Pahami Investasi Tanah Yang Mendatangkan Keuntungan dan Keberhasilan!

Investasi tanah memang berat di awal. Namun melihat peluang besar dari investasi tanah dan harga properti yang kian menanjak setiap tahun, kenapa Anda tidak menjajakinya?

Simak rubrik berikut ini dan segera mulai bisnis investasi tanah yang akan membawa pundi-pundi bagi kantong Anda. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Investasi Tanah Incaran Investor

Investasi tanah memang sangat menjanjikan jika melihat potensi dan juga peluang di masa depan dari harga properti yang semakin meroket.

Menurut informasi, harga tanah di daerah BSD, Jakarta pada tahun 2008 adalah Rp3,5 juta per meter persegi. Kini harga tanah di sana meroket hingga Rp12,8 juta per meter persegi.

Inilah yang menjadi incaran dari para investor properti sehingga tidak menyayangkan uang mereka untuk investasi tanah atau properti.

 

Jenis-jenis Tanah Untuk Investasi

Anda berminat untuk memulainya?

Tunggu dulu, sebagai investor yang baru mulai akan masuk dalam dunia investasi tanah, sebaiknya Anda menyimak terlebih dahulu mengenai jenis tanah.

Selain itu, kami juga memberikan beberapa informasi mengenai lokasi investasi tanah yang cukup murah dan berpotensi untuk berkembang di masa mendatang.

 

#1 Tanah yang Belum Berprospek Pembangunan

Jenis tanah investasi ini memang cenderung lebih miring, namun jenis tanah ini masih spekulatif karena kawasan ini masih berupa tanda tanya apakah diperuntukan untuk kawasan industri atau pemukiman.

Dengan kata lain, jenis tanah ini belum masuk dalam rencana tata ruang yang spesifik.

Pahami Investasi Tanah Yang Mendatangkan Keuntungan dan Keberhasilan! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Bisnis Investasi Emas? Ketahui Dulu Cara Perhitungan Pajak Penghasilan Beli Emas]

 

Namun, jika prediksi Anda tepat jika kawasan tersebut akan dibangun pemukiman, pusat industri atau dilewati jalan besar (protocol) dan juga akan ada infrastruktur pembangunan, maka sudah dapat dipastikan bahwa harga tanah di kawasan tersebut akan semakin menaik.

Begitu juga sebaliknya, jika prediksi meleset.

 

#2 Tanah di Lokasi Strategis

Melihat sub judulnya saja yang sudah strategis, tentu harga tanah di kawasan tersebut sudah tinggi alias mahal.

Hal ini dikarenakan lokasi yang dekat dengan pusat kota, akses jalan raya dan juga transportasi yang sudah memadai termasuk juga infrastruktur pembangunan yang sudah baik.

Jika Anda ingin melakukan investasi di lokasi demikian, pasti Anda membutuhkan modal yang besar.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#3 Tanah Ideal

Biasanya patokan tanah ideal adalah lebar tanahnya di kisaran 40% hingga 75%.

Tanah ideal itu biasanya berukuran 12×20 m2, 8×18 m2 dan lain sebagainya.

Tanah dengan ukuran seperti itu bisa dikatakan sempurna untuk didirikan sebuah bangunan.

Dalam menentukan memiliki lokasi tanah yang bagus, ada patokan lain yang bisa menjadi pertimbangan, diantaranya adalah kemiringan tanah, kepadatan tanah, lingkungan sekitar dan lain sebagainya.

 

Pertimbangan Tipe Tanah Kavling

Menurut Panangian Simanungkalit, pengamat properti dalam bukunya “Menjadi Kaya melalui Properti”, beliau menjelaskan mengenai 6 tipe tanah kavling sebagai berikut.

Siap-siap Tanah Ngangur Bakal Kena Pajak Progresif 1 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Mudah Investasi Untuk Mahasiswa: Belajar Berinvestasi Dari Sekarang!]

 

Tipe kavling ini lokasinya di ujung jalan buntu. Sedangkan ke bagian belakang makin melebar. Terbilang cocok dibangun rumah tinggal meski nilai minusnya adalah area depannya sempit untuk lahan parkir.

Tipe tanah kavling ini berada di tengah-tengah perumahan. Minusnya hanya memiliki satu pandang ke depan saja tapi bagus dari segi keamanan.

Tipe ini memiliki nama lain yaitu tanah hook atau di sudut. Lantaran di sudut, biasanya ada kelebihan tanah. Biasanya tipe kavling tanah ini banyak dimanfaatkan untuk bangunan komersial karena muka bangunan lebih luas.

Disebut juga sebagai tipe tanah tusuk sate. Nilai plusnya ada di pandangannya yang luas tapi dinilai kurang aman dari segi keamanan.

Tanah tipe ini berlokasi di tengah-tengah yang mengunci bangunan di sekelilingnya. Nilai lebihnya ada pada bentuknya yang memanjang ke belakang dengan area parkir yang luas.

Dari istilahnya bisa ditebak bentuknya seperi bendera. Mirip huruf L. Tipe kavling ini tidak cocok didirikan bangunan komersial.

 

Rekomendasi Lokasi Investasi Tanah

Setelah mengetahui beberapa informasi mengenai jenis tanah dan juga tipe tanah kavling, berikut ini beberapa informasi mengenai kisaran harga untuk investasi tanah di beberapa lokasi yang diprediksi akan menanjak di masa depan.

Rata-rata harga tanah di kawasan ini sudah menyentuh angka Rp8 juta  hingga Rp18 juta per m2 dengan potensi pertumbuhan antara 10% sampai 30% di tahun berikutnya.

Lokasi ini menjadi pusat incaran banyak orang terutama para investor karena harga tanah di kawasan ini naik 4 kali lipat dalam enam tahun. Hal itu diprediksi karena tingginya pembangunan properti di kawasan tersebut.

Beberapa lokasi di Depok terbilang terjangkau dan diprediksi berprospek di masa depan. Namun kenaikannya tidak akan se-signifikan daripada kawasan Tangerang Selatan, Bintaro, dan juga BSD.

Menurut sumber, harga tanah di Depok mencapai Rp3 juta hingga Rp5 juta per meter persen dan diprediksi akan naik hingga 50% tergantung dari pengembangnya.

Dengan adanya pembangunan jalur Puncak II dari Sentul sampai Cianjur, ini menjadi lokasi yang sangat diperebutkan.

Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda memprediksi harga tanah di kawasan itu bakal naik dua kali lipat.

Menurutnya, harga tanah di lokasi tersebut berkisar antara Rp5 juta hingga Rp8 juta per m2 dan akan berpotensi naik.

Beberapa kawasan lain yang direkomendasikan untuk investasi tanah, diantaranya:

  1. Grand Wisata kisaran harga Rp5,4 juta hingga Rp6,3 juta
  2. Kota Deltamas kisaran harga Rp3,5 juta
  3. Kota Harapan Indah kisaran harga Rp4,5 juta hingga Rp8 juta
  4. Kota Jababeka kisaran harga Rp4,5 juta hingga Rp7 juta
  5. Lippo Cikarang kisaran harga Rp4,8 juta hingga Rp7 juta
  6. Summarecon Bekasi kisaran harga Rp9 juta

 

Segera download ebook Gratis Panduan Berinvestasi Reksa Dana Bagi Pemula dari Finansialku.

Free Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Investasi Tanah – Pertimbangkan Secara Cermat

Dalam berbisnis investasi tanah, selain membutuhkan modal yang besar, Anda pun perlu cermat dalam menentukan beberapa hal di bawah ini.

 

#1 Lokasi Tanah

Dalam menentukan lokasi tanah, Anda sebaiknya mempertimbangkan apakah di lokasi tertentu sering dilanda bencana atau tidak, misalkan banjir, tanah longsor dan lain sebagainya.

Selain itu, biasanya orang-orang tidak suka lokasi tanah yang dekat dengan sesuatu yang tidak nyaman, misalnya limbah pembuangan sampah, banyak preman, angker, dekat makam atau kuburan.

Oleh karenanya, Anda harus benar-benar jeli memilihnya.

Ada baiknya Anda terlebih dahulu melakukan komunikasi dengan warga atau notaris yang ada di sekitar lokasi tanah, mereka tentu lebih tahu ketimbang Anda tentang bagaimana sebenarnya kenyamanan di lokasi tanah tersebut.

 

#2 Kondisi Tanah

Kondisi tanah ini meliputi banyak hal, diantaranya adalah bentuk tanah, kerataan dan kepadatan tanah, ukuran tanah, dan hadap tanah, semua hal ini sangat penting Anda pertimbangkan.

hindari-pungli-urus-sertifikat-tanah-dengan-cara-ini-02-finansialku

[Baca Juga: Sebelum Berinvestasi Emas, Ayo Kenali Dulu Karat Emas dan Alasan Investasi Emas]

 

#3 Negosiasi Harga

Jika Anda berperan sebagai pembeli dan sedang mencari sebuah tanah, ketika menemukannya maka carilah kelemahan-kelemahan yang dimiliki oleh tanah tersebut, bisa dari segi lokasi, bentuk, ukuran atau segi lainnya.

Hal ini Anda lakukan agar dalam negosiasi nantinya Anda memiliki alasan yang kuat agar tanah tersebut boleh dibeli dengan harga yang lebih murah. Selama Anda tidak menipu, ini akan menjadi hal yang bagus untuk Anda lakukan.

 

#4 Legalitas & Kelengkapan Surat

Legalitas tanah berkaitan dengan hak atas tanah tertentu.

Hak atas tanah ini bisa bermacam-macam, di antaranya hak sewa, hak pakai, hak milik dan sebagainya.

Bagaimana Cara Terbaik Mengurus Sertifikat Tanah Girik - Finansialku

[Baca Juga: Para Investor! Kenali Untung dan Rugi Investasi Rumah Kost]

 

Jika Anda membeli tanah tersebut bertujuan untuk memilikinya, pastikan bahwa hak yang Anda dapat merupakan hak milik atas tanah tersebut, dan pastikan bahwa surat-surat dari tanah tersebut atau sertifikat hak milik lengkap dan keabsahan yang sudah jelas.

Untuk mempermudah Anda dalam hal ini, ada baiknya Anda bertanya kepada ahlinya, dalam hal ini notaris yang berpengalaman.

Jika Anda berminat untuk melakukan bisnis investasi tanah, jadikan informasi di atas sebagai salah satu informasi yang dapat menambah pengetahuan Anda dalam berinvestasi tanah atau properti.

 

Investasi Tanah Segera!

Tentu Anda sudah mendapatkan gambaran mengenai investasi tanah yang akan menguntungkan Anda.

Segera investasikan uang Anda untuk properti yang akan menguntungkan Anda.

Memang akan berat pada awalnya mengingat modal yang cukup besar yang perlu dikeluarkan, namun akan sebanding dengan keuntungan yang akan Anda dapatkan.

 

Anda dapat membagikan artikel di atas kepada rekan Anda yang menata rumah mereka dengan dekorasi rumah minimalis.

Bagikan juga setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan.

Apabila Anda memiliki kesulitan dalam perencanaan keuangan, Anda dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku yang siap membantu Anda.

Jika Anda memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 31 Maret 2015. 5 Lokasi Investasi Tanah yang Patut Dilirik dan Dipelajari. Duitpintar.com – https://goo.gl/kSyh9y

 

Sumber Gambar:

  • Investasi Tanah 1 – https://goo.gl/UMXHm5
  • Investasi Tanah 2 – https://goo.gl/vMmhdC

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

By | 2017-11-22T12:05:33+00:00 November 22nd, 2017|Categories: Investasi, Properti, Tanah|Tags: , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download