Bagaimana sih menyusun rencana masa depan yang tepat dan benar? Apakah orang yang ingin kaya harus memiliki rencana masa depan?

Pada rubrik kali ini, Finansialku akan mengajak Anda untuk belajar menyusun rencana masa depan yang tepat dan benar! Tidak ada salahnya, Anda membaca informasi yang bermanfaat ini untuk kehidupan Anda kelak.

Selamat membaca dan selamat mendapatkan inspirasi baru!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Rencana Masa Depan Orang Kaya

Pertanyaan dasar yang sering kita dengar adalah apa yang membedakan antara orang kaya dan orang miskin? Jawabannya, banyak sekali perbedaannya.

Pertanyaan berikutnya, apakah semua orang bisa menjadi orang kaya? Jawabannya, iya!

Siapapun dan bagaimanapun orangnya, mereka sangat bisa menjadi orang kaya. Asalkan mereka mau dan memiliki tekad untuk menjalani beberapa hal yang diperlukan demi mencapai impiannya menjadi orang kaya.

Untuk membedakan orang kaya dan orang miskin, Anda boleh melihat dan mengamati gambar berikut ini:

Ilustrasi Menyusun Rencana Masa Depan yang Perlu Anda Lakukan Sekarang Juga! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Orang Sukses Punya Cara Sendiri dalam Membuat Rencana. Bagaimana dengan Anda?]

 

Dari gambar, terdapat dua orang, sebut saja orang pertama dan orang kedua.

Orang pertama adalah orang kaya, ia memakai pakaian rapi ber-jas abu-abu, mengenakan sepatu bagus dan memiliki penampilan yang menawan. Selain itu, ia selalu mengingat rencana masa depan yang sudah ia buat sebelumnya dalam selembar kertas.

Orang kedua adalah orang miskin. Jelas sekali perbedaannya! Ia memakai baju dan celana seadanya, mengenakan sandal dan memiliki penampilan yang kurang baik.

Ia selalu tidak peduli ketika mendengar dan mengingat rencana masa depannya. Jangankan untuk memikirkan masa depan, untuk memikirkan keadaan saat ini pun, ia mengalami kesulitan.

Lalu, apa yang membedakan mereka?

Sebenarnya, mereka sama-sama memiliki sebuah rencana masa depan. Namun, respon dan tindakan dari kedua orang ini berbeda.

Orang pertama berusaha memikirkan rencana masa depannya, seperti memiliki rumah pribadi, kendaraan pribadi, membeli cincin untuk menikah, dan lain sebagainya. Ia pasti mau melakukan suatu tindakan untuk mencapai impiannya.

Orang kedua lebih bersifat tidak peduli, ia tidak ingin memikirkan rencana masa depan. Untuk memikirkan rencana masa depan pun, ia tidak mau, apalagi untuk bertindak mencapai impiannya. Percaya atau tidak, ia akan mengalami kehidupan yang sulit di masa mendatang.

Quiz Apakah Anda Berbakat Menjadi Orang Kaya - Finansialku

[Baca Juga: Apa yang Menjadikan Orang Kaya, Kaya dan Orang Miskin, Miskin? Di Mana Letak Perbedaannya?]

 

Bagaimana dengan Anda? Apa respon dan tindakan Anda terhadap rencana masa depan? Apakah seperti orang pertama (orang kaya)? Atau seperti orang kedua (orang miskin)?

Kami berharap, sahabat Finansialku, para pembaca, termasuk Anda pun memiliki respon dan sikap seperti orang kaya ya.

Sebagai langkah awal, Anda perlu memiliki dan menyusun rencana masa depan, sebelum Anda melangkah lebih jauh dalam bertindak. Bagian perencanaan tersebut merupakan langkah awal yang memerlukan perhatian dan konsentrasi khusus dari Anda.

Apakah Anda ingin memiliki masa depan yang suram? Atau memiliki masa depan yang biasa-biasa saja? Atau, apakah Anda ingin memiliki masa depan yang luar biasa?

Oleh sebab itu, jika Anda ingin sukses, memiliki masa depan dan impian yang baik, serta menjadi orang kaya, maka Anda harus mengetahui 4 hal berikut.

Coba Anda tiru dan rasakan manfaatnya!

 

#1 Perencanaan Masa Depan

Setiap orang yang ingin memiliki masa depan yang baik harus melakukan perencanaan dan membuat atau menyusun rencana masa depan.

Hal ini sangat berguna dalam membuat Anda memiliki panduan, pegangan, pedoman atau acuan demi masa depan dan impian Anda yang dapat dicapai.

  • Silakan pikirkan, apa yang ingin Anda lakukan dan capai di masa depan Anda?
  • Coba ingat atau tuliskan pada sebuah memo, masa depan seperti apa yang ingin Anda alami?
  • Simpan dan bawalah dalam doa Anda, semua masa depan dan impian yang ingin Anda rasakan saat masa depan itu tiba!

 

#2 Pengaturan Masa Depan

Setelah selesai merencanakan, aturlah masa depan Anda! Hal ini sangat penting untuk Anda lakukan.

Dengan adanya pengaturan, maka semua masa depan yang Anda impikan, akan memungkinkan terwujud.

  • Bagaimana cara Anda mencapai masa depan itu? Tuliskan dalam langkah-langkah yang konkret!
  • Apa kendala-kendala yang mungkin terjadi saat Anda berusaha menggapai mimpi tersebut? Apa antisipasinya?
  • Apa tindakan nyata yang harus Anda lakukan saat masa depan yang terjadi jauh meleset dari rencana masa depan Anda?

 

Membangun Masa Depan Dengan Membangun Startup 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kebebasan Keuangan: 5 Langkah Mencapai Masa Depan yang Lebih Baik]

 

Lakukan rencana tersebut! Ambil langkah pasti dan bertindaklah sesuai dengan pengaturan masa depan yang Anda buat. Karena untuk mencapai masa depan, dibutuhkan tindakan nyata!

 

#3 Pelaksanaan Masa Depan

Tahap ini adalah tahap yang paling menyenangkan, karena saat inilah Anda bisa menjalankan dan menikmati semua hasil rencana yang Anda buat.

Ketika Anda sudah menikmati kesempatan dan pengalaman melalui masa depan indah yang telah diberikan, maka jangan lupa untuk mengucap syukur.

Anda perlu menanamkan sikap bersyukur dalam diri Anda. Hal ini penting supaya Anda memiliki kepercayaan bahwa semuanya itu adalah pemberian Yang Maha Kuasa.

Selain itu, pada tahap ini juga, bukan berarti Anda bersantai ria dan berleha-leha dalam menjalani kehidupan Anda sendiri. Justru ketika impian Anda terwujud, Anda harus memiliki jiwa pencapaian yang lebih tinggi lagi untuk kehidupan di tahun mendatang.

 

#4 Pemantauan Masa Depan

Semua kejadian yang sedang terjadi, perlu dan harus selalu Anda pantau secara berkala.

Biarkan semua kejadian yang sudah terjadi ini, berjalan dengan baik sesuai dengan keinginan dan rencana awal masa depan Anda!

Tantang kembali diri Anda sendiri:

  • Pencapaian apa lagi yang akan Anda raih?
  • Bagaimana impian Anda selanjutnya untuk tahun-tahun berikutnya?
  • Masa depan seperti apa yang perlu Anda capai kembali setelah berhasil mencapai rencana masa depan sebelumnya?

 

Motivasi sangat diperlukan pada tahap keempat. Biarlah motivasi ini dapat mendorong diri Anda sendiri untuk memiliki sebuah rencana masa depan baru bagi kehidupan Anda mendatang.

Itulah 4 hal yang perlu Anda pahami sebagai modal awal bagi hidup Anda di masa mendatang!

Para Karyawan, Ini Motivasi Kerja yang Anda Butuhkan! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Slide Perencanaan Keuangan: Rencana Keuangan Sebagai GPS untuk Masa Depan dan Tujuan Keuangan Anda]

 

Percaya tidak, orang kaya yang sukses selalu melakukan keempat hal tersebut? Setidaknya, mereka memikirkan semuanya itu dengan baik-baiknya.

Mungkin ada beberapa di antara mereka yang tidak secara jelas melakukan pencatatan detail akan 4 hal tersebut. Namun yang pasti, mereka membuat rencana, mereka memikirkan pengaturan rencana dan mereka melakukan pemantauan rutin sesuai dengan gaya hidup masing-masing.

Hal inilah yang membuat mereka menjadi orang berhasil, orang sukses, orang kaya dan orang yang berguna bagi nusa dan bangsa.

Oke, pada bagian selanjutnya, kami akan lebih memfokuskan pembahasan ini terhadap bagaimana menyusun rencana masa depan yang tepat dan benar.

 

Menyusun Rencana Masa Depan

Sebelum lanjut kepada pembahasan berikutnya, coba Anda pikirkan dahulu dua hal berikut ini.

 

Pertama:

“Tahukah Anda bahwa untuk mendapatkan masa depan gemilang, Anda perlu menyusun rencana masa depan dengan tepat dan benar?”

Kami harap, Anda setuju dengan pertanyaan ini!

 

Kedua:

“Tanpa membuat rencana masa depan, mustahil Anda akan mendapatkan kehidupan yang bahagia di kemudian hari.”

Dan kami pun berharap kembali bahwa Anda setuju dengan pernyataan ini!

 

Terima kasih atas pemikiran yang sudah Anda lakukan. Sebagai apresiasinya, kami ingin membagikan ebook perencanaan keuangan yang dapat Anda dapatkan secara gratis.

Silakan download ebook, sesuai dengan pilihan Anda:

 

Anyway, semuanya butuh rencana, termasuk rencana masa depan Anda. Oleh sebab itu, tim Finansialku mengajak dan menyarankan Anda, saat ini, sekarang juga, untuk mulai menyusun beberapa rencana yang bisa membuat masa depan lebih pasti dan cemerlang.

Beberapa cara yang tepat dan benar ini, dapat Anda lakukan untuk mengejar kehidupan gemilang di masa mendatang.

 

#1 Rencanakan Kehidupan dengan Lebih Baik

Mulai sekarang, coba untuk merencanakan kehidupan dengan lebih berhati-hati supaya Anda tidak terlalu banyak melakukan kesalahan. Caranya, Anda harus bisa menyusun rencana masa depan yang baik, supaya kehidupan Anda di kemudian hari pun baik.

Para-Entrepreneur,-Rencana-Keuangan-Pribadi-dan-Bisnis-2-Finansialku

[Baca Juga: Resolusi Tahun 2018: Mulai Membuat Rencana, Jalani, dan Jangan Lupa SENYUM :D]

 

Jika Anda sendiri mengalami kesulitan dalam merencanakan kehidupan, Anda bisa belajar kepada orang terdekat, seperti keluarga, teman atau kerabat Anda.

Buatlah rencana masa depan tanpa adanya pengaruh dari banyak orang, karena hal ini akan membuat Anda menjadi bingung. Ingat, yang menjalani masa depan adalah Anda sendiri, bukan orang lain.

 

#2 Tuliskan Impian Anda

Buatlah daftar impian Anda. Tuliskan satu persatu impian Anda. Apa yang Anda impikan terjadi kepada hidup Anda?

Berikut ini tips cerdas yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  • Tuliskan dengan jelas, apa yang Anda inginkan, apa yang ingin Anda capai, apa yang ingin Anda dapatkan di masa depan Anda?
  • Tuliskan secara detail dengan waktu, tanggal dan tahun yang sudah menjadi target Anda!
  • Tempatkan impian dan masa depan tersebut di tempat yang sering Anda lihat. Misalnya, tembok kamar, cermin, meja belajar atau meja kerja. Ini akan sangat berguna membantu Anda untuk menstimulus otak dan tubuh supaya mendapatkan respon untuk melakukan dan mencapai impian, tanpa Anda sadari.
  • Jangan lupa berdoa dan berharap agar masa depan dan impian tersebut menjadi nyata.

 

Orang Sukses Punya Cara Sendiri dalam Membuat Rencana. Bagaimana dengan Anda 02 To Do List - Finansialku

[Baca Juga: Rahasia 7 Hari Sukses: Kebiasaan Orang Sukses Untuk Mencapai Impian Hidup]

 

#3 Buat Skala Prioritas

Dari setiap impian dan target di masa depan yang ingin Anda capai, buatlah skala prioritas.

  • Rencana masa depan dan impian mana yang paling penting?
  • Rencana masa depan dan impian mana yang lebih penting?
  • Rencana masa depan dan impian mana yang penting?

 

Sekali lagi, Anda telah memiliki beberapa target di masa depan, hal selanjutnya adalah Anda harus membuat skala prioritas, target mana yang akan Anda capai dalam waktu dekat.

Setidaknya, Anda memiliki timeline (rencana waktu) dan deadline (target waktu) tersendiri agar Anda tidak membuang banyak waktu.

 

#4 Nikmati Setiap Proses

Selanjutnya, yang perlu Anda lakukan adalah menikmati setiap proses yang terjadi saat mencapai masa depan.

Terkadang untuk menikmati setiap proses, memang tidaklah mudah, apalagi untuk menikmati proses yang membuat Anda tidak bahagia.

Pasti, akan banyak pencobaan dan ujian yang datang.

Kiat-Sukses-Motivasi-Bisnis-05-melangkah-maju-Finansialku

[Baca Juga: Semakin Dekat dengan Impianmu Lewat Keajaiban Law of Attraction]

 

Jadikan hal ini sebagai sebuah tantangan bagi diri Anda sendiri, apakah Anda benar-benar serius menginginkan kehidupan yang baik atau hanya sekadar ingin, tapi tidak mau berusaha?

Coba pertimbangkan jawabannya sendiri ya!

 

#5 Belajar dari Kesalahan

Poin terakhir, yaitu belajar dari kesalahan. Mengapa kita perlu belajar dari kesalahan? Karena kesalahan merupakan guru terbaik Anda.

Anda harus bisa belajar dan jangan sampai mengulangi kesalahan yang sama.

Kesalahan tidak membuat Anda kalah, namun Anda akan kalah jika Anda tidak belajar dari kesalahan tersebut.

 

Mau Jadi Orang Kaya? Susun Rencana Masa Depan dan LAKUKAN!

Sesuai dengan pertanyaan awal, apakah bisa semua orang menjadi orang kaya? Asalkan mereka memiliki dan mau menyusun rencana masa depan serta memiliki respon dan tindakan yang benar, maka tidak mustahil Anda bisa menjadi orang kaya.

Kunci utamanya adalah susun rencana masa depan dan lakukan tindakan yang sudah direncanakan sebelumnya!

 

Jika Anda memiliki kesulitan dan beberapa pertanyaan seputar merencanakan masa depan keuangan yang lebih baik, jangan sungkan untuk memberi tahu tim Finansialku.

Karena Finansialku.com, your personal finance assistant, hadir untuk membantu Anda!

 

Apakah artikel ini memberikan pandangan dan pola pikir yang baru bagi Anda? Apakah Anda terinspirasi untuk memiliki rencana masa depan orang kaya dan melakukannya?

Silakan kemukakan pendapat dan opini Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Erlangga Asvi. 13 Januari 2016. Menyusun Rencana Masa Depan Lebih Cemerlang. Solusisupersukses.com – https://goo.gl/hREkq5
  • Erlangga Asvi. 27 Februari 2017. Membuat Rencana Masa Depan Yang Lebih Pasti. Erlangga.my.id – https://goo.gl/WMhJz2

 

Sumber Gambar:

  • Rencana Masa Depan – https://goo.gl/fya4n7

 

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Summary
Ilustrasi: Menyusun Rencana Masa Depan yang Perlu Anda Lakukan Sekarang Juga!
Article Name
Ilustrasi: Menyusun Rencana Masa Depan yang Perlu Anda Lakukan Sekarang Juga!
Description
Bagaimana sih menyusun rencana masa depan yang tepat dan benar? Apakah orang yang ingin kaya harus memiliki rencana masa depan?
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo