Bagaimana cara menjalankan rencana keuangan agar seluruh tujuan tercapai? Ada banyak masyarakat Indonesia yang sudah mengetahui pentingnya merencanakan keuangan. Namun sudahkah Anda mengimplementasikan rencana tersebut?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Sudah Memiliki Rencana, Tetapi Bingung Menjalankannya

Perencanaan keuangan pribadi adalah hal yang penting bagi setiap orang dari segala kalangan. Baik karyawan, wirausahawan maupun freelance membutuhkan perencanaan keuangan pribadi. Merupakan suatu hal yang baik bila saat ini Anda sudah memiliki perencanaan keuangan pribadi. Tetapi memiliki rencana saja belum cukup. Sudahkah Anda memiliki langkah implementasi yang jelas?

Sebuah rencana tidak akan berarti jika tidak dijalankan. Sama halnya seperti belajar. Anda tidak akan pernah bisa berenang jika hanya mendengarkan teori tentang cara berenang namun tidak pernah masuk ke dalam air dan mencobanya. Tanpa implementasi, Anda tidak akan pernah mencapai tujuan keuangan yang telah direncanakan. Jika sampai saat ini Anda masih terpaku pada ‘hanya merencanakan’, sekarang saatnya berpindah ke fase ‘menjalankan rencana’.

Membuat Prioritas Tujuan Keuangan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Buat Prioritas Tujuan Keuangan, Agar Anda dapat Fokus]

 

Berikut adalah beberapa langkah perubahan yang dapat Anda lakukan untuk mencapai tujuan keuangan:

 

#1 Buat Reminder Tujuan Keuangan

Cobalah membaca ulang dan mengingat rencana keuangan yang sudah Anda miliki sebelumnya. Walaupun rencana tersebut dibuat sendiri, belum tentu Anda dapat selalu mengingatnya di tengah kesibukan setiap hari. Karena itu diperlukan sesuatu yang dapat mengingatkan Anda. Buatlah reminder yang dapat dilihat secara rutin. Dengan melihatnya secara rutin, Anda tidak akan lupa akan tujuan-tujuan yang harus dicapai. Selain itu reminder dapat memotivasi Anda ketika bekerja maupun berinvestasi. Anda akan semakin bersemangat untuk mencapai tujuan tersebut.

 

#2 Berpikir dalam Skala Kecil

Sebuah tujuan keuangan (terutama tujuan keuangan jangka panjang) seringkali terasa sangat ‘besar’ dan sulit dicapai. Misalnya saja dana pensiun, jika diperhitungkan memang seolah-olah angkanya sangat besar. Walaupun Anda mengetahui bahwa jangka waktu hingga hari pensiun masih panjang, terkadang rasa ‘minder’ terhadap rencana yang besar tetap ada. Cara untuk mengatasi rasa minder tersebut, cobalah berpikir dengan skala kecil. Anda memang harus berpikir holistik ketika merencanakan sebuah tujuan keuangan jangka panjang. Tetapi jangan lupa bahwa sebuah perjalanan sepanjang 1.000 langkah dimulai dari 1 langkah kecil.

Membuat Tujuan Keuangan yang SMART (benar-benar SMART) - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 [Baca Juga: Membuat Tujuan Keuangan yang SMART (benar-benar SMART)]

 

Sekecil apapun usaha yang dapat Anda lakukan saat ini untuk mencapai tujuan tersebut akan sangat berarti jika dilakukan secara konsisten. Misalnya Anda memiliki target dana pensiun sebesar Rp1 miliar, namun saat ini Anda hanya dapat berinvestasi Rp100.000 per bulan. Angka yang dapat Anda investasikan saat ini memang sangat kecil jika dibandingkan dengan target akhir. Tetapi jika terus dikumpulkan secara konsisten, lama-kelamaan investasi akan berkembang dan bisa mencapai target. Daripada takut memikirkan 1.000 langkah yang terlihat sangat besar, lebih baik fokus untuk melakukan yang terbaik dalam 1 langkah kecil.

 

#3 Kinerja Mengikuti Rencana, Bukan Rencana Mengikuti Kinerja

Pada dasarnya perencanaan keuangan bersifat fleksibel alias tidak mutlak. Setelah membuat sebuah perencanaan keuangan, rencana tersebut dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti kebutuhan Anda. Namun bukan berarti Anda dapat mengubahnya terus-menerus. Perencanaan keuangan sebaiknya hanya diubah jika ada perubahan dalam kehidupan. Misalnya saja Anda membuat perencanaan ketika belum menikah kemudian saat ini Anda sudah menikah. Karena ada beberapa kebutuhan yang bertambah akhirnya perencanaan keuangan harus diubah.

Cara Wujudkan Tujuan Keuangan Anda - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Cara Mewujudkan Tujuan Keuangan Anda [Infografis]]

 

Jangan sampai Anda menyalahartikan ‘perubahan’ tersebut tergantung pada keadaan Anda. Tujuan-tujuan keuangan yang ditetapkan dalam perencanaan keuangan adalah sebuah target yang harus Anda capai. Seringkali untuk mencapai tujuan tersebut Anda harus berusaha keras. Jika mencapai sebuah tujuan keuangan begitu mudah, Anda tidak perlu sampai merencanakannya jauh-jauh hari bukan? Tetapi jika tujuan tersebut memang dirasa perlu atau sangat diinginkan tidak ada salahnya berusaha untuk mendapatkannya.

Ada kalanya pada kehidupan nyata mendapatkan uang untuk mencapai tujuan tersebut tidaklah semudah yang dibayangkan. Jika saat ini Anda belum berhasil, bukan berarti Anda harus mengubah rencana tersebut. Sebaliknya Anda harus bekerja lebih keras untuk dapat memenuhi target yang telah ditetapkan. Kinerja keuangan Anda harus mengikuti target yang telah ditetapkan, bukan target yang mengikuti kinerja keuangan.

Mengapa Harus Memiliki Tujuan Keuangan yang Jelas - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 [Baca Juga: Mengapa Harus Memiliki Tujuan Keuangan yang Jelas]

 

#4 Berpikir Positif

Ada sebuah teori yang mengatakan bahwa semakin Anda berpikir positif tentang sesuatu yang diinginkan, semakin besar peluang hal itu bisa didapatkan. Teori ini bisa saja benar tetapi bisa juga salah. Baik benar maupun salah, pada kenyataannya berpikir positif memang akan memberikan dampak yang baik bagi kehidupan Anda. Jika berpikir positif, secara otomatis Anda akan mengeluarkan energi positif. Kegiatan apapun yang dilakukan akan berjalan dengan lebih baik jika dilakukan dengan energi positif. Dengan begitu produktifitas akan meningkat baik dalam pekerjaan, bisnis maupun investasi. Jika selama ini Anda terbiasa berpikir negatif, cobalah ubah mindset Anda mulai hari ini.

 

Ubah Strategi Anda Sekarang Juga

Membuat perencanaan keuangan adalah satu hal yang penting, namun mengimplementasikannya adalah hal yang lebih penting lagi. Sebuah rencana tidak akan berarti jika Anda tidak menjalankannya. Jika saat ini Anda masih berada pada fase tersendat dalam proses mencapai tujuan keuangan, segera ubah strategi Anda. Cobalah beberapa langkah yang telah disebutkan di atas untuk segera mencapai tujuan keuangan Anda.

 

Jangan lupa sebarkan artikel ini pada pasangan Anda, karena menjalankan suatu rencana jauh lebih sulit daripada membuatnya. Anda dapat memberikan pertanyaan kepada tim perencanaan keuangan kami pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Business woman with paper – https://goo.gl/Beo32Y

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku