Seberapa meningkatkah harga sapi dan kambing menjelang Idul Adha ini? Lalu, bagaimana cara menabung untuk kurban, ya?

Yuk, ikuti ulasan lengkapnya dalam artikel Finansialku kali ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Harga Sapi Kurban Naik? Seberapa Besar ya?

Harga sapi dan harga kambing akan mengalami kenaikan drastis jika sudah mendekati perayaan Hari Raya Kurban setiap tahunnya. Kenaikan harga hewan kurban ini bisa sampai dua hingga tiga kali lipat dari biasanya.

Momen ini banyak dimanfaatkan para peternak untuk mendulang rezeki. Para penjual ini menjual secara langsung dengan variasi harga dan cara promosi.  Pembeli dapat mendapatkannya dengan menyesuaikan kantong mereka.

 

7 Tips Membeli Hewan Kurban Saat Kantong Makin Tipis

Berkurban merupakan kewajiban dalam ajaran agama Islam bagi yang mampu. Dengan melaksanakan berkurban ini, Anda sama dengan berbagi rezeki dengan sesamanya.

Namun, apa jadinya jika niat berkurban sudah ada namun harga sapi kurban maupun kambing kurban melonjak naik dan Anda dalam kondisi kantong kering.

Berikut adalah 7 tips membeli hewan kurban saat dana Anda makin menipis. Beberapa tips ini bisa Anda lakukan jauh-jauh hari sebelumnya.

 

#1 Niat dan Menjadikannya Sebagai Tujuan Keuangan

Niat adalah dasar dari semua perbuatan yang akan dilakukan. Jika Anda sudah berniat untuk berkurban tahun depan maka jadikan niat tersebut sebagai salah satu tujuan keuangan Anda dan prioritaskan pos keuangan khusus untuk pembelian kurban.

Prioritas untuk menjadikan kurban adalah pengeluaran yang utama akan menjadikannya bisa terealisasi. Upayakan untuk tidak mengganti prioritas ini dengan lainnya di tengah-tengah waktu saat menabung.

Harga Sapi Kurban Naik, Gimana Belinya Kalau Kantong Makin Tipis 01 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Tips Mengatur Keuangan Agar Dapat Berkurban Tiap Tahun]

 

#2 Tabungan Kurban

Lakukan tabungan kurban mandiri lewat celengan di rumah atau melalui bank. Perkirakan kenaikan harga hewan yang naik sekitar 15% saat mendekati hari raya Idul Adha.

Sisihkan sekitar Rp 2 juta-an selama setahun untuk pembelian kambing dan tabungan sekitar Rp 15 juta-an untuk membeli sapi kurban. Langkah ini akan sangat membantu Anda dalam melaksanakan niat kurban.

 

 

#3 Menggunakan Reksa Dana Pasar Uang Syariah

Dengan menggunakan reksa dana pasar uang yang syariah dana kurban Anda akan terjamin dan dapat dicairkan kapan saja. Potensi imbal hasilnya pun lebih kompetitif ketimbang deposito atau simpanan lainnya dan pastinya halal.

 

#4 Memanfaatkan THR dan Bonus Tahunan Dari Tempat Bekerja

Bagi Anda yang kesulitan dalam menyisihkan uang tiap bulan untuk tabungan kurban, maka pilihan ini bisa Anda gunakan yaitu mengambil dana secara keseluruhan atau dengan persentase lebih tinggi dari THR atau bonus tahunan di kantor untuk disisihkan berniat kurban.

 

#5 Membeli Sapi atau Kambing Saat Harga Masih Normal

Cara membeli sapi dan kambing saat harga masih normal dan memeliharanya sampai kelak dikurbankan adalah cara jitu bagi Anda yang memiliki kantong tipis tapi niat berkurban.

Anda bisa memelihara sapi dan kambing tersebut sampai jangka waktu penyembelihan dengan syarat yang telah ditentukan.

Harga Sapi Kurban Naik, Gimana Belinya Kalau Kantong Makin Tipis 02 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Takut! 7 Tips Makan Daging Saat Idul Adha Supaya Tetap Sehat]

 

#6 Membeli Kambing Jawa Randu

Memilih membeli harga kambing kurban dengan harga bersahabat dan hewan yang akan dibeli sudah sesuai syarat untuk penyembelihan sebagai hewan yang dibuat kurban.

Jenis yang direkomendasikan adalah kambing Jawa Randu dengan harga di bawah 4 jutaan rupiah.

 

#7 Membeli Sapi Middle Low

Harga dari sapi jelas lebih mahal dari kambing terlebih jika musim berkurban, Anda bisa memilih sapi kurban sesuai budget yang Anda miliki agar tidak membebani niat berkurban Anda yaitu sapi jenis Middle Low, seperti sapi Kupang atau Bali.

 

Semangat Menabung Buat Beli Hewan Kurban

Jika harga sapi dan kambing melonjak tinggi, jangan surutkan niat berkurban berapa pun harga dan rupiah yang harus Anda keluarkan. Jangan pernah menjadikan surut niat dalam berkurban.

Selain bertujuan untuk meningkatkan nilai religius diri juga sangat bermanfaat bagi kaum dhuafa atau masyarakat lainnya dalam memenuhi kebutuhan protein hewani.

Harga Sapi Kurban Naik, Gimana Belinya Kalau Kantong Makin Tipis 03 - Finansialku

[Baca Juga: Ini 7 Daftar Bisnis Idul Adha yang Enggak Kepikiran Sebelumnya!]

 

Jika Anda masih bingung untuk mengatur dana kurban, konsultasikanlah dengan ahli keuangan agar mendapat rekomendasi yang tepat sesuai dengan keuangan Anda.

Terhubunglah dengan Perencana Keuangan Finansialku melalui fitur Konsultasi Keuangan di Aplikasi Finansialku.

Finansialku adalah aplikasi perencana keuangan pertama di Indonesia yang tercatat dan diawasi OJK. Download sekarang untuk segera mewujukan niat Anda untuk berkurban.

playstore icon
appstore icon

 

Berbagi itu indah, dengan hati yang lapang dan niat yang tulus ikhlas tentunya. Jadi, bagikan artikel penting ini pada teman-teman yang juga mau berkurban ya, terima kasih.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Sumber Referensi:

  • Sapibagus. 03 Februari 2020. Harga Jual Sapi dan Kambing Qurban Jakarta dan Sekitarnya 2020. Sapibagus.com – https://bit.ly/3jpnuMN
  • Herdi Alif Al Hikam. 03 Agustus 2019. Mau Beli Hewan Kurban Tapi Kantong Tipis? Ada yang Murah Nih. Finance.detik.com – https://bit.ly/30uELMc
  • Arthur Gideon. 10 Agustus 2019. Ingin Menabung Buat Beli Hewan Kurban? Ini Hitungannya. Liputan6.com – https://bit.ly/30xb1hB

 

Sumber Gambar:

  • Sapi Kurban 1 – https://bit.ly/3fO2w8j
  • Sapi Kurban 2 – https://bit.ly/3jtvsob
  • Sapi Kurban 3 – https://bit.ly/2E8oNQp