Sebelum memulai melakukan investasi properti patungan, Anda wajib mengetahui terlebih dahulu sejauh mana keamanannya.

Butuh modal besar untuk investasi properti. Namun, di zaman serba canggih seperti sekarang, tidak sulit untuk melakukan investasi properti dengan modal terbatas.

Sejumlah Financial Technology menawarkan investasi properti patungan. Tapi, apakah aman? Yuk, ketahui jawabannya dalam artikel berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Seperti Apa Investasi Properti Patungan Itu?

Investasi patungan disebut juga dengan investasi crowdfunding. Investasi ini memiliki sistem pendanaan kolektif dari masyarakat luas sampai terkumpul dana yang dibutuhkan untuk proyek tertentu.

Seringnya, investasi dengan sistem crowdfunding ditujukan untuk proyek yang membutuhkan modal besar. Misalnya, properti.

Investasi properti patungan berarti Anda membeli properti dengan cara patungan dengan investor lainnya. Hal ini bisa dalam bentuk patungan tanah atau bangunan.

Dengan adanya investasi properti patungan, seseorang tidak harus memiliki modal yang besar. Bahkan, salah satu perusahaan ada yang menawarkan investasi mulai dari Rp 10 ribu saja! Sangat terjangkau, kan?

Anda pun harus mengetahui bahwa properti tersebut tidak Anda miliki sepenuhnya. Pasalnya, kepemilikannya terdiri dari beberapa orang.

Oleh karena itu, properti tersebut biasanya disewakan pada orang lain. Dengan begitu, Anda dan beberapa investor lainnya mendapat keuntungan dari sistem bagi hasil sesuai kesepakatan para pemilik.

Hasil yang didapatkan berupa dividen dari hasil sewa bulanan properti tersebut.

 

Mekanisme Investasi Properti Patungan

Bagi sebagian orang, investasi properti patungan termasuk hal yang baru. Wajar, jika ada perasaan ragu apakah investasi ini aman atau tidak. Pertanyaan pasti muncul di kepala Anda: “Lantas, jika properti dimiliki beberapa orang, apakah aman?”

Hal tersebut dapat dijawab jika Anda memahami mekanisme properti patungan. Setiap investasi pasti memiliki mekanismenya tersendiri. Tak terkecuali investasi properti patungan.

Skema investasi properti patungan memanfaatkan jaringan internet. Seringkali juga disebut sebagai investasi properti online. Ini dapat Anda akses lewat aplikasi atau situs resmi perusahaan terkait.

Investasi Properti Patungan Aman Gak Sih Cari Tahu di Sini! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Pentingnya Mengatur Keuangan Buat Properti Dibanding Investasi Lain]

 

Tahapannya, Anda dapat mengunjungi situs resmi atau membuka aplikasi perusahaan Financial Technology yang menawarkan layanan investasi properti patungan.

Selanjutnya, Anda pilih propertinya dan masukkan sejumlah uang yang ingin kamu investasikan. Tunggulah sampai dana pembelian properti terpenuhi dari investor lainnya.

Jika dana sudah terkumpul, Anda akan diundang untuk menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham (RPUS). Di rapat tersebut, Anda akan mengetahui imbal hasilnya.

Nah, dari situlah Anda bisa menyimpulkan bahwa investasi ini aman dari riba. Buat Anda yang menghindari riba, investasi properti patungan cocok sekali. Pasalnya, crowdfunding mengambil hasil dari sewa dan jual beli, bukan dari bunga.

Lewat cara ini juga Anda tidak perlu memikirkan perizinan, pencarian tenant, dsb. Pasalnya, ini semua sudah dilakukan oleh perusahaan yang bertindak sebagai fasilitator.

 

Bagaimana CARA AMPUH Membeli RUMAH PERTAMA?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

13 Ebook Rumah Pertama

 

Keamanan Investasi Properti Patungan

Keamanan dalam berinvestasi sangat krusial. Apalagi, di era Industri 4.0 ini semakin banyak penipuan yang berkedok investasi online. Nah, dalam menilai apakah investasi properti patungan itu aman atau tidak, tergantung pintar-pintarnya Anda.

Ada beberapa hal yang penting Anda perhatikan dalam menilik keamanan investasi properti patungan, yaitu:

 

#1 Pastikan Tercatat di OJK

Perusahaan yang menawarkan layanan investasi properti patungan ternyata tidak semuanya tercatat di OJK.

OJK merupakan lembaga yang memiliki fungsi, tugas, dan wewenang untuk mengatur, mengawasi, memeriksa, dan menyelidiki kegiatan jasa keuangan.

Perusahaan harus terdaftar secara resmi di OJK untuk melindungi investor dari penipuan dan hal merugikan lainnya. Maka, penting bagi Anda untuk mengecek perusahaan tersebut di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Investasi Properti Patungan Aman Gak Sih Cari Tahu di Sini! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cari Tahu Keuntungan dan Risiko Investasi Properti]

 

#2 Jaminan Keamanan Transaksi dan Data Pribadi

Pastikan bahwa perusahaan di mana Anda akan berinvestasi properti patungan memiliki jaminan keamanan.

Keamanan yang dimaksud adalah keamanan dalam bertransaksi dan perlindungan data pribadi. Seringkali, data-data tersebut menjadi target penyalahgunaan.

Oleh karena itu, telitilah dalam membaca peraturan investasi pada perusahaan tersebut. Pilih perusahaan yang menjamin keamanan transaksi dan data para investornya.

Beberapa perusahaan bahkan melengkapi fitur keamanan aplikasi dengan kode pin, autentikasi sidik jari, sistem Know Your Customer (E-KYC), Digital signature, Disaster recovery plan, dan backup harian.

Dengan adanya fitur keamanan tersebut, akses pun menjadi unik. Artinya, hanya Anda yang dapat mengaksesnya.

 

#3 Layanan Multi-Version Backup Solution

Berhubung investasi properti patungan masa kini dilakukan secara online, aktivitas ini bisa jadi rentan terhadap kejahatan di dunia maya alias cyber crime. Salah satu bentuknya adalah ransomware.

Bahaya ransomware saat ini sangat nyata. Saking canggihnya, ransomware hampir tidak dapat terdeteksi oleh program anti-malware tepat waktu.

Cara kerjanya, ransomware yang berbasis enkripsi akan mengenkripsi file yang disimpan di komputer dan menyebar ke seluruh jaringan. Setelah terinfeksi, tidak ada jaminan bahwa data yang terinfeksi dapat dikembalikan.

Untuk melindungi data investor dari ransomware, perusahaan perlu melakukan langkah preventif. Salah satu langkahnya adalah dengan menggunakan layanan multi-version backup solution.

Investasi Properti Patungan Aman Gak Sih Cari Tahu di Sini! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Investasi Properti Saat New Normal, Apakah Sudah Aman?]

 

Solusi multi-version backup merupakan opsi pemulihan cepat dan fleksibel yang sangat penting. Hal ini terutama dalam menghadapi berbagai serangan cyber crime yang selalu mengintai setiap saat.

Dengan solusi ini, proses pemulihan data dapat dilakukan dengan lebih cepat dan mudah setelah terjadi serangan. Dengan begitu, bisnis dapat tetap berjalan seperti sediakala.

Untuk mengetahui apakah perusahaan tersebut memakai solusi ini, Anda dapat mengenal lebih dekat profil perusahaannya. Jika perlu, Anda dapat mengirimkan email pada perusahaan terkait supaya lebih meyakinkan.

 

Ingatlah Selalu Prinsip Ini!

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi properti, Anda harus ingat prinsip ‘high risk, high return. Low risk, low return.”

Memang, investasi properti itu sangat menjanjikan. Setiap tahun, harga properti selalu naik. Prinsip yang disebut di atas berlaku untuk investasi properti patungan. Semakin besar modal yang Anda keluarkan, semakin besar pula imal hasil yang Anda terima.

Namun, hal itu jangan lantas membuat Anda ceroboh. Demi keamanan, Anda harus mengecek dan memahami seluk beluk proyek dan perusahaannya.

Jangan lupa untuk menggunakan aplikasi Finansialku. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur yang bisa membantu Anda dalam mencapai tujuan keuangan Anda.

Salah satunya fitur pencatatan keuangan harian. Seorang investor wajib memiliki cashflow harian yang baik, lho! Aplikasi ini dapat Anda unduh di Google Playstore dan Appstore atau dengan klik tautan di bawah ini.

playstore icon
appstore icon

 

Setelah mengetahui sistem keamanan investasi properti patungan, Anda sudah tidak bimbang lagi untuk berinvestasi properti secara kolektif, kan?

Jangan lupa bagi artikel ini pada rekan atau kerabat Anda. Siapa tahu bisa Anda ajak untuk berinvestasi properti patungan.

 

 

Sumber Referensi:

  • Juli Andrian. 19 Oktober 2020. Multi-Version Backup Sebagai Solusi Hadapi Cyber Crime. Dailysocial.id – https://bit.ly/34J22NK
  • Celixa Yovanka. Beli Properti Dengan Cara Patungan. Mandiri-investasi.co.id – https://bit.ly/31YwoK2
  • Gilar Ramadhani. 8 Mei 2020. 5 Alasan Investasi PropertiLord Pilihan Aman dan Jitu di Tengah Pandemi Corona. Liputan6.com – https://bit.ly/35Sazgn

 

Sumber Gambar:

  • Crowdfunding 1 – https://bit.ly/37TgaWB
  • Crowdfunding 2 – https://bit.ly/3kLFr8z
  • Crowdfunding 3 – https://bit.ly/3oHGiJP