Sudah pertimbangkan Amartha untuk instrumen investasi P2P Lending Anda? Investasi sekaligus menjadi penyelamat perempuan mandiri Indonesia!

Ketahui selengkapnya soal Amartha di artikel Finansialku satu ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

P2P Lending

Di zaman yang sudah semakin maju dan modern ini, sudah ada berbagai macam instrumen investasi. Ada investasi saham, reksa dana, P2P (Peer to Peer) Lending, emas, forex, dan lain sebagainya.

Investasi yang tergolong lumayan baru dan ramai dibicarakan adalah investasi P2P (Peer to Peer) Lending

P2P Lending merupakan kegiatan pinjam meminjam antar perseorangan ataupun ke bisnis secara online.

Dalam instrumen investasi satu ini, kegiatan dilakukan secara online melalui platform website ataupun aplikasi dari berbagai perusahaan penyedia produk investasi satu ini.

P2P lending juga dapat dikatakan sebagai sistem yang mempertemukan pihak peminjam dengan pihak yang memberikan pinjaman.

Oleh karena itu, P2P Lending juga bisa disebut sebagai marketplace untuk kegiatan pinjam meminjam uang.

Tips Mengurangi Risiko P2P Lending Supaya Investasi Tetap Aman 02

[Baca Juga: Yuk! Kenalan dengan Investasi]

 

Pinjaman melalui lembaga keuangan resmi seperti bank, koperasi, jasa kredit, pemerintah dan lain sebagainya prosesnya jauh lebih kompleks.

Dengan begitu, masyarakat dapat mengajukan pinjaman yang didukung oleh orang-orang awam sesama pengguna sistem P2P Lending sebagai alternatif.

 

Peran pengguna P2P Lending

Dalam menggunakan P2P Lending terdapat peran yang Anda pilih. Anda bisa menjadi peminjam ataupun pemberi pinjaman. Berikut penjelasannya:

 

#1 Sebagai Peminjam

Sebagai peminjam, maka yang perlu Anda lakukan adalah mengunggah semua dokumen yang diperlukan untuk mengajukan pinjaman secara online.

Tidak perlu khawatir, proses ini relatif cepat sehingga tidak menyita banyak waktu Anda.

Beberapa dokumen yang diperlukan adalah laporan keuangan dalam jangka waktu tertentu, serta tujuan Anda mengajukan pinjaman tersebut.

Walaupun pengajuan pinjaman di P2P Lending tergolong mudah namun, belum tentu peminjaman Anda pasti disetujui, ya

Permohonan peminjaman Anda dapat diterima ataupun ditolak, tergantung dari beragam faktor yang dipertimbangkan.

Apabila permohonan Anda ditolak maka Anda harus memperbaiki segala hal yang menjadi alasan penolakan dari permohonan peminjaman Anda.

Tapi, apabila permohonan peminjaman Anda diterima maka suku bunga pinjaman akan diterapkan serta pengajuan pinjaman Anda akan dimasukkan ke dalam marketplace yang tersedia. Dengan begitu, maka semua pendana dapat melihat pengajuan pinjaman Anda.

 

#2 Sebagai Investor (Pemberi Pinjaman)

Sebagai investor atau pemberi pinjaman, nantinya Anda akan memiliki akses untuk dapat menelusuri berbagai data pengajuan pinjaman di dashboard yang sudah tersedia.

Tentunya Anda juga dapat melihat semua data tentang setiap pengajuan pinjaman.

Beberapa hal yang dapat Anda lihat dari peminjam adalah pendapatannya, riwayat keuangan, tujuan peminjaman (untuk bisnis, kesehatan, atau pendidikan) disertai dengan alasannya, dan informasi lainnya.

Pasti Untung Kalau Tahu Cara Kerja P2P Lending 00 - Finansialku

[Baca Juga: Produk Investasi Apa yang Cocok untuk Saya?]

 

Apabila Anda memutuskan untuk mendanai suatu pinjaman, maka Anda dapat langsung mendistribusikan sejumlah dana yang Anda miliki setelah melakukan deposit sesuai dengan tujuan investasi Anda.

Nantinya, peminjam akan mencicil dana pinjamannya setiap bulan. Sebagai investor atau pemberi pinjaman, Anda akan mendapatkan keuntungan berupa pokok dan bunga.

Untuk besaran bunga yang akan diperoleh tergantung dengan suku bunga pinjaman yang diinvestasikan.

 

Profil P2P Lending Amartha

Amartha berdiri sejak tahun 2010. Amartha merupakan pionir financial technology (fintech) Peer to Peer (P2P) Lending online di Indonesia.

P2P Lending ini merupakan alternatif investasi yang baik yang menghubungkan investor dengan pengusaha mikro pedesaan melalui pinjaman modal, memberikan keuntungan bersaing, serta dampak sosial.

Dengan melakukan investasi P2P lending di Amartha, Anda bisa memperoleh keuntungan hingga 15% per tahun serta cashflow mingguan. Sedangkan pembayaran angsuran bisa diambil kapanpun Anda mau.

Selain itu, Anda juga tidak perlu kuatir tentang keamanan dari Amartha. P2P Lending ini sudah memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Amartha juga menggunakan sistem pengelolaan risiko terintegrasi di lapangan, teknologi, serta jaminan pendanaan dengan asuransi.

Dengan begitu, Amartha memiliki tujuan untuk menciptakan kesejahteraan yang merata di Indonesia.

Dana yang disalurkan oleh para investor akan disalurkan kepada perempuan tangguh, pengusaha kecil dan mikro di pelosok pedesaan.

 

Beberapa Ulasan dari Pendana di Amartha

Untuk lebih meyakinkan, tentunya kita memerlukan testimoni dari para pengguna Amartha terutama para pendana atau investor. Berikut beberapa di antaranya!

Investasi Peer-To-Peer Lending di Amartha Gini Ulasannya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Andi Taufan Garuda Putra, CEO Amartha & Stafsus Presiden]

 

#1 Rudy

Ulasan pertama dari pendana ialah dari Rudy. Rudy adalah seorang pegawai swasta Jakarta.

Menurutnya ia memiliki value yang sama dengan Amartha di mana ia dapat membantu para ibu untuk berwirausaha agar bisa meningkatkan taraf hidup keluarganya.

Dari segi risiko, Amartha memiliki sistem tanggung renteng yang sangat bagus. Perusahaan Amartha juga jelas, terdaftar di OJK.

Rudy menyarankan bagi yang baru di P2P Lending agar menjadikan Amartha untuk portofolio investasi mereka.

Di Amartha, Anda bisa mendapatkan return yang lebih baik dan membantu orang.

 

#2 Sindy

Sindy adalah seorang content specialist. Ia pertama kali mengenal Amartha karena diperkenalkan oleh temannya.

Setelah itu, ia mempelajari Amartha. Bahkan ia sampai melakukan crosscheck dan datang langsung ke kantornya, lho!

Akhirnya, ia memilih Amartha untuk investasi pertamanya. Alasan ia memilih Amartha adalah yang pertama adalah kualitas dan tingkat risikonya yang terukur.

Selain itu, segmentasinya juga jelas tentang siapa yang meminjam dan dipinjam.

Ditambah lagi, ia juga bisa membantu perempuan di luar sana serta melatih keahlian financial planner nya dari muda.

Keuntungan yang diperoleh dari investasi di Amartha lebih tinggi 15-20% per tahun dibandingkan dengan platform konvensional lainnya.

Selain itu, walaupun ia baru di dunia investasi tapi ia merasa bahwa Amartha merupakan pilihan yang aman. Apalagi, platform Amartha ini dapat dipantau secara digital.

Yang membuat Amartha berbeda dengan yang lainnya adalah value Amartha yang selaras dengan valuenya yaitu woman empowerment.

Hal tersebut berkaitan tentang bagaimana fintech dapat menjadi media pinjaman modal untuk perempuan di pelosok pedesaan yang ingin mandiri khususnya secara finansial.

Ia memilih Amartha karena di Amartha ia dapat melakukan investasi namun juga memberikan dampak sosial.

Dengan melakukan investasi di Amartha, ia ikut turut berkontribusi untuk membantu perempuan di luar sana yang ingin mandiri secara finansial.

 

#3 Aji Setiawan

Aji Setiawan adalah seorang banker. Di usia mudanya ini, ia memilih berani berinvestasi di Amartha karena Amartha tidak hanya memberikan keuntungan tapi juga memberikan dampak sosial bagi sesama.

Menurutnya, Amartha sangat cocok buat Anda yang masih muda karena Amartha memberikan imbal hasil yang lebih tinggi serta tidak memerlukan modal yang relatif besar.

Ditambah lagi, Anda juga bisa memberikan dampak kepada ibu-ibu yang belum mendapatkan nafas keuangan.

 

#4 Vivi

Vivi adalah seorang Lead Economist for the World Bank’s Poverty Program in Indonesia.

Menurutnya, Amartha merupakan suatu terobosan untuk memperkenalkan teknologi ke ibu-ibu di desa-desa.

Dengan hal tersebut,  ibu-ibu di desa tersebut bisa mendapatkan micro lending P2P sehingga mereka dapat terbebas dari kemiskinan. Ia pikir apa yang dilakukan Amartha patut ditiru serta dikembangkan lebih lanjut.

Bahkan, masih banyak ruang untuk mengembangkannya lebih banyak sehingga lebih dari 27 ribu ibu-ibu yang berhasil ditolong oleh Amartha. Agar kedepannya lebih dari 2,5 juta orang dapat ditolong oleh Amartha juga.

 

#5 Bella

Bella adalah seorang professional banker. Yang memotivasi dirinya untuk melakukan investasi di Amartha yaitu ia membantu orang tapi tidak memanjakan orang juga. Selain itu, sistemnya juga sudah tertata dengan baik.

Selain itu, berdasarkan history Amartha, Non Performing Loans (NPLs) nya 0%. Produk investasi ini juga menggunakan sistem credit rating/ scoring.

Apalagi, Amartha dapat menjangkau ibu-ibu yang lokasinya tidak di kota besar dan tidak termasuk dalam bank risk appetite.

Produk investasi satu ini memberikannya kemudahan sebagai investor untuk bisa percaya karena sistemnya group lending yang menurutnya sangat lebih aman bagi investor.

Selain itu, adanya diversifikasi industri, Bahkan juga ada kelompok mingguan dengan field officers dari Amartha sehingga mereka dapat membina secara langsung untuk ibu-ibu atau peminjam-peminjam yang ada.

Amartha juga memberikan penyuluhan kepada para peminjam. Dengan begitu, mereka yang sebelumnya awam terhadap finansial sekarang bisa lebih mengerti dan bertanggung jawab terhadap kondisi keuangan mereka.

Sebagai seorang investor, hal tersebut membuat kepercayaannya meningkat jauh. Dengan berinvestasi di sini, ia merasa puas karena ia bisa membantu ibu-ibu di sebuah desa sehingga mereka bisa lebih mandiri baik secara finansial maupun kepribadian.

 

Melakukan Investasi P2P Lending di Amartha

Setelah mengetahui pengetahuan dasar tentang P2P Lending, serta penjelasan dan ulasan tentang Amartha secara spesifik maka tentunya Anda sudah semakin mengetahui tentang P2P Lending khususnya Amartha.

Dengan melakukan investasi di sini, Anda tidak hanya memperoleh keuntungan tetapi juga membantu untuk memberikan dampak sosial bagi sesama.

Oleh karena itu, Anda dapat mempertimbangkan untuk berinvestasi P2P lending di Amartha sebagai instrumen investasi sekaligus menjadi bermanfaat untuk sesama, lho!

Masih bingung dan ingin tahu lebih dalam soal instrumen investasi P2P Lending? Tenang, Anda hanya perlu menonton video dari Finansialku soal P2P Lending di bawah ini!

 

Jadi, apakah Anda tertarik berinvestasi dan memberikan dampak sosial melalui Amartha?

Silahkan berikan komentar dan pendapat Anda di kolom yang telah tersedia. Anda juga dapat membagikan artikel ini kepada rekan-rekan Anda sehingga semakin banyak orang yang bisa melakukan investasi sekaligus memberikan dampak sosial. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Amartha. Amartha.com – https://bit.ly/3dzkj2t
  • Walter P. Apa Itu Peer to Peer Lending (P2P Lending)? Cari Tahu Selengkapnya!. Koinworks.com – https://bit.ly/2wJ88PK

 

Sumber Gambar:

  • Pic 01 – https://bit.ly/34vXqbW