Sobat Finansialku apakah sudah tahu kenapa emas dijadikan sebagai salah satu instrument investasi bahkan dikategorikan safe haven? Yuk, simak penjelasannya dalam artikel berikut ini.

 

Summary

  • Banyak investor yang mengamankan dana mereka dalam bentuk emas karena emas dianggap sebagai safe haven di masa krisis.
  • Emas logam mulia merupakan salah satu investasi yang aman secara kestabilan harga dan nilai yang terkandung.

 

Sejarah Singkat Emas

Emas merupakan logam mulia yang menjadi salah satu alat pembayaran atau pertukaran tertua di dunia. Koin emas diketahui telah digunakan sejak tahun 700 SM dan masih berlanjut hingga kini seperti di negara Arab Saudi.

Sistem standar emas mulai diterapkan sebagai acuan menentukan nilai mata uang sebuah negara sejak tahun 1821. Pemerintah Inggris yang menerapkan pertama kali untuk menentukan nilai Poundsterling.

Kemudian diikuti oleh beberapa negara Eropa seperti Jerman dan Perancis dan lalu oleh Amerika Serikat, dan berakhir pada masa Perang Dunia II.

Menurut Aristotle, ada lima alasan emas merupakan uang terbaik pada empat dekade terakhir, yaitu:

  1. Nyaman untuk digunakan, dibawa, dan disimpan.
  1. Memiliki nilai intrinsik yang jelas.
  1. Konsisten/dapat diukur dengan konsisten
  1. Memiliki daya tahan yang tinggi
  1. Mampu dipecah tanpa mengurangi nilai

 

Sobat Finansialku bisa mengetahui sejarah emas lebih lengkap dalam artikel ini

Fakta dan Sejarah Emas, Kenalan Yuk Sama Logam Satu Ini!

 

Emas Di Masa Kini Sebagai Investasi

Di masa sekarang, kira-kira bagaimana perkembangan nilai emas, terutama di Indonesia? Yuk, kita lihat grafik perkembangan harga emas di Indonesia selama 10 tahun terakhir.

10 tahun harga emas

Harga Emas 10 Tahun Terakhir. Sumber: goldprice.org

 

Dari grafik di atas, bisa kita lihat bahwa selama periode 2012 hingga 2019, harga emas per gram stabil di kisaran Rp 500.000 hingga Rp 600.000.

Barulah pada tahun 2020, harga emas melonjak tinggi hingga kisaran Rp 950.000, bahkan sempat menyentuh harga Rp 1.000.000 pada perdagangannya.

Kenaikan harga emas per gram yang drastis ini terjadi pada masa awal pandemi Covid-19. Pada masa itu, ketika para investor merasa kondisi dunia investasi menjadi tidak pasti arahnya, mereka mengamankan banyak dana mereka dalam bentuk emas.

Karena demand yang besar tersebut, maka harga emas naik tinggi dalam waktu yang singkat. Hal ini terjadi karena emas merupakan investasi yang masuk kategori safe haven di masa krisis atau kondisi yang tidak menentu.

Untuk mendapatkan informasi seputar harga emas terkini, kamu bisa download ebook berikut ini.

Ebook GRATIS, Panduan BERINVESTASI EMAS Untuk PEMULA

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Kenapa Emas Masuk Kategori Safe Haven?

Berikut ini beberapa faktor yang menjadikan emas sebagai safe haven.

 

#1 Nilai yang Stabil

Menurut Investopedia, safe haven adalah jenis investasi yang diharapkan nilainya bisa bertahan atau bertumbuh ketika terjadi goncangan pada pasar.

Pada saat terjadi goncangan tersebut, investor akan mencari instrumen investasi safe haven untuk menahan atau mengurangi kerugian dari nilai investasi mereka.

 

#2 Tidak Terpengaruh Suku Bunga

Emas sebagai komoditas yang tidak bisa dicetak seperti uang, nilainya tidak terpengaruh suku bunga, dan tidak bisa pudar. Sehingga, membuat nilainya lebih bisa bertahan menghadapi kondisi pasar yang tidak pasti atau mengalami penurunan yang tajam.

Hal ini yang menjadikan emas sebagai salah satu pilihan investasi safe haven oleh para investor.

 

#3 Cadangan Devisa Negara

Tidak hanya para investor, hal ini juga yang membuat banyak negara di dunia mencadangkan devisanya dalam bentuk emas. Jadi ketika terjadi sesuatu yang tidak pasti atau krisis ekonomi, negara masih memiliki aset dengan nilai yang stabil.

[Baca Juga: Inilah Alasan Mengapa Orang Suka Berinvestasi Emas]

 

Alasan Memiliki Investasi Emas Logam Mulia

Dari penjelasan saya di atas, Sobat Finansialku bisa mengambil beberapa hal positif jika ingin memiliki investasi di emas logam mulia.

  1. Emas sebagai komoditas dengan nilai yang stabil.

Bisa kita lihat dari grafik pergerakan harganya selama 10 tahun. Walau terjadi penurunan, secara trend jangka panjang harganya cenderung naik.

  1. Memiliki nilai tinggi.

Karena sifatnya yang tidak bisa dicetak kembali seperti uang, kelangkaan bahan dasarnya, dan tidak bisa pudar, membuat emas akan selalu memiliki nilai.

  1. Sebagai salah satu aset yang memiliki likuiditas tinggi.

Emas akan selalu punya nilai jika kita jual kapan pun, sehingga mudah untuk ditukarkan menjadi uang di saat darurat.

  1. Safe haven

Karena pergerakan harganya tidak sama dengan saham dan obligasi, maka akan lebih baik jika kita memiliki emas sebagai pengaman dari asset kita yang lain di saat terjadi krisis.

[Baca Juga: Mitos atau Fakta: Hindari Investasi Emas Di Gram Kecil]

 

Hal yang Perlu Diperhatikan

Walau emas termasuk salah satu investasi yang aman, ada beberapa hal yang perlu Sobat Finansialku perhatikan ketika ingin memiliki investasi di emas logam mulia.

 

#1 Tempat Penyimpanan

Emas logam mulia memerlukan tempat penyimpanan yang aman. Hal ini akan menambah biaya yang kamu keluarkan, seperti menyewa safe deposit box di bank atau mengasuransikan emas-emas tersebut.

Kamu juga bisa tonton video berikut ini supaya semakin jelas.

 

#2 Fleksibilitas

Walaupun mudah diuangkan, tetapi tidak fleksibel untuk menjual sesuai kebutuhan. Misalnya, kamu memiliki 10 gram emas dengan harga per gram Rp 850.000, maka nilai yang kamu miliki adalah Rp 8.500.000.

Jika kamu hanya membutuhkan dana sebanyak Rp 5.000.000, maka emas tersebut tetap harus dijual keseluruhannya. Sehingga, ada selisih nilai Rp 3.500.000 yang sudah menjadi uang cash dan tidak terpakai.

Hal ini bisa diatasi dengan memiliki pecahan emas dengan gram yang kecil dan variatif.

 

#3 Jangka Waktu

Jika kamu mengharapkan keuntungan yang tinggi, maka perlu jangka waktu yang lebih panjang untuk bisa mencapai keuntungan kenaikan nilai yang maksimal. Oleh karena itu sesuaikan tujuan kamu dengan jangka waktu yang diperlukan, sebelum berinvestasi emas.

 

Tips Memulai Investasi Emas Logam Mulia

Ada tiga tips yang bisa kamu ikuti Ketika ingin memulai investasi di emas logam mulia, yaitu:

 

#1 Apa tujuan dari memiliki emas sebagai pilihan investasi?

Tujuan selalu menjadi landasan yang tepat dalam menentukan investasi yang di pilih. Emas logam mulia cocok untuk tujuan jangka panjang dan untuk mengamankan aset di saat menghadapi krisis atau kondisi darurat.

 

#2 Seberapa banyak emas yang dimiliki bisa dikatakan investasi yang baik?

Sebenarnya tidak ada nilai yang pasti untuk menghitung seberapa baik investasi, selain kamu sendiri yang bisa menyesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan.

Karena, kebanyakan investor memilih emas sebagai diversifikasi aset dari semua portofolio yang dimiliki. Rule of thumb yang bisa disarankan adalah 10% dari aset mereka ada dalam bentuk emas. Tapi, disarankan tetap selalu mereviu portofolio secara periodik.

 

#3 Kapan waktu yang tepat untuk invest Emas?

Emas sebaiknya dibeli secara bertahap. Disarankan juga membeli jumlah (gram) yang kecil untuk mengatasi fluktuasi harganya dan memudahkan ketika ingin menjual dalam jumlah tertentu.

 

Kesimpulan

Dari beberapa fakta di atas, bisa disimpulkan bahwa memang benar emas logam mulia sebagai salah satu investasi yang aman. Aman secara kestabilan harga dan nilai yang terkandung.

Di sisi lain, emas sangat cocok jika digunakan sebagai diversifikasi aset yang bisa menjaga nilai portofolio secara keseluruhan pada saat terjadi krisis.

So, sesuaikan jenis investasi dengan tujuan dan kondisi keuangan kamu saat ini. Terbawa trend hanya akan membuat kamu mengambil jalan yang belum tentu sesuai dengan yang diharapkan dan diperlukan. Dan yang tidak kalah penting lagi adalah mari kita berinvestasi di instrumen yang kita pahami.

Untuk bisa terus memahami jenis investasi dan mengatur keuangan dengan baik, Sobat bisa memanfaatkan Aplikasi Finansialku dan berinteraksi langsung dengan Perencana Keuangan Finansialku.

Hubungi tim kami di menu Konsultasi Keuangan atau booking jadwal konsultasi melalui whatsapp ke nomor 085158662940. Selamat berinvestasi!

 

Jangan lupa bagikan informasi pada artikel ini kepada rekan, saudara atau teman terdekat kamu supaya mereka bisa lebih memahami investasi emas logam mulia. Jika kamu memiliki pertanyaan, silakan tulis pada kolom di bawah ini.

 

Editor: Ratna SH

Sumber Referensi:

  • Erla Zwingle. The Life Story of Gold. Craftsmanship.net – https://bit.ly/361dhUM
  • Shifa Nurhaliza. Kamis, 04 November 2021. Begini Sejarah Emas Sebagai Alat Pertukaran Zaman Dulu. idxchannel.com – https://bit.ly/3rByNru
  • Saturday, 8 February 2020. Sejarah Emas Sebagai Logam Mulia. anekalogam.co.id – https://bit.ly/3gwxsf5
  • James Chen. 30 Juni 2021. Reviewed by Gordon Scott Safe Haven. investopedia.com – https://bit.ly/3Jc8Swv
  • How To Invest In Gold For Begginers: The 7 Best Ways. fortunebuilders.com – https://bit.ly/337en00