Bagaimana cara mengubah imajinasi kita menjadi suatu realita dalam bentuk uang? Kali ini Finansialku akan membahas rubrik berikut ini untuk menambah wawasan Anda dalam berbisnis. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Setiap Orang Memiliki Imajinasi

Imajinasi dalam diri kita dapat membentuk segala sesuatu yang akan terjadi dalam hidup ini. Tahukah Anda mengenai teknik visualisasi yang diajarkan oleh Charles F. Hannel dalam bukunya yang berjudul The Master Key System pada tahun 1912?

Teknik visualisasi adalah sebuah teknik yang bekerja melalui daya imajinasi seseorang. Jika Anda sedang membentuk imajinasi dalam pikiran Anda, maka hal yang Anda pikirkan itulah yang akan terjadi dalam hidup Anda.

Apabila Anda sedang membayangkan bahwa Anda memiliki sebuah rumah mewah, maka itulah yang akan terjadi. Kemudian apabila Anda memikirkan mengenai sebuah kesulitan yang akan terjadi, maka kesulitan itu akan terjadi.

Apapun imajinasi yang ada dalam pikiran Anda saat ini, baik hal-hal yang positif maupun negatif, semuanya itu akan terjadi dalam kehidupan nyata Anda.

Kenali Cara Mengubah Imajinasi Menjadi Uang 02 - Finansialku

[Baca Juga: Inspirasi Hidup dari Confusius, Benjamin Franklin, Blaise Pascal dan Joel Zimmerman]

 

Cara Menggunakan Teknik Visualisasi dengan Benar

Misalnya Anda menginginkan sebuah motor baru. Gunakan waktu Anda untuk menggunakan teknik visualisasi sebagai berikut:

  1. Pejamkan mata Anda lalu luangkan waktu Anda untuk berdiam diri di sebuah tempat yang tenang sehingga Anda dapat memfokuskan pikiran Anda.
  2. Jika Anda memiliki gambar dari motor yang Anda inginkan, bayangkan Anda sedang menggunakan motor tersebut dan rasakan Anda sedang berjalan-jalan berkeliling komplek rumah Anda dengan motor tersebut.
  3. Gambarkan perasaan yang bahagia ketika sedang mengendarai motor tersebut dan ketika Anda menunjukkannya pada teman-teman Anda.

 

Kisah Sukses Ingvar Kamprad, Pendiri IKEA 03 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Ingvar Kamprad, Pendiri IKEA]

 

 2 Jenis Imajinasi

Terdapat dua jenis imajinasi yaitu imajinasi disintetis dan imajinasi kreatif. Berikut ini pembahasan lebih lanjutnya.

 

Imajinasi Disintesis

Melalui imajinasi ini, Anda dapat mengatur konsep, ide atau rencana lain ke dalam kondisi baru. Imajinasi yang disintesis tidak menciptakan sesuatu yang baru melainkan hanya sekadar bekerja dengan material pengalaman, pendidikan dan observasi yang dimasukkan ke dalamnya.

 

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi & Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

Download Ebook Sekarang

 

Imajinasi Kreatif

Dalam imajinasi kreatif, pikiran tak terbatas yang dimiliki oleh setiap manusia dapat berkomunikasi langsung dengan kecerdasan yang tak terbatas. Imajinasi kreatif mengerjakan hal-hal yang baru.

Imajinasi kreatif dapat bekerja secara otomatis tetapi hanya ketika pikiran sadar Anda dimotivasi, mendapatkan energi dan bekerja dengan kecepatan tinggi sehingga menjadi sangat perseptif dan reseptif, sebagaimana ketika pikiran sadar distimulasi oleh emosi keinginan yang kuat.

Kedua imajinasi di atas sama berharganya bagi Anda karena mereka bekerja sama dengan begitu sempurna sehingga sulit mengatakan kapan imajinasi yang satu muncul dan kapan yang lain menghilang.

Mengambil Pelajaran Berharga dari Kisah Beauty and The Beast 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mengambil Pelajaran Berharga dari Kisah Beauty and The Beast]

 

Manfaatkan Imajinasi yang Kreatif

Keinginan adalah sebuah pemikiran, sebuah impuls. Keinginan itu berkabut dan hanya datang sebentar. Keinginan itu abstrak dan tak bernilai, hingga pada suatu titik ia diubah menjadi padanan fisiknya. Baik imajinasi yang disintesis maupun imajinasi kreatif menjadi semakin siaga dan reseptif ketika Anda sering menggunakannya.

Dalam sains telah ditentukan bahwa alam semesta ini hanya mengandung 4 hal: waktu, ruang, materi dan energi. Selain itu, setiap satu dari miliaran sel tubuh Anda dan setiap partikel sub-atom materi, dimulai sebagai sebuah bentuk energi yang tak berwujud.

Melalui kombinasi energi dan materi telah tercipta segala sesuatu yang dapat dilihat, dari binatang terbesar di langit hingga manusia itu sendiri.

Ketika Anda memulai proses mencari uang dengan menggunakan impuls pemikiran keinginan, Anda sedang memanggil “benda” yang sama dengan yang digunakan alam dalam menciptakan bumi ini, begitu pula setiap bentuk material dalam semesta termasuk tubuh Anda dan otak Anda, tempat berfungsinya impuls-impuls pemikiran itu.

Kisah Sukses Dian Pelangi, Pebisnis Hijab Berusia Muda - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Dian Pelangi, Pebisnis Hijab Berusia Muda]

 

Mengubah Keinginan Menjadi Uang

Napoleon Hill mengatakan bahwa imajinasi bagaikan otot yang semakin kuat jika sering digunakan. Sebagaimana ada latihan-latihan yang akan membangun dan meningkatkan otot-otot fisik, ada juga latihan-latihan khusus yang telah dikembangkan untuk meningkatkan dan membangun imajinasi dan pandangan.

Kreativitas yang dikembangkan di satu wilayah akan mempengaruhi kreativitas Anda di wilayah-wilayah yang lain telah diterima secara luas.

Anda berusaha mengubah keinginan Anda menjadi padanan fisik atau uang, dan ada hukum-hukum fisika serta prinsip psikologi yang dapat membantu Anda. namun pertama-tama Anda perlu meluangkan waktu untuk mengenali hukum-hukum ini dan mempelajari cara penggunaannya. Jangan patah semangat apabila Anda tidak sepenuhnya memahami atau menerima teori ini.

Keinginan hanyalah sebuah pemikiran. Melalui imajinasi yang disintesiskan dengan pengalaman, pendidikan dan observasi, Anda akan memberi keinginan itu sebuah sosok, bentuk dan tindakan.

Ketika Anda mulai mengikuti instruksi-instruksi tersebut dan menuliskan keinginan dan rencana Anda, sesungguhnya Anda telah mengambil langkah pertama yang memungkinkan Anda untuk mengubah pemikiran itu menjadi padanan fisiknya.

Imajinasi yang disintesiskan akan memainkan peran dalam setiap fase rencana bisnis. Malahan, beberapa perusahaan yang paling sukses berawal dari imajinasi yang disintesis, ketika seorang wiraswasta yang menggunakan pendidikan, pengalaman dan observasinya mendapatkan sebuah ide dari suatu sumber dan memberinya aplikasi baru.

kisah-sukes-pat-flynn-pendiri-smartpassiveincome-com-4-finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukes Pat Flynn Pendiri SmartpassiveIncome.com]

 

Contoh Nyata dari Seorang Edison

Kita dapat mengambil contoh dari seorang Edison ketika berbicara mengenai imajinasi yang disintetis. Dia mulai dengan salah satu fakta yang telah diketahui semua orang bahwa kawat yang dipanaskan dengan listrik dapat menghasilkan cahaya.

Namun apabila panas yang tinggi membakar kawat dengan cepat, maka cahaya yang muncul hanya beberapa menit saja. Kegagalannya mencapai ribuan kali namun ia belajar dari setiap fakta dan pengalaman yang ia lalui sehingga imajinasinya mulai menghubungkan kesemuanya itu dan akhirnya lampu yang ia ciptakan dapat menyala selama 8,5 jam.

Cara yang digunakan Edison untuk membuat lampu listrik sudah dikenal luas, namun cara dia dalam menyintesiskan pengetahuan itu telah mengubah dunia.

 

Apakah Anda sudah mampu merealisasikan setiap keinginan-keinginan Anda melalui imajinasi kreatif? Bagikan pengalaman Anda melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan bagikan juga setiap artikel Finansialku kepada rekan-rekan Anda. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Napoleon Hill. 1993. Think & Grow Rich. USA: Penguin
  • Hendrik Setiawan. 28 Juli 2009. Membentuk Imajinasi Menjadi Kenyataan. – https://goo.gl/SCxDzB

 

Sumber Gambar:

  • Think to Rich – https://goo.gl/Mbme6a
  • Dream Rich – https://goo.gl/UH8d9p

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang