Mitra bisnis adalah salah satu faktor yang menentukan keberhasilan dan kesuksesan para pebisnis. Mau tahu tipe mitra bisnis yang seharusnya Anda cari?

Simak artikel berikut ini dan mulailah pencarian tipe mitra bisnis tersebut yang dapat membuat bisnis Anda semakin lancar! Selamat membaca!

 

Rubrik FinansialkuRubrik Finansialku Start It Up

 

Seperti Apakah Mitra Bisnis Anda?

Menurut buku The Founder’s Dilemma yang ditulis oleh Noam Wasserman, seorang profesor di Harvard Business School yang mempelajari hampir 10.000 pendiri bisnis, kemitraan bisnis dapat membawa Anda pada kemenangan, kejayaan atau bahkan dilema yang parah yakni sebuah bencana.

Idealnya, para mitra memberikan sumbangsih melalui beragam keterampilan dan bakat yang mereka miliki untuk kerja sama bisnis yang terjalin, serta memberikan rasa keutuhan yang tidak dapat dicapai oleh seorang mitra sendirian.

Namun, tanpa disadari kolaborasi dari setiap pengetahuan antar mitra belum tentu dapat sejalan dan satu tujuan. Tak jarang berujung pada konflik dan perpecahan.

Banyak perusahaan ikonik saat ini didirikan oleh kerja sama antara 2 hingga 3 orang. Dan investor lebih suka berinvestasi pada sebuah startup yang berbasis kerja sama tim.

Namun, menurut Wasserman, 65 persen startups berpotensi sangat tinggi untuk mengalami kegagalan sebagai akibat dari konflik di antara para co-founder.

Biasanya, kerja sama tim yang sukses terdiri dari beberapa orang yang pernah bekerja sama di masa lalu.

Sedangkan kerja sama antar mitra yang terjalin atas dasar anggota keluarga, biasanya malah berujung pada kemunduran bisnis dan menghasilkan dampak negatif dalam hubungan mereka.

Anggapan di atas memang tidak seutuhnya bisa menjadi dasar pemikiran yang absolut atau diterima sepenuhnya. Pengalaman di lapangan cenderung berbeda satu dengan yang lain.

Pisahkan laporan keuangan pribadi dan keuangan bisnis Anda! Pelajari kiat-kiatnya lewat Ebook Jurnal Keuangan Pribadi & Bisnis dari Finansialku yang dapat Anda unduh sekarang juga, gratis!

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Kenali Tipe Mitra Bisnis yang Membawa Kemajuan

Mari kenali tipe mitra bisnis Anda yang bisa membawa kemajuan bagi bisnis Anda sendiri.

 

#1 Kepercayaan

Kepercayaan berada pada daftar pertama dalam rentetan tipe mitra bisnis Anda. Hal ini bukan karena tanpa alasan yang kuat.

Intinya, apakah Anda mempercayai orang ini dengan rekening bank pribadi Anda? Jika jawabannya “tidak,” patut Anda pikirkan lagi.

Sebagai mitra, setiap rupiah yang Anda belanjakan secara proporsional dalam jalinan mitra bisnis akan memengaruhi buku tabungan pribadi Anda.

 

#2 Persahabatan

Jika mitra bisnis tersebut adalah teman yang baik, pastikan bahwa tujuan, nilai dan tanggung jawabnya selaras dengan Anda.

Jangan berasumsi hanya karena Anda berteman dengannya sejak lama. Lihatlah kehidupan pribadi mereka dan seberapa stabilnya kehidupan mereka.

Jika mitra bisnis Anda adalah teman atau sahabat Anda sendiri, jangan biarkan masalah pribadi mempersulit kerja sama bisnis Anda secara profesional meskipun ini adalah salah satu tantangan terbesar yang bisa dihadapi.

Mau Buka Bisnis? Ini Dia Tipe Mitra Bisnis 1 Finansialku

[Baca Juga: Gunakan Facebook Sebagai Salah Satu Cara Mengembangkan Bisnis E-Commerce]

 

#3 Cukup Berpengalaman di Bidangnya

Pilih mitra yang memiliki pengalaman di tempat kerja, di lembaga nonprofit atau sebuah perusahaan. Anda harus tahu apakah mereka pemain yang baik dalam kerja sama tim dan seperti apakah reaksi mereka dalam situasi sulit.

Jika Anda tidak memiliki pengalaman dengan calon mitra sama sekali, lakukan uji coba untuk jangka waktu tertentu sebelum masuk dalam kemitraan yang lebih serius.

Rekomendasi dari orang-orang yang Anda kenal sangat diperlukan untuk mengenal kinerja calon mitra Anda.

 

#4 Melengkapi Kekuatan

Pastikan Anda dan kekuatan mitra Anda berada di area yang berbeda.

Jika Anda memiliki dua orang yang pandai dalam penjualan dan tidak ada orang yang pandai mengeksekusi pada tingkat operasional, itu akan lebih menyulitkan Anda.

Miliki partner yang memiliki kekuatan yang berbeda dengan Anda, dengan demikian Anda akan saling bekerja sama dan saling menguntungkan.

 

#5 Tanggung Jawab yang Seimbang

Kedua belah pihak harus menyepakati apa tanggung jawab mereka di perusahaan dan menaatinya. Jika satu orang terus berusaha mengambil alih dan melakukan semuanya atau memiliki tanggung jawab sangat sedikit, maka kerja sama kemitraan tidak akan berlangsung lama.

10-Kiat-Sukses-Berbisnis-Dengan-Teman-1-Finansialku

[Baca Juga: Ilustrasi: Cerita Orang Sukses, Kaya dari Masalah Orang Lain dan Jadi Solusi untuk Orang Lain]

 

#6 Uang

Sama seperti dalam pernikahan, uang selalu menjadi salah satu masalah utama dalam kemitraan bisnis. Karena itu, setujui sejak awal bagaimana Anda akan menggunakan pendanaan yang Anda kumpulkan dan bagaimana laba akan didistribusikan.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Strategi Pencarian Mitra Bisnis

Mari simak strategi dalam pencarian mitra bisnis yang bisa membawa bisnis Anda pada tingkat yang lebih tinggi berikut ini melalui penalaran dari seorang mediator dan pelatih mediasi yang mengkhususkan diri dalam manajemen konflik tempat kerja dan keluarga, Elinor Robin, PhD.

 

#1 Temukan Mitra yang Benar-benar Anda Sukai dan Percayai

Kemitraan yang berjalan secara kontinu dan selaras sangat sulit didapatkan. Ini hanya didapatkan melalui pengalaman bekerja sama dan menjaga kepercayaan satu dengan yang lain. Kualitas ini sama artinya dengan mencari teman hidup.

 

#2 Temukan Mitra yang Mampu Berbagi Nilai dengan Anda

Kerja sama antar mitra yang berhasil pada umumnya saling menyetujui standar tentang apa yang diinginkan, tidak diinginkan, apa yang baik dan yang buruk. Nilai-nilai ini memandu tindakan, penilaian, dan pilihan mereka.

Nilai-nilai Anda membentuk identitas pribadi dan profesionalitas Anda sehingga mereka biasanya membawa muatan emosional yang kuat.

Mau Buka Bisnis? Ini Dia Tipe Mitra Bisnis 3 Finansialku

[Baca Juga: 24% Penyebab Perceraian di Indonesia adalah Masalah Keuangan Keluarga, Bagaimana Solusinya?]

 

Ketika nilai-nilai antar mitra selaras (misalnya mereka berbagi rasa komitmen terhadap keluarga, kemakmuran, ambisi, etos kerja, atau persuasi politik), mereka lebih cenderung membuat keputusan yang sama dan tetap bersatu.

 

#3 Temukan Mitra dengan Seperangkat Keterampilan dan Sifat-sifat Pelengkap

Mitra yang berhasil akan memiliki keahlian dan sifat (pelengkap) yang berbeda. Semakin luas jangkauan kemampuan mitra, semakin jelas pembagian kerja (dan kekuasaan) mereka.

Buku klasik Michael Gerber yang berjudul The E-Myth menjelaskan bahwa ada tiga peran kunci dalam setiap bisnis, yaitu pengusaha-visioner kreatif; manajer-administrator yang membawa perencanaan, ketertiban, dan prediktabilitas; dan teknisi-pengrajin.

Dengan bermitra, maka Anda bisa sekaligus saling melengkapi tiga fungsi tersebut.

 

#4 Temukan Mitra yang Memberi dan Menerima

Dalam kemitraan yang sukses, masing-masing mitra percaya bahwa imbalan mereka sama atau melebihi kontribusi mereka.

Dalam sebuah hubungan, tentu akan ada suatu timbal balik antara memberi dan menerima. Tidak selamanya seseorang akan selalu memberi dan juga sebaliknya.

10-Tips-Bisnis-Sukses-2-Finansialku

[Baca Juga: 12 Cara Menghindari Stress akibat Masalah Keuangan bagi Anda yang Single Parents]

 

Hubungan kemitraan pun demikian. Menjalin kemitraan dengan orang-orang yang menyadari hal ini, tentu mereka mengerti akan pentingnya keselarasan antara memberi dan menerima.

Tak selalu mengharapkan menerima tetapi sama-sama memberi yang terbaik dari usaha mereka masing-masing.

 

#5 Temukan Mitra yang Ingin Tumbuh dan Akan Mendukung Pertumbuhan Anda

Setiap individu secara konsisten pasti mengarah pada pertumbuhan melalui proses perubahan yang terjadi.

Tak selamanya perubahan itu mengarah pada hal-hal yang destruktif, demikian sebaliknya.

Mitra yang berhasil merangkul perubahan dan pertumbuhan, mengetahui bahwa sikap ini menguntungkan mereka baik secara individu maupun sebagai tim.

 

#6 Temukan Mitra yang Bersedia Terlibat dalam Manajemen Konflik Proaktif

Dalam sebuah hubungan konektivitas, bersaing dan menghindari masalah bukanlah strategi manajemen konflik yang efektif.

Menghindari konflik tidak selalu menjadi jalan keluar yang disarankan. Sebaliknya, mitra yang sukses akan menggunakan pendekatan proaktif dan strategis untuk manajemen konflik seperti akomodasi, kompromi, dan kolaborasi untuk menyelesaikan perbedaan di antara mereka secara profesional.

 

#7 Temukan Mitra yang Dapat Berbagi Visi dengan Anda

Visi mencerminkan keinginan organisasi untuk masa depan. Ketika mitra memiliki visi yang berbeda, mereka dapat dengan mudah menjadi putus asa, kewalahan, dan tak terhubung lagi.

Untuk menciptakan dan memperoleh manfaat dari visi dan tujuan bersama, empat hal ini diperlukan, antara lain: menciptakan visi mula-mula, menerjemahkan visi tersebut menjadi serangkaian tindakan, mengartikulasikan dan mendistribusikan visi kepada orang lain (tim) dan memegang teguh esensi visi ketika realitas merubah rencana mula-mula.

 

#8 Temukan Mitra yang Siap Bertempur hingga Akhir

Kerja sama bisnis tak jarang berakhir di tengah jalan. Rencana awal yang telah ditetapkan bersama bisa padam dan semangat kerja sama yang telah dipupuk hilang begitu saja.

Mitra bisnis yang siap bertempur hingga akhir masa perjuangan harus dipertahankan.  

Jika pada kenyataannya jalinan mitra bisnis harus berakhir, masa-masa ini sudah dibayangkan sebelumnya dan menjadi bahan pemikiran pada awal kerja sama sehingga pemutusan kerja sama tetap berjalan tanpa adanya konflik yang berarti di masa mendatang.

 

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Mobil - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Mitra Bisnis = Keuntungan Bisnis

Mengapa semua ini sangat penting? Karena bisnis yang hebat dapat rusak parah oleh kemitraan yang buruk dan tidak pernah mencapai potensi penuhnya.

Memulai bisnis dan menjalin kemitraan adalah pengalaman emosional.

Dengan memiliki mitra bisnis yang selaras maka akan membawa keuntungan bagi bisnis yang sedang Anda jalankan.

 

Anda dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan.

Apabila Anda memiliki kesulitan dalam perencanaan keuangan, Anda dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku yang siap membantu Anda.

Jika Anda memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Entrepreneurs’ Organization. 5 Ways to Find the Right Business Partner. Inc.com – https://goo.gl/mQXdzu
  • Pamela Wasley. 20 Mei 2016. 8 Critical Considerations for Choosing the Right Business Partner. Entrepreneur.com – https://goo.gl/h9S2aM
  • Elinor Robin. 23 Oktober 2014. 8 Strategies To Find The Perfect Business Partner. Forbes.com – https://goo.gl/g1TV2u

 

Sumber Gambar:

  • Mitra Bisnis – https://goo.gl/CjsQK3
  • Mitra Bisnis 2 – https://goo.gl/RwzA9F
  • Mitra Bisnis 3 – https://goo.gl/Zukhh6
Summary
Mau Buka Bisnis? Ini Dia Tipe Mitra Bisnis yang Harus Anda Cari!
Article Name
Mau Buka Bisnis? Ini Dia Tipe Mitra Bisnis yang Harus Anda Cari!
Description
Mitra bisnis adalah salah satu faktor yang menentukan keberhasilan dan kesuskesan para pebisnis. Mau tahu tipe mitra bisnis yang seharusnya Anda cari?
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo