Anda sedang cari ide usaha rumahan? Dipikir-pikir, banyak juga lho ide usaha rumahan yang menjanjikan.

Mau tahu apa saja itu? Yuk, simak artikel berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Bingung Ide Usaha Rumahan Kekinian? Check This Out!

Menjadi wirausahawan menjadi tren masa kini. Tak jarang Anda mendapati banyak bisnis sukses yang dijalankan dari rumah.

Bisa jadi, Anda tergoda untuk resign dari pekerjaan yang sekarang, lalu berencana merintis bisnis rumahan. Padahal, sukses tergantung kesungguhan Anda.

Semakin maraknya usaha rumahan, Anda tentunya harus kreatif. Dengan mempunyai ciri khas tersendiri, kemungkinan sukses Anda akan semakin besar.

Tapi, apa ya yang kira-kira ide usaha rumahan yang tepat? Berikut ini referensi ide bisnis rumahan kekinian yang bisa Anda buat:

 

#1 Makanan Sehat

Siapa bilang yang sehat itu biasanya tidak enak? Belakangan ini, media sosial marak dengan foto-foto eye-catching makanan sehat. Tampak menarik dan menggiurkan.

Menelusuri Peluang Usaha Bisnis Makanan Sehat yang Bisa Menguntungkan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Menelusuri Peluang Usaha Bisnis Makanan Sehat yang Bisa Menguntungkan]

 

Selain itu, pola hidup sehat mulai dijalankan oleh para influencer di seluruh dunia. Hal ini bisa menjadi peluang Anda untuk membuka bisnis rumahan, lho.

Membuka katering makanan sehat bisa menjadi ide yang menjanjikan.

Katering seperti ini biasanya menggunakan bahan-bahan pilihan yang sehat dan penuh nutrisi serta mengincar konsumen yang juga mengutamakan kesehatannya daripada mayoritas orang lainnya (Nutrition-conscious Customers).

Contohnya, katering atau restoran yang menawarkan menu rendah lemak untuk mereka yang sedang berdiet. Atau, menu makanan organik yang bisa membuat tubuh lebih sehat.

 

#2 Ayam Geprek

Bisnis olahan daging ayam bisa cukup menguntungkan. Contohnya saja, ayam geprek. Sepertinya di setiap jalan ada saja yang menjual ayam geprek.

Kombinasi daging ayam yang lembut dengan baluran tepung yang crunchy dengan rasa sambal yang khas membuat para pecinta kuliner pedas kian menikmati jenis makanan satu ini. Tak ayal lagi, ayam geprek menjadi favorit.

 

#3 Usaha Laundry

Memiliki usaha laundry memang memberikan untung yang lumayan. Apalagi, jika tempatnya strategis. Misal, di dekat kampus atau area kost-kostan dan apartemen.

Namun umumnya dibutuhkan modal yang cukup besar dalam mengelola usaha laundry, sehingga Anda perlu mempertimbangkan baik-baik pendanaannya.

Anda membutuhkan mesin cuci yang banyak, dryer, setrika (atau setrika uap), hingga tenaga kerja yang bisa menyetrika pakaian (mengingat belum ada mesin setrika yang beredar umum).

 

#4 Boba Milk Tea

Minuman kekinian semacam boba milk tea memang banyak dicari kaum milenial. Minuman ini memiliki ciri khas bola-bola tapioka dengan harumnya brown sugar.

Bisnis ini bisa meraup keuntungan besar, lho! Pasalnya, Indonesia sedang dilanda demam minuman boba ini.

 

#5 Jasa Kecantikan: MUA, Sulam Alis, Dll

Kaum hawa selalu ingin terlihat cantik. Jika membuka bisnis jasa kecantikan seperti MUA misalnya, pasti banyak dicari.

Namun, bisnis ini membutuhkan skill. Jadi, untuk Anda yang berminat memiliki jasa kecantikan, Anda perlu belajar dulu.

Asahlah skill dan pengetahuan Anda mengenai make up dengan mengikuti berbagai kursus dan pelatihan kecantikan. Atau, Anda pun bisa belajar secara otodidak. Media seperti Youtube bisa menjadi tempat belajar Anda.

 

#6 Penyewaan Alat Fotografi, Video dan Sebagainya

Banyak orang yang tertarik dengan fotografi. Baik itu di belakang lensa sebagai fotografer/videografer atau di depan lensa sebagai model. Sayangnya, keterbatasan alat menjadi kendalanya.

Kamera Termahal Di Dunia 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cinta Fotografi? Ketahui Situs Menjual Foto dengan Harga Tinggi]

 

Nah, Anda bisa merintis usaha penyewaan alat fotografi, video, dsb. Pasalnya, alat-alat tersebut banyak dicari orang. Merebaknya bisnis pre-wedding/wedding fotografi pun bisa Anda manfaatkan.

 

#7 Jasa Penitipan Anak

Banyak pasangan yang bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tak jarang, pasangan tersebut kebingungan dimanakah anak akan dititipkan.

Dititipkan orangtua? Jauh. Dititipkan saudara dekat? Itu akan merepotkan mereka. Pembantu? Belum dapat yang sesuai.

Nah, ini juga bisa jadi peluang usaha yang menjanjikan nih sekarang ini. Jangan ragu membuka jasa penitipan anak dengan pekerja yang memang ahli di bidangnya ya.

 

#8 Makanan Ringan

Nah, bisnis makanan ringan bisa diterapkan untuk Anda yang punya keterbatasan modal. Makanan ringan yang dimaksud bisa dimulai dari camilan, keripik, gorengan, hingga kue kering.

Selain itu, makanan ringan bisa dinikmati berbagai kalangan dan usia. Mulai dari anak kecil sampai orang tua. Jadi, bisnis ini bisa dikatakan bukan bisnis musiman.

 

#9 Tour Guide

Ingin berbisnis sekaligus meningkatkan jumlah turis di daerah Anda? Coba tengok daerah Anda. Pasti memiliki tempat-tempat yang menarik untuk para pengunjung, bukan? Anda bisa membuka bisnis seputar wisata.

Menjadi tour guide yang mengajak jalan-jalan bisa menjadi pilihannya. Anda pun bisa membuka perusahaan tour kecil-kecilan, atau menyediakan paket liburan murah.

 

#10 Blogger atau Social Media Influencer

Usaha ini merupakan salah satu usaha yang menunjukkan betapa bergunanya internet untuk membantu usaha Anda.

Keuntungan yang bisa Anda nikmati yang berbeda dari pekerjaan kantoran adalah Anda tak perlu berangkat ke kantor di pagi hari dan pulang di malam hari.

Jam kerjanya memang fleksibel. Namun, Anda dituntut untuk konsisten dalam membuat konten.

Tertarik Jadi Influencer di Media Sosial Ikuti Langkah Praktis Ini 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bisnis yang Menguntungkan Sebagai Blogger? Ini Model Bisnisnya dan Berapa Keuntungannya]

 

Memangnya, usaha ini bisa menghasilkan uang? Tentu saja!

Dengan berkembangnya affiliate marketing dan meningkatnya pengguna internet, bisnis ini menjadi salah satu yang perlu dipertimbangkan.

Anda pun dapat memanfaatkan AdSense supaya bisa berpenghasilan dari bisnis ini.

 

#11 Les Privat

Anda memiliki skill tertentu? Atau, Anda termasuk mahasiswa dengan prestasi akademik yang cemerlang? Les privat bisa menjadi pilihan Anda untuk menambah pundi-pundi keuangan.

Bisnis ini dapat dilakukan dengan mudah di rumah, dimulai dari satu hingga dua murid terlebih dahulu. Jika sudah mulai lancar, Anda bisa membuka kelas kecil di rumah dengan isi 4-5 murid per kelas.

Jika murid Anda sudah bertambah banyak melebihi kapasitas, Anda bisa merekrut pegawai baru yang bisa membantu Anda.

 

#12 Menjadi Penerjemah

Anda fasih berbahasa asing? Menjadi penerjemah bisa jadi pilihan sebagai ide usaha rumahan.

Biasanya, pekerjaan bisa dilakukan di rumah atau di mana pun. Anda tak perlu berangkat ke kantor.

Penerjemah yang dimaksud adalah penerjemah novel atau buku, penerjemah dokumen, interpreter, dsb. Apabila tertarik, Anda bisa menjual jasa penerjemah di beberapa platform media internet.

 

#13 Menyewakan Kamar di AirBnB

Bagi Anda yang memiliki rumah atau apartemen yang tidak ditinggali, Anda bisa menyewakannya. Maraknya berbagai platform untuk menitipkan properti Anda bisa mempermudah. Salah satu platform tersebut adalah AirBnB.

AirBnB merupakan sebuah platform sewa menyewa kamar atau akomodasi bagi para traveler atau yang hanya sekedar pergi dinas.

Daripada dibiarkan kosong begitu saja, lebih baik disewakan. Anda bisa mendapatkan keuntungan dari bisnis sewa kamar ini.

 

#14 Agen Pembayaran Resmi atau PPOB

Membayar berbagai macam tagihan memang merepotkan. Banyak orang yang justru sibuk sehingga sulit meluangkan waktu untuk itu.

Nah, dengan memanfaatkan kebutuhan ini, Anda bisa membuka bisnis agen pembayaran resmi.

Bisnis ini disebut juga dengan Payment Point Online Banking (PPOB). Anda bisa menerima pemasukan secara rutin dari pembayaran tagihan PDAM, TV berlangganan, telepon rumah dan internet, serta BPJS.

Ada juga pendapatan tidak rutin dari pembayaran kredit barang dan tiket kereta api.

 

#15 Pembuatan Website

Ini khusus untuk Anda yang memiliki skill tertentu. Jika Anda menguasai bidang pemrograman dan ingin memiliki bisnis rumahan, membuka jasa pembuatan website adalah pilihan tepat.

Dengan bermodal keahlian dan koneksi internet, Anda bisa meraup penghasilan lumayan dari usaha ini.

 

Apapun Usahanya, Manajemen Keuangannya Perlu Diperhatikan

Usaha rumahan memang menjanjikan. Jangan karena usahanya bisa dikerjakan di rumah, lantas keuangan Anda pun tercampur antara keuangan sehari-hari dengan keuangan bisnis Anda.

Kalau seperti itu, kapan Anda bisa menikmati jerih payah Anda?

Nah, jangan bingung soal itu. Akan lebih baik jika Anda membaca ebook dari Finansialku berjudul Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis.

Anda bisa mengunduhnya secara gratis lewat link di bawah ini. Yuk, segera tingkatkan pengetahuan Anda supaya bisnis rumahan Anda semakin terdepan.

GRATISSS Download!!! Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda ya!

Semoga ide usaha rumahan di atas dapat memberikan inspirasi bagi Anda. Terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Ide Usaha Rumahan – http://bit.ly/2tY7JHF