Moms, apa saja sih pilihan cerdas jenis investasi ibu milenial yang bisa membantu menambah pemasukan keluarga?

Ternyata, ada banyak ide investasi yang bisa dilakukan lho! Simak kupas tuntasnya dalam artikel Finansialku kali ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Investasi Ibu Milenial? Tentu Bisa

Berinvestasi merupakan salah satu yang dilakukan untuk mempersiapkan masa depan. Hal itu disebabkan karena Anda tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi.

Bisa saja ke depannya anak Anda akan semakin banyak dan biaya pendidikan semakin tinggi. Karena hal tersebut perlu melakukan investasi sedini mungkin.

Investasi yang bisa dipilih terutama oleh ibu rumah tangga di jaman milenial seperti saat ini dapat berupa investasi jangka panjang atau pun investasi jangka pendek.

Selain itu, sebisa mungkin memilih jenis investasi yang memiliki risiko sesuai dengan kemampuan Anda. Hal yang harus diingat adalah keuntungan yang Anda peroleh sebanding dengan risiko yang Anda terima.

Jadi, jika Anda mengambil investasi yang memiliki risiko tinggi maka keuntungan dan kerugian yang harus Anda terima juga akan semakin tinggi.

Selain itu, pilih penyedia investasi yang tepat dan terpercaya agar terbebas dari investasi bodong atau investasi palsu.

 

Pilihan Investasi Ibu Milenial

Sebagai ibu-ibu yang milenial dan sudah melek teknologi, sebelum Anda mengajukan atau memilih investasi maka Anda harus tahu pilihan instrumen investasi apa saja yang tepat untuk Anda.

Berikut ini merupakan pilihan instrumen investasi yang bisa Anda pertimbangkan.

 

#1 Deposito

Deposito ini merupakan salah satu investasi yang paling banyak dilirik terutama untuk orang yang kurang mengikuti perkembangan teknologi dan investasi.

Hal ini disebabkan karena deposito memiliki sistem yang sama sejak dahulu dan yang berbeda biasanya hanyalah bunga yang akan diterima.

Sistem yang dipergunakan untuk deposito tidak jauh berbeda dengan tabungan di bank.

Ternyata! Begini Caranya Investasi yang Menguntungkan untuk Ibu Rumah Tangga dan Wanita Millenial 3 Finansialku

[Baca Juga: Pebisnis Baru? 8+ Tips dan Strategi Mengembangkan Startup Di Tahun Pertama]

 

Bedanya hanyalah waktu pengambilan uang. Jika di tabungan Anda bisa mengambil uang kapanpun Anda mau, maka di deposito, Anda hanya bisa mengambil uang sesuai dengan jangka waktu yang ditentukan.

Anda tetap bisa mengambil uang sebelum jatuh tempo, namun ada beberapa risiko yang harus Anda tanggung, salah satunya adalah Anda tidak akan bisa mendapatkan bunga deposito sesuai dengan kesepakatan yang dilakukan di awal pembukaan rekening deposito.

 

#2 Emas

Logam mulia ini banyak dipilih oleh ibu-ibu baik sejak dahulu hingga saat ini. Salah satu alasannya adalah karena bisa dijual kapanpun saat butuh tanpa ada risiko seperti biaya penalty.

Paling apes adalah saat harga emas menurun ataupun emas lecet sehingga menyebabkan harga jual menjadi melemah.

Ini Dia 5 Pilihan Cerdas Jenis Investasi Ibu Milenial! 02

[Baca Juga: Temukan Cara Hebat untuk Menjadi Entrepreneur Kreatif dalam Mencapai Kesuksesan]

 

Emas dinilai sebagai salah satu aset investasi yang paling stabil. Jadi, misalnya Anda membeli saat ini dan dijual 1 tahun kedepan, harga emas tidak akan jauh berbeda jika dijual di kondisi yang masih bagus.

Jika dibandingkan antara emas batangan dan perhiasan, akan lebih menjanjikan jika membeli atau berinvestasi pada emas batangan, namun, sebagian besar ibu-ibu milenial lebih tertarik dengan emas perhiasan.

Selain bisa dijual kapan saja, emas perhiasan juga bisa digunakan kapanpun Anda mau untuk pelengkap fashion.

Apalagi saat ini sudah banyak tempat yang menyediakan emas untuk dibeli terutama jenis emas batangan yang semakin hari harganya semakin melambung tinggi.

Jika pun Anda membeli emas batangan dan kemudian Anda tidak yakin untuk menyimpannya sendiri di rumah, Anda bisa menitipkannya di tempat penitipan emas seperti di pegadaian.

 

#3 Reksa Dana

Jika Anda mencari investasi yang tingkat risiko dan keuntungannya dapat dipilih sesuai dengan risiko tersebut maka reksa dana pilihannya.

Investasi reksa dana pada dasarnya menggunakan uang yang terkumpul dari beberapa investor kemudian digunakan untuk berinvestasi sesuai dengan pilihan reksadana yang dipilih.

Keuangan atau uang yang terkumpul dari beberapa investor tersebut akan dikelola oleh manager keuangan. Nantinya, secara berkala terdapat pemberitahuan terkait dengan investasi.

Bahkan saat ini sudah ada pilihan investasi secara online di marketplace yang bisa Anda pilih untuk persiapan di masa depan.

 

#4 Saham

Investasi saham sangat cocok sebagai investasi ibu milenial bagi Anda yang suka dengan risiko. Hal ini disebabkan karena saham memiliki risiko yang tinggi. Akan tetapi, hasil yang akan Anda peroleh juga tinggi.

Jika Anda tidak sedang berinvestasi untuk jangka panjang, misalnya hanya untuk mencoba untuk 1 tahun, maka investasi saham tidak cocok untuk Anda.

Ini Dia 5 Pilihan Cerdas Jenis Investasi Ibu Milenial! 03

[Baca Juga: Peluang Usaha Rumahan dan Bisnis Sampingan Menjelang Lebaran]

 

Hal ini disebabkan karena investasi saham hanya cocok untuk Anda yang berinvestasi jangka panjang.

Agar saat berinvestasi Anda memiliki keuntungan yang tinggi, maka Anda harus jeli saat sedang melakukan trading.

Kesalahan dalam berinvestasi saham akan menyebabkan Anda mengalami kerugian yang cukup besar. Sehingga, mau tidak mau Anda harus pintar mengambil atau membeli dan menjual saham di bursa saham.

Jika masih belum punya banyak ilmu terkait dengan saham, maka Anda dapat mengunduh aplikasi robot untuk menganalisis.

Kelas online serta webinar juga dapat memberikan banyak hal positif yang bisa dipelajari untuk memaksimalkan kemampuan Anda dalam berinvestasi maupun membeli dan menjual saham.

 

#5 P2P Lending

Investasi ini merupakan investasi jenis baru. Caranya adalah dengan menggunakan layanan P2P ke orang lain.

Nantinya uang yang Anda pinjamkan tersebut akan dikembalikan oleh orang yang meminjam sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Ini Dia 5 Pilihan Cerdas Jenis Investasi Ibu Milenial! 04

[Baca Juga: 15 Bisnis Sampingan untuk Pensiunan yang Boleh Dipertimbangkan]

 

Bisa dibilang jika cara ini sama seperti bank dimana Anda akan menjadi debitor yaitu yang meminjamkan uang. Keuntungan yang Anda peroleh tersebut berasal dari bunga yang ditentukan.

Namun, karena cara ini cukup baru, sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu syarat dan ketentuannya.

Jangan sampai karena ada iming-iming bunga yang besar dan keuntungan yang tinggi, Anda tidak mengecek penyedia layanan P2P agar Anda tidak mengalami kerugian yang besar.

Hanya dengan membutuhkan laptop dan koneksi internet Anda dapat berinvestasi secara maksimal. Bahkan investasi di tempat yang tepat dan dilindungi OJK juga sangat aman serta minim risiko.

 

Investasi Ibu Milenial: Sesuaikan dengan Kemampuan

Itulah 5 jenis aset investasi yang pas untuk Anda ibu milenial. Dengan memilih investasi tersebut, anda bisa menyiapkan masa depan dengan lebih baik apalagi jika kebutuhan anak semakin lama semakin tinggi.

Jika saat ini Moms sudah tertarik dan memutuskan untuk melakukan investasi namun tidak tahu caranya, membaca artikel ini adalah hal yang tepat!

Moms bisa unduh e-book Finansialku tentang berinvestasi untuk pemula secara gratis tinggal klik link di bawah ini. Moms juga bisa mengunduh e-book lainnya seputar pengelolaan keuangan sesuai dengan keperluan pribadi Anda.

Download E-book Finansialku GRATIS!!!

 

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda!

 

Jadi, jenis investasi apa yang akan Anda pilih? Kemukakan pendapat Anda dan bagikan artikel ini pada ibu milenial lainnya supaya keuangan Anda dan teman-teman semakin membaik.

Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Anisast. Juni 2019. 5 Pilihan Investasi Cerdas Mama Milenial. Mommiesdaily.com – http://bit.ly/33g0J5o

 

Sumber Gambar:

  • Investasi Ibu Milenial 01 – http://bit.ly/2LW3pPv
  • Investasi Ibu Milenial 02 – http://bit.ly/2IxJ7d9
  • Investasi Ibu Milenial 03 – http://bit.ly/2IuEYXy
  • Investasi Ibu Milenial 04 – http://bit.ly/31TurNe