Apakah Anda mengenal orang yang bermental gratisan? Setiap orang pasti menyukai apapun yang gratis, tetapi ada beberapa orang yang menjadikan hal-hal gratis sebagai tujuan hidupnya. Anda perlu mengenal ciri-cirinya supaya terhindar dari orang bermental gratisan dan jangan sampai Anda menjadi salah satunya.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh 
DuitPintar

 

Apa yang Dimaksud Mental Gratisan?

Setiap orang pasti menyukai hal-hal yang sifatnya ‘gratis’. Jarang ada orang yang menolak hal-hal yang gratis, sedangkan barang yang didiskon saja akan laku keras, apalagi jika gratis. Ada perbedaan antara orang yang mendapat sesuatu yang gratis dengan orang yang bermental gratisan. Orang yang mendapat sesuatu yang gratis biasanya tidak dengan sengaja atau tidak selalu sengaja mencari hal-hal yang gratis, sedangkan orang yang bermental gratisan selalu bertujuan untuk mendapatkan sesuatu yang gratis dengan menggunakan cara apapun.

ini-5-ciri-orang-bermental-gratisan-yang-dapat-merugikan-anda-finansialku

 [Baca Juga : Bernakah Hobi Belanja Bisa Jadi Cara Mencapai Kebebasan Keuangan?]

 

Seringkali memiliki teman atau kolega yang bermental gratisan akan merugikan Anda, untuk itu Anda perlu mengenali ciri-ciri orang bermental gratisan sehingga jika Anda menemukannya, sebaiknya segera Anda hindari agar tidak mengalami kerugian yang tidak wajar. Selain itu ada baiknya Anda pun menghindari ciri-ciri tersebut supaya Anda tidak dianggap sebagai orang bermental gratisan dan menyulitkan orang lain di sekitar Anda.

 

Inilah 5 ciri-ciri orang yang bermental gratisan yang sebaiknya Anda hindari :

#1 Tidak Peduli pada Perkataan Orang Lain

Ada orang-orang yang tidak peduli terhadap apa yang dikatakan orang lain walaupun apa yang ia lakukan sangat memalukan, yang terpenting baginya adalah mendapatkan segala sesuatunya secara gratis. Meskipun ia harus mengantri lama, berdesak-desakan dan mungkin bertengkar dengan orang lain demi mendapatkan sesuatu yang gratis, orang itu tidak akan keberatan asalkan semuanya itu gratis. Ia rela melakukan apapun untuk mendapatkan sesuatu yang gratis, bahkan jika itu akan merugikan orang lain.

Bagaimana jika Anda adalah orang yang sedang merintis usaha dan memiliki teman seperti ini? Orang seperti ini akan memeras Anda untuk memberikan ‘sampel gratis’ dari produk Anda secara terus-menerus, padahal sebagai teman seharusnya orang ini mengerti bahwa Anda sedang membangun bisnis dan justru membutuhkan banyak pemasukan untuk mengembalikan modal Anda. Sangat merugikan bukan?

 

#2 Berpura-pura Akrab agar Mendapat Gratisan

Pernahkah Anda bertemu dengan orang yang tidak begitu Anda kenal baik tetapi bersikap seolah-olah ia adalah sahabat Anda? Ya, orang seperti ini adalah salah satu dari ribuan orang yang bermental gratisan. Umumnya orang seperti ini berpura-pura akrab dengan Anda untuk mendapatkan suatu keuntungan dari Anda. Misalnya jika Anda memiliki banyak uang, orang ini akan terus mendekatkan dirinya pada Anda untuk mendapatkan traktiran seperti traktiran makan atau yang lainnya. Memang tidak salah jika sekali-kali Anda ingin mentraktir teman, tetapi waspadalah pada ‘teman’ yang berpura-pura seperti ini.

Tips Belanja Online yang Aman dan Smart di Instagram - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : 7 Tips Belanja Online yang Aman dan Smart di Instagram]

 

#3 Datang Tak Diundang, Pulang Tak Diantar

Terkadang ada orang yang tiba-tiba datang ketika Anda sedang mendapatkan banyak rejeki, misalnya ketika Anda dipromosikan di tempat Anda bekerja atau ketika Anda sedang berulang tahun dan ingin mentraktir sahabat-sahabat Anda. Tujuannya adalah untuk mendapatkan keuntungan dari apa yang Anda dapatkan, tetapi begitu Anda menghadapi masalah di kantor, orang ini akan tiba-tiba menghilang dan tidak mempedulikan Anda. Ia tidak mau dirugikan dengan kondisi Anda, orang ini bisa pergi kapan saja begitu ia sudah mendapatkan apa yang ia cari. Hal terpenting baginya adalah mendapatkan gratisan dari Anda dan menghindari kerugian apapun.

 

#4 Tidak Sensitif Ketika Disindir

Jika mental gratisan seseorang sudah ada pada tahap yang akut, orang itu tidak akan peduli ketika Anda menyindir bahwa ia selalu bermental gratisan. Sekalipun Anda mengatakan secara langsung kepadanya bahwa ia terlalu sering mencari hal yang gratis, ia tidak akan menyadarinya atau tidak menanggapinya. Baginya sindiran itu tidak ada artinya dibandingkan dengan keuntungan yang ia dapatkan dari bermental gratisan. Anda tidak perlu lelah untuk hal yang percuma, daripada Anda menyindir orang seperti ini, lebih baik Anda hindari agar orang ini tidak mengganggu dan merugikan Anda.

 Tips Belanja Online yang Aman & Terhindar dari Toko Online Penipu - perencana Keuangan Independen Finansialku

 [Baca Juga : Tips Belanja Online yang Aman & Terhindar dari Toko Online Penipu]

 

 #5 Pelit

Landasan dasar dari setiap orang yang bermental gratisan adalah sifat pelit. Bersifat pelit bukan berarti karena tidak memiliki kemampuan ekonomi yang baik. Banyak orang yang berkecukupan tetapi karena alasan tertentu bersifat sangat pelit. Artinya, bukan hanya orang dengan ekonomi lemah yang selalu mencari gratisan, tetapi ada juga orang-orang yang sebenarnya berkecukupan. Orang ini memiliki prinsip “jika masih ada orang lain mengapa saya harus membayar?”, maka ia selalu mencari segala sesuatu yang gratis. Jika Anda terpaksa pergi makan atau hangout dengan orang seperti ini, jangan pernah berharap ia akan mengeluarkan uang untuk membayar bersama.

Sekalipun ia memiliki uang, biasanya ia akan mencari-cari alasan untuk tidak membayar sehingga teman-temannyalah yang akan mengeluarkan uang ekstra untuk membayarkan bagiannya. Pada tahap yang akut, orang ini bukan hanya akan pelit ketika ada orang lain, tetapi juga akan pelit pada dirinya sendiri. Ketika ia sakit mungkin ia tidak mau pergi ke dokter karena tidak ingin membayar biaya apapun, padahal ini bisa saja membahayakan dirinya sendiri. Sungguh mengerikan bukan?

 

Hindari dan Hindarkan Ciri-Ciri Bermental Gratisan dari Diri Anda

Tidak bisa kita pungkiri bahwa setiap orang menyukai hal-hal yang gratis, tetapi jangan sampai sifat itu menjadi berlebihan. Berhubungan dengan orang yang bermental gratisan akan merugikan Anda, sebaiknya hindari orang-orang yang memiliki ciri-ciri tersebut tetapi juga hindarkan ciri-ciri tersebut dari diri Anda. Anda tentu tidak suka dirugikan orang bermental gratisan, maka jangan terapkan hal yang sama pada orang lain agar orang lain pun tidak merasa disulitkan dengan keberadaan Anda.

 

Sumber Gambar : 

  • People Binocular – https://goo.gl/PiVvUB

 

Sumber Referensi :

  • Fafa Khalifah. 1 September 2016. Mental Gratisan Kok Dipelihara, Gimana Mau Maju?
    https://goo.gl/ozGw0J

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang