 Memberi Kepada Mereka yang Membutuhkan

Memberi tidak akan membuatmu miskin tapi justru memberimu keajaiban,

 

Itulah ungkapan yang bisa menggambarkan bahwa salah satu cara untuk mempertahankan kesuksesan finansial adalah ringan berbagi dengan sesama.

Dalam hidup terkadang ada hal-hal diluar rasionalitas, tapi itulah faktanya. Saat mereka terus berbagi, rejeki justru akan lebih mudah berdatangan dari berbagai arah.

 

#12 Bekerja Keras untuk Menghasilkan Banyak Uang dan Membelanjakannya Sesedikit Mungkin

Meskipun uang di rekening sudah miliaran, orang kaya tidak akan pernah berhenti untuk bekerja keras demi menghasilkan lebih.

Hal tersebut dilakukan bukan karena tamak akan kekayaan, tapi mereka menyadari tidak ada yang akan mereka dapatkan tanpa kerja keras.

Mereka menghargai uang yang telah dihasilkan lewat kerja keras dengan membelanjakannya seperlunya saja. Menjadi pribadi bijak dalam menggunakan uang bukanlah hal yang salah.

 

Sudah Memiliki Gaya Hidup Orang Kaya Seperti yang di Atas?

Jadi, poin berapa saja yang sudah kamu terapkan? Jika belum, tunggu apalagi? Mempertahankan kekayaan lebih sulit dari mendapatkannya, lho.

Disiplinkan dirimu sendiri untuk menabung lebih banyak dan mengeluarkan uang lebih sedikit. Selamat mencoba!

 

Sumber Referensi:

  • Nendra Rengganis. Cara Orang Berduit Memanfaatkan Uang Mereka Supaya Tetap Kaya. Hipwee.com- https://goo.gl/DJZ3Hg

 

Sumber Gambar:

  • Utang Produktif – https://goo.gl/cq7VkN
  • Orang Kaya – https://goo.gl/4DXgGU
  • Belanja Barang Mewah – https://goo.gl/yGw9JV

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang