Apakah Benar Lebih Untung Investasi Reksa Dana Pasar Uang daripada Tabungan dan Deposito?

Apakah benar lebih untung investasi reksa dana pasar uang daripada tabungan dan deposito?

Di era dimana semakin mudahnya informasi dan pengetahuan tentang investasi seperti sekarang ini, pemahaman tentang reksa dana bukanlah hal yang sulit untuk didapatkan lagi.

Salah satu reksa dana yang cukup banyak mulai dilirik oleh masyarakat adalah reksa dana pasar uang, yang dipercaya lebih menguntungkan daripada tabungan dan deposito.

Apakah memang benar demikian? Apakah investasi reksa dana pasar uang lebih menguntungkan daripada tabungan dan deposito?

Mari kita simak rubrik berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Investasi Reksa Dana Pasar Uang, Tabungan, dan Deposito

Untuk menjawab pertanyaan diatas, tentu saja kita harus mengetahui lebih dalam apa itu tabungan, deposito dan investasi reksa dana pasar uang.

 

Tabungan

Tabungan adalah simpanan yang dilakukan oleh seseorang yang penarikannya dapat dilakukan menurut syarat tertentu yang sudah disepakati.

Tabungan di bank adalah salah satu sarana untuk menyimpan uang yang ada di bank, dimana Anda dapat mengambil sewaktu-waktu sesuai dengan persyaratan yang diberikan oleh bank.

Biasa bunga atau timbal hasil dari tabungan sangatlah kecil.

 

Deposito

Deposito atau biasa disebut sebagai deposito berjangka, merupakan produk bank sejenis tabungan yang sering ditawarkan dengan jangka waktu tertentu dengan tingkat bunga yang lebih tinggi daripada tabungan biasanya.

Dana dalam deposito dijamin oleh pemerintah melalui Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dengan persyaratan tertentu.

Apakah Benar Lebih Untung Investasi Reksa Dana Pasar Uang daripada Tabungan dan Deposito 02 - Finansialku

[Baca Juga: Sorry, Menabung di Bank Tidak Akan Membuat Anda Kaya. Ini Cara Menabung yang Benar]

 

Tabungan dan deposito memiliki karakteristik yang kurang lebih hampir sama.

Hanya saja deposito bersifat lebih mengikat karena memiliki jangka waktu penyimpanan, dimana jika nasabahnya ingin mengambil dana tersebut sebelum waktu jatuh temponya, maka pihak bank berhak untuk memberikan pinalti atau beban biaya tambahan kepada nasabahnya.

 

Investasi Reksa Dana Pasar Uang

Lain halnya dengan reksa dana pasar uang. Reksa dana pasar uang adalah salah satu jenis investasi reksa dana yang menempatkan dananya di produk-produk pasar uang.

Produk-produk pasar uang antara lain adalah:

  • Deposito Berjangka,
  • Sertifikat Deposito (Negotiable Certificates of Deposit),
  • Surat Berharga Pasar Uang,
  • Surat Pengakuan Utang,
  • Sertifikat Bank Indonesia,
  • Surat Berharga Komersial (Commercial Paper) yang telah diperingkat oleh perusahaan pemeringkat efek,
  • Obligasi yang jatuh temponya kurang dari 1 (satu) tahun, dan
  • Instrumen pasar uang lainnya.

 


 

Apakah Lebih Menguntungkan Reksa Dana Pasar Uang Daripada Tabungan dan Deposito?

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, tabungan memiliki bunga atau tingkat pengembalian yang sangat kecil dibandingkan deposito atau reksa dana.

Tabungan biasanya memberikan bunga 0,8% – 2% per tahunnya.

Tetapi, tabungan memiliki tingkat likuiditas yang paling tinggi diantara semuanya. Sedangkan deposito biasanya dapat memberikan bunga yang lebih tinggi daripada tabungan, bunganya beragam dari 4% – 6% per tahunnya.

Orang lebih sering membandingkan reksa dana pasar uang dengan deposito, karena salah satu portofolio reksa dana pasar uang adalah deposito.

Tetapi walau demikian, reksa dana pasar uang tetap berbeda dengan deposito, karena reksa dana pasar uang adalah salah satu jenis investasi, sedangkan deposito bukanlah investasi.

 

Ebook Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Menurut sejumlah survei, deposito adalah instrumen yang paling banyak dipilih masyarakat untuk menyimpan uangnya, alasannya adalah faktor keamanan.

Bunga yang diberikan oleh deposito memiliki nilai yang pasti dan dijamin sesuai dengan perjanjian awal ketika nasabah menabung di deposito. Sedangkan tingkat pengembalian hasil investasi reksa dana pasar uang tidak ada jaminan bahwa akan selalu sama dan selalu menguntungkan seperti deposito.

Tetapi walau demikian, investasi reksa dana pasar uang memiliki kelebihan tersendiri.

 

Kelebihan Reksa Dana Pasar Uang

Beberapa kelebihan reksa dana pasar uang antara lain:

 

#1 Keuntungan Lebih Tinggi

Return Reksa Dana Pasar Uang antara 6,19% sampai 8,11% per tahun. Data ini saya ambil dari kinerja Reksa Dana Pasar Uang (Sucorinvest Market Fund) di Sucorinvest Asset Management per September 2017. (Anda bisa melihat data tersebut di Bareksa.com)

Bagaimana Jika Bank Kustodian Reksa Dana Bangkrut - Finansialku 02

[Baca Juga: Slide: Rahasia Cara Memilih Reksa Dana untuk Investor Pemula, Agar Hasil Maksimal]

 

Suku bunga deposito tergantung dari jangka waktu penempatan dan jumlah dana yang ditempatkan. Penempatan 1 tahun biasanya memiliki bunga 4,75% – 5,75% per tahun untuk minimum penempatan sebesar Rp50 juta.

Akan tetapi bunga tersebut belum dipotong dengan pajak bunga. Bunga deposito setelah dipotong pajak berkisar antara 3,8% – 4,6% dalam satu tahun.

 


 

#2 Investasi Reksa Dana Pasar Uang Mulai Dari Rp 100 ribu

Nasabah harus mempunyai minimum Rp8 juta rupiah untuk penempatan di Deposito. Dibawah itu biasanya bank sudah tidak menerimanya.

Dengan penempatan Rp8 juta rupiah, nasabah hanya akan mendapatkan bunga yang paling rendah. Untuk mendapatkan bunga yang lebih tinggi, nasabah harus menempatkan Rp 50 juta keatas di dalam deposito.

Dalam investasi reksa dana pasar uang, investor cukup memulai dari Rp100 ribu, dan tidak ada perbedaan tingkat pengembalian hasil (return) antara yang menempatkan Rp100 ribu dan yang menempatkan Rp5 juta.

 

#3 Dana Investasi Dapat Diambil Kapan Saja Tanpa Denda

Pencairan dipercepat deposito biasanya akan dikenakan denda 1% – 2% dari pokok dananya. Jadi, seperti yang sudah saya jelaskan diatas, jika mencairkan deposito sebelum jatuh tempo, nasabah dapat dikenakan denda.

Mengenal Manajer Investasi Reksa Dana Peranan, Tugas, Kewajiban [Plus Cara Memilih] 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Investasi Reksa Dana Untuk Pemula]

 

Di dalam investasi reksa dana pasar uang, dana dapat ditarik kapan pun tanpa ada dendanya, dan biaya pencairannya juga tidak dipungut biaya (gratis).

Proses pencairan reksa dana juga sangat mudah. Investor sudah dapat melakukannya secara online dan tidak perlu untuk datang ke kantor cabang bank terdekat.

 

#4 Jangka Waktu Investasi Fleksibel

Di dalam deposito, nasabah harus mempertimbangkan dengan baik berapa lama dana tersebut hendak ditempatkan. Karena seperti yang sudah Anda ketahui, pencairan dipercepat akan dikenakan denda.

Selain itu, bunga deposito juga dipengaruhi oleh jangka waktu penempatannya.

Investasi Reksadana Memahami Bagaimana Reksadana Terbentuk 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kiat Memilih Reksa Dana Terbaik]

 

Beda halnya dengan reksa dana pasar uang. Reksa dana pasar uang tidak menjatuhkan denda untuk pencairan dipercepat dan memberlakukan bunga sama untuk semua jangka waktu.

Oleh karena itu, waktu investasi menjadi sangat fleksibel di reksa dana pasar uang.

Investor dapat berinvestasi baik 1 hari maupun 10 hari dengan menerima return yang sama. Investor juga dapat mencairkan tiba-tiba karena kebutuhan mendadak.

Tidak akan ada denda yang dikenakan, tetapi ada kemungkinan bahwa hasil investasinya tidak dalam keadaan menguntungkan.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Kekurangan Reksa Dana Pasar Uang

Hal-hal di atas merupakan keuntungan dari reksa dana pasar uang, namun segala sesuatu pasti ada positif dan negatifnya. Sisi negatif dari reksa dana pasar uang juga perlu Anda ketahui, antara lain:

 

#1 Investasi Reksa Dana Pasar Uang Memiliki Risiko Investasi

Tidak semua dana reksa dana pasar uang ditempatkan di deposito karena sebagian dana dapat ditempatkan di Surat Berharga Komersial (Commercial Paper) atau Obligasi yang jatuh temponya kurang dari 1 (satu) tahun.

Instrumen ini mempunyai risiko yang lebih besar daripada deposito karena penerbit surat berharga (biasanya perusahaan) dapat melakukan wanprestasi.

Mau Belajar Investasi Tips Investasi Reksa Dana Untuk Mahasiswa 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Belajar Investasi? Tips Investasi Reksa Dana Untuk Mahasiswa]

 

Investor sebagai pemegang unit reksa dana dapat melihat di Fund Factsheet proporsi dari masing-masing instrumen investasi.

Jika dirasa proporsi ke instrumen yang berisiko terlalu besar, investor dapat memilih produk reksa dana pasar uang yang lain.

 

#2 Nilai Return Reksa Dana Pasar Uang Berfluktuatif

Nilai return reksa dana pasar uang berfluktuasi tergantung perubahan tingkat suku bunga pasar.

Ini berbeda dengan deposito yang memiliki return yang sudah pasti. Bunga 4% di deposito berarti nasabah pasti akan menerima bunga sebesar itu di akhir periode deposito.

Bagaimana Cara Investasi Reksa Dana Untuk Karyawan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Investasi Reksa Dana Untuk Karyawan?]

 

Di dalam investasi reksa dana pasar uang, potensi return sebesar 5% atau 6% hanyalah sebuah prediksi atau indikasi. Pada kenyataannya, di dalam 1 tahun ke depan, return tersebut dapat saja lebih besar, sama atau bahkan lebih rendah.

 

Prioritaskan Tujuan Keuangan Anda

Dari penjelasan diatas, kita tahu bahwa reksa dana pasar uang dapat lebih menguntungkan daripada tabungan ataupun deposito dari tingkat pengembalian hasil (return).

Akan tetapi, walaupun memiliki berbagai keuntungan, ada pula risiko yang harus kita tanggung ketika kita berinvestasi reksa dana pasar uang.

Yang terpenting adalah Anda menentukan terlebih dahulu tujuan keuangan Anda sebelum Anda memutuskan untuk melakukan investasi reksa dana pasar uang atau pun deposito.

Karena instrumen apapun yang akan Anda ambil hanyalah sebagai alat untuk mencapai tujuan keuangan Anda.

 

Apakah artikel ini membantu Anda untuk mengetahui tentang investasi reksa dana pasar uang, deposito dan tabungan? Bagaimana pendapat Anda? Mana yang lebih menguntungkan bagi Anda?

Apakah artikel ini menambah wawasan Anda tentang investasi reksa dana pasar uang?

Silahkan bagikan artikel ini kepada teman-teman atau orang lain yang memerlukannya.

 

Sumber Referensi:

  • Rio. 1 Juni 2015. 4 Alasan Reksadana Pasar Uang Lebih Baik Dari Deposito. Duwitmu.com – https://goo.gl/tZCpGa

 

Sumber Gambar:

  • Investasi Reksa Dana Pasar Uang – https://goo.gl/dAUqte
  • Reksa Dana Pasar Uang – https://goo.gl/tAq2Tv

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

About the Author:

Ricky Susanto Joeng CFP®
Ricky Susanto Joeng S.Si. S.Kom. CFP® adalah seorang perencana keuangan independen bersertifikasi (FPSB ID: 1300 0406). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Matematika dan Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. Memiliki pengalaman di bidang personal finance dan manajemen risiko, personal cashflow, asuransi unitlink dan investasi.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download