Invoice financing bisa Anda jadikan teman ataupun juga solusi dalam masalah keuangan di bisnis yang Anda jalani saat ini.

Berikut ini beberapa penjelasan seputar infeksi nanti yang bisa membantu Anda.

 

Pengertian Invoice Financing

Bagi Anda pemilik usaha kecil menengah atau UKM mungkin ada baiknya untuk mengenal apa itu invoice financing. Invoice financing Merupakan suatu bentuk solusi terkait dengan pendanaan yang tepat bagi Anda pemilik UKM.

Dengan menggunakan invoice ini, maka pelanggan yang belum bayar akan digunakan sebagai jaminan.  Sedangkan Anda dari pihak peminjam bisa mendapatkan pinjaman dana guna menjalankan bisnis operasional.

Cara ini dapat memperlancar keuangan bisnis Anda yang tersendat jika nantinya ada pelanggan yang belum membayar invoice sedangkan Anda sedang membutuhkan dana.

[Baca Juga: 20 Pertanyaan Seputar Pinjaman Modal Produktif (Produk Digital Lending Dari Pegadaian)!]

 

Cara Kerja Invoice Financing

Setelah mengetahui tentang pengertian invoice financing, maka ada baiknya kita mempelajari juga bagaimana cara kerjanya. Untuk melakukan hal ini Anda bisa memanfaatkan invoice yang belum terbayarkan untuk dijadikan jaminan agar bisa mendapatkan dana.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah Anda harus mengirimkan berbagai dokumen-dokumen bisnis Anda seperti NPWP, SIUP (Surat Izin Usaha Perusahaan), hingga akta perusahaan.

Selanjutnya, dokumen-dokumen ini akan diserahkan kepada pemberi pinjaman dana (lender) untuk mendapatkan persetujuan.

Kemudian, jika data-data yang Anda kirimkan tadi disetujui oleh lender, mereka akan menetapkan berapa jumlah limit dan bunga pinjaman.

[Baca Juga: Mengenal Kredit Modal Kerja, Apa Saja yang Harus Disiapkan?]

 

Setelah itu, jika kedua belah pihak ini telah mencapai sebuah kesepakatan bersama, maka bisa mulai untuk mengajukan pinjaman sebesar dana yang dibutuhkan. Prosesnya, pemberi pinjaman (lender) akan melakukan verifikasi invoice terhadap pelanggan tersebut.

Apabila pelanggan membenarkan invoice tersebut, maka lender akan melakukan pencairan dana pinjaman sebesar 70-80% dari total invoice kepada debitur. 

Saat pelanggan dari debitur sudah melunasi invoice-nya, debitur bisa melunasi invoice financing kepada lender dengan bunga yang sudah disetujui bersama.

Biasanya, bunga yang dipungut oleh lender  tidak terlalu besar, hanya berkisar di antara 1-2% per bulan.

Hal ini bisa mempermudah bisnis Anda untuk terus berjalan tanpa khawatir modalnya tersendat atau mengalami masalah keuangan yang bisa menghentikan bisnis Anda sewaktu-waktu di tengah jalan.

[Baca juga: Apa Saja yang Perlu Diketahui tentang Manajemen Keuangan Bisnis UMKM? Apa Manfaatnya untuk Pemilik Bisnis?]

 

Keuntungan Invoice Financing

Mungkin Anda bertanya-tanya, kenapa harus memiliki invoice financing? Tentunya hal ini memiliki keuntungan yang bisa mempertahankan bisnis Anda untuk tetap berada di posisi aman.

Berikut ini beberapa keuntungan  yang bisa Anda ketahui jika harus memilih invoice financing.

 

Proses Tidak Memakan Waktu yang Lama

Bukankah menunggu pelanggan untuk membayarkan suatu invoice yang sudah lama ditagih merupakan hal yang membosankan?

Hal ini akan memakan waktu yang lama serta akan membuat bisnis Anda dapat mengalami masalah keuangan nantinya.

Jika Anda menunggu dana turun dari pelanggan untuk bisa melanjutkan operasional usaha, maka ini akan membuat bisnis Anda mengalami masalah keuangan yang nantinya akan mengakibatkan perusahaan Anda menjadi bangkrut atau tidak berjalan sesuai rencana dan target yang sudah ditetapkan sebelumnya. 

Invoice Financing, Solusi Masalah Keuangan Bisnis Anda 01 - Finansialku

Ilustrasi Menghitung Modal Bisnis. Sumber: Pexels

 

Namun, dengan adanya invoice financing, Anda bisa mengajukan pinjaman dana untuk tetap mempertahankan bisnis tersebut.  Apalagi proses dari peminjaman dana ini tidak memakan waktu yang lama atau bertele-tele. 

Biasanya, proses peminjaman dana bisa berjalan lebih cepat dibandingkan dengan Anda meminjam di pinjaman lain. Proses invoice financing hanya memerlukan waktu kurang lebih 2 hari untuk mencairkan dana tersebut.

Dana tersebut bisa Anda gunakan sebagai biaya operasional bisnis selagi menunggu pelanggan melunasi invoice.

[Baca Juga: 20 Peluang Usaha Menjanjikan Dengan Modal Kecil]

 

Memperlancar Proses Keuangan dari Bisnis Anda

Dalam usaha bisnis, tentu keuangan menjadi hal yang sangat mengkhawatirkan dan harus dikelola sebaik mungkin. Karena, biasanya arus keuangan dari bisnis ini tergantung pada pembayaran invoice yang berasal dari pelanggan.

Namun, tidak sedikit pula pelanggan yang memakan waktu lama untuk bisa melunasi pembayarannya.  Hal inilah yang akan mengganggu arus keuangan bisnis Anda.

Padahal sebagai pemilik bisnis, Anda harus bisa mengatur keuangan agar terus berjalan dengan lancar. 

Oleh karena itu, dengan invoice financing ini Anda tidak perlu repot memikirkan bagaimana mencari dana yang dibutuhkan untuk menutupi biaya operasional usaha Anda.

Karena dengan adanya invoice ini, bisnis Anda tetap bisa berjalan dengan lancar. Selain itu, Anda juga bisa menjalankan target ataupun proyek lain dengan dana yang dipinjam ini.

[Baca juga: 7 Ide Usaha Tanpa Modal yang Cocok Untuk Pemula]

 

Lebih Mudah dalam Pengajuan

Jika Anda melakukan pinjaman pada bank, prosesnya akan memakan waktu dan akan sulit.  Karena biasanya pihak bank akan meminta jaminan berupa aset tanah ataupun aset lainnya. 

Maka dari itu, Invoice Financing bisa dijadikan sebagai pilihan alternatif bagi UKM yang ingin meminjam uang.

Kebanyakan UKM biasanya menerbitkan invoice untuk pelanggannya, sehingga hal ini mempermudah para UKM untuk mendapatkan pinjaman dana hanya dengan jaminan invoice.

Meskipun memiliki berbagai manfaat serta keuntungan yang menarik, Anda sebagai pelaku bisnis harus memperhatikan penyedia jasa invoice financing yang benar-benar terpercaya.

Sehingga nantinya dana pinjaman dan juga dana pengembalian yang Anda lakukan dengan pihak invoice financing dapat menemukan titik temu yang jelas dan dilakukan secara transparan.

Pastikan juga jasa penyedia pinjaman dana ini sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

[Baca juga: Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Jaminan, Langsung Cair!]

 

Itulah beberapa penjelasan seputar invoice financing yang bisa Anda pelajari dan juga Anda pahami sebelum melakukan peminjaman dana.

Jika Anda ingin mengetahui bagaimana mengatur keuangan bisnis, yuk dengarkan audiobook berikut ini. Dengan begitu, keuangan bisnis Anda tidak akan mudah terganggu.

banner_pebisnis,_ini_cara_mengatur_keuangan_bisnis_yang_benar

 

Bagaimana pendapat Anda mengenai informasi di atas? Tuliskan komentar ataupun pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini pada rekan-rekan lainnya melalui platform yang tersedia. Terima kasih.

 

Editor: Ratna SH

Sumber Referensi:

  • Admin. Invoice Financing: Mengenal Cara Kerja dan Keuntungannya untuk Bisnis. Jurnal.id – https://bit.ly/3ChkaN5

 

Sumber Gambar:

  • Cover – https://bit.ly/2ZubCEp