Bagaimana cara ibu rumah tangga mendapatkan financial freedom? Seorang ibu rumah tangga bertanggung jawab mengatur keuangan keluarganya dengan bijaksana agar tidak ada kebutuhan yang terbengkalai. Berikut 6 formula yang dapat dijalankan oleh ibu rumah tangga.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Bisakah Seorang Ibu Rumah Tangga Mencapai Financial Freedom?

Kebanyakan ibu rumah tangga sibuk mengurus keluarga dan tidak bekerja, karena tidak memiliki gaji. Banyak ibu rumah tangga yang menganggap tidak perlu mencapai financial freedom atau kebebasan keuangan. Anggapan itu sebenarnya kurang tepat, karena financial freedom sebenarnya bisa didapatkan oleh siapa saja, termasuk Anda para ibu rumah tangga.

Setiap orang tentu berharap memiliki uang lebih banyak, tetapi hanya sebagian dari kita yang dapat mencapai financial freedom. Mencapai financial freedom tidak ditentukan oleh status Anda, baik pekerja maupun ibu rumah tangga, semua bisa menuju financial freedom. Itu semua tergantung pada kesiapan Anda, apakah Anda siap untuk mencapainya? Berikut cara

moms-ini-6-formula-untuk-sejahtera-bahagia-dan-bisa-financial-freedom-finansialku

[Baca Juga : 10 Pekerjaan Sampingan yang Menghasilkan untuk Ibu Rumah Tangga, Mompreneur]

 

#1 Mulai Berpikir Positif tentang Uang

Langkah awal untuk menuju kesejahteraan keuangan adalah dengan berpikir positif tentang uang. Anda harus menghilangkan anggapan bahwa uang adalah hal mengerikan yang dapat menguasai dan mengubah Anda secara negatif. Berhenti juga berpikir bahwa uang tidak bisa membeli kebahagiaan, kenyataannya uang bisa membeli kebahagiaan, itu semua tergantung cara Anda mengendalikan dan menggunakan uang Anda.

Berpikir positif terhadap uang dapat membuka pikiran Anda terhadap peluang-peluang yang sebenarnya terbuka untuk Anda untuk menuju financial freedom.

 

#2 Tuliskan Target Utama Anda dalam Mencapai Financial Freedom

Tentukan target keuangan Anda. Tuliskan dan evaluasi ulang target Anda di selembar kertas dan pikirkan bagaimana cara mencapai target itu. Anda hanya perlu meluangkan waktu sekitar 5 sampai 10 menit di sela kesibukan Anda mengurus keluarga untuk memikirkan cara-cara tersebut. Baca ulang target-target itu dan pikirkan cara untuk mencapainya setiap hari, dengan begitu akan semakin besar peluang untuk mencapai target keuangan Anda.

Membuat Tujuan Keuangan yang SMART (benar-benar SMART) - Specific -Perencana Keuangan Independen Finansialku

[ Baca Juga : Membuat Tujuan Keuangan yang SMART ]

 

#3 Buatlah Rencana Secara Berkala

Rencanakan apa yang akan Anda beli atau harus bayar setiap hari, minggu dan bulan. Waktu terbaik untuk membuat daftar rencana adalah pada malam hari. Susunlah daftar rencana Anda, berapa uang yang akan Anda habiskan setiap hari, minggu dan bulan. Jangan lupa untuk membuat rencana berapa jumlah uang yang dapat Anda tabung. Hal ini  akan membuat Anda semakin yakin dan fokus mengenai kemana Anda harus mengeluarkan uang Anda.

Jika Anda membuat daftar rencana dan mengevaluasinya setiap hari, Anda juga akan lebih mengenal kebiasaan-kebiasaan Anda dalam menggunakan uang. Biasanya yang terjadi adalah ibu rumah tangga tidak menyadari kemana uangnya habis, uang terasa tiba-tiba hilang begitu saja. Mengevaluasi rencana keuangan tersebut akan memudahkan Anda untuk mengendalikan pengeluaran.

 

 #4 Berkonsentrasilah pada Tujuan Anda

Biasakan diri untuk berkonsentrasi pada satu tujuan, jangan mudah terbuyar oleh banyak hal yang ada di sekitar Anda. Ibu rumah tangga umumnya sangat mudah dipengaruhi oleh iklan, ajakan teman, atau bahkan media sosial. Faktor-faktor luar itu biasanya membuat Anda tidak fokus pada rencana yang sudah Anda buat sebelumnya. Dana yang tadinya sudah Anda alokasikan dengan bijak menjadi terbuang untuk membeli barang sekunder yang belum tentu Anda butuhkan hanya karena diajak teman.

 

Ketika Anda berkonsentrasi kepada tujuan keuangan yang telah Anda rencanakan, dengan sendirinya Anda akan melakukan hal-hal yang mendukung Anda untuk mencapai tujuan tersebut.

Ibu Rumah Tangga Butuh Konsultasi Perencanaan Keuangan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga :Ibu Rumah Tangga Butuh Konsultasi Perencanaan Keuangan]

 

#5 Berinvestasilah pada Diri Anda Sendiri

Anda suka berkendara dengan mobil? Jika ya, dengarkan radio dengan siaran yang bermanfaat. Mobil yang hanya digunakan untuk berkendara dapat diubah menjadi universitas berjalan. Rata-rata setiap orang menghabiskan 500 sampai 1.000 jam per tahun di dalam mobil. Tanpa Anda sadari, mendengarkan siaran yang bermanfaat di waktu senggang Anda di dalam mobil dapat menambah pengetahuan Anda.

Jangan sungkan untuk mengikuti kursus mengenai manajemen keuangan, bacalah buku-buku mengenai personal finance, dan cari artikel online tentang keuangan. Pengetahuan tersebut akan sangat bermanfaat bagi Anda terutama untuk membantu mencapai financial freedom.

 

#6 Tanyakan Pertanyaan Ajaib ini pada Diri Anda

Tanyakan 2 pertanyaan ini pada setiap Anda membuat keputusan yang berkaitan dengan keuangan. Pertanyaan pertama adalah “Apa yang sudah saya lakukan dengan benar?” dan pertanyaan kedua adalah “Apa yang akan saya lakukan dengan cara yang berbeda lain kali?”.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Bisnis Online Buat Ibu Rumah Tangga Lebih Produktif]

 

Meninjau kembali performa Anda dalam keuangan akan meningkatkan kemampuan Anda dalam mengontrol uang lebih cepat dari yang bisa Anda bayangkan. Jawaban dari kedua pertanyaan tersebut akan memberi dampak positif bagi Anda. Meninjau apa yang Anda lakukan dengan benar dan apa yang akan Anda lakukan dengan berbeda lain kali akan memicu pikiran Anda untuk melakukannya dengan lebih baik pada kesempatan berikutnya.

Segera tuliskan jawaban dari kedua pertanyaan itu di selembar kertas setiap Anda mengambil sebuah keputusan keuangan, tanpa Anda sadari perkembangan Anda akan melaju dengan pesat.

 

Kendalikan uang Anda untuk Mencapai Financial Freedom

Seorang ibu rumah tangga harus mampu memegang kendali penuh terhadap keuangannya agar tidak ada kebutuhan yang terbengkalai. Sebesar apapun penghasilan suami Anda, tidak akan pernah mencukupi kebutuhan Anda jika Anda tidak mampu mengendalikannya dengan baik. Membuka diri terhadap pengetahuan tentang manajemen keuangan akan sangat bermanfaat bagi Anda. Buatlah rencana keuangan yang jelas dan berkonsentrasilah untuk memenuhi rencana tersebut agar semakin mudah bagi Anda mencapai financial freedom.

 

Apa saja kesulitan yang Anda temui untuk mencapai financial freedom? Silahkan tinggalkan komentar dan partanyaan  Anda, perencana keuangan kami akan segera menjawabnya. Terima kasih.

 

Referensi :

  • Brian Tracy. 7 Point Formula For Wealth, Happiness, And Financial Freedom. https://goo.gl/V9QiuA

 

Sumber Gambar

  • Mom Kiss Kids – https://goo.gl/zxbfQf

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang