Perjalanan karier seorang Glenn Fredly membuahkan pelajaran yang dapat kita petik. Genap sudah 25 tahun ia berkarya.

Bersama Finansialku mari kita simak pelajaran apa yang dapat kita ambil dari seorang Glenn Fredly.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Glenn Fredly, Penyanyi Legendaris Tanah Air

Glenn Fredly Deviano Latuihamallo, pria kelahiran 30 September 1975 ini ternyata sudah memulai karier sejak tahun 1995. Lulus SMA di tahun 1994.

Hampir semua lagu yang ditulisnya sejak era 90-an booming di pasaran bahkan berhasil punya umur yang sangat panjang.

 

Perjalanan Karier dan Pelajaran di Baliknya

Lengkingan vokal yang khas dan penuh penjiwaan, mampu menghipnotis setiap orang yang mendengarkan pelantun lagu “Januari” ini.

Puluhan lagu cinta karyanya laris manis di pasaran, siap membuat kamu tersenyum dan berdendang atau bahkan mencucurkan air mata.

Sosok Glenn yang kamu lihat saat ini, tidak terlepas dari proses jatuh bangun dan jutaan kisah pahit di belakangnya.

Berikut pelajaran yang bisa kamu ambil dari kisah perjalanan karier Glenn Fredly.

 

#1 Gagal Bukan Alasan Untuk Berhenti

Pada awal kariernya, karya Glenn terbilang biasa-biasa saja. Penjualan album pertamanya yang berjudul “Glenn” menembus angka 50.000 copy. Lalu di album kedua yang bertajuk “Kembali”, karya Glenn justru jeblok di pasaran karena dinilai terlampau R&B.

Sony Music sempat ingin menghentikan kerja sama di album ketiga.

Di tengah situasi yang mengecewakan ini, Glenn harus berupaya keras untuk proses pembuatan album ketiga, walaupun kondisinya sedang terpuruk lantaran baru putus cinta.

Glenn Fredly 1

[Baca Juga: Reza Oktovian: Kisah Sukses dan Perjalanan Karier]

 

Berangkat dari kekecewaan yang dialami, Glenn mampu membuktikan kualitasnya di album ketiga yang berjudul “Selamat Pagi Dunia”. Album ini meledak dengan total menembus 700.000 copy pada tahun 2003 silam dan diakui sebagai album masterpiece sepanjang karier bermusiknya.

Kerja keras Glenn pada akhirnya membuahkan hasil yang baik walau harus melalui proses yang cukup menyakitkan.

Gagal itu biasa, justru kegagalanlah yang seharusnya memacu kamu untuk jadi pribadi yang lebih kuat dan membuktikan kalau kamu bisa. Benar kata orang kalau kegagalan adalah guru sukses yang terbaik!

 

#2 Biarkan Patah Hati Mengajarkan Kamu Arti Keikhlasan

Di balik sederet lagu sendu Glenn, tersimpan beberapa cerita pahit yang ada di belakangnya. Hubungannya dengan Nola AB3 misalnya, yang sudah terjalin selama 6 tahun dan akhirnya harus berpisah karena perbedaan keyakinan.

Kalau kamu tahu lagu “Sedih Tak Berujung”, lagu itu bercerita tentang kandasnya hubungan sepasang kekasih yang pada takdirnya harus menikah dengan orang lain.

Lagu ini rilis tepat saat Nola menikah dengan kekasih barunya, seakan Glenn memiliki curahan hati terselubung ya?

Glenn Fredly 2

[Baca Juga: Perjalanan Karier Robert Pattinson: Cedric, Edward, Hingga Batman]

 

Apapun alasannya, kalau sudah menyangkut hati pasti sakit.

Tapi harus selalu diingat bahwa patah hati adalah proses dari pendewasaan diri, karena kadang tidak ada yang bisa kita lakukan kecuali mengikhlaskan.

Life must go on, percaya saja pada akhirnya kamu akan dipertemukan dengan orang yang sepadan.

 

#3 Bekerja dengan Hati

Banyak orang yang dengan terpaksa melakukan sesuatu, karena tuntutan dari orang di sekitarnya. Padahal ketika kamu tidak mencintai apa yang kamu kerjakan, sebaik apapun hasilnya akan terasa hampa.

Glenn menjadi bukti nyata bahwa sesuatu yang dimulai dari ketertarikan akan membuahkan hasil yang maksimal. Kecintaannya pada musik membuat ia bertekad untuk menjadi sukses dan konsisten di bidang tersebut. Bermula dari sekadar mengikuti lomba menyanyi sejak SD.

Bergabung di grup musik, hingga akhirnya memutuskan untuk solo karier dan memiliki album sendiri. Proses jatuh bangun yang panjang tidak menjadi masalah karena ia mencintai apa yang ia kerjakan.

 

#4 Glenn Fredly Menghargai Arti Perbedaan

Glenn merupakan salah satu sosok musisi yang paling sering menggaungkan pesan toleransi dan perdamaian di setiap konsernya.

Keikutsertaan Glenn dalam konser Jazz Ramadhan Festival misalnya, yang bertujuan untuk mengumpulkan dana bagi Madrasah Ibtidaiyah Hidayatus Shibyan atau andilnya dalam memproduseri album Hidayah.

Hingga niatnya untuk menggandeng beberapa musisi dalam menyuarakan toleransi lewat karya musik.

Glenn Fredly 3

[Baca Juga: Menginggal Karena Kanker, Ini Perjalanan Karier Ria Irawan]

 

“Karena itu, mari berbuat sesuatu hal positif, minimal saling menghormati, tidak suka menghujat sana-sini,” ucap Glenn dilansir dari Tribun News.

Mengapa perbedaan itu indah? Karena dengan perbedaan kita dapat saling melengkapi.

 

#5 Berani Mencoba Hal Baru dan Tidak Pernah Berhenti Belajar

Selain berhasil dikenal sebagai penyanyi spesialis lagu cinta. Ternyata Glenn juga berhasil menjadi produser di beberapa film layar lebar. Film-film besar seperti Cahaya dari Timur Beta Maluku, Filosofi Kopi, dan Surat dari Praha juga merupakan hasil karyanya.

“Saya selalu berupaya memperbarui energi dan meng-update ilmu dari siapa pun. Tak hanya soal musik, saya juga senang mempelajari disiplin lain” ungkapnya.

Keberanian untuk mencoba hal-hal baru merupakan awal dari pengetahuan yang lebih luas. Jangan pernah takut untuk mencoba dan jangan pernah berhenti belajar selama masih ada kesempatan.

 

#6 Memiliki Jiwa Kepedulian yang Tinggi

Ternyata Glenn juga memiliki jiwa kepedulian yang sangat tinggi dalam segala hal.

Glenn aktif untuk memperjuangkan eksistensi industri musik Tanah Air, dengan mengambil bagian dalam organisasi Kami Musik Indonesia (KMI) dan terlibat dalam Rancangan Undang Undang (RUU) Permusikan.

Baginya, tujuan besar KMI adalah menjadikan musik sebagai manifestasi bangsa. Hal ini dilakukan atas dasar kepeduliannya terhadap musik Indonesia. Beberapa hasil pendapatan dari konsernya pun sering kali didonasikan.

Misalnya saja, hasil pendapatan dari konser yang bertajuk “Tanda Mata Glenn Fredly untuk Yovie Widianto” disumbangkan kepada para korban gempa Donggala, Palu pada 2018 silam sebesar 100 juta rupiah.

Jelas di sini bahwa hal yang bisa memanusiakan manusia adalah empati. Salut!

 

#7 Ilmu Tanpa Rasa adalah Mati

Ilmu pengetahuan dapat dipelajari tapi sifat terbentuk secara alami. Kecerdasan dibutuhkan, akan tetapi karakter menentukan.

Apa jadinya seseorang dengan jabatan yang tinggi dan ilmu yang mumpuni tapi memiliki sifat yang tidak menghargai sesama dan tinggi hati?

Glenn Fredly 1

[Baca Juga: Napak Tilas Jejak Karier Irfan Setiaputra, Dirut Garuda Indonesia]

 

Sentuhan rasa memiliki bagian yang penting dalam setiap hal yang kita lakukan.

Layaknya musik, Glenn mengatakan, “Teknik dan harmonisasi musik bisa dipelajari toh jumlah notasi musik hanya ada 12. Justru, penjiwaan dan kejujuranlah yang tak bisa direkayasa karena bersumber dari hati.”

 

#8 Jadilah Diri Sendiri

Dalam konferensi pers usai konser tunggalnya yang bertajuk “Menanti Arah”, Glenn sempat berpesan kepada seluruh generasi muda bahwa negara yang maju berawal dari anak-anak muda yang berani menjadi diri sendiri.

Menurutnya, anak-anak muda generasi sekarang harus berani berkarya di bidangnya masing-masing. Bela negara bukan selalu masalah wajib militer.

Dengan menjadi diri sendiri dan menghasilkan karya lewat beragam inovasi juga merupakan wujud dukungan kita untuk memajukan negara. Kamu setuju?

 

#9 Glenn Fredly Hidup Positif untuk Menginspirasi

Pada ulang tahunnya yang ke-43, salah seorang sahabat Glenn, yakni Tompi mengunggah foto Glenn dengan caption berikut:

“@glennfredly309 selamat ulang tahun Bre. Tolong hidup lebih lama untuk kami semua. Untuk keluarga, untuk komunitas yang ada, untuk bangsa negara! Peradaban ini membutuhkan kreativitas lo Bre!” tulis Tompi seperti dikutip Grid.ID dari Instagramnya pada Senin (30/9/2019).

Glenn Fredly 2

[Baca Juga: Perjuangan Stefan William Merajut Karier Dari Nol]

 

Tidak perlu susah payah supaya dicintai.

Cukup dengan melakukan hal-hal positif yang jujur dari hati, maka kamu akan menginspirasi banyak orang dan menjadikan dunia ini lebih baik.

 

#10 Ayo Berani Bersuara!

Selain dikenal dari sisi romantisnya, Glenn juga dikenal sebagai penyanyi yang selalu berani bersuara. Salah satu hal yang selalu ia suarakan adalah mengenai Indonesia Timur.

Tengok saja lagu “Tanah Perjanjian” yang secara gamblang memberi perhatian khusus untuk Papua.

Di lagu ini, Glenn menyuarakan bahwa Indonesia perlu memperhatikan nasib Papua yang tak pernah lekang dilanda kekerasan. Ia pun selalu membawa slogan Vofte (Voice from the East).

“Perdamaian tidak akan terjadi selama ada kekerasan di Papua,” ujar Glenn lantang seperti dilansir dari Beritasatu.com.

Bersuara itu diperlukan untuk memperjuangkan keadilan dan kebenaran. Tidak selamanya diam itu emas. Kalau bisa bicara untuk sesuatu yang positif, kenapa harus diam?

 

 

Menjadi Legendaris Dimulai dari Melakukan yang Terbaik

Orang-orang sukses yang dikagumi oleh jutaan mata karena karyanya tentu sudah berproses melalui jutaan rasa pahit pula.

Belajarlah dari pengalaman, jangan pernah berhenti berkarya, terus berubah menjadi versi diri yang lebih baik, dan selalu lakukan hal yang positif.

Selain itu, untuk melengkapi agar kamu menjadi orang sukses, kamu bisa cek video ini:

 

Apa kamu salah satu fans dari seorang Glenn Fredly? Tulis tanggapan kamu di kolom komentar dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

 

Sumber Referensi:

  • Agniya Khoiri. 10 Juni 2017. Glenn Fredly Gaungkan Toleransi di Ramadhan Jazz Festival. CNN Indonesia.com – http://bit.ly/2tT5xRY
  • Dimas Prasetyo. 22 Agustus 2019. Sebelum Menikah dengan Mutia Ayu, Begini Perjalanan Cinta Glenn Fredly. Popmama.com – http://bit.ly/39x9uuY
  • Rizka Azizah. 14 Januari 2016. Kekuatan Cinta Glenn Fredly. – http://bit.ly/2tXx1pI

 

Referensi Gambar:

  • Glenn Fredly 1 – http://bit.ly/2VW8fBM
  • Glenn Fredly 2 – http://bit.ly/3aAmu3m
  • Glenn Fredly 3 – http://bit.ly/3cyFcKq
  • Glenn Fredly 4 – http://bit.ly/2TzL130