Bagaimana cara merencanakan keuangan dengan menggunakan reksa dana? Berbagai tujuan keuangan Anda dapat dicapai dengan berinvestasi reksa dana. Mari kita bahas fungsi reksa dana untuk mencapai beragam tujuan keuangan Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Mencapai Tujuan Keuangan dengan Reksa Dana

Setiap orang memiliki tujuan keuangan masing-masing. Mulai dari ingin pergi berlibur, membeli mobil, rumah pribadi hingga ingin menyiapkan dana pendidikan anak hingga kuliah. Tujuan-tujuan keuangan tersebut dapat dikategorikan ke dalam tujuan keuangan jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang. Untuk mencapai tujuan tersebut Anda harus berusaha mengumpulkan dana. Salah satu cara untuk mencapai tujuan keuangan tersebut adalah dengan menggunakan reksa dana.

Kali ini kami akan membahas beberapa contoh penggunaan reksa dana untuk mencapai tujuan keuangan Anda:

Para Karyawan, 5 Tips untuk Mempersiapkan Diri Menjelang Pensiun - Finansialku

[Baca Juga: Benarkah Ada Reksa Dana yang Tidak Pernah Rugi?]

 

#1 Contoh Perencanaan Keuangan Liburan ke Luar Negeri

Liburan ke luar negeri dapat dimasukkan ke dalam kategori tujuan keuangan jangka pendek jika akan dijalankan dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun ke depan. Misalnya Pak Ronald memiliki seorang istri dan seorang anak. Keluarga Pak Ronald ingin pergi berlibur ke Singapura selama 3 hari 2 malam pada bulan Februari tahun 2018. Karena itu biaya yang dibutuhkan harus dipersiapkan dari sekarang. Pak Ronald memiliki waktu 12 bulan untuk mempersiapkan dana tersebut.

Berikut adalah rincian biaya yang diperlukan untuk berlibur ke Singapura:

Kebutuhan Harga Satuan (Rp) Harga Total (Rp)
Tiket Pesawat PP 1.000.000 3.000.000 (3 orang)
Hotel 1.000.000 2.000.000 (2 malam)
Biaya Paket Liburan 1.000.000 3.000.000 (3 orang)
Biaya Makan 500.000 1.500.000 (3 hari)
Dana Darurat 3.000.000 3.000.000
Asuransi Perjalanan 25.000 75.000 (3 orang)
TOTAL (Rp) 12.575.000

 

Dana yang dibutuhkan untuk berlibur dapat dipersiapkan selama 1 tahun, karena itu produk reksa dana yang ideal adalah reksa dana pasar uang. Reksa dana ini memiliki risiko yang relatif rendah. Biasanya produk investasi dengan risiko tinggi lebih sesuai jika digunakan untuk jangka panjang untuk mendapatkan keuntungan yang optimal. Fluktuasi dalam reksa dana pasar uang terbilang jauh lebih stabil daripada reksa dana lainnya yang berisiko lebih tinggi. Karena itu tidak masalah jika dana akan ditarik dalam jangka waktu pendek. Keuntungan dari reksa dana pasar uang memang umumnya tidak sebesar reksa dana lainnya. Tetapi dengan reksa dana pasar uang Anda akan merasa lebih aman untuk menyiapkan kebutuhan jangka pendek.

Investor Pemula, Kenali Profil Risiko Sebelum Membeli Reksa Dana 2 - Finansialku

[Baca Juga: Investor Pemula, Kenali Profil Risiko Sebelum Membeli Reksa Dana]

 

Setelah mengetahui besarnya dana yang dibutuhkan, Anda dapat mencari produk reksa dana pasar uang yang sesuai pilihan Anda. Kemudian perhitungkan berapa besar dana yang harus diinvestasikan dalam 1 tahun. Anda dapat menggunakan aplikasi Finansialku untuk menghitung dana investasi tersebut. Misalnya jika Anda ingin berinvestasi pada produk reksa dana pasar uang yang memberikan return 4%. Jangan lupa untuk memperhitungkan inflasi. Asumsikan angka inflasi adalah sebesar 4%, maka dana yang harus diinvestasikan setiap bulan adalah sebesar:

Ini Cara Merencanakan Keuangan dengan Menggunakan Reksa Dana 1 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Investasi Reksa Dana untuk Karyawan Kantoran?]

 

Maka dana yang harus diinvestasikan pada reksa dana pasar uang setiap bulan selama 12 bulan adalah sebesar Rp1.069.997.

 

#2 Contoh Perencanaan Keuangan Biaya Pendidikan Anak

Reksa dana juga dapat digunakan untuk menyiapkan dana pendidikan bagi anak Anda. Mari kita lihat contoh kasus berikut:

Pak Billy dan istrinya memiliki seorang anak bernama Toni. Saat ini Toni berusia 4 tahun. Pak Billy dan istrinya ingin mempersiapkan dana kuliah untuk Toni. Mereka ingin Toni dapat kuliah di sebuah universitas ternama di Indonesia pada usia 18 tahun. Biaya yang diperlukan mulai dari pendaftaran hingga Toni lulus kuliah nanti diperkirakan sebesar Rp 200 juta saat ini. Tetapi biaya pendidikan tersebut diprediksi akan naik sebesar 10% setiap tahunnya.

Untuk dana pendidikan, sebaiknya gunakan reksa dana yang sesuai dengan profil risiko Anda. Tetapi jika Anda memiliki profil risiko agresif sekalipun, Anda tidak disarankan untuk menginvestasikan 100% dari dana tersebut pada reksa dana saham. Mengapa? Karena dibutuhkan kepastian dalam dana pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu faktor penting yang menentukan masa depan anak. Tentu Anda tidak ingin mempertaruhkan masa depan anak pada ketidakpastian dalam pasar saham bukan? Karena itu ada baiknya gunakan produk reksa dana campuran. Reksa dana campuran mungkin secara umum tidak memberikan return setinggi reksa dana saham, tetapi reksa dana ini memberikan return yang lebih tinggi daripada reksa dana pasar uang dan reksa dana pendapatan tetap. Tetapi jika Anda memiliki profil risiko moderat atau bahkan konservatif, Anda dapat menggunakan reksa dana pendapatan tetap.

beli-reksa-dana-lebih-baik-langsung-lewat-bank-atau-online-1-finansialku

[Baca Juga: Beli Reksa Dana Lebih Baik Langsung, Lewat Bank atau Online?]

 

Dana pendidikan biasanya dapat dipersiapkan dari jauh-jauh hari. Misalnya dalam kasus Pak Billy, jangka waktu untuk mempersiapkan dana kuliah Toni adalah 14 tahun. Inilah alasan mengapa Anda dapat menggunakan reksa dana dengan risiko yang lebih tinggi daripada reksa dana pasar uang. Hanya saja portofolio investasi tetap diperlukan. Karena itu sebaiknya Anda tetap mendiversifikasi investasi reksa dana tersebut pada reksa dana pasar uang. Dengan begitu tetap ada landasan kepastian dalam persiapan dana pendidikan anak.

Mari kita lanjutkan pembahasan dana pendidikan Toni. Pak Billy memutuskan untuk menggunakan reksa dana campuran dan reksa dana pasar uang. Setelah diperhitungkan, return portofolio reksa dana Pak Billy adalah sebesar 10%. Karena itu dana yang harus diinvestasikan untuk dana kuliah Toni adalah:

Ini Cara Merencanakan Keuangan dengan Menggunakan Reksa Dana 2 - Finansialku

 [Baca Juga: Mau Melipatgandakan Uang? Pertimbangkan Investasi Reksa Dana!]

 

Maka dana yang harus diinvestasikan Pak Billy pada reksa dana campuran dan reksa dana pasar uang pilihannya adalah Rp2.070.379 setiap bulan selama 14 tahun.

 

Produk Reksa Dana yang Sesuai Kebutuhan

Masih ada banyak contoh tujuan keuangan lain yang dapat dipenuhi dengan menggunakan reksa dana. Hal yang terpenting adalah pertimbangkan jangka waktu pencapaian tujuan keuangan tersebut terhadap risiko dan keefektifan reksa dana yang dipilih. Ada sangat banyak produk reksa dana yang ditawarkan di pasar, karena itu Anda harus cermat memilih reksa dana mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Menurut Anda, apa keuntungan memiliki investasi reksa dana? Silakan beri jawaban dan pendapat Anda terkait pertanyaan keuntungan investasi reksa dana. Anda dapat menuliskannya pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Rudiyanto. 2015. Fit. Focus. Finish: Panduan Mencapai Kesuksesan Finansial Melalui Investasi Reksa Dana. Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo.

 

Sumber Gambar:

  • Asian Family – https://goo.gl/SwXfHh

 

Download E-Book Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula (GRATIS)

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

 

Download Sekarang