Dalam usaha mencapai kebebasan finansial, mari hancurkan beberapa mitos keuangan yang menyesatkan Anda sehingga tidak memiliki pola pikir yang seharusnya dimiliki oleh seorang sukses dan bebas secara finansial. Berikut ini pemaparannya untuk Anda yang dieprsembahkan oleh Tim Finansialku. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Kenali dan Pahami Mitos yang Salah Mengenai Uang

Menjadi seorang yang kaya dan bebas secara finansial merupakan dambaan banyak orang. Namun dalam proses menjadi seorang yang bebas finansial, kerapkali ada berbagai pandangan dan mitos yang salah mengenai kehidupan yang bebas secara finansial.

Mari melalui artikel berikut ini, kita hancurkan berbagai pandangan salah mengenai mitos tentang keuangan yang membuat paradigma kita sebagai calon orang-orang sukses menjadi salah kaprah dan bukannya mengejar impian malahan mengejar kesia-siaan.

Kenali, pahami dan koreksi diri Anda dari berbagai mitos yang dapat menghancurkan paradigma sesungguhnya menjadi seorang yang kaya dan bebas secara finansial berikut ini.

Hancurkan Mitos Keuangan Yang Menyesatkan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Beginilah Rencana Keuangan untuk Anak Berkebutuhan Khusus Bagi Para Orangtua]

 

#1 Dengan Uang, Hidup Akan Lebih Bahagia

Banyak hal yang dapat dibeli dengan uang. Itulah sebabnya banyak orang mengejar uang untuk tujuan hidup lebih bahagia. Namun tahukah Anda bahwa untuk mendapatkan kebahagiaan yang sejati tidak melulu berbicara soal uang. Kebahagiaan akan kasih sayang dari keluarga merupakan sesuatu yang tidak dapat dibeli dengan uang. Kasih sayang tidak pernah tergantikan dengan apapun, termasuk uang. Sebuah cinta dapat dirasa palsu ketika uang sudah tidak berbicara. Tahukah Anda banyak sekali orang terkenal dan kaya raya yang hidupnya berujung pada bunuh diri? Terbukti bahwa kekayaan tidak selalu membawa kita kepada kebahagiaan. Hal ini tergantung pada tujuan kita dan apakah harapan kita hanya diletakkan pada besarnya uang yang dapat kita hasilkan. Uang bukanlah tujuan akhir dari orang-orang sukses karena mengejar kekayaan semata tidak ada habisnya. Jangan biarkan ketamakan yang menjadi hasil yang kita tuai nantinya.

Prinsip 4D dari Brian Tracy Tentang Kebebasan Keuangan 04 - Finansialku

[Baca Juga: Prinsip 4D dari Brian Tracy Tentang Kebebasan Keuangan]

 

#2 Punya Banyak Uang Menjauhkan Utang dan Masalah

Siapa bilang dengan banyaknya uang akan menjauhkan kita dari utang? Utang akan sejalan dengan jumlah pendapatan. Demikian juga kebutuhan hidup akan sejalan dengan penghasilan kita. Semakin besar penghasilan kita, semakin besar pula gaya hidup kita. Yang menjadi pokok penting dalam hal berutang adalah bagaimana kita mengelola utang tersebut, apakah utang produktif yang menghasilkan income tambahan atau malahan utang konsumtif yang dapat menggerogoti tabungan dan kekayaan kita.

Banyak orang yang kaya malahan semakin cemas oleh karena takut kehilangan harta mereka dan takut jatuh miskin. Pada dasarnya tidak ada seorangpun yang tidak terbebas dari masalah, termasuk orang yang kaya. Berbagai masalah silih berganti dan hanya orang-orang bijaklah yang dapat menanggulanginya dengan baik. Ketika berhasil menghasilkan kekayaan, ujian berikutnya adalah pengendalian diri kita terhadap berbagai keinginan dan hawa nafsu kita dalam menggunakan hasil kekayaan tersebut. Kuncinya terletak pada pengendalian diri. Orang yang sukses dan mencapai kebebasan finansial adalah mereka yang dapat mengendalikan diri mereka dalam penggunaan harta untuk konsumtif belaka dan mengalihkannya kepada investasi yang dapat menghasilkan pendapatan lebih.

 

#3 Uang Dapat Membeli Teman

Ada gula, ada semut. Pepatah inilah yang seringkali melekat pada dri orang-orang kaya. Namun, sebenarnya banyak orang kaya yang berhati-hati dengan orang-orang yang mendekati mereka dengan berbagai mulut manis mereka hanya untuk mendapatkan cipratan uang dan fasilitas dari kekayaannya. Sesungguhnya dibalik hingar bingar orang kaya, tidak sedikit yang merasa kesepian. Teman sejati orang kaya sesungguhnya adalah mereka yang menerima dan dekat dengannya saat dia masih hidup susah atau sebelum menghasilkan kekayaan dan kesuksesan. Teman yang diperoleh saat memperoleh kesuksesan apakah akan tetap ada saat kegagalan dan kesulitan melanda?

Pahami Langkah Menghasilkan Uang Tanpa Perlu Bekerja 01 - Finansialku

[Baca Juga: Pahami Langkah Menghasilkan Uang Tanpa Perlu Bekerja]

 

#4 Punya Uang Banyak Tidak Perlu Bekerja

Tidak selamanya orang yang bekerja hanya mencari uang. Banyak orang yang bekerja untuk mencari kepuasan dan mendapatkan makna hidup dari pekerjaan yang mereka lakukan. Ada kepuasan tersendiri yang mereka kejar disamping uang yang mereka hasilkan walaupun terkadang ada pekerjaan yang menghasilkan uang yang tidak sepadan namun mereka merasa dipuaskan karena melakukan pekerjaan tersebut. Tahukah Anda bahwa banyak orang yang sudah kaya dan yang seharusnya sudah pensiun tetapi masih ingin bekerja karena merasa masih produktif dan tetap melakukan berbagai usaha yang mereka impikan saat mereka masih dalam usia produktif?

 

#5 Uang Dapat Menjamin Keamanan

Banyak orang kaya yang meng-hire banyak bodyguard untuk menjaga keamanan mereka. berbagai fasilitas keamanan mereka dapatkan untuk memproteksi mereka dari berbagai bahaya yang dapat mengancam hidup mereka. Terkadang ada benarnya ketika uang dapat memprediksi berbagai hal yang tidak diinginkan terjadi, namun ada berbagai hal yang tidak dapat kita kontrol dengan uang. Bahkan kematian oleh karena sakit jantung dapat tiba-tiba menyerang kita dan para bodyguard kita tidak akan mampu menolong kita. Mungkin saja dengan asuransi dapat memproteksi kita dari berbagai biaya yang diperlukan untuk pengobatan rumah sakit tetapi tidak ada yang dapat memproteksi kita apabila waktu kematian sudah didepan mata, termasuk uang.

Kenali Cara Mengubah Imajinasi Menjadi Uang 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Cara Mengubah Imajinasi Menjadi Uang]

 

Pola Pikir Orang Kaya

Orang kaya yang memang memiliki pola pikir kaya adalah mereka yang mampu menguasai diri dari mengejar kenyamanan dan kekayaan belaka sehingga dibutakan oleh berbagai kenikmatan semu duniawi dari kuasa uang yang ditawarkan. Apakah Anda malahan dikuasai uang atau Andalah yang menguasai uang yang Anda hasilkan?

 

Rubrik mengenai “waspada dikuasai oleh uang” akan segera dipublikasikan oleh Tim Finansialku, oleh sebab itu, teruslah membaca berbagai rubrik menarik dari Finansialku. Bagikan juga setiap artikel Finansialku kepada rekan-rekan Anda agar mereka juga mendapatkan berbagai informasi penting seputar dunia usaha dan berbagai artikel penting dari Finansialku. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Syahid Latif. 9 September 2012. 10 Mitos Uang yang Sering Salah Kaprah. Viva.co.id – https://goo.gl/U84Yfb
  • Raisa. 26 Mei 2015. 5 Mitos Tentang Uang yang Perlu Diluruskan. 8share.com – https://goo.gl/eH16X1
  • Broker Saham. 19 Juni 2016. 10 Mitos tentang Uang. Broker-saham.com – https://goo.gl/cc8BZX

 

Sumber Gambar:

  • Lot of Money – https://goo.gl/C6AKIs dan https://goo.gl/t1qQFP

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang