Inilah beberapa ide bisnis online di tahun 2017 yang dapat Anda coba lakukan. Ide bisnis ini berkembang sesuai dengan kecanggihan teknologi. Pada artikel ini, Finansialku akan memberikan beberapa contoh ide bisnis dengan modal yang murah dan cara yang praktis.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Bisnis Online

Bisnis online adalah suatu jenis usaha yang dilakukan lewat online atau dengan kata lain menggunakan internet dan dibantu oleh perangkat baik berupa komputer ataupun telepon genggam. Bisnis online biasanya tidak memerlukan modal yang tinggi serta tidak membutuhkan suatu lahan untuk berbisnis.

Mayoritas aspek bisnis ini dapat dilakukan secara online sehingga dapat menekan modal awal yang dibutuhkan. Karena cukup mudah, bisnis online mulai diincar oleh banyak orang. Layaknya seluruh jenis bisnis, pasti ada saja bisnis yang sedang ramai, atau kebalikannya.

Inilah Beberapa Ide Bisnis Online di Tahun 2017 02 - Finansialku

[Baca Juga: Hai Pemilik Bisnis Online, Begini Cara Mengatur Keuangan Anda Agar Tidak Berantakan]

 

Peluang Bisnis Online di Tahun 2017

Di tahun 2017 ini, terdapat beberapa contoh bisnis online yang dapat Anda lakukan seperti berikut ini:

 

#1 Bisnis Pengetikan Online

Bisnis ini banyak dibutuhkan oleh mahasiswa hingga perusahaan besar yang tidak mempunyai waktu atau sumber daya untuk mengetik dokumen atau semacamnya. Usaha ini dapat dijalankan dengan mudah, pertama Anda hanya perlu menggunakan internet atau media sosial sebagai media promosi. Sesuaikan target konsumen Anda dengan cara promosi agar sesuai dengan tujuan.

Kemudian, modal yang perlu Anda keluarkan adalah untuk membeli sarana pengetikan seperti komputer dan sambungan ke internet. Jika Anda memiliki modal lebih, Anda dapat membeli mesin pencetak atau scanner untuk memudahkan kerja Anda. Agar bisnis Anda dapat berjalan dengan baik, selalu utamakan kepuasan pelanggan dan berikan pelayanan yang maksimal.

 

#2 Bisnis Dropship

Dropshipper adalah julukan untuk seseorang yang melakukan dropshipping, suatu kegiatan pemenuhan permintaan dimana sebuah toko atau individu tidak mempunyai stok atas produk yang dijualnya, melainkan membeli produk tersebut dari partai ketiga dan partai ketiga akan mengirim langsung barang tersebut ke konsumen. Cara ini cocok untuk Anda yang gemar berdagang tetapi tidak mempunyai cukup modal.

pemilik-bisnis-online-sanksi-jika-tidak-mengikutsertakan-karyawan-dalam-bpjs-1-finansialku

[Baca Juga: Pemilik Bisnis Online, Sanksi Jika Tidak Mengikutsertakan Karyawan dalam BPJS]

 

Yang perlu Anda lakukan hanyalah memasarkan produk tersebut untuk mencari konsumen yang memiliki minat dan kemudian mengecek apakah partai ketiga (supplier) Anda masih memiliki stok atas barang tersebut. Anda pun mendapatkan untung melalui perjanjian Anda dengan supplier, baik berupa persentase penjualan atau selisih harga jual dan modal.

Misalnya Anda melakukan dropship atas sebuah baju dari Toko A, jika baju tersebut dijual dengan harga Rp150.000,- Anda dapat menjualnya dengan harga yang lebih tinggi misalnya Rp200.000,- dan Anda dapat melakukannya pada halaman media Anda, seakan-akan barang tersebut adalah milik Anda. Carilah supplier yang menyediakan fasilitas dropship sehingga Anda dapat mencoba berbisnis dengan modal minimal dan keuntungan maksimal.

 

#3 Bisnis Jual Pulsa Online

Apakah Anda pernah merasakan kesulitan jika harus mencari toko penjual pulsa? Jika pernah, maka Anda dapat menjadikan kendala tersebut sebagai ide bisnis Anda. Dengan modal awal Rp100 ribu hingga Rp300 ribu, Anda sudah dapat menjalankan bisnis menjual pulsa elektrik.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mendaftarkan diri sebagai agen jual pulsa elektrik melalui situs seperti Pulsa-Online.com, Venuspulsa.com atau Istanareload.com. Kemudian, Anda sudah dapat memulai menjual pulsa secara elektrik.

Untuk mendapatkan keuntungan dari berbisnis pulsa elektrik, janganlah mengambil keuntungan yang terlalu besar dan jangan memberikan kesempatan untuk orang lain berutang. Karena usaha tersebut termasuk jasa, Anda harus mengutamakan kepuasan pelanggan.

Apakah Karyawan Bisa Memiliki Pendapatan Pasif dengan Bisnis Online - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Apakah Karyawan Bisa Memiliki Pendapatan Pasif dengan Bisnis Online?]

 

#4 Bisnis Reseller

Bisnis reseller mempunyai sistem yang kurang lebih sama dengan sistem dropship, tetapi salah satu perbedaan mendasar di keduanya adalah reseller membutuhkan modal awal untuk membeli produk dari supplier dengan harga reseller (lebih murah dibandingkan langsung untuk konsumen) dan kemudian menjual kembali produk tersebut.

Karena harganya tidak tinggi, modal yang dibutuhkan oleh seorang reseller pun sebenarnya tidak terlalu banyak. Untuk pemasaran produk pun Anda dapat memanfaatkan internet dengan melalui media sosial atau mendaftarkan diri pada situs jual beli online.

Biasanya, pebisnis yang mempunyai strategi bisnis yang baik, akan mengganti atau memberikan merek atas barang jualan mereka. Metode ini dapat menghemat modal produksi dan sekaligus memberikan kesempatan agar bisnis dapat lebih bertumbuh.

 

#5 Bisnis Produk Makanan dan Minuman Online

Kebutuhan konsumsi merupakan kebutuhan primer untuk setiap manusia. Bahkan dengan meningkatnya gaya hidup masyarakat, mereka akan lebih gemar mencoba masakan unik dari berbagai daerah hingga makanan yang diadaptasi dari luar negeri. Mulai dari makanan ringan hingga makanan berat, bisnis online produk makanan dan minuman adalah salah satu bisnis yang produknya terlaris.

Bisnis online makanan dan minuman juga dapat berupa makanan yang telah dibungkus dalam kemasan satuan seperti yang dijual pada situs Elevenia.com atau Lazada.co.id. Selain itu, Anda pun dapat mencoba produk makanan dan minuman dengan jenis katering berbasis online seperti Kulina.id, Berrykitchen.com atau Etaiscatering.com.

12 Model Bisnis Online di Indonesia yang Menguntungkan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Model Bisnis Online Dropship, Affiliate atau Reseller, Mana yang Paling Untung?]

 

Disclaimer: Penyebutan merek pada artikel ini bukan untuk tujuan promosi, melainkan sebagai sarana edukasi kepada para pembaca. Finansialku tidak terafiliasi dengan merek-merek yang disebutkan.

 

Pelanggan adalah Raja

Apapun bisnis online yang Anda lakukan, fokuslah pada pembeli Anda. Kualitas pelayanan serta hubungan komunikasi dengan konsumen harus senantiasa dijaga sehingga pelanggan akan memilih Anda dibandingkan kompetitor lainnya. Produk yang dijual atau jasa yang ditawarkan oleh bisnis online untuk pelanggan pun harus dipastikan memuaskan.

 

Apakah Anda memiliki ide bisnis online lainnya yang belum disebutkan di atas? Pernahkah Anda mencoba bisnis online? Isilah kolom komentar di bawah ini dengan informasi dan pengalaman yang pernah Anda lalui sehingga semakin banyak orang yang dapat merasakan manfaat bisnis online untuk tunjangan keuangan.

 

Sumber Referensi:

  • Walter Pinem. 6 Ide Bisnis di Tahun 2017 yang Bisa Diaplikasikan di Pasar Online. Koinworks.com – https://goo.gl/bpB1Av
  • Info Peluang Usaha. Menjalankan Usaha Jasa Pengetikan Online. Infopeluangusaha.org – https://goo.gl/w4QRIW

 

Sumber Gambar:

  • Online Business – https://goo.gl/LwclSh dan https://goo.gl/BUA0Gs

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang