Simak 5 mitos keliru tentang kesuksesan menurut Brian Tracy dan ketahui dengan pasti kunci sukses yang dapat membawa Anda pada keberhasilan.

Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Mitos Penghalang Kesuksesan

Setiap orang memiliki kemampuan untuk mencapai kesuksesan, demikian juga Anda.

Secara umum sebetulnya banyak orang sudah mengerti akan kunci sukses yang membawa kepada keberhasilan seperti, kerja keras, tekat kuat, niat dalam berusaha, disiplin, komitmen dan beberapa kunci sukses lainnya yang dipercaya dapat membawa pada kesuksesan.

Namun sayangnya, di luar sana terdapat banyak sekali mitos tentang kesuksesan yang dapat membuat orang enggan untuk mengejarnya dengan tekad yang kuat.

Kesuksesan dalam pandangan setiap orang pasti akan berbeda. Entah itu sukses dalam sebuah hubungan, karier dan lain sebagainya.

Berikut ini ada 5 mitos tentang kesuksesan yang seringkali membatasi seseorang dalam meraih kesuksesan dan setiap impian mereka.

 

#1 Mitos Pertama: Menjadi Kaya Dan Bahagia adalah Sebuah Tujuan Tertinggi

Mitos pertama ini seringkali diyakini oleh kebanyakan orang tentang kesuksesan.

Mereka berpendapat bahwa kebahagiaan dan kekayaan adalah tujuan akhir dan adalah tujuan utama mereka dalam hidup yang mereka jalani.

Tujuan semu ini membuat mereka hanya menginginkan hal-hal material yang bersifat kebahagiaan sementara.

Ada 5 Mitos Keliru Tentang Kesuksesan! Ketahuilah Kunci Sukses dan Faktanya! 02 - Finansialku

[Baca Juga: 17 Cara Berpikir Positif di Kehidupan Anda yang Perlu Kita Praktikkan]

 

Sebetulnya, tujuan hidup seperti ini hanyalah sebuah fantasi semata.

Jika Anda sedang merancang tujuan hidup Anda, sebaiknya Anda merancangnya secara spesifik dan memiliki kejelasan tentang tujuan Anda. Disamping itu, buatlah tujuan hidup yang bukan hanya mengejar keinginan semu belaka.

Buatlah secara tertulis dan tentu saja realistis dengan kemampuan Anda serta dapat dicapai dalam kurun waktu tertentu.

 

#2 Mitos Kedua: Pendidikan Hanya Didapat di Bangku Kuliah

Mitos kedua ini seringkali juga mematahkan semangat juang seseorang dalam meraih kesuksesan.

Anggapan bahwa bangku kuliah adalah satu-satunya jalan untuk sampai kepada puncak keberhasilan, menjadi penghalang seseorang dalam meyakini kesuksesan dalam dirinya.

Brian Tracy adalah salah satu bukti bahwa ia mampu berhasil, walaupun tanpa mendapat pengalaman untuk duduk di bangku kuliah.

Brian Tracy bahkan menyatakan dirinya sebagai seseorang yang mampu sukses tanpa lulus dari bangku SMA-nya.

Hanya karena satu orang pergi ke perguruan tinggi dan sukses tidak berarti bahwa itulah satu-satunya jalan menuju kesuksesan.

Tips Mudah Investasi Untuk Mahasiswa Belajar Berinvestasi Dari Sekarang! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ilustrasi: Mengambil Pelajaran Positif dari Orang-Orang Sukses]

 

Pendidikan dapat kita terima dari mana saja, bahkan ketika kita sedang mengobrol dengan seseorang di kedai kopi atau di halte bus, Anda bisa mendapatkan pengetahuan darinya.

Mitos kedua ini bukan artinya membuat Anda harus keluar dari bangku kuliah, terutama bagi Anda yang memiliki kesempatan untuk merasakan pengalaman pendidikan di bangku kuliah.

Mengenai Brian Tracy yang tidak lulus SMA bahkan tidak mengecap bangku kuliah, itu dikarenakan keadaan ekonomi keluarganya yang sedang tidak beruntung.

Jika Anda atau keluarga Anda mampu untuk membuat Anda melanjutkan studi di Universitas atau Perguruan Tinggi, lanjutkanlah. Ambil ilmu sebanyak mungkin dari segala elemen yang dapat Anda serap.

Pendidikan dan ilmu pengetahuan dapat kita terima dari berbagai sumber.

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

#3 Mitos Ketiga: Lebih Banyak Uang akan Lebih Baik

Mitos ini membuat seseorang akan berkata, “Seandainya saya memiliki banyak uang, tentu saya akan bahagia.”

Pernahkah Anda mendengar sebuah kalimat yang diucapkan juga oleh Brian Tracy bahwa uang adalah akar dari segala kejahatan?

Entah kenapa, lembaran kertas berwarna yang dikeluarkan oleh pihak bank ini memiliki daya magnet yang kuat terhadap seseorang.

Sebuah kekuatan yang mampu membuat sebuah bangunan, menciptakan teknologi komputer, membuat orang menjadi bahagia (walaupun untuk sesaat), atau bahkan lebih buruk lagi, membuat orang menjadi lebih egois dan menjadi seorang koruptor.

Tahukah Anda Siapa Wanita Terkaya Di Dunia Tahun 2017 01 - Finansialku

[Baca Juga: Percaya Tidak Percaya! Berpikir Positif Mempengaruhi Kesehatan Anda]

 

Uang bisa saja dipakai sebagai sarana untuk melakukan dan membuahkan kebaikan, tetapi bahkan bisa sebaliknya dan bisa lebih buruk lagi.

Tahukah Anda bahwa semakin banyak nilai yang dapat Anda berikan kepada orang lain, maka semakin banyak juga mata uang yang akan mengalir ke dompet Anda?

Brian Tracy menyarankan jika kita ingin menjadi sukses, layanilah orang lain sebaik mungkin. Berikan pelayanan terbaik Anda dan bukan bertujuan pada uang semata, karena uang akan mengalir kepada Anda secara alami.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#4 Mitos Keempat: Sukses akan Datang dengan Sendirinya

Benarkah bahwa sukses akan datang dengan sendirinya.

Hanya dengan berharap bahwa sukses akan ada di genggaman Anda, dan itu sudah cukup untuk mengundang kesuksesan itu tinggal dalam rumah Anda?

Memang benar bahwa Anda harus memiliki kejelasan dan hasrat membara untuk apa yang Anda inginkan dalam hidup. Memiliki harapan adalah salah satu teknik paling ampuh yang bisa Anda gunakan untuk menjadi orang sukses. Anda dapat memastikan hasil yang diinginkan dan hasil yang lebih baik dalam hidup Anda.

Harapan Anda menjadi ramalan diri Anda sendiri.

Tapi jika Anda hanya bersemedi sambil berharap akan kesuksesan tanpa memulai sesuatu atau mengerjakan sesuatu, ini adalah sia-sia belaka.

Bagaimana Cara Menggunakan Utang Pinjaman Untuk Membuat Kaya 02 - Finansialku

[Baca Juga: 14 Cara Berpikir Positif di Keluarga yang Membuat Hubungan Kekeluargaan Makin Akrab]

 

Kunci sukses adalah kemauan untuk memulai dan mengambil tindakan. Jangan menunggu orang lain melakukan sesuatu. Milikilah tindakan yang berorientasi.

Lakukan segala hal yang akan mengarahkan Anda pada tujuan dan kesuksesan yang Anda impikan.

Kembangkan kedisiplinan Anda agar Anda terus mengalami kemajuan setiap harinya.

Jika Anda mempraktikkannya dengan tekun setiap hari selama 365 hari dalam 1 tahun, lihatlah diri Anda pada cermin di pagi hari setelahnya. Anda pasti mengalami perubahan dan pencapaian.

Jangan hanya berhenti sampai disitu, lakukanlah terus dan lihatlah pada titik 10 tahun ke depan akan menjadi seperti apakah Anda kelak.

 

#5 Mitos Kelima: Kesuksesan Tiap Orang Dinilai dengan Standar yang Sama

Pernahkah Anda menilai sebuah kesuksesan adalah seperti yang diraih oleh orang lain.

Misalnya, ada orang yang berhasil membangun 2 rumah dan juga sebuah villa, dan itu dianggap sebagai suatu keberhasilan sehingga Anda ingin memiliki keberhasilan yang sama.

Atau ada orang sukses yang mampu membeli sebuah kapal pesiar atau sebuah pulau pribadi, dan itu dianggap sebuah pencapaian yang luar biasa sehingga Anda ingin memiliki hal yang sama.

Jika Anda belum memiliki hal yang sama dengan orang itu, Anda belum bisa menyebut diri Anda sukses.

Kesuksesan setiap orang berbeda.

Terungkap! Rahasia yang Harus Anda Ketahui untuk Cepat Kaya dan Menjadi Miliarder 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Mungkin Berpikir Positif Malah Menghancurkan Hidup Anda?]

 

Banyak orangtua yang merasuki pikiran anak-anaknya dalam memilih jurusan pendidikan mereka atau mengarahkan apa yang harus menjadi cita-cita mereka.

Sebetulnya, ini bukanlah cita-cita sang anak, melainkan keinginan daripada orangtua agar anak-anaknya berhasil sesuai dengan keinginan orangtua.

Kata “berhasil” disini memuat arti menurut keinginan dan hasrat orangtua, bukan berdasarkan minat dan tujuan dari sang anak itu sendiri.

 

Apa Arti Kesuksesan Bagi Diri Anda?

Tentukan kesuksesan apa yang berarti bagi Anda. Mulailah dengan pikiran yang positif dan segar serta susunlah daftarnya.

Abaikan 5 mitos umum di atas yang menghambat dan membatasi kesuksesan Anda. Kunci suksesnya adalah percaya pada diri Anda sendiri.

Renungkan kalimat Brian Tracy berikut ini:

“It doesn’t matter where you’re coming from; all that really matters is where you’re going. And where you’re going is only limited by your imagination.”

“Tidak masalah dari mana asal Anda, yang terpenting adalah kemanakah tujuan Anda. Dan tujuan Anda akan sebatas imajinasi Anda.”

 

Jadi, keyakinan apa yang kini sedang membatasi Anda untuk meraih kesuksesan?

Bagikan tanggapan Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini! Jika Anda memiliki saran atau pertanyaan, Anda juga dapat menuliskannya pada kolom tersebut.

 

Sumber Referensi:

  • Brian Tracy. 5 Common Myths about Success. Briantracy.com – https://goo.gl/5ZLYmM

 

Sumber Gambar:

  • Kunci Sukses tentang Kesuksesan – https://goo.gl/nmBUPn
  • Kunci Sukses – https://goo.gl/Q5EDdn

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang