Mau tahu rahasia hemat buat milenial ala Finansialku yang bisa kamu terapkan dan menambah jumlah tabungan investasi masa depanmu? Ini dia!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Cara Hemat Buat Milenial

 

Pernah enggak, sih, sobat Finansialku merasa kalau uang gaji bulanan cuma sekadar lewat di ATM aja?

Pernah dengar istilah uang tak kasat mata?

Abis gajian di awal bulan, kita kudu bayar banyak tagihan dan cicilan!

Dari tagihan listrik, pulsa telepon, internet, tagihan kartu kredit dan segudang tagihan cicilan lainnya yang menghantui setiap awal bulan!

Alhasil, sisa duit di ATM kudu dihemat sedemikian rupa supaya cukup sampai akhir bulan!

Duh! ngenes banget, ya!

Kalau tiap bulan begini terus, kapan ngumpulin duitnya, dong? Padahal, sobat Finansialku punya segudang mimpi yang harus direalisasikan!

Mau tahu gimana caranya supaya uang di ATM enggak cuma numpang lewat doang?

Finansialku punya rahasia menghemat biaya sehari-hari supaya meski tagihan menumpuk tapi kamu bisa nabung buat tujuan keuangan masa depanmu, lho! Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

 

Cara Hemat Buat Milenial #1 Potong Biaya Rokok

Sobat Finansialku tentu sudah tahu bahaya merokok, kan? Tahu enggak, sih, selain membakar paru-paru, rokok juga bisa membakar kantong, lho!

Coba, deh, untuk mengurangi atau menghentikan kebiasaan merokok! Karena, bukan hanya menguntungkan bagi kesehatan organ tubuhmu, tetapi juga kesehatan finansial kamu, lho!

Enggak percaya?

Cara Berhenti Merokok 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Perlu Perusahaan Memberikan Ilmu Dasar Perencanaan Keuangan Pribadi untuk Karyawannya?]

 

Kita hitung, bareng-bareng, deh! Misalnya, dalam sehari kamu merokok 2 batang (@Rp2.000), maka dalam satu bulan kamu dapat menghemat biaya sebesar Rp120.000 (Rp4000 x 30 hari). Artinya, dalam satu tahun kamu dapat mengumpulkan Rp1.440.000.

Dengan uang sebesar itu, kamu bisa menambah jumlah tabunganmu atau menabung portofolio investasi, lho!

Selain sehat, mengurangi risiko masuk rumah sakit dan berobat, kamu juga bisa menambah tabungan dan menciptakan masa depan finansial yang lebih baik, lho!

Bicara soal investasi, ngomong-ngomong sobat Finansialku sudah tahu cara mengawali investasi?

Kalau belum, sobat Finansialku bisa mengunduh secara gratis panduan berinvestasi untuk pemula dari Finansialku melalui tautan di bawah ini, ya!

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

Cara Hemat Buat Milenial #2 Potong Biaya Administrasi Bank

Sadar atau tidak, jika sobat Finansialku memiliki tabungan di beberapa bank swasta, kamu akan mendapatkan potongan biaya administrasi yang melebihi dari bunga bank setahunnya.

Ada beberapa bank swasta mengenakan biaya administrasi lebih dari Rp10.000 setiap bulannya, meski sobat Finansialku mendapatkan berbagai fasilitas dari bank yang bersangkutan.

Sebenarnya, sobat Finansialku bisa menghemat biaya administrasi dengan memiliki program tabungan yang tidak memotong biaya administrasi terlalu tinggi.

Beberapa Bank dengan Bunga Deposito Tertinggi Pekan Ini 01

[Baca Juga: Tak Ada Kesuksesan yang Instan dan Mudah, Yuk, Ketahui 5 Hal Untuk Meraih Kesuksesan!]

 

Misalnya, sobat Finansialku bisa memilih program Tabunganku yang merupakan program dari pemerintah, Meski fasilitas yang ditawarkan tidak terlalu banyak. Seperti maksimal transaksi penarikan yang dibatasi.

 

#3 Cabut Langganan TV Kabel

Dengan berkembangnya teknologi internet, kita dimudahkan untuk mengakses semua hal.

Seperti munculnya platform penyedia layanan hiburan berbayar. Melalui platform ini, kita dimungkinkan untuk menonton video secara mudah selama kita punya akses internet dan langganan.

Hal ini sebenarnya harus sobat Finansialku pertimbangkan untuk menghentikan langganan TV kabel yang sepertinya sudah bisa ditinggalkan, nih!

Ditambah lagi, dengan kesibukan yang menumpuk setiap hari dan membuat kita jarang ada di rumah, membuat kita jarang menikmati fasilitas TV kabel.

Lagipula, sebenarnya kita sudah bisa menonton siaran kesukaan melalui ponsel pintar kita di mana saja dan kapan saja, kan?

Dengan menghentikan langganan TV kabel, anggarannya bisa kita alokasikan untuk berbagai pos lainnya yang tingkat urgensinya lebih tinggi!

 

Cara Hemat Buat Milenial #4 Bandingkan Harga

Berbeda dengan beberapa dekade ke belakang, kita sekarang dihadapkan pada zaman di mana kita bisa mendapatkan satu hal dari beberapa sumber.

Sama halnya dengan belanja. Untuk mendapatkan satu barang atau kebutuhan, kita bisa mendapatkannya dari beberapa toko baik secara daring ataupun langsung.

Komik Kiat Jitu Hemat Ala Milenial 05 - Finansialku

[Baca Juga: Kata-kata Bijak Robert Louis Stevenson: Simpan Ketakutan Anda Pada Diri Anda Sendiri]

 

Nah, kemudahan ini bisa sobat Finansialku manfaatkan untuk membandingkan harga barang tersebut dari beberapa toko!

Dengan membandingkan harga dan juga kualitas, kita bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah dengan kualitas barang yang sama!

 

#5 Bawa Bekal Ke Kantor

Buat sobat Finansialku yang menghabiskan waktu seharian di kantor, makan siang tentu bisa jadi salah satu pengeluaran yang cukup besar, dengan perhitungan satu kali makan membutuhkan anggaran minimal Rp15.000!

Bayangkan jika kita bisa menghemat setidaknya Rp10.000-Rp15.000 sehari, dalam satu tahun setidaknya terkumpul total Rp3.600.000! Uang ini bisa kita alokasikan untuk ditabung atau untuk dimasukkan ke dana darurat, kan?

Untuk itu, membawa bekal dari rumah bisa jadi salah satu strategi untuk menekan pengeluaran kita. Meski butuh sedikit perjuangan untuk menyiapkan makanan sebelum berangkat kerja, kita bisa mengatur sendiri bekal sehari-hari dengan makanan kesukaan kita, kan?

 

#6 Pangkas Biaya Ngopi di Kafe

Hari gini, hampir semua milenial enggak bisa hidup tanpa kopi! Setidaknya, dalam satu hari, harus ada satu gelas kopi yang harus diminum! Setuju?

Ngopi bisa jadi kebiasaan yang mencekik kantong kita, lho!

Enggak percaya? Kita hitung bersama-sama!

Misalnya dalam sehari sobat Finansialku mengeluarkan Rp30.000 hanya untuk membeli kopi, maka dalam sebulan sobat Finansialku sudah mengeluarkan biaya sebesar Rp900.000 hanya untuk ngopi.

Jika kebiasaan ini bisa dikurangi, tabungan sobat Finansialku pasti bisa semakin menggelembung, bukan?

 

#7 Cek Penggunaan Listrik & Air

Tips yang terakhir, cobalah untuk sesekali mengecek penggunaan listrik di rumah. Kadang, secara tidak sadar kita menghabiskan listrik untuk hal-hal yang tidak penting.

Misalnya, lampu kamar yang seharian menyala atau lampu kamar mandi yang lupa dimatikan! Atau terminal listrik yang terus menyala walaupun tidak ada pemakaian.

Padahal, kabel yang terus menerus dicolok ke sumber listrik cenderung menyedot lebih banyak penggunaan listrik, lho! Waduh! Gawat banget, kan?

Maka dari itu, usahakan untuk memastikan kabel TV termasuk AC dan alat elektronik yang ada di rumah berada dalam keadaan tidak tercolok ketika sobat Finansialku tidak menggunakan atau menyalakannya.

Selain penggunaan listrik, sobat Finansialku juga bisa menghemat biaya penggunaan air dengan mematikan kran setelah digunakan!

Jangan lupa juga untuk terus memastikan kran wastafel tertutup rapat dan tidak meneteskan air terus menerus, ya!

 

Itu dia tujuh tips yang bisa dicontek untuk menghemat pengeluaran kita! Apakah sobat Finansialku punya ide lain untuk menghemat biaya sehari-hari?

Berikan ide, tanggapan dan pendapat sobat Finansialku pada kolom komentar yang tersedia di bawah ini, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Lynda Hasibuan. 24 Juli 2018. 10 Cara Super Buat Hemat Uang Setiap Hari. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/2SDgNui
  • Walter P. Hemat! Ikut 7 Cara Menghemat Pengeluaran Bulanan Ini. Koinworks.com- https://bit.ly/2UD9V2p
  • The Asian Parent Indonesia. 22 Cara Menghemat Uang Belanja Keluarga Yang Perlu Anda Coba. Theasianparent.com – https://bit.ly/31GdE0B
  • Money Smart. 29 Januari 2019. 7 Cara Menghemat Uang dalam Keseharian yang Sering Disepelekan. Moneysmart.id – https://bit.ly/2Sb5n1J

 

Sumber Gambar:

  • Pic 01 – http://bit.ly/2PuS0HQ