Sukuk ritel adalah salah satu jenis investasi yang dapat menghasilkan arus kas. Apakah Anda pernah mendengar investasi sukuk ritel? Finansialku.com akan membahas mengenai investasi sukuk ritel sebagai alternative investasi.

investasi sukuk ritel

 

 

Apakah yang Dimaksud Sukuk Ritel

Sukuk ritel adalah produk investasi syariah yang dikeluarkan oleh emiten dalam bentuk surat utang. Sederhananya sukuk ritel bentuknya adalah obligasi versi syariah. Penjelasan mengenai obligasi dapat dibaca di:

besarnya-kerugian-jika-anda-para-karyawan-tidak-mulai-berinvestasi-2-finansialku 

[Baca juga : Investasi di ORI (Obligasi Ritel Indonesia) ]

 

Mengutip definisi sukuk dari fatwa Majelis Ulama Indonesia No. 31/DSN-MUI/IX/2002 (sumber 1) adalah “suatu surat berharga jangka panjang berdasarkan prinsip syariah yang dikeluarkan Emiten kepada pemegang Obligasi Syariah yang mewajibkan Emiten untuk membayar pendapatan kepada pemegang Obligasi Syariah berupa bagi hasil/margin/fee serta membayar kembali dana obligasi pada saat jatuh tempo.”

Mengutip Karakteristik atau ciri sebuah sukuk adalah (sumber 2): sukuk adalah bukti kepemilikan suatu asset atau hak manfaat, investor akan mendapatkan imbalan, marjin atau bagi hasil sesuai jenis akad yang digunakan, menjalankan asas-asas Syariah (bebas riba, gharar dan masyir), harus ada asset dasar atau underlying asset (bangunan fisik, kendaraan, mesin, tanah atau lainnya) dan proses-prosesnya dijalankan secara syariah.

Secara umum terdapat beberapa jenis sukuk, antaralain: sukuk ijarah, sukuk mudharabah, sukuk musyarakah dan sukuk istishna. Perbedaan tersebut terdapat pada mekanisme mendapatkan dana sukuk dari investor, pengelolaan dan pembagian keuntungan.

 

Perbedaan Sukuk Ritel dengan Obligasi Ritel

Perbedaan antara sukuk ritel dengan obligasi ritel adalah (sumber 2)

 

Deskripsi000Sukuk000Obligasi
Penerbit pemerintah, korporasi, dan svp pemerintah dan korporasi
Obligator pemerintah dan korporasi pemerintah dan korporasi
Sifat instrument penyertaan atas suatu asset. nstrument utang.
Imbal hasil imbalan, bagi hasil dan marjin. kupon.
Jangka waktu pendek, menengah. pendek, menengah.
Underlying asset perlu. tidak perlu.
Harga harga pasar (market price). harga pasar (market price).
Investor syariah, konvensional. konvensional.
Penggunaan harus sesuai prinsip syariah. bebas.

 

Keuntungan dan Risiko Investasi Sukuk Ritel

Salah satu pertimbangan Kita (sebagai investor) ketika akan berinvestasi sukuk ritel adalah keuntungan dan risiko investasi sukuk ritel. Berikut ini penjelasan dari untung dan risiko investasi sukuk ritel.

 

Keuntungan sukuk ritel

Keuntungan yang didapat dari sukuk ritel adalah adanya marjin, keuntungan atau imbal hasil. Berikut ini data histori keuntungan dari sukuk.

 

Nama000Kode000Bagi Hasil (persen per tahun)
Sukuk Ritel Seri 1 SR – 001 12,00%
Sukuk Ritel Seri 2 SR – 002 8,70%
Sukuk Ritel Seri 3 SR – 003 8,15%
Sukuk Ritel Seri 4 SR – 004 6,25%
Sukuk Ritel Seri 5 SR – 005 6,00%

 

Risiko investasi sukuk ritel

  • Risiko gagal bayar: Kita sebagai investor tidak mendapat pembayaran dana seperti kesepakatan di awal.
  • Risiko pasar: kerugian karena Kita sebagai investor menjual sukuk sebelum jatuh tempo.
  • Risiko likuiditas: Kita sebagai investor sulit untuk mencairkan investasi, karena produk investasi syariah umumnya ditahan hingga jatuh tempo.

 

Kesimpulan Investasi Sukuk Ritel

Investasi sukuk ritel adalah salah satu jenis produk investasi berbasis Syariah. Sebelum melakukan investasi apapun, termasuk investasi sukuk ritel sebaiknya nasabah memahami produk investasi, keuntungan dan potensi kerugian. Usahakan Kita tetap dapat mengendalikan produk investasi.

 

Sumber

  • FATWA DEWAN SYARI’AH NASIONALNomor: 32/DSN-MUI/IX/2002 Tentang OBLIGASI SYARI’AH – http://www.bapepam.go.id/syariah/fatwa/pdf/32-obligasi_syariah.pdf.
  • Brosur: Mengenal Sukuk Instrument Investasi Berbasis Syariah – Direktorat Pembiayaan Syariah Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang. http://www.djpu.kemenkeu.go.id/uploads/dmodata/in/6Publikasi/5Brosur/MENGENAL_SUKUK.pdf.
  • Realsyariah.wordpress. 15 May 2011. “SUKUK DAN JENIS -JENIS SUKUK”. http://realsyariah.wordpress.com/2011/05/15/sukuk-dan-jenis-jenis-sukuk/.

Sumber Gambar:

  • Sukuk in Qatar – http://www.albawaba.com/sites/default/files/im/sukuk_in_qatar.jpg.

 

Kami akan sangat senang dan berterima kasih jika Anda mau berbagi kisah atau memberi komentar mengenai investasi sukuk ritel.

 

 

Jangan lupa baca artikel-artikel Finansialku:

finansialkuBenarkah Investasi Jangka Panjang Pasti Menguntungkan?Baca
finansialkuData Ekonomi Indonesia (infographic)Baca
finansialkuCara Kaya ala Chairul TanjungBaca