Bagaimana cara untuk pindah Faskes (fasilitas kesehatan) BPJS? Apa saja hal-hal yang harus dipersiapkan? Sebelum Anda bertindak lebih lanjut, ada baiknya Anda untuk membaca artikel ini terlebih dahulu.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Apa yang Dimaksud Faskes?

Bagi Anda peserta BPJS Kesehatan, maka Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan Fasilitas Kesehatan (Faskes), terutama Faskes 1, mengingat semua kegiatan pengobatan yang Anda lakukan dengan menggunakan fasilitas BPJS Kesehatan akan di mulai dari titik ini. Faskes 1 adalah titik pertama di mana Anda bisa mendapatkan penanganan kesehatan dengan menggunakan layanan BPJS Kesehatan, dimana fasilitas ini terdiri dari: puskesmas, klinik, atau dokter umum (dokter keluarga). Pada dasarnya, pemilihan Faskes I ini akan Anda lakukan sendiri, sehingga Anda bisa memilih Faskes yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan anggota keluarga lainnya.

Ketika Anda membutuhkan penanganan kesehatan, maka Anda wajib mendatangi Faskes 1 (kecuali dalam kondisi darurat, Anda bisa langsung menuju Faskes 2 tanpa menggunakan proses rujukan). Jika Anda membutuhkan penanganan lanjutan, maka Faskes 1 akan merujuk Anda ke Faskes 2. Inilah gambaran sistem yang digunakan di dalam layanan BPJS kesehatan, yakni sistem rujukan berjenjang.

lebih-pilih-bpjs-kesehatan-kantor-atau-bpjs-kesehatan-perorangan-1-finansialku

[Baca Juga: Lebih Pilih BPJS Kesehatan Kantor atau BPJS Kesehatan Perorangan?]

 

Begitu pentingnya Faskes 1, sehingga Anda harus memilih yang paling tepat dan memadai bagi kebutuhan kesehatan Anda. Hal ini patut Anda cermati sejak awal, sebab pemilihan Faskes 1 ini akan dilakukan bersamaan dengan proses pendaftaran Anda sebagai peserta BPJS Kesehatan. Cari tahu dan pilih Faskes 1 yang bisa memenuhi semua kebutuhan kesehatan Anda dengan baik, terutama jika Anda membutuhkan pelayanan khusus, seperti: dokter anak atau dokter kandungan yang tidak selalu ada di setiap puskesmas. Ada baiknya Anda mencari dan memilih terlebih dahulu Faskes 1 Anda, sebelum Anda melakukan pendaftaran sebagai peserta BPJS Kesehatan.

 

Bisakah Faskes 1 Diganti?

Meskipun Anda telah memilih Faskes 1 dengan teliti, namun selalu saja ada kemungkinan penyebab / alasan mengapa Anda ingin mengganti Faskes 1 Anda. Hal ini bisa saja dilakukan, namun hanya satu kali saja bagi setiap peserta. Untuk itu, sangat penting bagi Anda, memilih Faskes pengganti terbaik dan yang paling tepat, yang bisa memenuhi semua kebutuhan layanan kesehatan Anda. Kelak Anda tidak bisa menganti kembali Faskes 1 Anda, jadi selalu pastikan, Anda memilih Faskes pengganti yang paling tepat sejak awal.

bagaimana-cara-cek-tagihan-bpjs-kesehatan-finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan yang Paling Mudah?]

 

Apa Syarat untuk Mengganti Faskes 1?

Jika Anda ingin mengganti Faskes 1 Anda, maka Anda wajib memenuhi beberapa persyaratan berikut ini:

  • Minimal telah menggunakan Faskes 1 sebelumnya selama 3 bulan. Artinya, Anda sudah harus menjadi peserta BPJS Kesehatan minimal selama 3 bulan ke belakang.
  • Kartu peserta BPJS (asli), beserta kartu peserta seluruh anggota keluarga lainnya yang menjadi peserta BPJS.
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli.
  • Kartu Keluarga (KK) asli.

Di Mana Proses Penggantian Faskes Dilakukan? Bisakah Dilakukan Secara Online?

Berbeda dengan proses pendaftaran peserta BPJS yang dapat dilakukan secara online, proses penggantian Faskes ini tidak bisa dilakukan secara online. Anda harus mendatangi kantor BPJS terdekat yang berada di lokasi Anda dan melakukan penggantian Faskes ini secara manual di sana. Anda akan dilayani oleh petugas BPJS Kesehatan dengan baik, sehingga proses penggantian Faskes Anda bisa selesai dengan cepat. Padatnya jumlah peserta yang selalu mendatangi kantor BPJS patut menjadi perhatian khusus bagi Anda, sebab bisa saja Anda mengantri cukup lama untuk bisa mendapatkan pelayanan ini. Antisipasi hal tersebut dengan baik sejak awal, misalnya dengan datang lebih awal.

teman-teman-apakah-sudah-tahu-layanan-bpjs-kesehatan-finansialku

[Baca Juga: Teman-Teman, Apakah Sudah Tahu Layanan BPJS Kesehatan?]

 

Bagaimana Cara atau Prosedur Penggantian Faskes 1 di Kantor BPJS?

Penting bagi Anda untuk memilih Faskes pengganti yang paling tepat, mengingat penggantian ini hanya bisa dilakukan satu kali saja oleh setiap peserta BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan memang tidak memberikan kesempatan untuk mengganti Faskes 1 secara berulang, mengingat mereka juga membutuhkan proses yang panjang untuk memperbaharui data Anda selaku peserta.

Untuk melakukan penggantian Faskes 1, Anda harus mendatangi kantor BPJS Kesehatan dan mengisi formulir penggantian Faskes yang telah tersedia di sana. Jika Anda ingin lebih praktis dan tidak membuang waktu, maka Anda bisa mengunduh secara online dan mengisi formulir tersebut di rumah, sehingga Anda hanya perlu mengantri saja. Anda harus mengantri di bagian perubahan data, sebab pengantian Faskes Anda akan diproses di sana. Jangan lupa untuk membawa serta semua persyaratan yang dibutuhkan untuk proses penggantian ini, sehingga semua urusan Anda di kantor BPJS bisa berjalan dengan baik dan lancar.

 

Apakah Proses ini akan Membutuhkan Waktu yang Lama?

Pada dasarnya proses penggantian Faskes ini tidak akan berlangsung lama, terutama jika Anda memang telah mengisi formulir dan juga membawa serta semua persyaratan yang akan dibutuhkan. Biasanya, antrian peserta yang juga membutuhkan pelayanan yang sama di kantor BPJS lah yang akan membuat urusan Anda menjadi jauh lebih lama, sebab hingga saat ini antrian ini masih saja menjadi tantangan tersendiri ketika mengurus sesuatu di kantor BPJS Kesehatan.

sudah-tahu-kelebihan-dan-kekurangan-bpjs-kesehatan-jangan-lupa-beli-ya-finansialku

[Baca Juga: Sudah Tahu Kelebihan dan Kekurangan BPJS Kesehatan? Jangan Lupa Beli Ya]

 

Persiapkan dengan Baik Sejak Awal

Sebelum mendatangi kantor BPJS Kesehatan, selalu upayakan untuk memilih Faskes pengganti yang paling tepat. Bawa semua persyaratan yang dibutuhkan, sehingga proses penggantian Faskes Anda bisa berjalan lancar dan cepat. Pilih waktu yang tepat untuk melakukan penggantian ini, agar Anda tidak berhadapan dengan antrian panjang di kantor BPJS yang Anda tuju nanti.

 

Menurut Anda, apa saja kesulitan dalam berpindah dari Faskes 1 ke Faskes yang lainnya? Anda dapat memberikan tanggapan pada kolom yang tersedia di bawah ini. Jangan lupa untuk membagikan informasi ini kepada teman atau keluarga terdekat Anda agar mereka mengetahui informasi yang berguna ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • PanduanBPJS.com. 26 April 2016. Inilah Petunjuk Bagi Peserta yang Ingin Pindah Faskes (FKTP). https://goo.gl/F84fVP
  • Yoga Prasetya. 1 Maret 2016. Apakah Bisa Pindah Faskes BPJS Secara Online? https://goo.gl/mzs1xw

 

Sumber Gambar:

  • BPJS Kesehatan – https://goo.gl/gzZdsv

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang