Apa perbedaan komisi dan bonus? Lalu, apa yang dimaksud dengan komisi? Apa yang dimaksud dengan bonus? Ini penjelasannya!

Ketahui informasi selengkapnya di artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Perbedaan Komisi dan Bonus

Sobat Finansialku yang menjadi sales junior atau yang berminat untuk menjadi seorang sales, mungkin masih bingung untuk mengetahui perbedaan komisi dan bonus yang memang sangat tipis.

Nah, agar tidak terus tertukar, mari cari tahu perbedaan komisi dan bonus melalui artikel ini.

 

Pertama, apa yang dimaksud dengan komisi?

Uang komisi adalah hal yang dibayarkan pihak perusahaan untuk seseorang apabila melakukan penjualan yang melebihi standar.

Sementara bonus, adalah insentif, atau uang dimana semua orang di perusahaan tersebut akan dapatkan berdasarkan hasil yang dicapai perusahaan.

Uang bonus, didapatkan tanpa memperhitungkan upah seseorang. Misalnya, bonus akhir tahun, atau bonus ketika perusahaan mencapai satu target tertentu, yang kemudian sekian persennya dibagi rata kepada semua karyawan di dalam perusahaan.

Jadi, indikator yang membedakan antara komisi dengan bonus, yaitu kalau bonus diberikan dari perusahaan untuk karyawan, sementara komisi yaitu ‘hadiah’ kepada karyawan karena telah mencapai satu hal yang menguntungkan perusahaan.

Contoh komisi adalah, ketika Sobat Finansialku sebagai sales, bisa mendapatkan konsumen dengan jumlah lebih banyak dari target yang ditetapkan.

Misalnya, dalam satu bulan, Sobat Finansialku diberikan target untuk mendapatkan konsumen baru sebanyak 5 orang. Tapi, karena kinerja yang bagus, akhirnya Sobat Finansialku mendapatkan konsumen sebanyak 7 orang.

Artinya, Sobat Finansialku telah melampaui target, ‘kan? Dan untuk memberikan apresiasi, perusahaan akhirnya memberikan uang komisi dengan jumlah tertentu untuk Sobat Finansialku.

Banyak Sales Belum Tahu, Ini Perbedaan Komisi dan Bonus! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pelajari Mental Sales dan Cara Membuat Konsumen Jatuh Cinta]

 

Kemudian, pertanyaan yang selanjutnya terlintas di kepala mungkin seputar, bagaimana caranya mendapatkan komisi?

Saya yakin, untuk pertanyaan ini, Sobat Finansialku juga pasti sudah mengetahui jawabannya. Ya, tentunya dengan do extra miles. Ini jawaban yang sudah pasti.

Untuk mendapatkan komisi, Sobat Finansialku tentu tidak bisa melakukan pekerjaan hanya sekadar rata-rata. Kita harus melakukan lebih dari rata-rata.

 

Nah, agar lebih terstruktur, lebih baik Sobat Finansialku tentukan misi dan jalankan misinya terlebih dahulu.

Misalnya, selama bekerja sebagai seorang sales, Sobat Finansialku punya misi apa?

Misalnya, melakukan sesuatu yang memiliki impact untuk banyak orang, seperti mengedukasi hal terkait produk atau jasa yang Sobat Finansialku tawarkan.

Di awal, jangan terlalu terfokus pada uang, tapi fokuslah pada memberikan kebutuhan yang diperlukan oleh target audiens.

Karena, kalau Sobat Finansialku sudah berfokus pada penjualan atau uang sejak awal, saya yakin, calon konsumen juga akan menyadarinya dan lama-lama akan berpaling, karena konsumen tahu mana yang tulus, mana yang modus.

 

Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala KARYAWAN

Download Sekarang, GRATISSS!!!

4 Ebook Panduan Sukses Mengatur Gaji Ala Karyawan

 

Cara Menghitung Komisi

Bicara soal perhitungan bonus atau komisi sebenarnya kembali lagi pada Sobat Finansialku.

Sobat Finansialku bisa mempertimbangkan jenis produknya, pemasarannya seperti apa, hingga level jabatan saat ini.

Setiap perusahaan juga pasti punya ketentuan yang berbeda-beda dalam mengatur komisi untuk karyawan.

Tapi, apapun ketentuannya, Sobat Finansialku tentu harus punya kemampuan mengelola keuangan, agar ketika nanti mendapatkan komisi, kita bisa mengelolanya dengan baik dan tidak bersikap impulsif.

Lalu, apa pertama yang harus dilakukan? Bukan mulai menabung, tapi mulailah dengan melakukan pemeriksaan kondisi keuangan secara keseluruhan, atau Financial Check Up.

Sobat Finansialku bisa melakukan Financial Check Up sendiri dengan mudah lewat Aplikasi Finansialku di Google Play Store atau pun Apple Apps Store.

Download Aplikasi Finansialku Sekarang!!

Download Aplikasi Finansialku

 

Di aplikasi Finansialku, selain melakukan financial check up, Sobat Finansialku juga bisa mengelola keuangan, seperti mencatat keuangan, mengatur anggaran bulanan, sampai konsultasi eksklusif dengan saya secara empat mata di mana pun dan kapan pun!

Untuk bisa menikmati semuanya, Sobat Finansialku cuma perlu berlangganan akun premium Rp 350 ribu untuk 365 hari alias satu tahun penuh, lho!

Jadi, sambil merealisasikan misi dan mengejar komisi, mari temui saya dan lakukan konsultasi, yuk!

 

 

Itu dia perbedaan komisi dan bonus yang harus diketahui oleh para sales dan calon sales. Apakah Sobat Finansialku punya pertanyaan terkait hal ini? Yuk, sampaikan di kolom komentar!

Jangan lupa juga untuk bagikan informasi ini pada teman-teman sales lainnya agar mereka mengerti, ya. Terima kasih!

 

Sumber Gambar:

  • Perbedaan Komisi dan Bonus 01 – https://bit.ly/3rUY3XQ
  • Perbedaan Komisi dan Bonus 02 – https://bit.ly/2L6gkRp