Sebelum gegabah memulai investasi atau beli saham, ayo pelajari strateginya terlebih dulu, jangan ngasal, apalagi pakai uang pinjaman.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Beberapa Hal Ini Penting Diperhatikan Sebelum Berinvestasi

Berinvestasi dengan beli saham merupakan salah satu cara mengamankan keuangan, baik secara jangka menengah maupun jangka panjang.

Berinvestasi memang cukup menggiurkan, apalagi melalui cara ini Sobat Finansialku berpotensi dapat cuan. Tetapi, ada juga beberapa hal yang harus diperhatikan selain keuntungan.

Belum lama ini pasar keuangan dalam negeri sedang heboh karena ada investor menggunakan uang pinjaman online untuk beli saham.

Salah satu investor malah ada yang telah berutang kepada 10 aplikasi pinjaman online dengan nilai pinjaman mencapai Rp 170 juta dan menggunakan dana ini untuk membeli saham PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) sebanyak 500 lot.

Nah, sebelum gegabah memulai investasi atau beli saham, Sobat Finansialku lebih baik pelajari strategi dan hal-hal lainnya terlebih dulu, jangan ngasal, apalagi menggunakan uang pinjaman. Kenapa?

Salah satu Financial Planner Finansialku, Widya Yuliarti mengatakan untuk investasi jangan pernah menggunakan uang pinjaman, entah itu dari pinjol atau dari pinjaman lainnya.

Menurutnya, investasi yang baik hanya boleh menggunakan ‘uang dingin’ atau uang yang memang tidak akan digunakan dalam jangka waktu dekat terutama untuk investasi yang berisiko tinggi.

Berinvestasi menggunakan uang pinjaman online juga sangat tidak disarankan karena kondisi pasar saham selalu fluktuatif.

“Kita gatau pasar akan seperti apa dan juga biasanya bunga pinjol akan lebih besar daripada bunga investasi” ujar Widya.

Meski begitu, bukan berarti tak ada cara lain bagi para investor yang ingin beli saham tanpa punya modal banyak. Beberapa tips dari Widya berikut ini bisa juga jadi paduan untuk kamu.

  1. Ketahui keuangan kamu seperti apa, dan berada di posisi mana. Perlu diingat, tidak ada cara cepat kaya.
  2. Amankan keuangan kamu dengan memiliki dana darurat dan asuransi.
  3. Investasi itu jangan hanya memikirkan untungnya saja. Yang harus kamu perhatikan adalah ketika rugi, apa yang akan kamu lakukan, bagaimana strateginya.

 

Ebook GRATIS, Panduan BERINVESTASI SAHAM Untuk PEMULA

9 Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

 

Kamu dapat bagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalanmu yang membutuhkan melalui berbagai platform

Apabila ingin konsultasi mengenai perencanaan keuangan, kamu bisa menggunakan Aplikasi Finansialku yang sudah tersedia di Google Store dan Apps Store.

Semoga bermanfaat, terima kasih!

 

 

Sumber Referensi:

  • Monica Wareza. 18 Januari 2021. Oh No! Banyak Investasi Saham dari Utang Pinjol & Gadai BPKB. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/3qCwy3P

 

Sumber Gambar:

  • Investasi – https://bit.ly/3o2MRVS