Bagaimana cara mempermudah pencapaian tujuan keuangan? Setiap orang memiliki banyak tujuan keuangan yang ingin dipenuhi. Tujuan tersebut dapat dikelompokkan berdasarkan kategori tertentu agar lebih mudah dicapai. Mari kita bahas 5 cara untuk mengelompokkan tujuan keuangan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Mencapai Tujuan Keuangan

Dalam perencanaan keuangan pribadi, Anda harus menetapkan tujuan-tujuan keuangan tertentu yang ingin dipenuhi. Tujuan tersebut bersifat sangat personal, artinya tujuan seseorang dengan orang lain bisa sangat berbeda-beda. Karenanya cara untuk mencapainya pun dapat berbeda-beda, tergantung dari proses orang tersebut untuk mencapainya. Namun banyak sekali orang yang menetapkan tujuan keuangan yang tidak beraturan. Padahal tujuan keuangan yang baik seharusnya ditetapkan dengan langkah SMART. Untuk lebih lengkapnya mengenai cara menetapkan tujuan keuangan Anda dapat membaca artikel berikut ini:

Membuat Tujuan Keuangan yang SMART (benar-benar SMART) - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Membuat Tujuan Keuangan yang SMART (benar-benar SMART)]

 

Menetapkan tujuan keuangan saja tidaklah cukup. Anda bisa saja menuliskan banyak target yang ingin dicapai, tetapi jika tidak terpapar dengan jelas akan sulit untuk dicapai. Sebaiknya setiap tujuan keuangan tersebut dikelompokkan berdasarkan kategori-kategori tertentu agar proses pencapaiannya pun mudah dikoordinasikan.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda gunakan untuk mengelompokkan tujuan keuangan Anda:

 

#1 Buat Daftar Seluruh Tujuan Keuangan

Jika Anda terlanjur menetapkan tujuan keuangan secara berantakan, cobalah membuat daftar seluruh tujuan keuangan tersebut. Tidak masalah jika daftar yang Anda miliki masih tidak beraturan. Daftar ini nantinya akan dirapikan pada langkah-langkah selanjutnya.

Misalnya:

Tujuan Keuangan Harga
Dana pensiun 5.000.000.000
Rumah 1.000.000.000
Mobil 200.000.000
Liburan ke luar negeri 100.000.000
Biaya pendidikan anak 100.000.000
Rumah investasi 1.000.000.000

 

Membuat Prioritas Tujuan Keuangan - Perencana Keuangan Independen Finansialku
[Baca Juga: Buat Prioritas Tujuan Keuangan, Agar Anda dapat Fokus]

 

#2 Buat Susunan Jangka Waktu Tujuan Keuangan

Jika sebelumnya Anda membuat daftar tujuan keuangan seperti contoh di atas, berarti Anda masih harus melengkapinya. Setiap tujuan keuangan harus dibuat sedetail mungkin. Anda harus menentukan jangka waktu yang jelas untuk mencapai tujuan tersebut. Daftar tujuan keuangan yang tadi telah dibuat harus dilengkapi lagi dengan jangka waktu. Setelah itu susunlah daftar tersebut berdasarkan jangka waktu yang terdekat hingga yang terjauh.

Misalnya, daftar tujuan keuangan yang sebelumnya dilengkapi dengan jangka waktu:

Tujuan Keuangan Harga Jangka Waktu
Dana pensiun 5.000.000.000 35 tahun
Rumah 1.000.000.000 10 tahun
Mobil 200.000.000 1 tahun
Liburan ke luar negeri 100.000.000 5 tahun
Biaya pendidikan anak 100.000.000 6 tahun
Rumah investasi 1.000.000.000 15 tahun

 

Cara Wujudkan Tujuan Keuangan Anda - Perencana Keuangan Independen Finansialku
[Baca Juga: Wujudkan Tujuan Keuangan dengan Rencana dan Tindakan Nyata]

 

Namun daftar tersebut masih harus disusun berdasarkan jangka waktunya. Karena itu daftar tujuan keuangan tersebut harus diubah:

Tujuan Keuangan Harga Jangka Waktu
Mobil 200.000.000 1 tahun
Liburan ke luar negeri 100.000.000 5 tahun
Biaya pendidikan anak 100.000.000 6 tahun
Rumah 1.000.000.000 10 tahun
Rumah investasi 1.000.000.000 15 tahun
Dana pensiun 2.000.000.000 35 tahun

 

Setelah memiliki susunan tujuan keuangan sesuai jangka waktu, Anda dapat dengan mudah mengelompokkannya berdasarkan jangka waktu. Ada 3 kategori tujuan keuangan berdasarkan jangka waktu yaitu jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Tujuan-tujuan keuangan yang masuk ke dalam kategori jangka pendek adalah yang kurang atau sama dengan 1 tahun. Sementara jangka waktu di atas 1 tahun hingga 5 tahun termasuk dalam jangka waktu menengah. Tujuan keuangan dengan jangka waktu di atas 5 tahun merupakan tujuan keuangan jangka panjang.

Para Karyawan, Ubah Strategi untuk Mencapai Tujuan Keuangan - Finansialku

[Baca Juga: Para Karyawan, Ubah Strategi untuk Mencapai Tujuan Keuangan]

 

Jika dikelompokkan maka tujuan daftar tujuan keuangan akan menjadi seperti berikut:

Tujuan Keuangan Harga Jangka Waktu Kategori
Mobil 200.000.000 1 tahun Jangka pendek
Liburan ke luar negeri 100.000.000 5 tahun Jangka menengah
Biaya pendidikan anak 100.000.000 6 tahun Jangka panjang
Rumah 1.000.000.000 10 tahun Jangka panjang
Rumah investasi 1.000.000.000 15 tahun Jangka panjang
Dana pensiun 2.000.000.000 35 tahun Jangka panjang

 

Kategori berdasarkan jangka waktu akan memudahkan Anda untuk memperhitungkan berapa dan sampai kapan dana harus dikumpulkan. Semakin banyak tujuan keuangan yang sudah tercapai, tentunya dana yang harus diinvestasikan juga semakin sedikit. Jika tidak memiliki daftar jangka waktu yang jelas, Anda akan kesulitan memperhitungkannya dan akhirnya sulit untuk mencapai tujuan keuangan tersebut.

Cara Mewujudkan Tujuan Keuangan [Infografis]  - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Cara Mewujudkan Tujuan Keuangan Anda [Infografis]]

 

#3 Kelompokkan Tujuan Keuangan Berdasarkan Prioritas

Dalam perencanaan keuangan, seorang perencana akan mengatur sedemikian agar tujuan-tujuan keuangan Anda dapat tercapai. Caranya adalah dengan memperhitungkan berapa dana yang harus diinvestasikan pada produk dengan return tertentu sesuai kebutuhan. Namun ada kalanya seseorang menginginkan banyak hal yang sebenarnya jauh di atas kemampuannya. Memang banyak hal bisa dicapai dengan berinvestasi, tetapi jika keinginan terlalu banyak belum tentu bisa dipenuhi. Jika keinginan sudah terlalu banyak dan tidak mungkin dipenuhi, sebaiknya Anda mengelompokkan keinginan tersebut berdasarkan skala prioritas. Dengan begitu, tujuan-tujuan keuangan yang dirasa tidak terlalu penting dapat dieliminasi. Jangan sampai keinginan-keinginan yang kurang penting justru mengganggu Anda untuk memenuhi tujuan keuangan yang menjadi prioritas.

Setelah membuat perencanaan keuangan Anda akan mengetahui berapa dana yang sanggup Anda investasikan dan berapa dana yang tidak tertutupi. Setelah itu cobalah memilah tujuan-tujuan keuangan Anda mulai dari yang paling penting. Prioritaskan kebutuhan-kebutuhan tersebut dan eliminasi tujuan yang kurang penting. Jika memang sangat menginginkannya, Anda dapat berusaha di kemudian hari untuk mendapatkan penghasilan lebih. Tetapi jangan prioritaskan tujuan-tujuan tambahan tersebut selama tujuan utama belum tercapai.

Sukuk Tabungan, Investasi Syariah untuk Tujuan Keuangan Jangka Menengah - Finansialku

[Baca Juga: Mewujudkan Mimpi dan Tujuan Keuangan]

 

Tujuan Keuangan Utama harus Dipenuhi

Dalam perencanaan keuangan, Anda harus menentukan tujuan keuangan yang ingin dicapai. Biasanya seseorang memiliki sangat banyak tujuan keuangan hingga tidak tahu yang mana yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Dengan mengelompokkan tujuan tersebut, Anda mengetahui hal apa saja yang harus diprioritaskan. Dengan begitu akan lebih mudah untuk menentukan langkah untuk mencapainya.

 

Apakah Anda sudah melakukan pengelompokkan tujuan keuangan? Kesulitan apa yang Anda temukan? Silakan share pengalaman Anda pada kolom yang tersedia dibawah ini, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Orang Asia – https://goo.gl/kwZVZT

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang