Apa itu Prinsip 4D mengenai Kebebasan Keuangan? Anda harus tahu apabila Anda memiliki tujuan untuk bebas secara finansial. Berikut ini Finansialku akan membahasnya untuk Anda. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Kebebasan Keuangan – Siapa yang Tidak Mau?

Kebebasan keuangan atau financial freedom merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi di telinga para entrepreneur atau pengusaha. Kebebasan keuangan merupakan tujuan yang biasanya akan ditempuh oleh mereka yang sudah terjun dalam dunia bisnis.

Tentu saja, kebebasan keuangan tidak ditentukan pada jumlah aset, tetapi bergantung bagaimana cara Anda mengelola agar terus berkembang dan terus dinikmati secara bebas. Kebebasan keuangan selalu berkaitan dengan pengembangan bisnis Anda.

Kali ini Finansialku akan membahas prinsip 4D dari pakar ekonomi yang bernama Brian Tracy untuk menentukan arah dan langkah menuju kebebasan keuangan yang sesungguhnya.

Prinsip 4D dari Brian Tracy Tentang Kebebasan Keuangan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Mencapai Finansial Freedom Dari Investasi Properti]

 

#1 Desire (Prinsip Keinginan)

Setiap hal harus dimulai dengan suatu keinginan yang timbul dalam diri, demikian juga kebebasan keuangan. Anda perlu menanamkan keinginan untuk mau meraih hidup yang bebas secara finansial.

Namun keinginan ini bukanlah menjadi satu keinginan yang sesaat saja. Diperlukan keinginan yang keras untuk mewujudkan kehidupan yang bebas secara finansial. Keinginan yang keras inilah yang akan menjadi modal utama bagi Anda untuk memulai perjalanan menuju puncak kebebasan finansial.

Namun demikian, dalam pendakian menuju kebebasan keuangan, keinginan kita akan gaya hidup konsumtif menjadi suatu lawan yang tidak bisa dianggap remeh. Tahukah Anda akan istilah, “musuh terbesar adalah diri kita sendiri.” Keinginan dan hawa nafsu kita cenderung menginginkan hal-hal yang cenderung dapat mengalihkan tujuan kita menuju hidup yang bebas secara finansial.

Dengan keinginan yang keras, kita perlu menyisihkan pikiran dan keinginan akan barang-barang yang bersifat konsumtif. Gaya hidup hedonisme dapat dikekang salah satunya dengan melakukan investasi.

Biaya yang biasanya digunakan untuk gaya hidup hedonisme dapat kita simpan untuk dana investasi. Namun, Anda disarankan untuk tetap selektif dalam menentukan jenis investasi yang tepat untuk Anda jalankan.

Prinsip 4D dari Brian Tracy Tentang Kebebasan Keuangan 03 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mendapatkan Financial Freedom saat Pensiun bagi Karyawan]

 

#2 Decision (Prinsip Keputusan)

Apa yang Anda putuskan hari ini mempengaruhi hidup Anda di kemudian hari. Demikian juga hari ini adalah hasil dari keputusan Anda di hari-hari sebelumnya. Bulatkan tekad untuk mewujudkan hidup yang bebas secara finansial.

Buat sebuah komitmen untuk berani membayar harga dengan kerja keras dan mengekang keinginan serta hawa nafsu hedonisme. Langkah berikutnya, Anda perlu membuat daftar target pencapaian secara terperinci beserta hal-hal yang harus Anda lakukan guna mencapai target-target tersebut.

Dengan menempel beberapa target Anda di bagian rumah yang gampang terlihat, dapat memotivasi Anda untuk terus mengejar target itu apabila Anda mengalami kelesuan di kemudian hari.

Prinsip 4D dari Brian Tracy Tentang Kebebasan Keuangan 04 - Finansialku

[Baca Juga: Begini Strategi Investasi yang Efektif untuk Mencapai Financial Freedom]

 

#3 Determination (Prinsip Keteguhan Hati)

Kita telah mempunyai keinginan dan keputusan dalam hidup, tahap selanjutnya adalah memastikan 2 prinsip awal tersebut akan tetap ada walau apapun yang terjadi. Di sinilah mengapa prinsip keteguhan hati sangat diperlukan.

Satu hal yang dapat dipastikan adalah kita akan menghadapi berbagai masalah, namun kita pun dapat memastikan kita dapat berhasil menghadapi dan melewatinya apabila kita memiliki keteguhan hati.

Jangan biarkan siapapun atau apapun menggoyahkan keteguhan hati kita untuk mencapai tujuan kebebasan finansial yang sudah kita putuskan sebelumnya. Yakinlah pada ketetapan hati bahwa Anda mampu bertahan hingga sukses itu tercapai.

Dengan segala konsekuensi tantangan, risiko dan hambatan yang akan dihadapi dalam perjalanan meraihnya. Jangan pernah pedulikan berapa ratus kali Anda terjatuh. Syarat seseorang bisa sukses adalah bangkit dan bangkit lagi setiap kali dia terjatuh.

 

#4 Discipline (Prinsip Disiplin)

Tidaklah mudah menghadapi berbagi tantangan menuju kehidupan yang bebas secara finansial. 3 prinsip diatas perlu diperlengkapi dengan prinsip yang ke-4, yaitu disiplin.

Akumulasi dari tindakan-tindakan kecil yang dilakukan secara terus-menerus disebabkan oleh pengembangan kedisiplinan diri untuk meraih kebebasan berfinansial:

“Kesempurnaan bukanlah suatu tindakan, namun pembiasaan.” – Aristoteles

 

Bangun lebih pagi, bekerja lebih cerdas dan berpikirlah lebih banyak. Pelajari hal-hal yang baru, kemudian ikuti perkembangan terbaru pada bidang industri yang Anda tekuni. Kuasai juga berbagai keterampilan baru, agar akselerasi pencapaian kebebasan finansial terwujud nyata.

Tahukah Anda mengenai konsep 80/20? Di dunia ini merupakan keseimbangan dari 2 hal berbeda dengan perbandingan 80% dan 20%. Sama halnya dengan persentase mereka yang berhasil dan gagal menuju kebebasan finansial, 80% akan gagal dan hanya 20% atau bahkan kurang dari itu yang akan berhasil.

Prinsip 4D dari Brian Tracy Tentang Kebebasan Keuangan 05 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Ini 6 Formula Menuju Kesejahteraan, Kebahagiaan dan Financial Freedom]

 

Bergabunglah dengan 20% orang yang sukses melalui kedisiplinan. Dengan terus tekun dan disiplin menjalankan sebuah pekerjaan atau tujuan, maka secara mental maupun skill, kita akan semakin matang dan siap. Mari jaga selalu prinsip disiplin jika kita ingin mendapatkan kebebasan finansial sejati.

 

Bukan Sekedar Teori Belaka

Demikian beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk pengembangan bisnis Anda agar Anda segera mencapai kebebasan keuangan yang diimpikan semua orang. Beberapa teori diatas hanya akan menjadi suatu teori apabila tidak diusahakan dan dipraktikkan.

Sesungguhnya, dasar dari setiap praktik hidup yang kita jalani adalah mengerti secara jelas akan teori yang mendasarinya. Demikian juga dalam mempraktikkan kehidupan menuju kebebasan keuangan. Terus lakukan prinsip-prinsip di atas yang dapat menjamin 100% akan keberhasilan Anda apabila Anda terus melakukannya.

 

Kebebasan keuangan merupakan mimpi setiap orang, termasuk Anda juga kan? Berikan komentar dan tanggapan Anda seputar kehidupan yang bebas secara finansial. Bagikan juga setiap artikel Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Maxmanroe. Gapai Kebebasan Finansial Dengan 4 Prinsip Dasar Berikut Ini. Maxmanroe.com – https://goo.gl/gA264l
  • Ahmadi Amrum. 14 Mei 2015. 4 Prinsip Kebebasan Finansial Menurut Brian Tracy. Kampungwirausaha.com – https://goo.gl/lwO8XU

 

Sumber Gambar:

  • Brian Tracy – https://goo.gl/lHhQms dan https://goo.gl/pJ9r6q
  • Brian Tracy Podium – https://goo.gl/qPno4K dan https://goo.gl/HXBLBz
  • Brian Tracy Teaching – https://goo.gl/mpLQ2c

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang