Kanker payudara merupakan salah satu kanker terganas. Sayangnya, banyak gejala kanker payudara tidak disadari, bahkan disepelekan.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengetahui apa saja gejala kanker payudara supaya bisa ditangani lebih awal.

Simak ulasannya berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Mengenal Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan kondisi ketika sel kanker terbentuk di jaringan payudara. Bukan hanya wanita, kanker payudara pun dapat menyerang pria.

Kanker payudara terbentuk ketika sel-sel di dalam payudara tumbuh tidak normal dan tidak terkendali. Lama kelamaan, sel kanker ini akan menyerang jaringan payudara sehat terdekat, bahkan bisa menyebar ke bagian tubuh lain. Sel tersebut umumnya membentuk tumor yang terasa seperti benjolan.

 

Anatomi Payudara Perempuan

Untuk mengetahui gejala kanker payudara, Anda harus mengetahui dulu anatomi payudara perempuan. Hal ini akan sangat membantu Anda dalam mengidentifikasi gejalanya lebih dini.

Anatomi payudara perempuan seperti berikut ini:

 

#1 Jaringan Adiposa

Sebagian besar payudara perempuan terdiri dari lemak tubuh. Inilah yang dimaksud jaringan adiposa. Terdiri dari sel syaraf dan pembuluh darah, jaringan ini terbentang dari tulang selangka, ketiak, hingga rusuk.

Ketahui Gejala Kanker Payudara yang Sering Kamu Sepelekan! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Tingkat Stres di Era Globalisasi Sangat Tinggi! Kenapa, ya?]

 

#2 Kelenjar Susu

Ada 12-20 bagian lobus pada payudara wanita. Masing-masingnya memiliki bagian yang lebih kecil lagi bernama lobulus. Lobus dan lobulus dihubungkan dengan saluran susu.

Di sinilah biasanya kanker payudara terbentuk.

 

#3 Kelenjar Getah Bening dan Pembuluh Darah

Kedua kelenjar ini berfungsi untuk membawa darah dan cairan dari jaringan payudara ke seluruh tubuh dan sebaliknya. Kanker payudara dapat menyerang lewat kelenjar getah bening.

 

Gejala Kanker Payudara

Kanker payudara bisa terbentuk di lobulus atau di saluran yang membawa air susu dari kelenjar ke puting payudara. Kanker juga bisa terbentuk di jaringan lemak atau jaringan ikat di dalam payudara.

Gejala kanker payudara jarang disadari. Pada tahap awal memang tak ada hal aneh yang terasa. Namun, jangan disepelekan jika Anda merasakan beberapa gejala berikut ini:

 

#1 Benjolan di Payudara

Benjolan di payudara merupakan salah satu tanda awal kanker payudara. Benjolan ini tidak bisa dilihat langsung. Namun, akan terasa saat disentuh. Benjolan ini tidak selalu terasa sakit.

Saat menstruasi, beberapa wanita mengeluhkan benjolan di payudara. Ini bukanlah tanda kanker payudara. Namun, waspadalah jika setelah periode menstruasi benjolan masih terasa. Apalagi, jika benjolan tak hilang selama beberapa minggu berikutnya.

Ketahui Gejala Kanker Payudara yang Sering Kamu Sepelekan! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Perhatikan Hal Ini Saat Membeli Asuransi Kesehatan Tambahan]

 

Oleh karena itu, Anda harus mengetahui ciri benjolan karena kanker payudara, yaitu:

  • Tekstur benjolan lunak ke arah keras
  • Permukaan benjolan tidak rata
  • Benjolan melekat pada payudara
  • Hanya ada satu benjolan
  • Benjolan tidak terasa sakit saat ditekan

 

#2 Warna Kulit Payudara Berubah

Kulit payudara akan menjadi kemerahan seperti iritasi. Selain itu, tekstur dan warna kulit menjadi seperti kulit jeruk. Penebalan kulit pun terjadi.

Selain itu, permukaan kulit tampak berlekuk-lekuk. Hal ini terjadi karena pembuluh getah bening yang ada di bawahnya tertarik sampai akhirnya berkerut.

 

#3 Puting Terasa Sakit

Perubahan terjadi pula pada bagian puting. Rasa nyeri bisa terasa di area ini. Bisa juga keluar cairan tidak normal dari puting atau puting melesak ke dalam.

 

#4 Pembengkakan Pada Ketiak, Tulang Selangka, dan Payudara

Jaringan payudara meluas hingga ke ketiak. Jika benjolan muncul pada ketiak, itu artinya kanker payudara telah menyebar ke kelenjar getah bening.

 

Yuk, Jalani Pola Hidup Sehat!

Untuk mengurangi risiko kanker, disarankan agar Anda menjaga pola makan dan rutin memeriksa payudara sendiri (SADARI). Caranya dengan menggunakan tangan dan penglihatan untuk memeriksa apakah ada perubahan fisik pada payudara.

Menjalani pola hidup sehat juga sangat dianjurkan. Beberapa di antaranya rutin olahraga dan mengkonsumsi makanan/minuman lebih selektif lagi.

Ungkapan “you are what you eat” bukan sekadar ungkapan belaka. Apa yang Anda makan mencerminkan kesehatan Anda. Ditambah lagi, hindari kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol.

Ketahui Gejala Kanker Payudara yang Sering Kamu Sepelekan! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Pilih Asuransi Agar Terhindar Penipuan Asuransi Kesehatan]

 

Jangan sepelekan jika Anda mengalami gejala kanker payudara. Jika Anda menemukan gejala kanker payudara, segera konsultasikan ke dokter. Anda akan diperiksa dengan mammogram untuk mengetahui adanya jaringan kanker pada payudara.

Bukan tidak mungkin penyakit ini dapat disembuhkan. Oleh karena itu, Anda wajib untuk mengetahui ciri awal kanker payudara sedini mungkin.

Terkait kesehatan, Anda pun perlu menyiapkan asuransi kesehatan. Ini akan sangat membantu kondisi finansial Anda.

Bingung memilih asuransi kesehatan yang cocok? Anda dapat berkonsultasi dengan penasehat keuangan Finansialku. Caranya, Anda dapat berkonsultasi lewat aplikasi yang dapat diunduh di Play store atau App store.

Anda juga dapat menyimak video di bawah ini agar Anda tidak kebingungan memilih asuransi kesehatan.

 

Itu dia gejala kanker payudara. Jadi, jangan sepelekan lagi jika Anda mengalami salah satunya, ya. Segera periksakan ke dokter sebelum terlambat.

Jangan lupa untuk share artikel ini. Anda akan jadi penolong banyak orang, terutama para wanita.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 11 April 2018. Kanker Payudara. Alodokter.com – https://bit.ly/3aV7mxN
  • Admin. 24 September 2018. Wanita, Kenali Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium 1 Sebelum Terlambat. Alodokter.com – https://bit.ly/39Ug5jD

 

Sumber Gambar:

  • Kanker Payudara 1 https://bit.ly/2QcYrzB
  • Kanker Payudara 2 https://bit.ly/38Icm7b
  • Kanker Payudara 3 https://bit.ly/33gPs5G