Kuadran I (penanam modal) merupakan kuadran yang pada akhirnya akan ditempuh oleh seluruh individu di kuadran lainnya. Ini merupakan tahap akhir dimana uang akan bekerja untuk menghasilkan uang. Mari kita simak bagaimana Robert T. Kiyosaki membantu Anda menghasilkan uang tanpa perlu bekerja.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Uang Menghasilkan Uang

Sebuah gagasan yang tercakup dalam kuadran I adalah dimana uang bekerja untuk Anda, sehingga Anda dapat menghasilkan uang tanpa perlu bekerja. Dengan berinvestasi, uang menjadi peran yang penting dalam menentukan kesuksesan Anda, sehingga umumnya langkah ini baru dapat dilakukan di akhir perjalanan Anda setelah menghasilkan sejumlah uang. Finansialku akan menjelaskan bagaimana cara agar Anda dapat menghasilkan uang tanpa perlu bekerja.

Pahami Langkah Menghasilkan Uang Tanpa Perlu Bekerja 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Sukses Berbisnis dan Sukses Berinvestasi? Ini Salah Satu Kuncinya]

 

Berbagai Bentuk Investasi

Jika berpikir mengenai investasi, mungkin hal pertama yang Anda pikirkan adalah investasi berupa rumah, atau emas, atau mungkin investasi pendidikan dan investasi dana pensiun, atau bahkan saham. Namun ternyata bentuk investasi yang paling sederhana adalah pendidikan tradisional. Dengan menjalani pendidikan yang baik, Anda dapat meningkatkan penghasilan Anda hingga dua kali lipat banyaknya. Jika dibandingkan dengan bekerja selama puluhan tahun, pendidikan tinggi selama empat tahun merupakan salah satu investasi awal yang tepat.

Bentuk investasi lain yang sering kali terlupakan adalah kesetiaan dan kerja keras. Contoh hasil dari investasi ini adalah tunjangan dari perusahaan berupa tunjangan kesehatan atau dana pensiun. Bentuk investasi ketiga yang sering dianut oleh individu dalam era industri adalah berkeluarga dan memiliki banyak anak, dengan anggapan bahwa semakin banyak anak, maka masa tua akan semakin terjamin karena adanya anak yang akan merawat mereka.

Ketiga bentuk investasi ini mungkin dapat digunakan pada era industri, namun dalam era reformasi, mungkin bentuk investasi tersebut terkesan kuno dan belum tentu terjamin keberhasilannya. Besarnya tekanan ekonomi masa kini membuat kehidupan semakin sulit sehingga jenis-jenis investasi tersebut tidak efektif.

 

Penghasilan Terus Menerus

Walaupun jenis investasi beragam, namun jenis investasi yang diincar oleh kuadran I adalah jenis investasi yang dapat menghasilkan pemasukan secara terus menerus selama masa kerja. Dengan kata lain, uang diwajibkan bekerja untuk Anda dan memberikan pemasukan yang teratur seperti jika Anda memilih kuadran lainnya. Sebagai contoh, lihatlah seseorang yang menginvestasikan uangnya untuk membeli sebuah rumah dan menyewakannya. Jika uang sewanya lebih besar daripada biaya maintenance-nya, barulah penghasilan tersebut disebut penghasilan dari kuadran I. Berbeda lagi halnya jika tidak ada yang menyewa, maka tidak ada penghasilan teratur yang Anda peroleh, sehingga hal tersebut belum bisa disebut sebagai investasi.

Tidak Dibutuhkan Uang untuk Menghasilkan Uang Anda Bisa Kaya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Tidak Dibutuhkan Uang untuk Menghasilkan Uang: Anda Bisa Kaya]

 

Keuntungan Kuadran I daripada Kuadran Lainnya

Perbedaan utama kuadran I dan kuadran lainnya adalah siapa yang bekerja untuk menghasilkan uang. Pada kuadran I, uanglah yang bekerja dan diupayakan sedemikian rupa untuk menghasilkan uang. Jika Anda menguasai cara kerjanya, Anda dapat menghasilkan uang seumur hidup dan membiayai seluruh kebutuhan keluarga Anda melalui penghasilan dari investasi tanpa perlu bekerja. Salah satu keuntungan lainnya yang sangat signifikan dari kuadran I adalah secara hukum Anda tidak perlu membayar pajak dari penghasilan tersebut karena uang yang dihasilkan tergolong kolom aset dan bukan kolom penghasilan. Anda memperoleh uang sebagai penanam modal, bukan pekerja sehingga Anda tidak perlu menanggung pemotongan gaji untuk membayar pajak.

Ingin Sukses Berbisnis dan Berinvestasi Ini Salah Satu Kuncinya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Sukses Berbisnis dan Sukses Berinvestasi? Ini Salah Satu Kuncinya]

 

Tidak Banyak Orang yang Mau Menjadi Investor

Investasi adalah salah satu cara untuk menghasilkan uang tanpa perlu bekerja, namun mengapa banyak orang yang tidak mau menjadi seorang investor? Jawabannya adalah karena adanya risiko. Banyak individu yang takut untuk memasuki kuadran ini karena anggapan adanya risiko besar yang menanti Anda. Namun jika Anda memahami cara berinvestasi dan mengatasi celahnya, maka Anda dapat menerima hasil yang sepadan.

Anda perlu memahami bahwa Anda disini menjadi seorang investor dan bukanlah penjudi, karena penjudi hanya bermain dengan untung-untungan, sedangkan investor bermain dengan keterampilan. Seorang investor profesional akan mengupayakan agar investasi awal mereka dapat kembali dalam jangka waktu sesingkat mungkin tanpa takut akan kehilangan uangnya. Hilangkanlah keinginan untuk mencari rasa aman dan ketakutan kehilangan uang. Ingatlah bahwa kuadran I tidak lebih sulit dari kuadran lainnya, dengan mempelajarinya dan berlatih, maka Anda juga dapat sukses tanpa risiko tinggi dalam kuadran ini.

6 Aturan Dasar Berinvestasi, Ala Ayah Kaya Robert T. Kiyosaki 01 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Aturan Dasar Berinvestasi, Ala Ayah Kaya Robert T. Kiyosaki]

 

Perlunya Menjadi Seorang Investor

Anda bertanggung jawab penuh terhadap keuangan Anda, karena tidak ada orang lain yang akan menjaminnya bagi Anda. Hanya sedikit orang yang memahami ini dan kelak menjalani masa pensiun yang kekurangan. Penting bagi Anda untuk bekerja sesuai karakteristik dan keterampilan Anda, namun gunakanlah kuadran I pada akhir perjalanan Anda agar uang terus bekerja untuk menjamin masa pensiun Anda. Janganlah takut untuk memasuki kuadran ini, dan milikilah masa pensiun yang terjamin tanpa bergantung pada orang lain ataupun pemerintah.

 

Apakah Anda mengetahui bagaimana contoh menghasilkan uang tanpa perlu bekerja lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Robert T. Kiyosaki. 2001. The Cashflow Quadrant (Panduan Ayah Kaya Menuju Kebebasan Finansial)

 

Sumber Gambar:

  • Pensiun – https://goo.gl/zhA89q
  • Kaya Raya – https://goo.gl/I0J1HS

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang