Kata siapa hobi memelihara tanaman hias bikin kantong terkuras? Tak akan terjadi kok kalau kamu pintar dalam mengatur keuangan.

Sah-sah saja memiliki hobi, termasuk hobi memelihara tanaman hias. Tapi jangan sampai hobi mengganggu keuanganmu.

Kuncinya adalah dengan pintar-pintar mengatur keuangan. Seperti apa caranya? Simak penjelasan lengkapnya di sini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Punya Hobi Mahal? Atur Keuangan Dulu, Yuk!

Hobi menjadi salah satu kegiatan mengasyikkan yang dibutuhkan oleh setiap orang. Dengan hobi, kamu dapat lebih menikmati hidup! Siapa sih yang menolak untuk melakukan kegiatan yang ia sukai?

Selain menyenangkan, hobi juga dapat menghilangkan stres bahkan menghasilkan uang, lho! Nah, jadi sebetulnya tak ada yang salah jika kamu memiliki hobi. Bahkan hobi yang “mahal” sekalipun.

Berbahagialah kamu jika kamu memiliki hobi yang tidak harus mengeluarkan uang banyak. Tetapi untuk kamu yang memiliki hobi dengan biaya yang cukup “mahal” seperti hobi memelihara tanaman hias, maka kamu harus berhati-hati.

Jangan sampai gara-gara hobi, keuanganmu jadi kacau. Tenang, kali ini Finansialku akan memberi tahu kamu cara mengatur keuangan yang tepat agar hobi “mahal” sekalipun dapat kamu lakukan.

 

Cara Mengatur Keuangan Untuk Hobi Tanaman Hias

Tanaman hias memiliki harga yang cukup tinggi dibandingkan dengan tanaman-tanaman lainnya. Sehingga apabila kamu senang mengoleksi dan memelihara tanaman yang satu ini, maka kamu harus pintar-pintar mengatur keuangan.

Nah, sebelum kamu menjalankan hobi ini, perhatikan dulu hal-hal penting berikut supaya keuanganmu tetap aman.

 

#1 Menyusun Anggaran Bulanan

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menyusun anggaran bulanan. Kamu harus memisahkan dana untuk kebutuhan pokok terlebih dahulu sebagai dana prioritas.

Setelah itu, barulah kamu dapat mengalokasikan sebagian dana untuk anggaran hobi. Karena hobi merupakan bagian dari konsumsi, maka pastikan bahwa persentase konsumsimu tidak melebihi 70%.

Dengan demikian, kamu dapat mengontrol keuanganmu dengan lebih baik.

Hobi Memelihara Tanaman Hias Atur Keuanganmu Seperti Ini 01 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik Di Indonesia]

 

Apabila kamu mengalami kesulitan dalam membuat anggaran, aplikasi Finansialku siap membantu! Finansialku adalah aplikasi perencana keuangan pertama di Indonesia yang tercatat dan diawasi OJK.

Kamu juga bisa berkonsultasi dengan ahli keuangan untuk mendapat rekomendasi yang tepat untuk hobi kamu dalam aplikasi ini.

Kamu dapat mengunduh aplikasi tersebut secara gratis dan mulai menyusun anggaran bulanan dengan mudah. Dapatkan pula potongan Rp 50 ribu dengan kode CUAN50 untuk upgrade aplikasi ke premium. Download sekarang, ya!

playstore icon
appstore icon

 

#2 Berburu Diskon dan Promo

Kini, begitu banyak e-commerce yang menawarkan keuntungan berupa diskon atau promo. Manfaatkan hal tersebut untuk meminimalisasi pengeluaranmu dalam memenuhi kebutuhan hobi.

Dengan diskon dan promo, kamu dapat menghemat biaya belanja barang perlengkapan hobi dan keuanganmu pun dapat terselamatkan!

Cara Atur Keuangan Bagi Kamu yang Hobi Pelihara Ikan Hias!

[Baca Juga: Cara Atur Keuangan Bagi Kamu yang Hobi Pelihara Ikan Hias!]

 

#3 Utamakan Harga Terjangkau dengan Kualitas yang Baik

Kata orang, ada harga ada barang. Semakin mahal suatu barang maka semakin baik pula kualitasnya, begitupun sebaliknya.

Namun pada kenyataannya, barang yang mahal belum tentu memiliki kualitas yang baik. Untuk itu, kamu harus jeli dalam memilih barang yang kualitasnya baik namun harganya tetap terjangkau.

Mahal dan murah memang relatif maka poinnya adalah jangan pernah memaksakan diri untuk membeli barang yang harganya di luar kemampuan finansialmu. Apalagi jika barang tersebut merupakan kebutuhan hobi semata.

 

#4 Membatasi Informasi Seputar Hobi

Selalu ada saja barang-barang baru seputar hobi yang akan menarik perhatianmu. Sehingga akan lebih baik jika kamu membatasi informasi tersebut.

Membatasi informasi di sini bukan berarti kamu tidak boleh membaca atau mencari tahu. Kamu boleh-boleh saja menambah informasi seputar hobimu tetapi kamu harus mengontrol diri.

Jika kamu tidak pandai mengontrol diri, maka bisa saja kamu jadi membeli barang-barang yang sebetulnya tidak kamu perlukan. Jadi, jangan mudah terpengaruh oleh iklan-iklan seputar hobi yang kamu lihat.

Hobi Memelihara Tanaman Hias Atur Keuanganmu Seperti Ini 03 - Finansialku

[Baca Juga: 10+ Tanaman Indoor yang Cocok Dipasang Di Rumah]

 

#5 Menghindari Gaya Hidup Konsumtif

Ingatlah bahwa untuk bertahan hidup, kamu harus mampu memenuhi kebutuhan pokokmu terlebih dahulu. Prioritas belanjamu adalah untuk kebutuhan sandang, pangan, dan papan.

Jika kamu memiliki dana lebih, barulah kamu bisa memenuhi kebutuhan lain seperti kebutuhan hobi. Tapi, bukan berarti kamu tidak boleh membeli berdasarkan keinginan.

Kamu boleh membeli barang yang kamu inginkan sesekali sebagai reward dari kerja kerasmu mendapatkan uang. Ingat, hanya sesekali saja.

Prioritasikan kebutuhan pokok terlebih dahulu, maka kesempatan untuk menghamburkan uang pun menjadi lebih sedikit.

 

#6 Masuk ke Dalam Komunitas Hobi yang Tepat

Jika kamu masuk ke dalam sebuah komunitas maka pola pikir, perilaku, bahkan cara mengelola keuanganmu dapat terpengaruh. Salah-salah memilih komunitas, keuangan kamu justru semakin terancam.

Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan bergabung dalam komunitas hobi. Justru kamu dapat mendapatkan banyak pengetahuan dengan bertukar informasi satu sama lain.

Namun pastikan bahwa komunitas hobi yang kamu ikuti memiliki pola pikir dan perilaku yang tepat dalam hal keuangan.

Hobi Memelihara Tanaman Hias Atur Keuanganmu Seperti Ini 04 - Finansialku

[Baca Juga: Melihat Peluang dan Analisis Bisnis Tanaman Hidroponik Dengan Untung Rp50 Juta Tiap Bulan]

 

#7 Mencetak Keuntungan dari Hobi

Sambil menyelam minum air. Apa salahnya jika kegiatan menyenangkan seperti hobi ditekuni hingga akhirnya menghasilkan uang! Jika kamu memiliki hobi memelihara tanaman hias, cobalah untuk tidak terus-menerus membeli tanaman.

Ubahlah fokusmu kepada pengelolaan tanaman hias tersebut dengan memahami cara mendapatkan bibit yang unggul, cara menanamnya, merawatnya, hingga menghasilkan tanaman hias yang bernilai tinggi.

Setelah itu, kamu bisa menjual tanaman-tanaman tersebut kepada penggemar tanaman hias lainnya. Asyik, kan? Kamu mengerjakannya dengan senang dan tentunya menghasilkan sesuatu yang menguntungkan!

Simak video ini untuk mengetahui tipsnya.

 

Kantong Aman, Hobi Tetap Jalan

Setelah mengetahui cara mengatur keuangan yang baik, kini kamu dapat mengatur anggaran untuk hobimu. Jangan khawatir, hobi tetap bisa dilakukan asal kamu tahu prioritas kebutuhan.

Lakukan hobi untuk menghilangkan stres, bukan malah menambah stress karena harus mengeluarkan banyak uang. Maka dari itu, cerdaslah dalam mengelola keuanganmu dan manfaatkan hobimu untuk mendapatkan keuntungan lebih!

Jika kamu membutuhkan asisten keuangan, Finansialku siap membantu.

 

Sudahkah kamu mengatur anggaran dengan tepat? Yuk, ceritakan pengalaman pribadimu tentang cara mengatur anggaran hobi kepada pembaca lainnya di kolom komentar.

Jangan lupa bagikan artikel ini juga ya jika bermanfaat!

 

GRATISSS Download!!! Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Sumber Gambar:

  • Hobi 1 – https://bit.ly/31TWf6L
  • Hobi 2 – https://bit.ly/2OzA7qt
  • Hobi 3 – https://bit.ly/2WvBA5x
  • Hobi 4 – https://bit.ly/3h7Lwdf